Jangan Heran! Inilah 10 Alasan Wanita Suka Berbelanja

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 15 November 2021

Belanja adalah aktivitas yang sangat disukai oleh setiap orang, terutama wanita. Hal tersebut dapat dilihat ketika kita berkunjung ke pusat-pusat perbelanjaan, di mana sebagian besar pengunjung biasanya terdiri dari wanita.

Melihat kenyataan tersebut, beberapa orang (terutama pria) mungkin ingin mengetahui alasan wanita suka shopping. Jadi, untuk menjawab rasa penasaran tentang hal tersebut, Kamini telah merangkum sejumlah alasan kenapa wanita sangat suka berbelanja. Apa sajakah alasannya? Yuk, simak artikel di bawah ini agar semakin paham tentang wanita!

1. Mengikuti Tren Fashion

Alasan pertama yang membuat wanita sangat suka berbelanja adalah mengikuti tren fashion terbaru yang sedang berkembang di dunia. Wanita cenderung antusias ketika melihat sebuah produk baru diluncurkan oleh sebuah perusahaan atau label kesukaannya. Keinginan untuk terlihat lebih trendy dan stylish dengan gaya terbaru membuat mereka lebih semangat untuk berbelanja.

Beberapa wanita bahkan rela menunggu lama dalam antrean untuk mendapatkan barang incarannya. Meski tren fesyen yang diikuti olehnya belum tentu mampu diaplikasikan ke dalam penampilannya, tetapi hal tersebut terkadang tidak terlalu menjadi perhatian mereka.

2. Tuntutan Profesi

profesi

Profesi juga bisa menjadi alasan bagi wanita suka berbelanja. Sebagian besar perusahaan menuntut karyawannya untuk memiliki penampilan yang menarik dan sopan. Selain untuk menjaga image perusahaan, penampilan juga kerap menjadi poin plus bagi seseorang yang ingin membangun relasi bisnis dengan klien.

Penampilan sendiri dianggap berpengaruh besar terhadap penilaian seseorang. Jadi, jangan heran bila melihat seorang wanita sering membelanjakan uangnya untuk memberi pakaian baru atau produk kecantikan. Bisa jadi, itu merupakan bagian dari tuntutan profesi yang dijalaninya.

3. Tergoda Diskon Besar

diskon

Wanita cenderung antusias ketika terdapat sale dan promosi menarik. Jika seorang pria biasanya lebih suka cashback saat berbelanja, wanita lebih menyukai berburu diskon. Padahal, belum tentu barang diskon yang dibelinya tersebut sesuai dengan kebutuhannya saat itu. Dan, terkadang wanita lebih tertarik dengan diskonnya, bukan pada produknya.

Bagi wanita, mendapatkan diskon saat berbelanja merupakan kepuasan tersendiri. Hal itu yang kemudian sering dimanfaatkan oleh toko atau perusahaan untuk menghadirkan banyak potongan diskon. Hal itu pula yang terkadang membuat wanita dirugikan dengan kualitas produk yang buruk.

4. Mudah Terpengaruh Orang Lain

terpengaruh

Pengaruh orang-orang yang ada di sekitarnya juga bisa menjadi alasan wanita suka berbelanja. Banyak wanita yang tadinya tidak terlalu suka belanja, berubah menjadi gemar belanja karena ajakan teman atau keluarga yang memiliki hobi tersebut.

Selain itu, keberadaan media sosial yang menampilkan influencer dan artis idola juga memiliki pengaruh besar terhadap persepsi dan opini publik. Melalui aktivitas endorsement, orang-orang terkenal itu kerap berhasil mengiring orang, khususnya wanita, untuk membeli suatu produk.

Meski terkadang ulasan yang mereka kemukakan bukan berdasarkan pengalaman pribadi, tetapi masih banyak pula wanita yang tertarik untuk membeli produk tersebut. Contohnya dalam membeli produk kosmetik, perawatan tubuh, hingga fashion item.

5. Refreshing

belanja

Berbelanja bisa menjadi cara wanita untuk refreshing dari aktivitas sehari-harinya yang membosankan. Bagi wanita, belanja merupakan liburan singkat yang menyenangkan tanpa harus melakukan banyak persiapan dan perencanaan yang rumit. Selain itu, kegiatan belanja juga biasa dilakukan wanita sebagai cara untuk membunuh kejenuhan di waktu luang mereka.

6. Mencari Kepuasan Diri

diri

Salah satu alasan lain wanita suka berbelanja adalah untuk mencari kebahagiaan dan kepuasan diri. Wanita yang berpikiran seperti ini biasanya lebih memperhatikan keinginan dibandingkan kebutuhan. Mereka terkadang tidak mampu menahan diri untuk berbelanja. Bagi mereka, berbelanja adalah cara yang tepat untuk bersenang-senang.

Tidak disadari atau mungkin disadari, kebiasaan itu bisa berdampak buruk bagi diri mereka. Mengingat kebiasaan tersebut dapat membuat mereka semakin kecanduan. Hal ini tentu bukan sesuatu yang baik untuk dilakukan karena berpotensi mengganggu keadaan finansial. Selain itu, kemungkinan untuk terjerat hutang pun semakin besar.

7. Pamer Penampilan

penampilan

Memiliki penampilan yang menarik adalah impian setiap orang. Tampil cantik dengan balutan busana yang menawan memang kerap didambakan oleh setiap wanita. Selain untuk mendapat perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya, hal itu dilakukan biasanya untuk menunjukkan status sosial di hadapan orang lain.

Keinginan untuk mendapat pujian dari orang lain menjadi tujuan utama wanita yang suka show off penampilannya. Selama hal tersebut tidak merugikan orang lain atau diri sendiri, memang sah-sah saja untuk dilakukan. Meski hal tersebut bukan sesuatu hal yang baik dilakukan karena menuju ke arah konsumtif dan sombong, tetapi masih saja ada beberapa orang yang kerap melakukannya.

8. Mudah Teralihkan

lupa

Berbeda dengan pria, perhatian wanita lebih mudah teralihkan. Terutama ketika melihat sesuatu barang atau produk yang dianggapnya menarik. Mereka bahkan kerap lupa dengan tujuan awal mereka berbelanja. Alhasil, barang yang dibeli terkadang tidak sesuai dengan apa yang mereka cari sebelumnya.

Jika kebiasaan tersebut terus dibiarkan, jangan heran bila kemudian di rumah terdapat banyak barang-barang baru yang masih terbungkus rapi dan tidak pernah digunakan sama sekali alias mubazir. Wanita yang sering seperti ini harus berlatih fokus dan menahan diri untuk tidak membeli barang yang tidak penting.

9. Memperbaiki Mood

capek

Suasana hati wanita memang kerap berubah dengan sangat cepat. Selain dipengaruhi hormon dalam tubuh, permasalahan yang sedang dihadapi bisa menjadi salah satu penyebab mood mereka bagaikan roller coaster.

Saat itu terjadi, biasanya wanita akan mencari cara untuk memperbaiki mood mereka yang sedang naik turun. Salah satunya adalah dengan pergi berbelanja atau melakukan berbagai perawatan kecantikan.

Kebiasaan wanita berbelanja dan merawat kecantikan memang menjadi naluri alami mereka sejak lama. Sebagian besar wanita bahkan memang menganggap dua cara tersebut cukup efektif untuk memperbaiki suasana hati. Apakah kamu juga sama seperti itu?

10. Sayang Keluarga

keluarga

Salah satu alasan lain yang membuat wanita suka belanja adalah rasa sayang yang besar pada keluarga. Berbicara mengenai perasaan, wanita memang jauh lebih halus dan sensitif dibanding dengan pria.

Wanita cenderung perhatian pada keluarga maupun pada orang-orang yang disayangi. Hal itu dapat dilihat ketika mereka berkunjung ke suatu tempat.

Saat mereka melihat sebuah barang atau produk yang mereka pikir bagus dan cocok bagi anggota keluarga di rumah, maka tanpa pikir panjang mereka akan membeli barang tersebut sebagai hadiah. Membagi kebahagiaan dengan orang-orang tersayang adalah hal yang terpenting bagi tipe wanita seperti ini.

Itulah 10 alasan wanita suka berbelanja yang berhasil Kamini rangkum. Belanja adalah hal yang wajar dan biasa dilakukan oleh setiap orang.

Meski demikian, mengontrol diri untuk tidak berbelanja berlebihan adalah sebuah keharusan. Supaya, kamu tidak terpuruk akibat permasalahan finansial yang buruk. Jika merasa perlu dorongan untuk berhenti over-shopping, kamu bisa meminta orang terdekat untuk mengingatkan kamu, ya.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram