kamini.id

Beauty Terms - E

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Earthworm Poop Wrinkle Cream

Earthworm Poop Wrinkle Cream

Krim perawatan anti-penuaan yang memanfaatkan kotoran cacing tanah. Jangan salah, kotoran cacing tanah ini kaya akan komponen anti penuaan lebih banyak dibandingkan produk kecantikan lain sehingga sangat baik dalam menghilangkan garis halus dan kerutan.

Earwax

Earwax

Istilah untuk menyebutkan kotoran telinga. Earwax bukan hanya berfungsi untuk menjerat debu dan kotoran yang masuk ke dalam telinga, namun juga dapat menjaga kelembaban area dalam telinga.

Eau de Cologne

Eau de Cologne

Janis parfum dengan tingkat keharuman yang ringan dikarenakan konsenstrasi minyak parfumnya yang tidak banyak yaitu hanya 2%-4%.

Jenis parfum ini hanya bertahan beberapa jam saja. Eau de Cologne sangat cocok untuk disemprotkan dan menyegarkan kembali, namun bukan untuk pemakaian yang tahan lama.

Eau de Parfum

Eau de Parfum

Jenis parfum yang paling umum dan memiliki kadar parfum cukup tinggi yaitu antara 15%-20%. Kadar yang cukup tinggi ini menjadikan wanginya dapat bertahan lama dari pagi hingga malam.

Eau de Toilette

Eau de Toilette

Jenis parfum yang memiliki kadar parfum antara 5% - 15 %, sehingga ketahannya berada di antara Eau de Perfume dan Eau de Cologne.

Eau Fraiche

Eau Fraiche

Jenis parfum ini mirip dengan eau de cologne namun memiliki kadar parfum 1%-3% saja. Eau fraiche menawarkan kesegaran instan tanpa aroma yang bertahan lama. Jenis parfum ini juga populer disebut perfume mist atau splash.

Eco Friendly

Eco Friendly

Istilah ini merujuk pada produk-produk yang berkonstribusi pada pada gaya hidup ramah lingkungan atau pelestarian sumber daya alam seperti energi dan air. Produk satu ini juga mencegah terjadinya kontibusi pada polusi udara maupun air.

Ecocert

Ecocert

Badan sertifikasi bahan alami dan organik terbesar di dunia. Kosmetik dengan label ini menandakan bahwa produk tersebut terbuat dari bahan alami serta organik.

Eczema

Eczema

Kondisi kulit atau gangguan kulit yang ditandai dengan kulit kering, iritasi, gatal, hingga muncul ruam merah. Di Indonesia gangguan kulit ini disebut eksim.

EE Cream

EE Cream

Istilah EE dalam EE cream adalah extra exfoliation. Pasalnya, krim ini dibuat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati sembari melembabkan kulit.

Ada juga yang mengartikan EE dalam EE cream sebagai even effect yang memberikan coverage sangat ringan, dengan efek memburamkan ketidaksemprunaan wajah seperti bintik hitam dan hyperpigmentation.

Eksfoliasi

Eksfoliasi

Proses pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit menggunakan bahan kimia, senyawa bertekstur granul (kristal-kristal kecil) atau alat tertentu. Proses ini juga dapat merangsang produksi sel-sel kulit baru.

Elastin

Elastin

Protein pada kulit dan organ tubuh yang bertanggung jawab dalam menyokong dan menjaga struktur kulit termasuk menjaga kulit tetap elastis dan kencang. Bersama dengan kolagen, kemampuan elastin dapat menurun seiring pertambahan usia.

Ciri-ciri penurunan kemampuan elastin dan kolagen ini adalah munculnya tanda penuaan seperti kerutan, kulit kendur, dan garis halus.

Electrolysis Hair Removal

Electrolysis Hair Removal

Matode pengangkatan rambut dari wajah atau tubuh dengan cara menghancurkan pusat pertumbuhan rambut menggunakan bahan kimia atau panas. Metode ini melibatkan pemasukkan probe yang sangat tipis pada folikel rambut, kemudian rambut akan diambil menggunakan pinset.

Ellagic Acid

Ellagic Acid

Senyawa kimia alami yang didapat dari strawberry, raspberry, ceri, dan walnut. Senyawa kaya antioksidan ini dapat membantu menjaga kulit dari stress oksidatif karena radikal bebas atau radiasi sinar UV.

Emery Board

Emery Board

Kayu atau benda tipis dan pipih yang dilapisi bahan bertekstur permukaan kasar dan digunakan sebagai kikir kuku.

Emolien

Emolien

Bahan yang dapat melembabkan kulit kering, kasar dan bersisik. Kulit kering akan meyebabkan kulit menjadi retak dan mengelupas serta meninggalkan ruang-ruang kosong antara sel-sel kulit. Inilan yang menyebabkan tekstur kulit terasa kasar.

Emolien bekerja dengan cara mengisi ruang-ruang kosong tadi sehingga tekstur kulit bisa menjadi lembut kembali. Emolien juga berperan sebagai occlusive yang menjaga kelembaban kulit.

Empties

Empties

Istilah yang dipakai ketika kumpulan produk kosmetik telah habis terpakai. Istilah ini dipopulerkan oleh beauty vogger untuk menunjukan produk apa saja yang telah mereka habiskan sambil memberikan ulasan singkat mengenai masing-masing produk tersebut.

Emulsifier

Emulsifier

Bahan kimia tambahan yang memadukan campuran bahan minyak dan air.

Emulsion.

Emulsion

Pelembab yang memiliki tekstur lebih ringan dari krim maupun lotion, dengan kadar bahan aktif yang lebih sedikit dari serum. Produk ini mudah meresap dan membantu menghaluskan kulit, menyegarkan dan melembabkan. Emulsion biasanya digunakan untuk pemilik kulit kombinasi dan berminyak.

Enamel

Enamel

Lapisan pelindung terluar dari gigi. Sebagian besar bahan penyusun lapisan ini adalah mineral, sehingga enamel sangatlah tebal dan keras. Bahkan lapisan ini lebih keras dibandingkan tulang-tulang bagian tubuh manusia lainnya. Enamel berfungsi untuk melindungi struktur dalam gigi.

Endermologie

Endermologie

Metode khusus untuk menghilangkan tampilan selulit tanpa bedah. Metode ini menggunakan alat pijat khusus serta vakum yang dilakukan oleh profesional saja. Perawatan ini melibatkan pemijatan menggunakan alat tersebut sepanjang area selulit.

Endorphin

Endorfin

Hormon yang diproduksi tubuh dan menyebabkan perasaan senang dan tenang. Endorfin terletak pada bagian otak yang dinamakan Pluitary gland. Hormon ini diproduksi sebagai respon dari rasa sakit ataupun stres, juga diproduksi ketika melakukan aktivitas tertentu seperti makan dan berolahraga.

Enzim

Enzim

Secara ilmiah, enzim diartikan sebagai bahan yang dapat mempercepat laju reaksi kimia dalam tubuh mahluk hidup. Dalam produk kosmetik, enzim digunakan untuk memicu eksfoliasi

Epidemiology

Epidemiology

Ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana dan mengapa penyakit dapat terjadi pada kelompok orang yang berbeda-beda.

Informasi yang didapat dari epidemiologi digunakan untuk merencanakan serta mengevaluasi strategi pencegahan penyakit, serta sebagai pedoman untuk mengatasi penyakit pada pasien yang sedang mengalaminya.

Epidermis

Epidermis

Lapisan terluar kulit yang menyediakan perlindungan terhadap infeksi dan bahaya lingkungan lainnya. Lapisan ini juga mengatur kadar air yang dikeluarkan oleh tubuh menuju atmosfir.

Epigallocatechin Gallate

Epigallocatechin Gallate (EGCG)

Komponen utama dari teh hijau yang dapat mengurangi bahaya sinar matahari, memperlambat tanda penuaan, dan mengatasi paparan radikal bebas.

Epilasi

Epilasi/ Epilation

Prosedur pencabutan bulu hingga akar, agar rambut tidak tumbuh kembali dalam waktu yang cukup lama. Epilasi bisa menggunakan berbagai cara seperti laser, alat epilasi (epilator) dan waxing.

Erythrulose

Erythrulose

Sejenis senyawa gula dari tumbuhan beri yang dapat menggelapkan kulit dengan tampilan kilau alami. Bahan ini sering digunakan pada produk untuk tanning.

Essence

Essence

Produk dari rangkaian perawatan wajah ala Korea bertekstur mirip toner dan memiliki kadar nutrisi yang lebih rendah dari serum. Essence digunakan untuk mendorong hidrasi dan menyiapkan kulit agar dapat menerima nutrisi dari produk yang akan digunakan selanjutnya dengan optimal.

Essential Fatty Acids

Essential Fatty Acids (EFA)

Asam lemak yang tidak dapat dihasilkan secara alami oleh manusia maupun hewan namun dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan. EFA juga biasa digunakan dalam krim pelembab, lotion, sabun batangan, sampo, lipstik dan obat oles lain untuk mengatasi kulit kering, eksim, hingga psiosaris.

Essential Oil

Essential Oil

Minyak alami yang diekstraksi dari tumbuhan, dapat mengeluarkan aroma khas, serta mudah menguap pada suhu ruangan. Minyak jenis ini dapat digunakan dalam perawatan wajah maupun badan.

Esthetician

Esthetician

Praktisi kecantikan yang telah dilatih untuk menilai dan mempercantik kulit menggunakan berbagai perawatan.

Estrogen

Estrogen

Hormon pada tubuh yang dapat memengaruhi perkembangan tubuh dan sistem reproduksi wanita. Seiring pertambahan usia, level hormon ini akan mulai berkurang dan menyebabkan terjadinya menopause hingga menyebabkan kemunculan tanda penuaan pada kulit.

Ethylhexyl Methoxycinnamate

Ethylhexyl Methoxycinnamate

Senyawa kimia organik yang umumnya digunakan dalam chemical sunscreen. Bahan ini dapat melindungi kulit dari sinar UVB. Kandungan satu ini tak berwarna dan memliki tekstur cair dan dapat larut dalam minyak. Bagi beberapa individu, ethylhexyl methoxycinnamate dapat menyebabkan iritasi.

Eucalyptus

Eucalyptus

Merupakan tumbuhan yang banyak ditemukan di Australia. Ekstrak tumbuhan eucalyptus digunakan dalam banyak produk untuk mengurangi gejala demam, batuk, dan flu. Bahan ini juga dipadukan dengan krim dengan tujuan untuk meredakan nyeri otot dan sendi.

Eumelanin

Eumelanin

Bentuk pigmen warna kulit yang biasanya ditemukan pada orang-orang dengan warna kulit gelap. Pigmen ini terdapat pada kulit dan rambut.

Evening Primrose Oil

Evening Primrose Oil

Minyak alami yang diekstraksi dari biji bunga tanaman asli Amerika Utara yang dipercaya dapat mengatasi memar, sakit tenggorokan, wasir hingga masalah pencernaan. Untuk kulit, minyak ini dapat mengatasi eksim, kemerahan, hingga jerawat. Minyak ini juga dapat menenangkan iritasi kulit dan melembabkan.

Exfoliating Toner

Exfoliating Toner

Jenis toner yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati untuk menghilangkan garis-garis halus dan pori-pori yang tersumbat. Toner ini akan menjadikan kompleksi tampak cerah dan halus.

Exfoliating toner juga sering disebut debagai acid toner karena seringnya mengandung alpha hydroxy acid, beta hydroxy acid bahkan poly hydroxy acid. Contohnya adalah glycolic acid dan asam salisilat. Toner ini lebih ringan dibandingkan physical exfoliant.

Exilis

Exilis

Alat yang diklaim dapat mengencangkan dan membentuk lengan, kaki, rahang, perut serta area sekitar mata menggunakan panas frekuensi radio di bawah kulit. Meski begitu, belum semua ahli kulit menyarankan penggunaan alat ini.

Exp

Exp

Batas jangka waktu penggunaan produk sebelum kemasan dibuka. Exp merupakan singkatan dari expired (expired date) dan umumnya tercantum pada kemasan produk.

Eye Bags atau Bags under Eyes

Eye Bags/ Bags under Eyes

Istilah lain untuk kantung mata. Kondisi ini terjadi karena penumpukan cairan sekitar mata, atau karena penumpukan lemak sebagai tanda penuaan pada kulit. Kantung mata juga dapat dipengaruhi oleh genetik serta gaya hidup.

Eye Crayon

Eye Crayon

Eyeshadow bertekstur gel atau krim yang dikemas seperti batangan krayon kecil. Produk ini digunakan seperti menggunakan lipstik, yaitu diaplikasikan langsung pada kelopak mata kemudian diratakan menggunkan jari.

Produk ini dapat membuat tampilan eyeshadow yang dramatis lebih mudah dengan tingkat presisi yang sangat baik.

Eye Cream

Eye Cream

Produk perawatan kulit berbentuk krim yang diformulasikan khusus untuk kulit di area mata. Biasanya krim mata memiliki formulasi yang spesifik untuk menangani masalah kerutan, atau dark circle. Aplikasikan secara rutin di area mata untuk mendapatkan hasil maksimal.

Eye Primer

Eye Primer

Primer khusus area mata yang digunakan untuk membuat warna riasan mata tampak lebih nyata serta tahan lama, dan mencegah kelompak cepat berminyak.

Eye Slack Haruka

Eye Slack Haruka

Alat kecantikan yang dirancang khusus asal Jepang, digunakan untuk mengencangkan kantung mata besar dan sembab. Produk ini memiliki bentuk seperti kacamata renang.

Eyebrow

Eyebrow

Istilah lain untuk alis mata yang diambil dari bahas Inggris

Eyebrow Serum

Eyebrow Serum

Serum alis mata yang bermanfaat untuk menebalkan dan merangsang pertumbuhan alami alis.

Eyelash

Eyelash

Istilah lain untuk bulu mata yang diambil dari bahas Inggris

Eyelash Curler

Eyelash Curler

Alat penjempit bulu mata agar terlihat lentik

Eyelash Extension

Eyelash Extension

Prosedur penyambungan bulu mata buatan pada bulu mata asli menggunakan lem khusus untuk memanjangkan, melentikkan, menebalkan serta mengisi bulu mata asli. Hasil dari eyelash extension ini biasanya dapat bertahan selama 1 sampai 3 bulan.

Keratin Lash Lift

Eyelash Lift/ Keratin Lash Lift

Perawatan semi permanen yang bertujuan untuk menggulung bulu mata ke atas sehingga bulu mata akan tampak lentik alami tanpa menggunakan bantuan eyelash curler.

Pertama, bulu mata akan disisir ke arah atas menggunakan bantalan silikon khusus. Lalu, akan diaplikasikan serum serta keratin pada tiap helaian bulu mata. Setelah itu, diaplikasikan juga perming beserta lotion untuk menahan bulu mata pada tempatnya.

Untuk tampilan tebal, bulu mata juga akan diberi warna hitam. Bulu mata hasil eyelash lift dapat bertahan selama 2 sampai 3 bulan.

Eyelash Primer

Eyelash Primer

Primer untuk bulu mata yang berguna untuk menebalkan dan memanjangkan bulu mata. Eyelash primer digunakan sebelum pengaplikasian maskara.

Eyelash Serum

Eyelash Serum

Serum bulu mata yang bermanfaat untuk mendorong pertumbuhan serta menjaga kesehatan bulu mata alami. Serum ini juga membuat bulu mata tetap kuat serta tidak mudah rontok.

Eyelid Trainer

Eyelid Trainer

Alat kecantikan asal Jepang yang berfungsi membuat lipatan pada kelopak mata dengan hasil semi permanen. Alat ini berbentuk seperti kacamata dan sangat digemari oleh masyarakat Jepang karena dinilai praktis digunakan namun memberikan hasil yang cukup baik dalam membentuk lipatan mata

Eyeliner

Eyeliner

Produk yang diaplikasikan pada garis tepi kelopak mata untuk mempercantik dan mempertajam sorot mata. Produk ini juga digunakan untuk mempertegas kelopak mata dan mengubah tampilan bentuk mata.

Eyeshadow

Eyeshadow

Kosmetik yang diaplikasikan pada kelopak mata dan dibawah alis untuk membuat mata terlihat menarik dan lebih hidup. Eyeshadow dapat menambahkan kedalaman mata seseorang, melengkapi warna mata, atau membuat tampilan mata tampak besar.

Produk ini dikemas dalam beberapa bentuk. Ada yang berbentuk krim, bubuk, hingga bubuk yang dipadatkan.

Eyeshadow Fallout

Eyeshadow Fallout

Istilah yang digunakan ketika ada bubuk eyeshadow berjatuhan pada area wajah. Istilah ini seringnya hanya disebut sebagai fallout.

Eyeshadow Shield

Eyeshadow Shield

Produk yang digunakan untuk menutupi area bawah mata dengan tujuan membantu membuat riasan cat eye atau mencegah fallout.

A - B - C- D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram