Inilah Tips Jitu untuk Mencari Bahan Koper yang Bagus

Suka traveling? Kalau kamu tipikal traveler sejati, setidaknya kamu mungkin punya satu atau dua koper di rumah. Memang tidak semua traveler suka menggunakan koper, ada juga yang lebih senang menggunakan travel bag ketimbang koper. Namun, tidak sedikit juga traveler yang gemar menggunakan koper selama traveling.

Koper sendiri jenisnya beragam, dibedakan berdasarkan material yang digunakan. Beda material, beda juga kegunaan dan preferensinya. Untuk kamu yang akan membeli koper, sebelum beli lebih baik cari tahu, yuk, jenis-jenis material koper dan tips memilih bahan koper yang bagus!

Baca juga: Merk Koper yang Bagus untuk Dibawa Berpergian

Berbagai Macam Koper Berdasarkan Materialnya

Berbagai Macam Koper Berdasarkan Materialnya_Sumber: pixabay.com

Jika ditanya bahan yang bagus untuk koper, pastinya akan ada banyak material untuk koper. Semuanya tergantung bujet dan kebutuhan. Kalau kamu butuh koper dengan bahan lunak namun kokoh, tentunya dengan bujet yang besar, koper berbahan kulit adalah bahan yang bisa digunakan dalam jangka panjang. 

Sayangnya, koper berbahan kulit memiliki bobot yang berat, sehingga tidak sedikit orang tidak tahan menggunakan koper berbahan kulit untuk bepergian jauh. Hal ini baru contoh kecil dalam pemilihan bahan koper yang bagus.

Tas satu ini juga tidak terbatas pada softcase saja, ada juga koper berjenis hardcase. Ini dia perbedaan keduanya dan cara memilih material yang baik sesuai kebutuhan kamu.

1. Koper Jenis Softcase

Berbagai Macam Koper Berdasarkan Materialnya_Softcase_

Kalau melihat contoh di atas, koper berbahan kulit adalah salah satu jenis koper softcase, berarti memang kurang lebih koper softcase adalah tas bagasi yang berbahan dasar lunak. Jenis tas bagasi satu ini punya kekurangan dan kelebihan bagi penggunanya. 

Jika kamu menggunakan koper softcase untuk bepergian jauh, kamu bisa mengoptimalkan isi kopernya. Apalagi untuk kamu yang suka membawa banyak barang, kamu bisa maksimalkan setiap ruang, bahkan bisa membawa barang lebih. Karena sifatnya yang fleksibel, jadi berat bagasi bisa optimal untuk barang-barang kamu sendiri.

Kekurangannya, bagi pengguna softcase, kamu akan sulit membawa barang-barang yang rawan pecah atau rusak. Jadi, untuk membawa barang pecah belah disarankan untuk menaruhnya di tengah koper dan sudah dilindungi dengan barang yang empuk seperti baju atau handuk. Jika kamu lebih tertarik menggunakan koper softcase, berikut ini adalah rekomendasinya:

  • Ballistic Nylon
Berbagai Macam Koper Berdasarkan Materialnya_Ballistic Nylon_

Bahan koper satu ini adalah salah satu jenis nilon yang memiliki ketebalan yang cukup kuat untuk menjaga kualitas koper agar tahan lama dan mudah dibersihkan. Belum lagi bahan jenis ballistic nylon tidak mudah robek dan tahan guncangan. Sayangnya, jarang sekali ada koper berbahan ballistic nylon yang memiliki varian warna banyak. 

Jadi koper dengan bahan ballistic nylon terbilang memiliki varian warna yang sedikit. Tapi kalau kamu tidak masalah dengan pilihan warna yang sedikit dan mengutamakan tas bagasi softcase yang tahan lama, bahan ini cocok untuk kamu.

  • Cordura Nylon
Berbagai Macam Koper Berdasarkan Materialnya_Cordura Nylon_

Jika dirasa bahan ballistic nylon terlalu tebal untuk kamu, kamu bisa coba cari koper softcase berbahan cordura nylon. Walaupun sama-sama nilon, namun bahan koper satu ini lebih tipis dari sejenisnya, lho! Walaupun tipis, cordura nylon tahan abrasi atau pengikisan yang membuat nilon cepat menipis dan berlubang.

Belum lagi, dibanding ballistic nylon, cordura nylon juga memiliki varian warna yang beragam. Jadi untuk kamu yang ingin koper softcase ringan, tahan lama, dan memiliki warna sesuai selera, pilih softcase yang memiliki bahan cordura nylon, ya!

  • Polyester
Berbagai Macam Koper Berdasarkan Materialnya_Polyester_

Ingin tas bagasi softcase yang tahan lama namun dengan harga terjangkau? Polyester jawabannya. Memang dari segi material, kualitas polyester berada di bawah ballistic nylon dan cordura nylon. Namun, jika bujet kamu minim, material ini bisa jadi pilihan. Bahkan polyester terbilang awet dari material koper softcase murah lainnya.

Bahan ini sendiri termasuk bahan yang memiliki daya tahan dan resistensi kerusakan yang baik. Warna yang tersedia pun beragam. Sehingga, untuk kamu yang punya bujet minim dan ingin koper cantik softcase tahan lama, polyester cocok untuk kamu!

2. Koper Jenis Hardcase

Koper Jenis Hardcase_

Berbeda dengan koper jenis softcase, tas bagasi jenis hardcase ini memiliki badan yang kokoh dan sangat kaku. Jika softcase mampu memaksimalkan setiap ruang, hardcase tentunya tidak bisa memaksimalkan ruang. Sehingga dalam urusan muatan, koper hardcase memiliki ruang yang terbatas.

Selain muatannya tidak bisa dimaksimalkan, koper jenis hardcase juga terbilang memiliki bobot yang lebih berat daripada tas bagasi softcase. Walaupun ada beberapa kekurangan, kelebihan dari koper hardcase juga tidak sedikit, lho!

Kalau kamu suka membawa barang pecah belah, rawan guncangan, maka kamu akan sangat perlu menggunakan koper hardcase. Selain itu, menggunakan tas bagasi hardcase juga membuat barang bawaan kamu tidak penyok saat dimuat di bagasi. Untuk kamu yang sering bepergian jauh, seharusnya kamu punya tas bagasi satu ini.

Jenis-jenis tas bagasi hardcase juga beragam materialnya, bisa kamu sesuaikan dengan bujet serta kebutuhan. Berikut ini beberapa jenisnya:

  • Aluminum Alloy
Koper Jenis Hardcase_Aluminum Alloy_

Bahan satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi ketahanannya, apalagi sudah banyak traveler yang menggunakan koper satu ini dan membuktikan ketahanannya. Walaupun eksistensi koper hardcase berbahan aluminium alloy terbilang baru, tapi koper hardcase satu ini sangat direkomendasikan bagi yang suka traveling jauh.

Koper aluminium alloy benar-benar tahan bentur, guncangan, dan tidak rentan penyok. Sayangnya, untuk mendapatkan koper hardcase aluminium memang perlu merogoh kocek lebih banyak. Hal ini tentunya sepadan dengan ketahanannya.

  • Polycarbonate
Koper Jenis Hardcase_Polycarbonate_

Salah satu bahan koper hardcase terbaik dan cukup disukai banyak orang adalah polycarbonate. Bahan hardcase satu ini adalah salah satu jenis plastik polimer terbaik di antara jenis plastik lainnya. Pasalnya, polycarbonate memiliki bahan yang terbilang tebal, daya tahan maksimal, tahan benturan, dan anti penyok.

Selain tahan banting, hardcase berbahan polycarbonate juga kaya akan warna. Sehingga bagi yang ingin memiliki koper hardcase yang kuat serta trendi, bahan satu ini wajib dilirik. Sayangnya, untuk yang memiliki bujet terbatas, koper material polycarbonate terbilang cukup mahal, belum lagi bobot koper ini juga memakan jatah bagasi. 

  • Polypropene
Koper Jenis Hardcase_Polypropene_

Berbeda dengan polycarbonate, jenis plastik polimer satu ini bobotnya sedikit lebih ringan. Namun kekuatan dari koper berbahan polypropene tidak jauh beda dengan polycarbonate. Maka tidak heran jika bahan satu ini menjadi bahan koper favorit. Pasalnya, walaupun berbahan lebih tipis, namun polypropene tahan terhadap guncangan bahkan benturan.

Jadi, kalau kamu punya bujet yang cukup, dan ingin koper berbobot ringan namun tahan lama, polypropene cocok untuk kamu, apalagi bahan ini varian warnanya lebih beragam dari polycarbonate.

  • Acrylonitrile-Butadiene-Styrene (ABS)
Koper Jenis Hardcase_Acrylonitrile-butadiene-styrene (ABS)_

ABS adalah bahan yang umum dipakai oleh berbagai macam koper hardcase. Bisa dikatakan, ABS adalah bahan yang paling standar di antara dua bahan sebelumnya. Bobot dari ABS sendiri jauh lebih ringan, dan harganya pun relatif terjangkau. Namun bukan berarti ABS bahan koper yang buruk, lho!

ABS justru bahan koper yang bagus bagi kamu yang ingin punya koper hardcase namun memiliki bujet minim. Belum lagi warna yang tersedia beragam, cocok untuk kamu yang ingin memiliki koper hardcase yang hemat, tahan bentur dengan berbagai macam warna.

Tips Memilih Koper yang Sesuai untuk Kamu

Tips Memilih Koper yang Sesuai untuk Kamu_Sumber: pixabay.com

Setelah mengetahui berbagai bahan atau material koper yang beragam. Kini kamu tinggal mencari tahu bagaimana memilih koper yang tepat. Berikut yang kamu harus perhatikan sebelum membeli koper.

  • Pilih bahan koper yang sesuai preferensi

Kalau kamu sering melakukan perjalanan dengan waktu singkat dan jarang menggunakan moda udara, softcase akan cocok untuk kamu. Namun, kalau kamu sering bepergian dalam waktu lama dan sering menggunakan pesawat, hardcase akan jadi pilihan terbaik.

  • Pertimbangkan Ukuran Koper

Ukuran bisa menjadi krusial bagi kamu saat hendak membeli koper. Koper memiliki banyak ukuran, mulai dari ukuran mini hingga besar. Rentang ukurannya mulai dari 20 inch hingga 30 inch. Ukuran terbaik untuk kamu yang hobi traveling adalah cabin size, yakni 20 hingga 27 inch. 

Karena saat kamu memilih koper ukuran jumbo, justru akan menghambat perjalanan. Ukuran jumbo adalah salah satu faktor jatah bagasi kamu berat, tentunya selain barang bawaan dan material koper yang kamu punya.

Baca juga: Mau Bepergian? Kenali Dulu Macam-Macam Ukuran Koper Ini

  • Resleting Besar

Saat memilih koper yang kamu suka, pastikan kamu memerhatikan bagian resleting. Semakin besar dan lebar resleting koper tersebut, maka semakin kokoh dan tahan jebol koper tersebut. Selain itu, perhatikan juga fitur kunci pada koper. Akan lebih bagus jika fitur kunci sudah built-in dengan koper. Namun jika tidak, pastikan gemboknya aman.

Itulah beberapa material koper dan berbagai pertimbangannya. Jadi, sebelum kamu membeli koper, pastikan kamu sudah tahu kebutuhan, bujet, dan kebiasaan bepergian kamu. Baru setelahnya kamu bisa pertimbangkan koper pilihan kamu dari segi kualitas. 

Kalau sudah tahu bahan dan kebutuhan kamu, sudah tidak perlu bingung lagi memilih koper yang bagus. Kamu sendiri suka koper yang seperti apa? Bagikan jawabanmu lewat kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram