Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 27 Maret 2021

Saat Ramadhan tiba, umat Muslim berlomba-lomba berburu pahala. Semua karena pada bulan penuh berkah ini, amalan yang kita lakukan akan diganjar oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat-lipat. Beberapa dalil mengatakan bahwa pahala yang berlipat bisa didapatkan pada sebagian amal dan sebagiannya lagi pada saat bulan Ramadhan.

Oleh karena itu, melewatkan Ramadhan tanpa amalan rasanya akan sangat merugi. Pahala dari berpuasa Ramadhan sendiri bahkan akan diganti langsung oleh Allah SWT. Mengetahui hal tersebut rasanya sangat ingin bisa berpuasa penuh selama satu bulan. Namun, keinginan itu akan sulit terwujud bagi para muslimah. Pasalnya, selama beberapa hari dalam satu bulan, kaum perempuan mengalami siklus menstruasi atau haid bulanan.

Selama dalam keadaan haid, Anda tidak bisa berpuasa dan melakukan ibadah wajib lain. Rasanya pasti sedih karena kehilangan kesempatan selama beberapa hari untuk mendapat pahala berpuasa. Beruntungnya, Allah selalu memberi kesempatan dan kemudahan bagi para umat-Nya untuk mendapatkan pahala. Apalagi di bulan penuh rahmat ini.

Kesempatan Anda mendapatkan pahala masih terbuka walau sedang menstruasi, yaitu melalui beberapa amalan saat haid di bulan Ramadhan. Apa saja amalan yang dimaksud? Untuk mengetahuinya Anda bisa membaca artikel di bawah ini. Mari simak bersama!

1. Perbanyak Dzikir, Do’a dan Istighfar

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 1Sumber: umroh.com

Amalan saat hair di bulan puasa yang pertama bisa Anda lakukan adalah melakukan dzikir, berdzikir dan perbanyak do’a. Para ahli fiqih menyebutkan bahwa ada tiga Ibadah yang tidak disyaratkan hanya boleh dilakukan seseorang dalam keadaan suci, yaitu istighfar, do’a dan dzikir. Dari pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa perempuan yang sedang haid pun boleh melakukan tiga ibadah tersebut.

Dzikir yang diucapkan bisa bermacam-macam karena jenis dzikir cukup banyak. Anda bisa berdzikir dengan mengucap subhanallah, la ilaha illallah, Alhamdulillah, Allahuakbar dan beristighfar, astafgrullah hal adzim. Lafalkan puji-pujian sepanjang hari, dengan izin Allah pahala akan mengalir, Anda juga akan merasakan ketenangan setelah melakukannya.

2. Bersedekah

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 3Sumber: blog.aksiamal.com

Pada dasarnya bersedekah adalah amalan yang bisa dilakukan kapan pun, tidak hanya di bulan Ramadhan. Sedekah yang dilakukan dengan hati ikhlas karena Allah insha Allah akan memberi Anda pahala. Bersedekah seperti menabung. Siapa pun yang menyedekahkan hartanya, Allah berikan 7 pahala, dari 7 pahala tersebut Allah gandakan lagi menjadi 100 kali.  

Ada banyak jenis sedekah yang bisa dilakukan saat haid. Anda bisa ‘menabung’ dalam bentuk senyuman kepada orang lain, bersedekah kepada kucing liar dengan memberinya makan, atau menyingkirkan batu yang bisa menghalangi jalan orang lain. Sedekah merupakan salah satu jenis amalan yang mudah dilakukan dan pahalanya berlimbah.

3. Berbuat Baik pada Orang Lain

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 5Sumber: c2sconsultinggroup.com

Amalan saat haid di bulan puasa selanjutnya yang bisa dilakukan adalah berbuat baik kepada orang lain. Amalan ini dapat juga diartikan sebagai melayani orang lain dan meringankan kesulitan atau pekerjaan orang lain. Selama bulan puasa, ada banyak sekali komunitas atau kelompok yang mengadakan acara buka atau sahur on the road. Nah! Mengapa Anda tidak coba untuk bergabung dengan kelompok tersebut?

Itu adalah satu dari sekian banyak perbuatan baik yang bisa dilakukan pada orang lain. Jika belum memungkinkan untuk melakukan hal di atas, Anda bisa menggantinya dengan perbuatan baik lain, seperti bantu meringankan pekerjaan rumah dan lain-lain. Apa pun itu, lakukan semua karena Allah dengan tujuan meringankan beban orang lain.

4. Menyediakan Makanan untuk Sahur dan Berbuka

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 7Sumber: washingtonpost.com

Diriwayatkan dalam HR. Tirmidzi dan Ibu Majah, Nabi Muhammad Saw bersabda, “Siapa pun yang memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala puasa milik orang lain sedikit pun.” Sabda nabi ini sangat bisa dijadikan pegangan. Anda tidak perlu ragu dengan keutamaannya.

Sekalipun yang Anda berikan adalah sebiji kurma dan seteguk air, Allah akan tetap beri ganjaran yang besar. Anda juga bisa memasakkan orang-orang yang berpuasa sebuah hidangan untuk berbuka.  Misalnya yang sederhana saja seperti pisang goreng atau teh manis hangat. Upaya untuk menyajikan masakan tersebut akan Allah ganjar dengan pahala. Insha Allah.

5. Mendengar Lantunan Ayat Suci Al-Quran

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 9Sumber: huffpost.com

Terdapat perbedaan pendapat mengenai boleh atau tidaknya seorang muslimah yang sedang haid memegang Al-Qur’an. Madzhab Hanafi dan Syafii melarangnya sementara Madzhab Maliki dan Hanbali, mengizinkannya. Perbedaan tersebut tentu saja disertai dengan alasan-alasan sesuai kepercayaan yang dipegang teguh.

Namun, jika terbiasa menjalankan pendapat yang tidak membolehkannya, Anda bisa mengganti ibadah tersebut dengan mendengar lantunan ayat Al-Qur’an. Beberapa ayat menyebutkan bahwa orang-orang yang mendengarkan Al-Qur’an memiliki keutamaan yang sama dengan mereka yang membacanya. Anda bisa melihat ini pada terjemahan Surat Al-A’raf ayat 204 Surat Shad ayat 29.

Baca juga: Pentingnya Mencatat Siklus Haid! Ini Cara Menghitungnya

6. Mendengar Tausiyah (Mencari Ilmu)

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 11Sumber: foreignpolicy.com

Amalan saat haid di bulan puasa yang selanjutnya bisa dilakukan adalah mendengarkan tausiyah. Mendengarkan sebuah tausiyah, sama dengan Anda sedang menimba ilmu, bukan? Mendengarkan seorang ulama bertausiyah, ada ilmu baru yang masuk dalam diri Anda. Artinya, ada pemahaman baru, ada cahaya baru yang menyinari kegelapan di diri Anda. 

Mendengar tausiyah bisa dilakukan di mana saja. Anda bisa mendatangi majelis-majelis ilmu atau sekarang lebih mudah, Anda bisa mendengarnya secara online. Jangan sekali-kali meragukan pahala dan keutamaan menuntut ilmu, karena, “Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk menuntut ilmu, niscaya Allah SWT tunjukkan jalan menuju surga baginya.” (H.R. Muslim).

7. Shalawat

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 13Sumber: muslimahdaily.com

Shalawat nabi menjadi ibadah lain yang bisa Anda lakukan guna menimba pahala di bulan Ramadhan. Sekalipun sedang dalam keadaan haid, Anda bisa tetap mendapat pahala dengan bershalawat. Shalawat nabi punya banyak keutamaan.

Perintah untuk bershalawat tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 56 yang artinya, “Sungguh Allah dan Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi Muhammad Saw. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk nabi. Ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Ketika bershalawat nabi, ada beberapa keutamaan yang akan didapatkan. Pertama, Anda akan mendapat pahala sebanyak sepuluh kali lipat, kemudian dapat menghapus dosa dan diangkat derajatnya, serta Allah akan membalasnya dengan pahala berlipat dan membebaskan dari api neraka. Semua keutamaan tersebut bisa didapatkan selama Anda rajin bershalawat nabi kapan pun, termasuk pada bulan Ramadhan.

8. Membaca Asmaul Husna

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 15Sumber: 121quotes.com

Selanjutnya, guna mendapat pahala selama datang bulan di saat Ramadhan, Anda bisa membaca Asmaul Husna, sifat-sifat keagungan Allah yang indah. Bila Anda senantiasa berdo’a dengan turut melantunkan Asmaul Husna, Allah SWT akan berikan rahmat serta dijauhkan dari keburukan-keburukan.

Sebanyak 99 nama Allah punya makna yang indah untuk dilafalkan. Keutamaannya pun tidak main-main. Selain akan Allah beri rahmat dan dijauhkan dari hal buruk, ibadah dengan menyebut sifat-sifat Allah ini antara lain bisa membukakan pintu rezeki, senantiasa dilindungi oleh Allah SWT, mendapat keberkahan, jembatan untuk masuk surga  dan menentramkan hati serta pikiran.

9. Berdakwah Walau Satu Ayat

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 17Sumber: bincangmuslimah.com

Berdakwah di sini jangan diartikan sebagai sebuah aktivitas berbicara di depan orang banyak selayaknya para ulama. Sederhanakan makna berdakwah sebagai ibadah yang bertujuan untuk mengajak, memanggil serta menyeru orang-orang untuk beriman serta taat pada Allah SWT. Jika berorientasi pada tujuan, dakwah bisa dilakukan dengan banyak cara.

Saat haid dan ingin mendapat pahala Ramadhan, Anda bisa memulai berdakwah, menyampaikan ayat-ayat suci kepada anggota keluarga, sahabat dan orang terdekat. Sampaikan pada mereka ayat-ayat yang sekiranya terkait dengan masalah yang sedang dihadapi. Anda juga bisa menyampaikan ayat dalam Al-Qur’an, melalui media sosial yang dimiliki.

10. Silaturahim

Ladies, Ini Dia 10 Amalan Saat Haid di Bulan Puasa 19Sumber: halalzilla.com

Amalan saat haid di bulan puasa yang akan menambah keberkahan bagi Anda adalah menjalin silaturahim. Jalin kembali silaturahim dengan orang-orang yang dikenal. Anda bisa memulainya dengan bertanya kabar, mengucapkan selamat berpuasa dan lain-lain.

Jika sudah mulai terjalin, Anda bisa mengundang mereka untuk buka puasa bersama atau berkegiatan yang bermanfaat selama Ramadhan seperti bagi-bagi takjil gratis atau sahur gratis bagi saudara-saudara yang kurang beruntung. Dengan begini silaturahim jalan, menyenangkan orang lain juga jalan. Jika Allah ridha, Anda akan mendapat berkah karena ibadah-ibadah tersebut, sekalipun dilakukan saat sedang haid.

Sejumlah amalan saat haid di bulan puasa yang tercantum dalam artikel ini, semoga bisa Anda amalkan dan menjadi inspirasi. Mulai sekarang jangan bingung lagi mengenai bagaimana mendapatkan pahala Ramadhan saat sedang datang bulan ya! Percaya saja, pintu berkah Allah selalu terbuka selebar-lebarnya bagi umat-Nya yang berikhtiar. Insha Allah.

ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram