Kamini.id / Perawatan Wajah / 10 Tips Penting Untuk Membuat Kulit Wajah Lebih Lembut

10 Tips Penting Untuk Membuat Kulit Wajah Lebih Lembut

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Maret 2019

Good Ladies, setuju gak kalau wajah merupakan salah satu asset paling penting untuk wanita? Kamu bisa lihat dong betapa banyak sekali produk-produk kecantikan yang berfokus sama wajah?

Berbeda dengan perawatan tubuh yang mungkin hanya sebatas lotion, scrub, dan sabun. Perawatan untuk wajah punya se-abreg rangkaian yang kalau dihitung hampir gak ada habisnya. Dari mulai krim pelembab, eye cream, serum, essence, facial foam, cleanser, peeling cream, concealer, waaah pokoknya banyak banget!

Tapi sebenarnya, untuk apa sih perawatan sebanyak itu? Salah satu alasan paling sering adalah agar wajah kinclong, halus, dan lembut. Ya! Lembut. Wajah yang lembut mencerminkan kulit yang sehat. Tapi Dengan serangkaian perawatan yang kamu lakukan, kok kamu masih merasa wajahmu kasar dan kusam ya? Apa produknya yang kurang ampuh? Kurang mahal?

No. Don’t judge the product easily, good ladies! Banyak faktor yang bisa mempengaruhi keampuhan suatu produk atau tidak. Simak ulasan bermanfaat berikut ini.

1. Kenali jenis kulit

skin type check

Banyak wanita yang mendambakan memiliki kulit wajah bersih, mulus, lembut sampai berusaha mati-matian beli produk mahal. Tapi ternyata produknya gak ampuh karena dia gak sadar kalau ternyata kulitnya kering parah! Sebelum kamu beli produk, pastikan kamu kenal banget jenis kulit yang kamu punya. Apakah kering, kombinasi, oily (berminyak), atau normal?

Cara paling mudah adalah dengan mengingat-ingat kebiasaan. Apakah kamu suka minum air putih? Kalau kamu minum air putih kurang dari 3 gelas sehari sudah hampir dipastikan kulitmu bakalan kering. Ingat lagi kalau sedang berada di panas terik, apakah kulitmu berminyak parah, atau hanya dibagian T-zone (hidung dan dahi)? Kalau ya, bisa jadi kulitmu termasuk tipe kulit berminyak atau  tipe kombinasi.

Dengan mengetahui jenis kulit, kamu akan bisa lebih mudah menentukan produk perawatan yang tepat untuk kulit wajahmu.

2. Cek kandungan dalam produk

cek kandungan produk

Beberapa produk perawatan wajah memiliki bahan-bahan aktif yang bisa membantu mencerahkan, menghaluskan, dan lain sebagainya. Tapi bahan-bahan tersebut ada juga yang malah memberi efek samping seperti kekeringan, clog pore atau yang sering kita sebut bruntusan.

Jadi, sebelum membeli produk kecantikan, cek dulu kandungan dalam produk-produk tersebut agar nantinya gak malah merusak wajahmu. Cari tahu lebih banyak mengenai kandungan-kandungan bahan aktif yang terdapat pada produk perawatan beserta fungsi dan efek sampingnya.

3. Hindari pemakaian alkohol

alcohol

Saat kamu memeriksa kandungan dalam produk-produk perawatan wajahmu, periksa juga apakah produk tersebut mengandung alkohol atau tidak. Karena jika ya, sebaiknya kamu segera hentikan pemakaian.

Memang tidak semua alkohol dalam produk itu buruk. Namun, kandungan alkohol (apalagi dalam jumlah yang besar) jika digunakan terus menerus akan membuat wajahmu kering. Kalau wajahmu kering, boro-boro halus. Kulitmu malah akan cepat keriput. Hiii! Gak mau kan?

4. Cleanse! Cleanse! Cleanse!

cleanse

Hal sepele ini seringkali fatal bila tidak dilakukan dengan rutin. Cleansing atau membersihkan wajah, ritual ini amat sangat wajib buatmu terutama kalau kamu yang suka ber-make up (minimal pakai bedak) setiap hari.

Sisa-sisa bedak yang kamu pakai, kalau tidak dibersihkan akan menumpuk di wajah, menyumbat pori-pori dan akhirnya malah membuat wajahmu bruntusan atau bahkan jerawatan! Hayoo, masih males untuk bersihin wajah sebelum tidur?

5. Scrub atau exfoliate wajahmu

scrub

Scrub wajah sangat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati yang ada di wajah kita. Setelah sel-sel kulit mati yang ada pada wajahmu hilang, sel-sel yang baru akan muncul dan tentu saja wajahmu akan kembali halus.

Jangan lupa untuk dibilas dengan air hangat setelah proses scrubbing dan gunakan handuk kecil untuk mengeringkannya. Kamu cukup melakukan ritual ini seminggu sekali saja, karena kalau tiap hari, kulitmu malah akan jadi tipis dan sensitif.

6. Gunakan moisturizer setiap hari

moisturizer

This is a best friend to your smooth face! Moisturizer atau pelembab adalah bagian yang amat sangat tidak boleh dilewatkan jika kamu mendambakan kulit wajah yang halus. Moisturizer memiliki kandungan yang dapat melembabkan wajah dalam waktu yang lama. Karena itu, never skip this one for whatever reason!

7. Lengkapi dengan Sheet mask

sheet mask

Hampir semua wanita tahu kalau masker adalah salah satu perawatan yang ampuh membuat wajah semakin kinclong. Tapi pernah gak kamu cobain sheet mask? Sheet mask ini terdiri dari tissue yang bentuknya seperti wajah dan mengandung essence. Nah essence ini yang terbukti ampuh bikin wajahmu halus secara instan!

Loh yang instan-instan kan biasanya gak baik? Tenang dulu Good Ladies! Kandungan Essence dalam sheet mask sangat tinggi, dan ini akan menyerap kedalam kulit wajahmu dan sangat membantu menutrisi wajahmu. Hasilnya, wajahmu akan terhidrasi dengan baik, tekstur wajahpun semakin membaik. Makanya efek halus bisa langsung kamu dapatkan setelah pakai sheet mask ini.

8. Perbanyak minum air putih

glass-of-drinking-water

Kunci dari halusnya kulitmu adalah kondisi dan tekstur kulit yang terhidrasi dengan baik. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Kamu gak akan bisa mendapatkan kulit wajah yang halus kalau wajahmu kering. Seperti bunga yang akan kering dan layu jika tidak diberi air. Wajahpun butuh nutrisi yang sama. Karena itu perbanyaklah minum air putih agar wajahmu terhidrasi dengan baik.

9. Choose to eat Fruits and Vegetables

fruits

Sudah gak diragukan lagi kalau buah-buahan dan sayuran adalah tanaman paling bermanfaat sedunia! Kenapa? Selain memiliki vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, buah-buahan dan sayuran memiliki kandungan air yang sangat membantu menghidrasi kulitmu.

Percuma dong kalau kamu pake produk perawatan yang harganya selangit tapi makanannya gak dijaga. Semua uang yang kamu habiskan untuk beli produk itu akan sia-sia. Jadi selain rajin membersihkan wajah dan melakukan perawatan wajah lainnya, jangan lupa untuk menjaga apa yang kamu makan juga ya!

10. Tidur yang cukup

sleep

Apakah kamu salah satu yang sering begadang atau tidur kurang dari 6 jam sehari? Kalau begitu say good bye untuk kulit sehat dan halusmu. Karena kamu gak akan pernah mendapatkannya kalau kamu kurang tidur. Kulit kita butuh waktu juga untuk beristirahat dan waktu untuk menyerap produk-produk perawatan kulit yang kita gunakan.

Ketika kita kurang tidur, kulit wajah akan sangat jelas memperlihatkan kelelahannya. Kulit wajahmu akan kelihatan kusam dan tidak segar. Karena itu, tidur yang cukup akan sangat membantu kulitmu lebih sehat dan halus.

Bagaimana Good Ladies, ada langkah yang kamu lewatkan selama ini? Coba ikuti langkah-langkah diatas dibarengi dengan kesabaran agar kamu mendapatkan wajah yang halus dan sehat. Punya tambahan atau tips lain untuk melembutkan wajah? Yuk berbagi dengan pembaca lainnya di kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar