Ketahui 10 Alasan Laki-laki Mudah Bosan dalam Hubungan

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juni 2021

Pada masa-masa pendekatan, setiap kesempatan rasanya menyenangkan. Perlakuan manis darinya untuk mendapatkan perhatianmu, diam-diam berhasil menarik hati. Alasan itu pula yang akhirnya membuat kamu memutuskan menerimanya dengan harapan perlakuan manis tersebut dapat berlangsung lama.

Sayangnya, lelaki punya kecenderungan berubah setelah berhasil mendapatkan perempuan idamannya. Sikapnya tidak lagi semanis saat masa pendekatan. Semakin hari saat perasaanmu bertambah besar, cintanya terasa semakin kecil. Perlakuan dan sikap-sikap menyenangkan yang dia tunjukan di masa lalu mulai terasa jarang-jarang.   

Tentu ada banyak alasan mengapa pasanganmu berlaku demikian. Bisa saja karena dia sedang sibuk dengan pekerjaannya, tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau dia bosan. Lalu mengapa rasanya hanya lelaki yang berubah dingin saat hubungan semakin lama terjalin? Apa alasan laki-laki mudah bosan dalam hubungan? Kita cari tahu bersama melalui artikel di bawah ini yuk!

1. Hubungan Terasa Monoton

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Hubungan Terasa Monoton

Alasan laki-laki mudah bosan dalam hubungan yang pertama adalah karena apa pun yang dilakukan bersamamu mulai terasa monoton. Kencan ke bioskop dilanjut dengan makan mulanya menyenangkan. Namun, jika ia menjadi rutinitas tanpa ada variasi apa pun, hal yang menyenangkan itu bisa berubah membosankan.

Hubungan yang tidak ke mana-mana, tak jelas arah dan tujuan, serta hanya melakukan hal yang sama setiap bertemu, akan membuatnya mudah merasa bosan. Sebagai pasangan dewasa, kamu pasti tahu cara menyiasati masalah ini, bukan? Ya! Lakukan hal-hal seru dan baru bersamanya agar hubungan kembali segar.

2. Pasangan Terlalu Banyak Menuntut

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Pasangan Terlalu Banyak Menuntut

Beberapa orang merasa bahwa menjadi kekasih artinya berhak menuntut banyak hal, padahal itu bisa menjadi boomerang yang mengancam kelanggengan sebuah hubungan. Tuntutan yang diminta biasanya berkenaan dengan kebiasaan dan selera, misalnya selera berpakaian atau kebiasaan mengabari secara rutin setiap hari.

Sesekali tentu boleh memintanya melakukan hal yang kamu kehendaki tapi jika itu terlalu sering, lama-lama akan membuat pasangan lelah. Setelah lelah dia tidak lagi bergairah dan semua hal jadi terasa mulai membosankan. Untuk itu, coba latih agar tidak terlalu banyak menuntutnya, ya! Biarkan dia melakukan dan memilih sesuai seleranya.

3. Merasa Hilang Kebebasan

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Merasa Hilang Kebebasan

Alasan laki-laki mudah bosan dalam hubungan selanjutnya adalah karena dia merasa kehilangan kebebasan. Apalagi jika dia tipe lelaki yang gemar melakukan petualangan atau tidak suka dikekang. Apabila kamu selalu ingin ditemani, selalu ingin jalan-jalan berdua dan selalu ingin dikabari, tidak heran jika dia akan cepat bosan.

Belum lagi kecurigaan yang terasa membatasi ruang geraknya. Alhasil dia akan mudah sekali bosan. Waktu yang biasanya banyak untuk dirinya sendiri, berkurang saat menjalin hubungan. Penyesuaian seperti itu bisa membuatnya lelah lebih dulu. Alih-alih ingin melanjutkan hubungan, kemungkinan besar dia akan berpikir ulang.   

4. Pasangan Penuh Drama

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Pasangan Penuh Drama

Hal lain yang akan membuat pasanganmu cepat bosan adalah hubungan yang penuh drama. Sebagai perempuan, kecenderungan untuk mempermasalahkan hal kecil sepertinya harus disudahi. Jika tidak, hal tersebut bisa membuat hubunganmu terancam. Kurangi drama-drama tak perlu seperti mudah marah, mudah cemburu, manja berlebihan atau terus mengungkit masalah yang sama berulang-ulang.

Pasangan yang kebanyakan drama akan sangat melelahkan untuk dihadapi. Lelaki bisa jenuh jika setiap berdua yang terjadi malah drama-drama tak berkesudahan. Apalagi jika kamu melakukan itu hanya untuk mencari perhatiannya. 

5. Tidak Lagi Menantang

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Tidak Lagi Menantang

Alasan lain laki-laki mudah bosan dalam hubungan adalah karena pembawaan dan sifat mereka yang cenderung lebih senang dengan tantangan. Saat sesuatu tidak lagi terasa menantang, secara otomatis itu akan membuatnya bosan. Berlaku pada hubungan yang dia jalani. Jangan heran jika saat pendekatan usahanya terasa sangat maksimal tapi begitu sudah jadi pasangan, dia berubah.

Penyebabnya adalah pada saat pendekatan dia merasa bahwa mendapatkanmu adalah sebuah tantangan. Sikapmu yang cuek dan dingin di awal-awal pendekatan membuatnya penasaran dan semakin tertantang. Ketika kamu mulai terbuka dan menerima, hal tersebut akan sangat memuaskan egonya sekaligus pelan-pelan membuat dia bosan.

6. Merasa Butuh Privasi

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Merasa Butuh Privasi

Merasa butuh privasi merupakan efek lain saat pasanganmu sudah merasa cukup terkekang dengan hubungan. Ini juga merupakan alasan yang membuatnya bosan. Sebagai manusia bebas, dia tentu membutuhkan ruang dan waktu untuk dirinya sendiri. Bila terus menuntut ingin diprioritaskan ditambah curiga yang tak beralasan, jangan salahkan siapa pun jika pasanganmu mulai jenuh.

Walau berstatus sebagai kekasih, sepakati bahwa pada saat-saat tertentu dia membutuhkan waktu untuk diri sendiri. Begitu juga denganmu. Tak perlu harus selalu bersama-sama setiap hari. Sesekali bebaskan diri masing-masing untuk menikmati apa pun sendirian. Siapa tahu dengan begitu, akan muncul rasa rindu yang justru bisa melekatkan hubungan.

7. Belum Siap Berkomitmen Lebih Jauh

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Belum Siap Berkomitmen Lebih Jauh

Lelaki yang masih suka bersenang-senang, akan mudah bosan ketika hubungan mulai dibawa ke arah yang serius. Menikah atau maju ke jenjang hubungan yang lebih dewasa belum menjadi tujuannya. Oleh karena itu ketika kamu mulai mengajaknya bicara banyak hal mengenai rencana ke depan, biasanya dia akan kehilangan selera.

Setelah kehilangan selera, dia akan kehilangan gairah serta ketertarikannya padamu. Komitmen dalam berhubungan hanya untuk mereka yang siap berjalan bersama-sama dalam jangka waktu lama. Jika tidak, maka bukan dia orangnya. Namun, bila kamu ingin berusaha mempertahankannya, jajaki hal ini secara pelan-pelan, sabar dan jangan buru-buru.

8. Ada Kesibukan yang Lebih Menyita Pikirannya

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Ada Kesibukan yang Lebih Menyita Pikirannya

Alasan laki-laki mudah bosan dalam hubungan selanjutnya adalah dia memiliki kesibukan yang lebih menyita perhatian dan pikirannya. Hal tersebut membuatnya lelah sehingga rasanya bosan untuk melakukan apa pun, termasuk mengabari atau jalan dengan kekasihnya sendiri.

Kesibukan yang menyita perhatian tersebut memakan tempat dan energi lebih banyak, sehingga tak ada selera untuk melakukan hal lain.

Sama seperti hobi yang membuatnya teralihkan, kesibukan lain juga begitu. Jika sudah demikian, coba beri dia kejutan yang membuatnya terkesan. Misalnya mengirimkan makanan untuk makan siang atau mengajaknya pergi ke tempat baru. Selamat mencoba!

9. Terus Bertengkar

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Terus Bertengkar

Siapa pun rasanya akan segera bosan ketika hubungan lebih banyak diisi dengan pertengkaran. Apalagi pemicunya itu-itu saja. Punya kekasih yang seharusnya menyenangkan, justru terasa melelahkan jika setiap hari hanya berselisih. Pertengkaran menurut banyak orang memang bisa menjadi bumbu yang mengeratkan perasaan, tapi jika terlalu sering juga tidak baik.

Setelah lelah seharian bekerja, kekasih biasanya adalah sosok yang diandalkan untuk menaikkan suasana hati. Apa jadinya jika sosok tersebut justru terus merengek, mempermasalahkan hal kecil dan sibuk memberi makan ego sendiri? Tidak usah heran jika dia akan mudah bosan menjalin hubungan.

10. Ada Perempuan Lain yang Dirasa Lebih Cocok

alasan laki laki mudah bosan dalam hubungan_Ada Perempuan Lain yang Dirasa Lebih Cocok

Terakhir, alasan laki-laki mudah bosan dalam hubungan adalah kemungkinan ada perempuan lain yang dirasa lebih cocok dengan kepribadiannya. Kenyataan yang tidak menyenangkan ini bagaimana pun harus siap dihadapi. Kita tidak mungkin memaksakan seseorang untuk bertahan, jika di saat bersamaan dia mulai menemukan seseorang yang lebih menyenangkan.

Tidak mungkin juga bagi kita untuk menjadi orang lain, menjadi seseorang yang ideal menurutnya tapi berlawanan dengan kepribadian sendiri. Hal itu hanya akan membuatmu kehilangan diri sendiri. Keadaan yang demikian akan membuatmu kelelahan dan pada akhirnya hanya kecewa.

Sepuluh alasan laki-laki mudah bosan dalam hubungan di atas tentu tidak sama pada setiap individu. Ada yang tetap bertahan sekalipun sering bertengkar, ada juga yang tidak merasa bosan sekalipun agenda pacaran hanya sekitar nonton dan makan.

Hanya, satu hal yang perlu diingat adalah sebuah hubungan akan berjalan baik ketika keduanya saling berusaha. Jika semua upaya rasanya sudah dilakukan tapi dia masih bosan, lepaskan. Tak perlu menahan siapa pun yang ingin pergi, karena itu artinya kamu menahan kebahagiaan yang akan datang. 

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram