Basic Skincare Pemula: Perawatan Wajah Dasar yang Perlu Diketahui

Salah satu penyebab permasalahan di wajah seperti jerawat sering kali timbul karena penggunaan skincare. Kalau sudah begini, biasanya kita buru-buru menyalahkan produk yang kita gunakan. Padahal, cara menggunakan produk skincare juga bisa turut andil dalam timbulnya jerawat.

Sebelum kamu beralih menggunakan berbagai serum lokal yang sudah banyak beredar di pasaran, ada baiknya kamu pahami dulu dasar-dasar dalam menggunakan perawatan wajah. Hal ini untuk meminimalisir timbulnya break out. Jadi, salah satu unsur penting yang harus kamu kuasai adalah basic skincare.

Basic skincare sendiri merupakan istilah untuk menyebut rangkaian perawatan mendasar yang dibutuhkan kulit. Perawatan wajah ini hanya berfokus pada hal-hal dasar yang memang dibutuhkan kulit. Kamu bahkan nggak butuh serum untuk menerapkan basic skincare ini. Tapi, metode ini justru sangat penting untuk dikuasai apalagi kalau kamu baru mulai menggunakan skincare.

Kenapa Kita Perlu Basic Skincare?

Kulit kita pada dasarnya sudah 'pintar', sehingga bisa mempertahankan diri mereka agar tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Tapi ada kalanya faktor usia, lingkungan, cuaca, kebiasaan, makanan, dan sebagainya mempengaruhi fungsi dari kulit itu sendiri, sehingga muncullah berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, kerutan, kusam, dll.

Hal-hal tersebut sangat alami terjadi. Ketika sudah terjadi, maka kita butuh bantuan produk perawatan wajah untuk mengatasinya. Contoh, ketika bepergian ke suatu tempat, kulit tubuh kita bisa dengan mudah terkena debu dan kotoran akibat polusi udara.

Meskipun sudah pintar, kulit tidak bisa membersihkan dirinya sendiri. Maka, kita butuh bantuan sabun untuk membersihkannya karena dengan air saja tidak cukup.

Jadi, hal utama yang paling dasar untuk merawat kulit adalah pembersih atau cleanse. Langkah ini sangat mendasar dan standar yang wajib diterapkan untuk semua jenis kulit. Selanjutnya, kulit kita memang sudah mengandung berbagai komponen yang bikin kulit terlihat kencang dan lembab.

Akibat yang ditimbulkan faktor-faktor tadi, kelembaban kulit bisa berkurang. Itu sebabnya ketika tua, kulit kita semakin keriput. Hal ini karena kadar air dalam tubuh sudah jauh berkurang dan kemampuan kulit memproduksi kolagen juga sudah sangat berkurang.

Manfaat Basic Skincare

Basic skincare punya manfaat yang tentunya baik bagi kulit. Selain untuk merawat kulit, basic skincare bisa bantu menteralkan wajah yang rusak. Jika dilakukan dengan benar dan menggunakan produk-produk yang kandungannya tepat, basic skincare bisa membantu memperkuat skin barrier kita sehingga kulit bisa terhindar dari jerawat.

Tahapan dalam Basic Skincare

Untuk menerapkan basic skincare, kamu tetap memerlukan beberapa tahap perawatan kulit. Meskipun begitu, konsep dasarnya tetap less is more. Produk yang akan kita gunakan harus seminimal mungkin dengan kandungan yang juga minimal.

Dikutip dari Allure dalam wawancaranya dengan Michele Farber, seorang dermatologist New York, saat menerapkan basic skincare, kita disarankan untuk tetap menggunakan produk yang tidak memiliki banyak kandungan dan bebas parfum. Selain itu, beliau juga menyarankan untuk mencoba produk satu persatu untuk tahu reaksi kulit kita.

Beberapa tahapan wajib dilakukan ketika menerapkan basic skincare adalah sebagai berikut:

1. Pembersih (Cleanser)

manfaat fair and lovely facial foam_membersihkan wajah (Copy)

Membersihkan wajah tentu saja menjadi langkah paling awal yang harus kamu lakukan dalam merawat kulit. Kotoran dan minyak pada wajah jika dibiarkan bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Pada kondisi tertentu, seperti kondisi kulit yang sangat kering, mencuci wajah hanya dengan air saja, sih, enggak apa-apa. Tapi kalau kulit kamu enggak perlu perawatan khusus, kamu bisa cari pembersih wajah yang menghidrasi.

Coba, deh, cari pembersih wajah yang mengandung gliserin, ceramide, atau pun hyaluronic acid. Pembersih wajah dengan kandungan tersebut biasanya enggak bikin kulit jadi kering dan malah melembabkan. Metode double cleansing juga sangat dianjurkan untuk pembersihan wajah yang lebih maksimal.

2. Pelembab (Moisturizer)

review marina glow ready liquid highlighter_cara pemakaian

Setelah membersihkan wajah, saatnya mengembalikan kelembaban dengan menggunakan pelembab. Pelembab yang bagus adalah yang bisa memberikan rasa lembab dalam jangka waktu yang cukup panjang. Jenis-jenis pelembab memang sudah sangat beragam, dimulai dari yang bentuknya cream, lotion, ataupun gel. Kamu bisa menyesuaikan pemilihan pelembab dengan jenis kulitmu.

Untuk kulit normal, kamu bisa memilih pelembab jenis apapun karena kulitmu cenderung nggak banyak bermasalah. Untuk kulit kering, pilihlah pelembab yang berjenis cream. Pelembab jenis ini biasanya punya kandungan yang bisa mengunci kadar air (occlusive) ataupun mengikat kelembaban sehingga kulit nggak gampang kering.

Sedangkan, kalau kulitmu cenderung berminyak, kamu bisa coba gunakan pelembab berjenis gel karena jauh lebih ringan. Kamu bisa membaca tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak sebagai acuan.

3. Tabir Surya (Protector)

Review wardah sunscreen stick_cara pakai_

Langkah terakhir dalam basic skincare dan yang paling penting adalah tabir surya atau sunscreen. Banyak orang masih menyepelekan pentingnya sunscreen dalam rangkaian perawatan wajah. Padahal, sunscreen bisa 'mengunci' semua skincare yang kamu gunakan.

Fungsi sunscreen nggak cuma melindungi kulit dari bahaya sinar UV tapi juga dari radikal bebas yang bisa masuk ke kulit kapan saja. Dengan menggunakan sunscreen, kualitas produk-produk skincare yang kamu pakai sebelumnya juga akan terjaga dan bisa bekerja dengan lebih maksimal.

Jadi, melewatkan sunscreen dalam rutinitas perawatan wajah sama saja dengan menyia-nyiakan penggunaan skincare yang sudah kamu pakai. Karena itu, jangan skip sunscreen lagi, ya!

4. Langkah Tambahan

using-toner

Sebenarnya, basic skincare bisa cukup sampai di tiga langkah tadi saja. Tapi, kalau kamu butuh perawatan lebih, kamu juga bisa menambahkan toner untuk melengkapi rutinitas perawatan wajahmu. Toner bisa digunakan sesaat setelah membersihkan wajah. Fungsinya adalah untuk mengembalikan pH kulit yang tidak seimbang akibat penggunaan pembersih wajah.

Selain itu, toner juga bisa membantu mempersiapkan wajah menuju langkah perawatan wajah selanjutnya. Tapi, jangan lupa untuk memperhatikan jenis toner yang akan kamu gunakan. Untuk basic skincare sendiri, pilihlah toner dengan jenis hydrating karena biasanya, fungsinya hanya untuk menghidrasi kulit dan menambah kelembaban di wajah.

Rekomendasi Produk Lokal untuk Basic Skincare

Setelah memahami apa itu basic skincare dan mengetahui tahapan-tahapannya, Kamini akan kasih tahu kalian rekomendasi produk yang bisa dicoba untuk memulai perjalanan basic skincare kamu.

Produk-produk ini memiliki kandungan-kandungan yang cocok digunakan untuk semua jenis kulit dan nggak berpotensi mengiritasi kulit. Cocok banget buat kamu yang pemula dalam skincare. Yuk, simak apa saja produknya!

1. Wardah Gentle Micellar Wash

wardah-micellar-gentle-wash_

Pembersih wajah yang bisa kamu temukan di mini market terdekat ini bisa kamu jadikan sebagai langkah awal basic skincare kamu. Pasalnya, Wardah Gentle Micellar Wash bisa membersihkan wajah tanpa bikin kulit terasa kering. Produk ini menggunakan teknologi Micellar dimana partikel-partikel pembersihnya berukuran sangat kecil sehingga mampu mengangkat kotoran dengan lebih bersih.

Selain itu, ada kandungan niacinamide yang bisa membantu mengontrol produksi minyak di wajah. Kamu mungkin akan melihat busa pada pembersih wajah ini, tapi jangan khawatir karena busa yang dihasilkan tidak banyak. Jadinya kulit akan tetap terasa lembab.

Wardah Gentle Micellar Wash ini juga punya pH yang seimbang, lho! Harganya pun sangat terjangkau dan produk ini tersedia dalam 2 ukuran yakni, 50 ml dan 100 ml.

2. Airnderm Hydrating Primer Toner

airnderm-toner-cover1

Toner dengan jenis Hydrating dari Airnderm ini bisa dibilang menggunakan bahan-bahan yang minimal. Kandungan utamanya adalah Glycerin yang bisa melembabkan wajah.

Selain itu, di dalamnya ada kandungan sodium hyaluronate yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Sebagai tambahan, Airnderm Hydrating toner ini juga menggunakan aloe vera yang gunanya untuk melembabkan dan menenangkan kulit.

Baca juga: Review Airnderm Hydrating Primer Toner

3. Dermaluz Soothing Cream

Dermaluz-cover

Dermaluz Soothing Cream ini punya tekstur yang ringan sehingga cocok digunakan sebagai basic skincare. Pelembab ini mengandung hyaluronic acid yang dapat menghidrasi kulit. Ada juga kandungan ceramide yang berfungsi untuk memperkuat skin barrier sehingga kulit nggak gampang berjerawat.

Baca juga: Review Dermaluz Soothing Cream With Ekstrak Kaktus

4. Somethinc Holyshield! Suncreen Comfort Corrector Serum

Review somethinc sunscreen corrector serum_

Kunci dari perawatan wajah adalah sunscreen karena itu penting mencari sunscreen yang nyaman digunakan sehari-hari. Meski Somethinc Holyshield Sunscreen Comfort Corrector Serum ini tergolong mineral sunscreen, ia nggak menimbulkan whitecast yang ketara di wajah. Teksturnya yang ringan juga bikin sunscreen ini nyaman digunakan sehari-hari dan ketika harus re-apply.

Baca juga: Review Somethinc Holyshield! Sunscreen Comfort Corrector Serum

Nah, sekarang sudah nggak bingung lagi soal basic skincare, bukan? Apakah kamu sudah menerapkan basic skincare dengan tepat? Share pengalamanmu soal basic skincare ini di kolom komentar, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram