Beauty Terms - V

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
Vampire Facial

Vampire Facial

Perawatan di klinik kecantikan yang menggabungkan mikrodermabrasi dengan aplikasi platelet-rich plasma (PRP) alias plasma kaya trombosit. Treatment ini berfungsi untuk mempercepat pergantian sel dan pertumbuhan kolagen.

Vaso-Constrictor

Vaso-Constrictor

Adalah treatment yang berguna untuk mengurangi diameter kapiler darah, yang akan mengurangi kemerahan yang menyebar dan kapiler yang rusak.

Vaso-Dilatator

Vaso-Dilatator

Kebalikan dari treatment di atas, vaso-dilatator adalah perawatan kulit yang akan meningkatkan diameter kapiler darah dan aliran darah. Manfaatnya adalah meningkatkan pertukaran sel dengan menyediakan elemen nutrisi dan oksigen.

Vbeam

Vbeam

Laser pulsed-dye yang digunakan untuk mengobati masalah vaskular seperti kapiler yang rusak, rosacea, memar, dan sejenisnya. Treatment ini bekerja dengan menargetkan dan menghancurkan pembuluh darah yang keluar jalur. Perawatan ini aman untuk semua warna kulit.

Versatile

Versatile

Kata untuk mendeskripsikan seseorang atau benda yang dapat beradaptasi untuk melakukan banyak hal atau memiliki banyak fungsi. Singkatnya, sama dengan kata sifat 'serbaguna'.

Vibrant

Vibrant

Yang dimaksud dengan vibrant (semangat/cerah) adalah seseorang atau sesuatu yang penuh energi, warna, dan kehidupan. Contoh dari sesuatu yang akan digambarkan sebagai vibrant adalah warna kuning yang identik dengan cerah dan ceria. Contoh seseorang vibrant digambarkan bersemangat, lincah, dan menarik.

Visage

Visage

Aspek wajah yang mengacu pada bentuk, ekspresi, dan penampilan.

Visible

Visible

Artinya sesuatu yang jelas terlihat.

Vitamin

Vitamin

Vitamin (atau bisa disebut antioksidan) merupakan nutrisi mujarab untuk kulit. Mereka bisa menghalangi radikal bebas yang merusak kulit.

Akan tetapi, vitamin ada berbagai macam bentuknya dan manfaatnya pun berbeda-beda. Biasanya vitamin bisa ditemukan dalam kandungan skincare maupun makeup, tapi ada juga vitamin yang bisa dikonsumsi atau diinjeksikan ke tubuh.

Vitamin A

Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi penting yang mendukung kesehatan kulit, mata, organ reproduksi, serta fungsi kekebalan tubuh. Ada dua jenis vitamin A, yaitu retinoid (vitamin A yang preformed) dan karotenoid (vitamin A yang proformed). Kedua jenis vitamin ini akan diubah menjadi retinol oleh hati.

Karotenoid kaya akan antioksidan. Penelitian menyatakan bahwa diet tinggi karotenoid (seperti beta-karoten) dapat mencegah kerusakan sel kulit, penuaan kulit dini, dan penyakit kulit lainnya.

Penggunaan retinoid topikal juga direkomendasikan untuk mengobati jerawat baik pada remaja maupun orang dewasa. Retinol sendiri efektif dalam merangsang produksi kolagen dan mengurangi kerutan saat digunakan secara topikal.

Vitamin A adalah zat aktif dalam retinol yang bekerja pada garis dan kerutan. Retinol merangsang produksi sel kulit baru dan melembabkan kulit. Cari vitamin A dalam serum dan krim untuk aging skin!

Vitamin B1

Vitamin B1

Vitamin B1 bisa juga disebut Thiamine. FYI, tiamin adalah bentuk vitamin B pertama yang pernah ditemukan. Zat ini dapat membantu mengubah glukosa menjadi energi, penyembuhan luka, dan penting untuk fungsi saraf.

Kadang-kadang, tiamin juga disebut 'vitamin anti-stres' karena dapat memperkuat sistem kekebalan dan menenangkan sistem saraf, juga mencegah munculnya jerawat yang berhubungan dengan stres.

Di mana kamu bisa mendapatkan vitamin B1 dari makanan? Tiamin tersedia dalam biji-bijian utuh, sereal, bibit gandum, polong-polongan, biji bunga matahari, kerang, dan daging babi.

Vitamin B2

Vitamin B2

Vitamin B2 atau riboflavin berguna untuk membantu pergantian sel dan pemeliharaan kolagen, melindungi integritas struktural kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka.

Riboflavin juga membantu sekresi lendir di kulit, sehingga mencegah kekeringan yang menyebabkan produksi minyak dan jerawat), serta meningkatkan penyerapan seng—mineral penting lainnya untuk kesehatan kulit. Jenis vitamin ini terdapat dalam produk susu, jamur, hati sapi, bayam, almond, dan rumput laut.

Vitamin B3

Vitamin B3

Vitamin B3 lebih beken dengan nama Niacin. Kegunaannya adalah sebagai 'pembangkit tenaga' pengkondisi kulit. Vitamin B3 juga mengobati berbagai kondisi dan iritasi kulit termasuk dermatitis, jerawat, rosacea, eksim, kulit kering, kulit rusak akibat sinar matahari, dan hiperpigmentasi.

Vitamin B3 adalah ramuan ajaib di dunia dermatologis. Vitamin B3 atau niasin tidak ada di dalam tubuh Anda secara alami. Mengkonsumsinya melalui diet atau mengoleskannya secara topikal sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit yang baik.

Vitamin B3 dalam bentuk niacinamide akan membantu kulit mengembalikan kadar air, meningkatkan tekstur dan kehalusan, berkontribusi pada kulit yang bersinar, membuat kulit jadi lebih sehat, dan membantu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan.

Karena merupakan bahan anti-penuaan yang kuat, vitamin B3 sering ditambahkan dalam produk perawatan kulit yang menargetkan garis-garis halus dan kerutan.

Selain berbentuk topikal dan produk, kandungan niacin bisa kamu temukan di kalkun, ayam, produk susu, hati, jamur, ikan, kacang polong, roti, dan sereal.

Vitamin B5

Vitamin B5

Vitamin B5 juga dikenal sebagai pantothenic acid (asam pantotenat). Vitamin ini berkontribusi pada kulit agar jadi sehat dan tampak kencang.

Asam pantotenat juga berfungsi sebagai penahan kelembaban, meningkatkan fungsi pelindung kulit, dan mencegah hilangnya kelembaban alami kulit. Karena membuat kulit terhidrasi, vitamin B5 akan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Apa kegunaan vitamin B5? Ia adalah sebuah humektan, sehingga mampu menjaga kelembaban pada kulit. Ia juga meningkatkan elastisitas kulit dan berkontribusi pada wajah yang tampak lebih 'plump' dan terhidrasi.

Karena kulit yang terhidrasi jadi lebih 'tahan banting', vitamin B5 dapat membantu mencegah jerawat dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Makanan yang mengandung vitamin B5 diantaranya: biji-bijian utuh, alpukat, ayam, jamur, ubi jalar, kacang-kacangan, kalkun, dan brokoli.

Vitamin B6

Vitamin B6

VItamin B6 disebut juga pyridoxine. Ia adalah penghilang stres utama lainnya. Ya, vitamin B6 dapat mengatur suasana hati dan mengatur waktu tidur. Caranya adalah dengan membuat tubuh memproduksi serotonin alias 'hormon bahagia', melatonin (hormon tidur), dan norepinefrin (hormon stres).

Stres dan kurang tidur meningkatkan peradangan di tubuh secara kesehatannya. Sedangkan untuk kulit jadi mengurangi regenerasi sel dan berkontribusi pada kekeringan. Pokoknya semua faktor yang menyebabkan jerawat dan penuaan dini disebabkan dari stres dan tidur yang tidak berkualitas. Untuk itu, vitamin B6 sangat penting kamu dapatkan.

Di mana kamu bisa menemukan vitamin B6? Tuna, kalkun, daging sapi, ayam, kentang, biji bunga matahari, bayam, dan pisang.

Vitamin B7

Vitamin B7

Biotin, atau vitamin B7, dibutuhkan untuk metabolisme asam lemak dan melindungi sel dari kerusakan dan kehilangan air. Terus, vitamin B7 akan membantu menjaga kulit tetap lembab dan 'montok'. Biotin juga melawan peradangan dan melindungi kulit dari jerawat, infeksi jamur, dan ruam.

Beberapa tanda kurangnya asupan vitamin B7 adalah rambut rapuh dan kering, kuku rapuh, serta kulit kering bersisik. Kasus yang telah parah bahkan menyebabkan kulit menjadi merah dan bersisik.

Di mana bisa menemukan vitamin B7? Almond, ubi jalar, telur, bawang, biji-bijian, tomat, sarden, dan brokoli. Meskipun sering disertakan dalam banyak produk perawatan rambut dan kulit, biotin lebih baik jika dikonsumsi secara oral.

Vitamin B9

Vitamin B9

Folic acid (asam folat) atau vitamin B9 bekerja seperti antioksidan untuk meningkatkan pergantian sel dan melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Asam folat biasanya direkomendasikan sebagai vitamin prenatal (penguat janin) karena membantu mencegah cacat lahir.

Studi juga menunjukkan bahwa ketika dioleskan bersama dengan kreatin, vitamin B9 akan melawan tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan, yang menyebabkan kulit tampak lebih kencang.

Di mana kamu bisa menemukan asam folat? Yaitu dalam sayuran hijau gelap, asparagus, brokoli, jeruk, buncis, polong-polongan, okra, kacang-kacangan, biji-bijian, dan bit.

Vitamin B12

Vitamin B12

Bisa juga disebut cobalamin. Vitamin B12 Vitamin B12 diperlukan untuk reproduksi sel. Ia dapat dioleskan secara topikal untuk manfaat kulit karena mampu mengurangi peradangan, kulit kering, dan jerawat. Kadang-kadang vitamin B12 digunakan untuk mengobati kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim.

Fun fact: Manusia membutuhkan 2,4 mcg vitamin B12 setiap hari. Di mana harus menemukannya? Vitamin B12 hanya ditemukan pada produk hewani, meskipun vegetarian dapat memilih makanan yang diperkaya oleh vitamin ini juga, seperti sereal. Sumbernya termasuk telur, susu, ikan, unggas, dan daging.

Vitamin C

Vitamin C

Kadang disebut ascorbic acid (asam askorbat), vitamin C adalah ‘pembangkit tenaga’ yang ampuh untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Vitamin C ditemukan pada tingkat tinggi di epidermis (lapisan luar kulit) serta dermis (lapisan dalam kulit).

Sifatnya melawan kanker (antioksidan), serta berperan dalam produksi kolagen, menghambat pembentukan pigmen, dan membantu menjaga kesehatan kulit. Inilah sebabnya vitamin C menjadi salah satu bahan utama yang ditemukan di banyak produk perawatan kulit anti penuaan.

Mengkonsumsi vitamin C secara oral (ditelan) dapat meningkatkan efektivitas tabir surya yang dioleskan ke kulit. Vitamin C oral juga akan mengurangi kerusakan sel dan membantu proses penyembuhan luka pada tubuh. Asupan vitamin C yang cukup juga dapat membantu memperbaiki dan mencegah kulit kering.

Seperti banyak antioksidan lainnya, asam askorbat merupakan molekul yang tidak stabil yang dapat rusak dengan cepat saat terkena cahaya dan udara. Turunan umumnya, seperti ascorbyl palmitate dan tetrahexyldecyl ascorbate, cenderung lebih stabil daripada asam askorbat murni tetapi kerjanya lebih lambat.

Kita direkomendasikan untuk mengonsumsi 1.000 mg per hari. Jika kamu merasa tidak mendapatkan cukup vitamin C, kamu bisa mengonsumsi lebih banyak makanan masam, seperti jeruk, stroberi, atau sumber nabati lainnya seperti bayam dan brokoli.

Kamu juga bisa meminum suplemen sesuai anjuran dokter. Dan, yang paling penting menggunakan perawatan kulit dan makeup anti aging dengan vitamin C untuk mengatasi kekeringan, kemerahan, kerutan, dan bintik-bintik penuaan.

Vitamin D

Vitamin D

Vitamin D paling sering dibuat saat sinar matahari diserap oleh kulit. Kolesterol diubah menjadi vitamin D saat proses ini terjadi. Vitamin D kemudian diambil oleh hati dan ginjal dan diangkut ke seluruh tubuh untuk membantu menciptakan sel-sel yang sehat, termasuk untuk kulit. Karena, vitamin D berperan penting dalam tampilan warna kulit.

Bahkan vitamin D dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti psoriasis. Calcitriol adalah jenis vitamin D buatan manusia yang diproduksi secara alami oleh manusia. Calcitriol adalah krim topikal yang efektif dalam mengobati penderita psoriasis.

Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa menerapkan kalsitriol dapat mengurangi jumlah peradangan dan iritasi kulit pada penderita psoriasis dan menghasilkan sedikit efek samping yang merugikan.

Asupan vitamin D harian yang direkomendasikan adalah 600 IU per hari, dan mungkin membutuhkan lebih banyak untuk orang yang sedang hamil atau berusia di atas 70 tahun.

Kamu dapat meningkatkan asupan vitamin D dengan berjemur, mendapatkan paparan sinar matahari 10 menit sehari. Sedikit cacatan, sebaiknya bertanya dulu ke dokter mengenai hal ini, terutama jika kamu memiliki riwayat kanker kulit.

Terus, jangan lupa makan makanan yang diperkaya vitamin D seperti sereal, jus jeruk, yogurt dan makan makanan yang memiliki vitamin D alami seperti salmon, tuna, dan cod.

Vitamin E

Vitamin E

Seperti vitamin C, vitamin E (tocopherol) adalah antioksidan pelembab yang akan melindungi kulit secara efektif terhadap kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin bentuk ini telah terbukti sedikit lebih efektif dalam bentuk alami daripada bentuk sintetisnya.

Fungsi utama vitamin E dalam perawatan kulit adalah melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Cara kerjanya, vitamin E menyerap sinar UV yang berbahaya dari matahari karena itulah vitamin E berfungsi sebagai photoprotection.

Photoprotection mengacu pada kemampuan tubuh untuk meminimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. Vitamin ini dapat membantu mencegah bintik hitam dan kerutan.

Normalnya, tubuh kita memproduksi vitamin E melalui sebum (zat berminyak yang dikeluarkan melalui pori-pori kulit). Dalam keseimbangan yang tepat, sebum sebenarnya membantu menjaga kulit tetap terkondisi dan mencegah kekeringan, berbeda jika terlalu berlebihan maka kulit jadi berminyak.

Jika kamu memiliki kulit yang sangat kering, vitamin E dapat membantu mengatasi kekurangan sebum yang dibutuhkan. Vitamin E juga membantu dalam pengobatan peradangan kulit.

Sementara vitamin E tersedia di banyak produk perawatan kulit, masalahnya adalah bahwa efek apa pun yang diharapkan dapat menjadi minimal saat terkena sinar matahari. Jadi, disarankan untuk mendapatkan vitamin E yang cukup dalam makanan juga.

Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar 15 mg vitamin E per harinya. Kamu dapat meningkatkan asupan vitamin E dengan makan lebih banyak kacang-kacangan dan biji-bijian seperti almond, hazelnut, dan biji bunga matahari. Juga mengonsumsi multivitamin atau suplemen vitamin E.

Dan, tentu saja menggunakan produk skincare dan makeup topikal yang mengandung vitamin E dan vitamin C (karena bisa lebih efektif dalam fotoproteksi daripada yang hanya mengandung salah satu dari keduanya).

Vitamin K

Vitamin K

Vitamin K sangat penting dalam membantu proses pembekuan darah tubuh yang membantu tubuh menyembuhkan luka, memar, dan area yang dioperasi. Fungsi dasar vitamin K juga dianggap membantu kondisi kulit tertentu, seperti stretch mark, spider veins (telangiektasia), bekas luka, flek hitam, dan lingkaran membandel di bawah mata.

Vitamin K dapat ditemukan di banyak krim topikal untuk kulit. Dokter sering kali menggunakan krim yang mengandung vitamin K pada pasien yang baru saja menjalani operasi untuk membantu mengurangi bengkak dan memar.

Kandungan vitamin K juga dapat membantu mempercepat penyembuhan masalah kulit. Namun, penelitian tentang efek vitamin K pada kulit lebih terbatas daripada vitamin E dan C.

Dan, sayangnya lagi, vitamin K adalah jenis vitamin yang paling kurang dikonsumsi oleh orang-orang. Padahal, orang dewasa membutuhkan sekitar 90 - 120 ug per hari. Kamu bisa meningkatkan asupan vitamin K dengan makan kale, bayam, selada, kol, dan kacang panjang.

Votre Peau Skin Care

Votre Peau Skin Care

Votre Peau Skin Care adalah produk perawatan kulit lokal yang menggunakan bahan-bahan dari Prancis, kualitasnya pun terjamin. Votre Peau merupakan buatan dokter kulit Kevin Maharis yang merupakan sekaligus pemilik Klinik Kecantikan Maharis. Produk best seller mereka adalah Serum Vitamin C dan Sunscreen.

A - B - C - D - E - F - G - H - I - J - K - L - M - N - O - P - Q - R - S - T - U - V - W - X - Y - Z
ARTIKEL
PRODUK
BRAND
© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram