Kamini.id / Model Baju Pria / 10 Brand Clothing Indonesia yang Populer di Mancanegara

10 Brand Clothing Indonesia yang Populer di Mancanegara

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Februari 2020

Pakaian memang seakan-akan menjadi bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari kebutuhan manusia. Berbagai produk pakaian baru kerap kali diluncurkan untuk memenuhi permintaan pasar yang semakin hari semakin meningkat.

Nah, berbicara mengenai produk fashion lokal, brand clothing asal Indonesia yang akan Kamini bahas kali ini memang cukup membanggakan. Selain sukses meraih perhatian pasar lokal, brand-brand ini pun berhasil menarik perhatian pasar luar negeri.

Ingin tahu brand apa saja yang masuk ke dalam daftar tersebut? Inilah 10 brand clothing Indonesia yang populer di mancanegara.

1. C59

C59

*Sumber: Twitter.com/@c59tshirt

C59 adalah clothing line yang menjadi trendsetter fashion Indonesia. Brand yang satu ini pertama kali didirikan oleh Marius Widiarto Wiwied pada tahun 1980. C59 merupakan singkatan dari Caladi Lima Sembilan, yang merupakan tempat asal muasal brand tersebut.

Popularitas brand yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi. C59 sendiri memiliki ratusan toko yang tersebar di beberapa pulau yang ada di Indonesia. Selain itu, C59 juga menjadi salah satu brand lokal yang memiliki puluhan toko yang tersebar di banyak negara di dunia.

2. Airplane System Clothing

Airplane System Clothing

*Sumber: Twitter.com/@airplanesystem98

Airplane System Clothing adalah salah satu brand lokal asal Bandung yang telah berdiri sejak tahun 1998. Pendirinya sendiri bernama Tubagus Fiki Chikara. Brand yang memiliki konsep unik ini adalah satu brand yang mampu menggaet anak muda, khususnya remaja sekolah pada awal kemunculannya.

Kini Airplane System Clothing telah memilih puluhan toko yang tersebar hampir di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Selain itu, beberapa negara seperti Malaysia, Belanda, Finlandia dan Filipina pun menjadi negara yang telah menjadi wilayah penyebaran clothing line asal Kota Kembang tersebut.

3. Black ID

Black ID

*Sumber: Facebook.com/blackidindonesiaapparel

Salah satu clothing line yang cukup digemari oleh remaja Indonesia adalah Black ID. Brand yang menampilkan desain yang tidak kalah unik ini memang memiliki pangsa pasar tersendiri. Black ID menjadikan target anak muda sebagai segmentasi.

Sejak kemunculannya sejak tahun 2004, brand ini memang telah mengalami pasang surut hingga akhirnya sukses diterima oleh masyarakat luas.

Black ID sendiri sempat menggandeng Pasha “Ungu” sebagai brand ambassador. Hampir dari setengah produk yang diproduksi oleh Black ID pun telah diekspor ke beberapa negara.

4. Peter Says Denim

Peter Says Denim

* sumber: info-distro.blogspot.com

Peter Says Denim atau PSD adalah clothing line yang dipelopori oleh Peter Firmansyah pada tahun 2008. Brand ini pada awal kemunculannya mengeluarkan produk celana jeans berlabel PSD.

Karena respon masyarakat yang cukup baik terhadap produk tersebut, PSD pun mulai mengembangkan dan memproduksi berbagai item fashion yang banyak dipakai oleh band-band lokal maupun internasional.

Berkat promosi yang baik, PSD pun berhasil merambah sampai pasar luar negeri. Untuk segmentasinya sendiri PSD lebih menyasar pada pecinta band metal atau musik indie yang ada di seluruh dunia.

5. Crooz

Crooz

* sumber: Crooz.id

Clothing line yang juga sukses di pasaran luar negeri adalah Crooz yang dipelopori oleh Max Praditya pada tahun 2003. Crooz sendiri merupakan salah satu clothing line yang konsisten dengan desain uniknya.

Kerap mengangkat tema-tema unik yang populer pada tahun 80-an menjadi sesuatu yang menarik dari brand ini. Hingga saat ini Crooz telah memiliki banyak toko di luar negeri, mulai dari Singapura, Jepang, Filipina dan masih banyak lagi.

Pada awal kemunculannya, brand yang menjadikan target anak muda sebagai segmentasi pasarnya ini sering melakukan endorsemen ke sejumlah band-band lokal, seperti Pee Wee Gaskins, Thirteen dan lain-lain.

6. Ouval Research

Ouval Research

* sumber: schofficial.com

Ouval Research adalah brand pakaian yang didirikan pada tahun 1997 oleh ketiga sahabat, yaitu Rizki, Mazkom dan Firman. Brand yang mengusung tema street style bagi anak muda ini memang sukses menarik perhatian pasar dengan desainnya yang keren.

Karena keberhasilannya menarik pasar lokal, Ouval Research pun telah melebarkan sayap sampai ke pasar luar negeri. Item yang diproduksi jauh lebih beragam dibanding pada saat awal kemunculannya.

Ouval Research sendiri telah berhasil merambah pasar luar negeri mulai dari Singapura sampai ke Jerman. Brand ini pun telah menjadi salah satu clothing line yang cukup sukses di pasaran.

7. Suicide Glam

Suicide Glam

* sumber: glamrockclothing.nl

Suicide Glam berdiri pada tahun 1999 oleh Rudolf Dethu dan Made Parwata yang berasal dari Kuta, Bali. Clothing line yang berbasis di pulau Dewata Bali ini memiliki konsep High Fashion Cutting Edge Rock and Roll.

Keunikan desain serta konsep yang ditawarkan oleh salah satu brand lokal ternama ini telah berhasil menarik perhatian pasar lokal dan juga mancanegara.

Kesuksesan Suicide Glam dibuktikan dengan banyaknya permintaan dari pasar luar negeri terhadap brand ini. Produk-produk Suicide Glam telah diekspor ke beberapa negara di Eropa dan Australia.

8. Erigo

Erigo

* sumber: Erigostore.com

Erigo merupakan salah satu clothing line lokal populer lainnya yang berdiri sejak tahun 2010. Pada mulanya Erigo bernama Selected And Co yang khusus memproduksi batik kasual yang dibuat secara eksklusif. Namun pada tahun 2013 mengalami perubahan konsep dan berganti nama menjadi Erigo.

Hingga akhir tahun 2014, brand ini secara keseluruhan mengubah konsep menjadi street style and traveling. Erigo Kemudian meluncurkan koleksi pertama mereka “Reflektif“ yang berhasil melambungkan namanya. Erigo sendiri kini tidak hanya dikenal di pasar lokal, tetapi juga di pasar internasional.

9. Unkl347

Unkl347

*Sumber: Facebook.com/ unkl347jogja

Remaja merupakan segmentasi yang ideal bagi industri clothing line. Salah satu brand lokal yang cukup terkenal selanjutnya adalah Unkl347. Mengambil konsep desain yang mengarah pada hobi remaja, brand ini pun berhasil menjadi petarung yang cukup berpengaruh di industri clothing Tanah Air.

Unkl347 sendiri berdiri pada tahun 1996 hingga akhirnya secara resmi mengukuhkan nama Unkl347 sebagai sebuah brand distro ternama pada tahun 2006. Brand yang memiliki beragam desain unik bagi bebagai komunitas ini tidak hanya populer di dalam negeri, namun juga sampai ke beberapa negara yang ada di dunia.

10. 3 Second

3 Second

* sumber: shopper

Brand pakaian Indonesia lainnya yang populer di luar negeri selanjutnya adalah 3 Second. Brand clothing yang menjadikan penyanyi papan atas Indonesia, Ariel Noah sebagai brand ambassador ini memang cukup sukses di pasaran. 3 Second memang dikenal luas oleh remaja Indonesia sebagai salah satu brand lokal yang bagus.

3 Second mulai berdiri pada tahun 2003. Selain kaos yang menjadi produk unggulan mereka, Unkl347 pun memproduksi beberapa item dan aksesoris yang cukup menarik. 3 Second telah memiliki banyak toko di Indonesia serta telah mengekspor produk mereka ke beberapa negara yang ada di dunia.

Itulah bahasan singkat mengenai beberapa brand clothing Indonesia yang tidak hanya populer di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Semoga semakin banyak brand asal Indonesia yang mendunia ke depannya, sehingga produk Indonesia semakin diterima oleh pasar internasional.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *