Beauty Terms - S

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Salicylic Acid

Salicylic Acid

Adalah asam beta hidroksi yang berfungsi menghilangkan minyak berlebih dan sel-sel mati dari permukaan kulit. Kandungan ini bisa ditemukan dalam pembersih nonprescription, pelembab, dan perawatan untuk kulit berjerawat dalam konsentrasi 0,5 - 2% per produk.

Salon

Salon

Tempat orang-orang mempercantik diri. Salon biasanya mengacu pada satu tempat one stop service, di mana pelanggan bisa mendapatkan perawatan dan permak dari kepala hingga kaki.

Tapi, ada juga salon independen yang berspesialisasi dalam rangkaian kecil perawatan. Misalnya salon nail art, salon khusus perawatan rambut, salon & spa, dan lainnya.

Salve

Salve

Salep yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan kulit atau sebagai perlindungan kulit.

SASC

SASC

Adalah brand kosmetik asli lokal. SASC sendiri merupakan singkatan dari Socially Aware Sexy Cosmetics. Mereka tak hanya menciptakan makeup yang kece, tapi juga mendukung women empowerment dan kegiatan sosial lainnya.

SASHI Seoul

SASHI Seoul

Sashi Seoul ini agak unik, karena dia brand Indonesia, tapi produk-produknya dibuat di Korea Selatan. Produk mereka terdiri dari lini makeup dan perawatan kulit yang dibuat dengan bahan berkualitas premium yang aman, bebas dari bahan berbahaya, vegan, dan tidak diuji pada hewan.

Scalp

Scalp

Kulit yang menutupi kepala, tapi tidak termasuk wajah, hanya area yang berambut saja.

Scent

Scent

Scent, aroma, adalah sesuatu yang membantu menciptakan loyalitas merk yang kuat. Tak jarang diperkenalkan sebagai bagian dari strategi pemasaran peluncuran produk.

Scientific

Scientific

Scientific berarti berdasarkan atau dicirikan oleh metode dan prinsip sains. Kata ini akan sering kamu dengar ketika sebuah brand atau produk mengklaim tentang kesehatan produk tersebut.

Scissors

Scissors

Gunting. Bisa gunting rambut, gunting alis, gunting bulu mata, ada berbagai macam jenis gunting di dunia kecantikan.

SculpSure

SculpSure

Adalah laser kontur tubuh non-invasif yang disetujui FDA. Fungsinya untuk mengurangi lemak di perut, panggul, punggung, paha, dan bawah dagu.

Cara kerja SculpSure adalah menghancurkan sel-sel lemak dengan panas secara permanen. Penurunan lemak bisa hingga 24% dan dapat dilihat dalam 6-12 minggu setelah perawatan.

Sculpting

Sculpting

Sculpting adalah teknik shaping (membentuk lekukan wajah) yang diterapkan saat mengoreksi, mengubah, atau membentuk kembali fitur wajah Anda. Sculpting berlaku untuk tubuh juga. Sculpting berbeda dengan contour.

Sculpting Tools

Sculpting Tools

Alat untuk sculpting. Biasanya berupa makeup brush yang berbentuk miring atau cekung.

Sculptra

Sculptra

Suntikan biostimulatori yang terbuat dari asam laktat poli-L. Filler ini mengaktifkan produksi kolagen tubuh secara mandiri, agar secara bertahap mengembalikan volume keelastisitas kulit yang hilang dan meminimalkan tampilan kerutan.

Treatment ini tidak instan, melainkan membutuhkan 3-4 kali perawatan, dan hasilnya bisa bertahan hingga 2 tahun atau lebih. Pastikan untuk melakukannya di klinik terdaftar, ya!

Sensatia Botanicals

Sensatia Botanicals

Masih merk skincare dan makeup lokal, yang satu ini namanya Sensatia Botanicals. Mereka dikenal membuat produk dalam berbagai varian untuk semua masalah kulit, seperti kulit kering, berminyak, dan berjerawat. Terus, harga yang dipatok juga tidak mahal, semuanya terjangkau.

Serum

Serum

Produk perawatan kulit yang mengandung konsentrasi bahan aktif tinggi, sehingga penetrasinya lebih baik daripada produk skincare lainnya.

Set

Set

Set, atau setting, adalah proses mengunci makeup. Biasanya dilakukan dengan menggunakan bedak tabur atau setting spray. Men-set riasan sangat penting agar tidak geser, luntur, dan menghilang hingga akhir aktivitas.

Sexy

Sexy

Mengacu pada makeup, hair look, pakaian, dll yang membuat pemakainya terlihat lebih hot.

Shade

Shade

Salah satu teori warna yang berkaitan dengan seberapa terang atau gelapnya makeup. Sinonim untuk shade diantaranya: color, hue, tone, tint, tinge.

Shadow

Shadow

Singkatan untuk eye shadow. Adalah kosmetik yang diaplikasikan pada kelopak mata dan di bawah mata. Shadow digunakan untuk membuat mata pemakainya menonjol atau terlihat lebih menarik.

Eye shadow hadir dalam berbagai warna, tekstur, hasil akhir, dan formula. Bentuk eye shadow yang paling umum adalah pressed powder yang terbuat dari bubuk dan mika. Tapi, shadow juga dapat ditemukan dalam bentuk cair, pensil, krim, atau mousse.

Shampoo

Shampoo

Produk untuk mencuci rambut. Ada juga makeup brush shampoo, yaitu cairan atau produk untuk membersihkan brush makeup.

Shaping

Shaping

Membentuk wajah atau bagian tubuh seperti yang diinginkan menggunakan makeup.

Shave

Shave

Istilah untuk mencukur. Baik itu alis, jenggot, kumis, bulu pada wajah, bulu dada, bulu tangan, bulu kaki, dan memangkas rambut.

Shea Butter

Shea Butter

Shea butter adalah lemak yang diekstrak dari kacang pohon shea Afrika. Saat masih mentah, warnanya putih gading. Tapi, setelah diproses menjadi putih bersih, walaupun terkadang ada juga yang mewarnainya jadi kuning menggunakan akar borututu atau minyak sawit.

Shea butter sering digunakan dalam kosmetik terutama skincare sebagai pelembab, salep, lotion, dan sering juga dimasukkan dalam sabun mandi, lip balm, dst.

Shea Moisture

Shea Moisture

Didirikan pada tahun 1991 di Harlem, Shea Moisture adalah perusahaan perawatan kulit yang berfokus pada sampo, kondisioner, dan sabun mandi.

Sheet Mask

Sheet Mask

Dipopulerkan oleh trend K-beauty, masker wajah ini sangat disukai karena praktis. Masker sheet terbuat dari kertas, kapas, bioselulosa (serat tumbuhan), atau hidrogel yang dibentuk secara pas untuk wajah.

Di dalam kemasannya disertakan serum atau kandungan perawatan kulit lainnya. Fungsi umum sheet mask adalah memberikan hidrasi dan membuat kulit glowing dalam 20 menit pemakaiannya. Selain sheet mask untuk wajah, ada juga sheet mask untuk bibir, bawah mata, leher, tangan, dan kaki.

Shimmer

Shimmer

Bling-bling atau shimmer adalah produk makeup yang digunakan untuk menonjolkan area kulit yang terkena cahaya. Ini adalah produk serbaguna yang dapat digunakan untuk semua usia dan jenis kulit, cukup mudah diaplikasikan sebagai sentuhan akhir dalam rutinitas makeup kamu.

Shimmer bisa ditemukan dalam bentuk pressed powder, liquid, cream, gel, atau dalam eye shadow.

Shiny

Shine / Shiny

Kulit yang sehat biasanya kan memancarkan shine—kilau alami—yang membuat kulit terlihat shiny. Kurangnya kilau alami kulit bisa menandakan kalau kamu memiliki  pola makan yang buruk, kurang tidur, dan dehidrasi.

Beda lagi kalau kulit kamu berkilau akibat terlalu banyak minyak. Biasanya pemilik kulit berminyak sering bermasalah dengan meningkatnya produksi sebum pada siang hari. Kalau ini bukan shiny dalam artian bagus, ya, berarti kamu punya masalah dengan produksi minyak berlebih.

Shingles

Shingles

Shingles, herpes zoster, sinanaga, atau penyakit ruam saraf adalah sebuah penyakit kulit yang menyebabkan ruam yang menyakitkan. Jika lebih parah, shingles bisa berdarah, terbakar, dan terasa gatal. Biasanya shingles hanya mempengaruhi satu sisi tubuh. Mereka dapat muncul di wajah, meskipun kebanyakan orang mengalami gejala di area tubuh.

Shylas Factory

Shylas Factory

Terkenal berkat maskernya, ini adalah brand lokal lainnya yang datang dari Bali, namanya Shylas Factory. Produk-produk mereka semuanya memiliki kandungan ‘penyembuh’ untuk berbagai masalah kulit.

Didukung dengan nama dan desain kemasan yang Indonesia banget, membuat orang-orang makin penasaran dengan Shylas Factory.

Silicone

Silicone / Silikon

Zat yang berasal dari silika yang memberikan produk tekstur yang lembut dan licin. Produk yang mengandung silikon dapat menghaluskan tampilan pori-pori kulit.

Bahan ini tidak berbahaya atau membuat kulit mati lemas, meski beberapa orang tidak menyukai teksturnya. Jenis silikon yang umum digunakan adalah siklopentasiloksan, sikloheksasiloksan, dimetikon, dan fenil trimetikon.

Silicone Filler

Silicone Filler / injection

Silikon, zat sintetis permanen (yang sebenarnya tidak disetujui FDA untuk tujuan kosmetik) tetapi karena telah mendapat lampu hijau pada 1990-an untuk penggunaan tertentu dalam oftalmologi (hal-hal serius, seperti pelepasan retina).

Silikon bisa disuntikkan ke dalam kulit untuk mengembangkan dan mengisi bibir, payudara, dan pantat. Secara teknis, silikon filler dianggap tidak ilegal. Tapi, tetap saja berbahaya.

Awalnya injeksi silikon mungkin terlihat bagus, bibir kamu terlihat penuh, payudara terlihat sintal.. Tetapi, seiring waktu, tubuh membentuk jaringan parut di sekitar filler silikon, dan area yang disuntikkan akan terus tumbuh dan berkembang.

Saat silikon masuk ke jaringan tubuhmu, mereka jadi menggumpal dan mengeras, dan hampir tidak mungkin dihilangkan.

Tidak seperti suntikan collagen dan restylane yang hanya bertahan hingga enam bulan, jadi pasien harus disuntik berulang kali, silikon akan tetap seperti itu. Ya, efek samping dari injeksi silikon adalah mereka permanen.

Sink in

Sink in

Adalah kata lain dari absorb, yang berarti produk yang kamu gunakan benar-benar menyerap ke dalam kulit.

Skin

Skin

Kulit adalah selubung luar tubuh dan merupakan organ terbesar dari manusia. Kulit memiliki tujuh lapisan jaringan ektodermal. Fungsi utama kulit adalah melindungi otot, tulang, ligamen, dan organ internal di bawahnya.

Tak hanya perlu sehat dan kuat, kecantikan kulit juga begitu diperhatikan. Itulah mengapa banyak produk dan treatment perawatan kulit yang bisa dilakukan.

Skin Ageing

Skin Ageing

Skin ageing merupakan fenomena alami yang terjadi pada kulit manusia karena faktor intrinsik atau ekstrinsik. Walaupun begitu, penuaan kulit bisa dicegah dan diperbaiki dengan treatment tertentu.

Skin Barrier

Skin Barrier

Lapisan terluar kulit dikenal sebagai skin barrier (pelindung kulit). Mereka akan melindungi tubuh dari serangan ancaman lingkungan yang terus-menerus sekaligus melindungi keseimbangan air dalam tubuh. Masalah kulit seperti kekeringan, gatal, dan peradangan dapat mengingatkan akan adanya gangguan pada skin barrier.

Skin Care

Skin Care

Skin care adalah produk dan metode merawat kulit. Tidak hanya penting untuk kesehatan kulit, kulit yang rutin pakai skincare juga akan lebih bagus saat menggunakan makeup.

Skin Dewi

Skin Dewi

Brand skincare lokal yang seperti brand internasional. Cukup sulit untuk menemukan produk perawatan kulit berkualitas baik untuk kulit sensitif, apalagi produk untuk bayi dengan masalah kulit seperti alergi dan dermatitis atopik.

Itulah yang menginspirasi Skin Dewi untuk menciptakan rangkaian skincare yang aman, alami, organik, dan tidak mengandung racun atau hal buruk lainnya.

skin game

skin game

skin game adalah brand lokal yang mendukung body positivity dan self-love! Mereka percaya, semua lekuk tubuh, warna kulit, tekstur rambut, itu cantik. Walaupun baru berdiri pada tahun 2019, skin game langsung memiliki banyak peminat.

Sekarang ini mereka baru memproduksi skincare dengan masalah kulit khusus seperti untuk acne, komedo, dsb.

Skin Health Restoration

Skin Health Restoration

Sebenarnya judulnya 'health' tapi istilah ini lebih merujuk pada treatment memperbaiki penampilan kulit. Memang, fokus perawatan ini untuk jangka panjang, bukan hanya sekedar membuat kulit tampak lebih kencang secara instan.

Cara kerjanya adalah dengan 'bekerja sama' dengan kulit, bukan membuat kulit berubah dalam waktu singkat. Sehingga kulit bisa kembali sehat dan cantik seperti keadaan alaminya.

Skin Layer

Skin Layer

Adalah lapisan kulit. Secara garis besar, lapisan kulit bisa dibagi dua, yaitu Epidermis (lapisan luar kulit) dan Dermis (lapisan tengah kulit).

Skin-replenishing Ingredients

Skin-Replenishing Ingredients

Adalah kandungan dalam skincare yang menjaga kulit. Fungsinya melindungi dari faktor lingkungan yang menyebabkan hilangnya kelembapan dan dehidrasi, serta membuat kulit tampak lebih muda, cerah, dan segar.

Skin-restoring Ingredients

Skin-Restoring Ingredients

adalah bahan perawatan kulit yang menutrisi dan akan membantu membuat kulit tampak lebih muda. Bahan-bahan pemulih kulit juga akan memperbaiki warna kulit kusam, mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan, juga masih banyak lagi manfaat lainnya.

Skin Resurfacing

Skin Resurfacing

Skin resurfacing (pelapisan kembali kulit) adalah treatment yang mengabrasi permukaan epidermis. Agresi kulit ini menyebabkan proses penyembuhan kulit alami dan menstimulasi neokolagenesis di dermis.

Produksi kolagen dan elastin berkontribusi pada kulit yang lebih halus, bahkan kulit dan noda memudar.

Skin Texture

Skin Texture

Tekstur kulit. Umumnya, kulit yang lebih disukai adalah yang mulus (tidak bertekstur).

Skin Tone

Skin Tone

Skin tone atau human skin color adalah warna kulit manusia yang terlihat dari permukaan. Pigmentasi kulit seseorang adalah genetik dari kedua orang tua biologis.

Tapi, bisa juga diakibatkan oleh cuaca sekitar tempat tinggal (yang sinar mataharinya terik biasanya memiliki skin tone gelap), atau bisa didapatkan secara riasan genetik (menggunakan kosmetik).

Pigmen warna kulit manusia memiliki keragaman, mulai dari coklat gelap hingga putih terterang. Skin tone mayoritas orang Indonesia adalah putih (putih gading), kuning langsat (putih kekuningan), dan sawo matang.

Sleeping Pack

Sleeping Pack

Sleeping pack adalah masker malam hari yang dipopulerkan oleh rejimen skin care ala Korea Selatan. Sleeping pack bisa disebut pack saja.

Smooth

Smooth

Smooth berarti lembut. Dalam hal ini menandakan kulit yang halus dan lembut. Untuk mendapatkan kulit yang seperti ini, kamu harus rajin menggunakan pelembap wajah dan body lotion ke seluruh tubuh. Jangan lupa juga untuk perawatan kulit seperti juga setiap 1-2 minggu sekali!

Smudge

Smudge

Smudge adalah 'noda', tapi lebih mengacu pada makeup yang luntur, lebih tepatnya riasan mata. Untuk riasan mata yang luntur disebut smudging.

Social Cosmetics

Social Cosmetics

Social Cosmetics adalah merk produk riasan wajah asal Indonesia. Sejauh ini produknya baru ada dua macam, yaitu lipstik cair dan cushion saja. Yang menarik adalah, Social Cosmetics mengangkat tema sosial.

Soalnya, Social Cosmetics didirikan oleh kelompok perempuan yang memegang teguh tiga nilai penting: friendliness, sincerity, dan caring. Setiap pembelian produk lipsitk Social Cosmetics akan disumbangkan sebanyak Rp 5.000 untuk Bandung Cancer Society.

Sodium Chloride

Sodium Chloride

Kamu mungkin mengenalnya sebagai table salt alias garam meja. Tapi, kandungan ini juga merupakan salah satu bahan kosmetik yang paling umum.

Sodium chloride berfungsi sebagai agen pengikat untuk bahan lain yang tidak kompatibel, dan juga memungkinkan produk menjadi berbuih. Ia digunakan dalam sampo, sabun mandi, dan pembersih wajah.

Sodium Hyaluronate

Sodium Hyaluronate

Bentuk garam dari asam hialuronat. Ia dianggap lebih efektif sebagai bahan pelembab, karena dapat menyerap lebih baik ke dalam kulit.

Sodium Laureth Sulfate

Sodium Laureth Sulphate (SLES)

Detergen berbusa yang aman dan efektif. Ia digunakan dalam pembersih wajah, sabun mandi, sampo, dan pasta gigi. SLES sangat berbeda dengan Sodium lauryl sulfate (SLS) yang lebih mengiritasi.

Sodium Lauryl Sulfate

Sodium Lauryl Sulphate (SLS)

Agen deterjen yang mengikis minyak dan menghasilkan busa. Produk yang bebas sulfat sangat populer karena kesalahpahaman bahwa bahan pembuat busa ini dapat menyebabkan kanker, padahal itu tidak ada kaitannya.

Sodium PCA

Sodium PCA

Adalah turunan dari asam amino prolin yang terbentuk secara alami. Digunakan sebagai agen pengkondisi suatu produk.

Soft

Soft

Lembut, merujuk pada kulit yang halus dan mulus atau pada rambut yang tidak kusut.

SOMETHINC

SOMETHINC

Lahir pada tahun 2019, SOMETHINC adalah brand skincare dan kosmetik asal Indonesia yang mengedepankan kesehatan dan kecantikan kulit. Mereka membuat produk Halal dan berkualitas tinggi. Produk SOMETHINC yang paling dikenal adalah CRIOUSLY 24K Gold Essence dan Copy Paste Breathable Mesh Cushion.

soy

Soy

Kacang kedelai. Kaya akan protein dan vitamin, ekstrak alami ini tidak menyebabkan iritasi. Kedelai sering digunakan sebagai pencerah kulit ringan. Cara kerjanya adalah dengan menghalangi transfer pigmen dari sel pembuat pigmen ke sel kulit di sekitarnya.

Sparkly

Sparkly

Sesuatu yang sparkling berarti ‘berkilau’. Ini adalah cara mewah untuk mengatakan makeup ber-glitter yang cantik.

Specialist

Specialist

Ada dua jenis spesialis dalam dunia kecantikan, yaitu skincare specialist dan makeup specialist. Spesialis perawatan kulit biasanya melakukan hal berikut:

Mengevaluasi kondisi dan penampilan kulit klien, membersihkan kulit sebelum merias wajah, merekomendasikan produk perawatan kulit, memberi tahu dan mengajarkan klien tentang cara merias wajah juga cara merawat kulit mereka.

Lalu, spesialis makeup adalah panggilan seseorang yang terlatih dalam menata rambut dan merias wajah. Kita bisa menyebutnya kosmetologis juga.

Sementara penata rambut hanya berfokus pada rambut saja tentunya, dan penata rias hanya berfokus pada riasan, tapi ahli kosmetik atau spesialis makeup terlatih untuk menganalisis kulit termasuk kulit kepala.

Spectrum

Spectrum

Dalam sunscreen, kamu pasti sering mendengar istilah ‘broad spectrum’. Lalu, apa spectrum itu? Sebenarnya kenapa sunscreen harus memiliki spectrum yang luas?

Ada dua jenis sinar UV yang dapat membahayakan kulit, yaitu UVA dan UVB. Sinar UVA dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, menyebabkan kerutan dan bintik-bintik penuaan.

Sedangkan Sinar UVB merupakan penyebab utama kulit terbakar dan berkembangnya kanker kulit. Nah, tabir surya spektrum luas akan melindungi kulit dari keduanya.

Spray

Spray

Spray adalah semprotan. Ada skincare dan essential makeup yang berbentuk cairan dan ditempatkan di dalam botol semprot, seperti primer, face mist, setting spray, dll. Tapi, untuk istilah spray sendiri paling identik dengan finishing spray, setting mist, atau setting spray. Semuanya meurjuk pada produk yang sama.

Fungsinya adalah membuat makeup tetap stay seharian di wajah. Terkadang orang juga menggunakan facial mist di akhir makeup.

Tentu fungsinya tak sama dengan setting spray, tapi facial mist akan memberikan sentuhan akhir makeup yang lebih bercahaya, berembun, dan membuat kulit terlihat terhidrasi.

Squalene

Squalene

Sebenarnya dalam susunan alfabet Squalane datang lebih dulu. Tapi, karena Squalane adalah produk dari Squalene, maka pengertian tentang Squalene harus dipahami terlebih dulu.

Squalene adalah minyak hati ikan hiu. Tapi, karena masalah etika, sekarang produsen produk kecantikan banyak yang beralih mencari Squalene dari nabati seperti buah zaitun, dedak padi, bibit gandum, tebu, pohon palem, atau biji bayam.

Squalene kaya akan asam lemak dan antioksidan. Kita bisa menemukannya dalam tabir surya, lipstik, bath oil, dan pelembab.

Sebenarnya pelembab ini dibuat secara alami oleh kulit, namun berkurang seiring bertambahnya usia (di atas usia 30 tahun). Lebih khususnya, diproduksi oleh kelenjar sebaceous (minyak) di kulit.

Sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous sebenarnya terdiri dari trigliserida, wax ester, dan squalene. Jadi, betapapun menyebalkannya minyak di wajah, tetap ada squalene yang membantu menjaga kulit tetap lembab.

Sifat menguntungkan dari squalene tidak berhenti di situ, karena ia juga melawan kerusakan akibat radikal bebas di kulit sebagai antioksidan. Namun, wujud asli Squalene sebenarnya tidak terlalu stabil. Oleh karena itu, untuk tujuan perawatan kulit, Squalene mengalami proses saturasi yang disebut hidrogenasi menjadi Squalane.

Jika Squalene tidak terhidrogenasi, ia akan teroksidasi saat terpapar udara dan tidak lagi memiliki manfaat. Kesimpulannya, Squalane adalah versi yang lebih tahan lama dan efektif dari Squalene, Jadi yang ada dalam krim perawatan kulit, serum, dan face oil adalah Squalane.

Squalane

Squalane

Squalane bekerja untuk mengunci kelembaban kulit secara alami. Ia akan membantu masalah kulit yang mana pelindung kulit terganggu dan kehilangan air transepidermal. Simpelnya, problem kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis bisa diatasi dengan menggunakan produk yang mengandung squalane.

Karena sifat emoliennya yang sangat baik, orang-orang dengan kulit kering dan/atau kulit yang mengalami tanda penuaan sangat membutuhkan squalane.

Tapi, kandungan ini dapat bermanfaat bagi semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Karena ia tidak berbau dan bukan iritan atau alergen yang umum, jadi kulit yang paling sensitif sekalipun tidak akan bereaksi terhadap squalane.

Squareletto Nail

Squareletto Nail

Bentuk kuku yang sangat panjang, seperti kuku stiletto tapi berbentuk persegi pada ujungnya. Bentuk kuku squareletto memiliki kelebihan karena tidak setajam stiletto. Jadi, pemakainya cenderung tidak akan melukai diri sendiri secara tidak sengaja.

Stearyl Alcohol

Stearyl Alcohol

Stearyl alcohol bukan alkohol, melainkan lemak yang mengikat bahan-bahan dalam krim dan pembersih wajah yang membuat produk tersebut bertekstur halus.

Stencil

Stencil

Stensil alis adalah penyelamat dalam dunia peralisan. Produk ini adalah cetakan alis yang memudahkan siapa saja untuk membentuk alis. Ada yang berbentuk lembaran mika dan ada juga yang terbuat dari tongkat plastik.

Stiletto Nail

Stiletto Nail

Stiletto adalah potongan kuku yang panjang dan tajam, seperti cakar. Kuku stiletto memang cantik, tapi bisa berbahaya bagi mata atau kulit, jadi pemakainya harus ekstra hati-hati saat menggunakan jari mereka. Terutama bagi para pemakai lensa kontak, harus hati-hati banget saat memasukkan contact lense ke mata.

Stimulate

Stimulate (Kulit)

Proses pemberian tekanan, gesekan, perubahan suhu, atau zat kimia pada kulit untuk mengurangi masalah kulit.

Stratum corneum

Stratum corneum

Stratum corneum mengandung sel-sel kulit mati yang dulunya ada di epidermis. Menggunakan scrub wajah dan beberapa produk kulit lainnya akan menghilangkan atau menipiskan lapisan ini, menampakkan kulit yang lebih cerah di bawahnya.

Stress Relief

Stress Relief

Cara atau metode untuk menghilangkan stres. Tips: melakukan perawatan wajah adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Soalnya, perawatan wajah membantu merilekskan kulit serta seluruh tubuh.

Stres dapat merusak kulit dan menyebabkan jerawat. Melakukan facial minimal sebulan sekali dapat mencegah hal ini dan memberi kamu kesempatan untuk merasa 'dimanjakan'. Stres hilang, wajah pun bersih dan cantik!

Strobing

Strobing

Strobing adalah istilah ketika seseorang menggunakan highlighter. Tapi, strobing melewati bagian contouring, alih-alih langsung menggunakan highlighter atau strobing cream saja. Hasilnya, struktur wajah sama-sama lebih terdefinisi dan berkilau, tapi lebih natural karena tanpa contour.

Strobing Cream

Strobing Cream

Produk untuk strobing. Mirip dengan highlighter cair/cream.

Style

Style

Gaya. Bisa mengacu pada style makeup, rambut, pakaian, dll.

Stylist

Stylist

Dalam dunia fashion, stylist berarti penata mode dan gaya. Tapi, dalam dunia makeup, stylist berarti ahli kecantikan yang bisa disebut juga cosmetologist. Jika begitu, mereka tidak hanya memegang wajah saja tapi sampai rambut, grooming (kuku), perawatan kulit, dll.

Subcutis

Subcutis / Subkutis

Adalah lapisan lemak kulit. Lapisan ini menampung kelenjar keringat, jaringan ikat lemak dan jaringan ikat longgar. Jika jaringan pada lapisan ini berkurang, maka akan menyebabkan kulit kendur dan keriput. Selain itu, subkutis bertanggung jawab untuk menjaga panas tubuh dan melindungi organ vital dalam juga.

Sulfates

Sulfates

Agen pembersih yang menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit. Dimasukkan ke dalam produk pembersih wajah untuk membuat busa. Tapi, sulfat juga sering ditemukan pada sabun mandi, sampo, dan krim cukur.

Ada lebih dari 100 varietas sulfat yang berbeda. Sumbernya pun berbeda-beda, ada yang dari alam, dan ada juga yang sintetis. Sayangnya, sulfat kurang disukai karena cenderung mengeringkan serta mengiritasi kulit. Sulfat juga berbahaya untuk lingkungan karena berpotensi merusak bumi.

Sulfur

Sulfur

Unsur alami yang digunakan dalam produk jerawat. Kandungan ini berfungsi untuk membunuh bakteri, meredakan peradangan, dan memecah sel kulit mati untuk membersihkan pori-pori.

Sunburn

Sunburn

Atau kulit terbakar matahari. Ketika seseorang terlalu banyak terpapar sinar matahari atau lampu khusus (seperti lampu tanning), dan paparan tersebut sering berulang, maka kulit bisa terbakar.

Ciri-cirinya adalah kulit yang memerah atau menggelap, gatal, perih, panas, dan dalam kasus yang telah parah bisa sampai melepuh. Risiko terkena paparan sinar matahari terlalu banyak adalah flek hitam, keriput, dan kanker kulit.

sunscreen

Sunscreen

Tabir surya adalah skincare yang sangat penting. Orang kadang salah kaprah dan hanya menggunakan sunscreen saat beraktivitas di bawah sinar matahari atau saat mau berenang saja.

Padahal, bahkan saat bersalju, hujan, atau mendung pun kamu harus menggunakan sunscreen. Walaupun kamu hanya di dalam ruangan, tetap pakai saja. Karena, sinar UV bisa menembus ke dalam ruangan!

Tabir surya yang bertuliskan ‘broad spectrum’ (spektrum luas) bisa membantu melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Kandungan minimal dalam sunscreen adalah SPF 30, semakin tinggi maka semakin baik.

Supplement

Supplement

Suplemen kecantikan biasanya berbentuk kapsul gel atau minuman serbuk yang bisa dikonsumsi setiap hari sesuai anjuran. Ini adalah cara mempercantik kulit, menguatkan kuku, dan memperhalus rambut 'dari dalam'. Pastikan suplemen yang kamu konsumsi aman dan asli, ya.

Surfactants

Surfactants

Digunakan sebagai deterjen pelarut minyak, emolien, dan agen pembentuk busa dalam produk pembersih kulit. Sabun tradisional pH tinggi dan natrium lauril sulfat (SLS) dapat mengelupas surfaktan.

Surgery

Surgery

Surgery adalah operasi. Ada dua jenis operasi, yaitu medical operation dan cosmetic surgery atau dikenal juga dengan plastic surgery. Operasi medis ditujukan untuk memperbaiki kesehatan seseorang. Sedangkan operasi plasti lebih bertujuan untuk memperbaiki penampilan.

Sweat

Sweat

Sweat berarti ‘keringat’. Ini normal terjadi pada manusia, jadi jangan kesal kalau berkeringat dan makeup-mu luntur, yang salah itu makeup-nya bukan keringatmu!

Sweep

Sweep

Jika biasanya orang mengaplikasikan blush on secara biasa, teknik sweep berarti menyapukan blush on dari pelipis ke apel pipi. Teknik ini akan menghasilkan look yang nampak lebih awet muda.

Symmetry

Symmetry

Artinya semua bagian wajah seperti alis, mata, bulu mata, hidung, bibir, dan dagu seimbang dan selaras satu sama lain, sehingga membuat wajah terlihat lebih menarik bagi orang lain. Namun, tidak ada yang memiliki wajah simetris sempurna. Jadi, kamu harus tetap percaya diri apa adanya!

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram