kamini.id
Kamini.id / Fashion / Sepatu / Inilah 6 Jenis Alas Kaki yang Nyaman Dipakai Saat Mudik

Inilah 6 Jenis Alas Kaki yang Nyaman Dipakai Saat Mudik

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 16 April 2021

Salah satu kebiasaan yang ada di bulan Ramadhan adalah mudik ke kampung halaman untuk berlebaran bersama keluarga. Hal ini pasti sudah ditunggu-tunggu oleh banyak orang, apalagi jika kamu adalah anak rantau. Momen seperti ini memang hanya terjadi di hari-hari perayaan besar saja, karena itulah momen mudik banyak dinantikan.

Tapi momen mudik bisa jadi tidak mengenakkan jika kita harus terganggu dengan alas kaki yang terasa tidak nyaman. Alas kaki yang nyaman sangat penting untuk membuat kamu bergerak dengan bebas selama perjalanan mudik. Apalagi jika kamu mudik dengan transportasi umum, harus sigap kesana-kemari sambil membawa barang-barang.

Kali ini Kamini akan kasih kamu rekomendasi alas kaki yang nyaman digunakan saat mudik. Jangan sampai ketinggalan, informasi lengkapnya ada di bawah ini.

1. Sandal Jepit

alas kaki untuk mudik_Sendal jepit

Tidak bisa dipungkiri sandal jepit adalah salah satu alas kaki paling nyaman untuk digunakan sehari-hari. Biasanya, sandal jepit sering digunakan di dalam rumah agar tidak mengotori lantai atau sebagai alas kaki setelah berwudhu. Sandal jepit juga menjadi alas kaki andalan jika kamu ingin jalan santai sambil ke warung atau sambil berjemur dibawah sinar matahari.

Pasalnya dengan memakai sandal jepit, kita bisa lebih nyaman dan bebas melakukan banyak aktivitas. Maka dari itu memakai sandal jepit sebagai alas kaki selama mudik bisa menjadi pilihan yang tepat. Sandal jepit juga nyaman digunakan jika kamu mudik sambil mengemudikan mobil atau transportasi umum sekalipun.

Selain itu, jika harus shalat dan berwudhu di jalan, kamu tidak perlu repot-repot membuka alas kaki agar tidak kebasahan. Mau saat hujan atau panas, memakai sandal jepit tetap membuat kamu nyaman di berbagai situasi. Jadi kaki kamu akan bebas dari rasa gerah, sandal jepit bahkan selalu menjadi favorit bagi traveler lho.

2. Sandal Gunung

alas kaki untuk mudik_Sepatu gunung

Siapa bilang sandal gunung hanya bisa digunakan saat kamu akan muncak saja? Sandal gunung tidak hanya digunakan saat naik gunung saja, tapi bisa juga kamu pakai untuk mudik lho. Memakai sandal gunung bisa membuat kamu nyaman saat beraktivitas di luar ruangan. Apalagi jika kamu harus mudik memakai transportasi umum seperti kereta api, bus, pesawat, hingga kapal laut.

Pasalnya dengan memakai sandal gunung, kamu bisa lebih nyaman bergerak kesana-kemari. Kamu juga bisa antri dengan sangat nyaman, kaki pun bebas dari keringat dan rasa gerah. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot membuka alas kaki saat harus pergi ke toilet atau berwudhu. Karena sandal gunung ini bisa dengan mudah dilepas pasang.  

Meski memakai sandal jepit terasa nyaman, tapi jika terlalu lama bisa menimbulkan rasa sakit di sela kaki. Nah, dengan memakai sandal gunung, kamu bisa mengurangi efek sakit pada bagian sela ibu jari yang biasa terjadi jika terlalu lama dipakai. Selain itu, kamu juga bisa memakai kaos kaki selama memakai sandal gunung untuk meminimalisir terjadinya kulit lecet.

3. Sneakers

alas kaki untuk mudik_Sneakers

Sneakers biasanya menjadi alas kaki andalan bagi para remaja karena nyaman untuk digunakan. Selain nyaman, memakai sneakers bisa membuat kamu tetap terlihat bergaya meski sedang sibuk antri tiket di loket. Kamu bisa tampil dengan gaya OOTD yang simpel dan nyaman selama melakukan perjalan mudik ke kampung halaman menggunakan jenis sneakers apapun.

Alasan lainnya, sneakers adalah salah satu alas kaki yang tidak terasa berat saat digunakan. Jadi kamu bisa dengan nyaman beraktivitas untuk waktu yang lama, apalagi jika kota kelahiranmu memang jauh. Kamu bisa berada di kereta minimal 4 hingga 12 jam dan sneaker akan membuat kakimu tetap nyaman.

Selain itu dengan memakai sneakers, kamu bisa meminimalisir rasa sakit jika kakimu terinjak oleh orang lain. Karena biasanya jika sedang bersedak-sedakan antri masuk ke gerbong kereta atau kapal, ada saja orang yang terburu-buru. Alhasil biasanya mereka tidak teliti sampai-sampai menginjak kaki orang tanpa disadari atau tidak sengaja menjatuhkan barang ke kaki orang lain.

4. Flat Shoes

Flat Shoes

Bagi para wanita, flat shoes memang cocok untuk digunakan jika sedang melakukan aktivitas yang santai. Biasanya para wanita akan memilih flat shoes sebagai alas kaki untuk sekedar berjalan-jalan di mall atau taman. Alasannya karena flat shoes terasa ringan, sehingga kaki akan tetap terasa nyaman meski berjalan atau berdiri lama.

Dikutip dari idntimes.com, memakai flat shoes lebih disarankan, karena sepatu ini lebih menyehatkan dibanding memakai heels. Meski nyaman, bukan berarti tidak ada hal negatif jika kamu memakai flat shoes terlalu lama. Karena ada beberapa kasus dimana memakai flat shoes bisa membuat kaki terasa pegal dan lecet-lecet.

Karena itulah kamu harus memilih flat shoes yang solnya tidak tipis agar lengkung telapak kaki terasa nyaman. Lalu, kamu bisa mengoleskan deodoran di sekitar jari kaki, bagian tulang yang menonjol, dan bagian tumit kaki. Kamu juga harus selalu siap sedia plester untuk mengurangi rasa sakit saat memakai flat shoes.

5. Sport Shoes

alas kaki untuk mudik_Sport Shoes

Alas kaki selanjutnya yang bisa kamu gunakan dan cocok untuk dipakai saat sedang mudik adalah sport shoes. Seperti yang kita tahu, sport shoes termasuk dalam sepatu yang bisa membuat pemakainya merasakan nyaman. Bahkan jika harus beraktivitas padat, sport shoes akan membuat kaki tetap terasa nyaman.

Alasan kenapa sport shoes bisa membuat nyaman kaki adalah karena sepatu ini biasanya terasa ringan. Selain itu memakai sport shoes juga akan membuat kamu bisa menjaga penampilan selama mudik. Pasalnya memakai sport shoes bisa membuat tampilan tampak sporty dan casual, jadi semacam OOTD anak muda kekinian.

Sport shoes juga mudah untuk dilepas pasang, jadi kamu tidak akan ribet saat harus ke toilet dan sholat. Hal yang harus diperhatikan adalah pastika kamu memakai sepatu yang memang pas dengan ukuran kaki. Karena jika terlalu longgar pasti sepatu akan sering terlepas saat sedang jalan, terlalu sempit juga akan membuat kaki sakit karena terjepit.

6. Slip-On

alas kaki untuk mudik_Slip-on

Terakhir ada sepatu slip-on yang memang sedang digandrungi dan menjadi trend di kalangan anak muda beberapa tahun terakhir ini. Slip-on yang nyaman dan ringan ini memang cocok untuk digunakan saat kamu mudik. Pasalnya jika kamu mudik memakai kendaraan pribadi, tentu kamu bisa nyaman sambil menyetir.

Tapi jika kamu mudik dengan memanfaatkan transportasi umum, memakai slip-on bisa menjadi pilihan terbaik. Pasalnya slip-on ini memang mudah dilepas pasang, jadi kamu bisa santai bolak-balik ke toilet dan mudah lepas sepatu saat berwudhu. Lalu slip-on ini juga bisa meminimalisir rasa sakit saat kaki kamu terinjak oleh orang lain.

Sama seperti flat shoes, slip-on biasanya akan menimbulkan lecet terutama di area tumit jika digunakan terlalu lama. Alasannya karena kulit tumit akan sering bergesekan dengan bahan sepatu, jadi ini akan membuat kulit luka dan lecet. Untuk menghindarinya kamu bisa mengoleskan deodoran atau memakai plester di area tumit.

Dari enam rekomendasi alas kaki di atas, apakah kamu sudah memutuskan mau pakai yang mana? Karena akan melakukan perjalan panjang, memilih alas kaki yang tepat untuk mudik menjadi hal penting. Jadi kamu harus memilihnya dengan hati-hati. Jangan lupa selalu membawa betadine dan plester jika kaki terluka atau lecet.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram