kamini.id

Yuk Cari Tahu Cara Mengecek Harga Emas Terbaru Hari Ini

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 25 Desember 2020

Emas merupakan logam mulia yang identik dengan sesuatu yang istimewa dan indah. Saking berharganya logam ini, emas selalu digunakan sebagai kiasan yang menunjukan sesuatu yang indah atau istimewa. Tidak salah, memang jika kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat penting sebab emas memang jenis benda yang bernilai tinggi.

Ada banyak sekali kegunaan emas dalam kehidupan sehari-hari. Yang paling umum adalah emas sebagai bahan baku perhiasan. Seiring berkembangnya teknologi, dunia kecantikan dan kuliner ikut mengambil manfaat dari logam ini. Karena sifatnya yang berharga dan istimewa emas, terkadang digunakan sebagai investasi yang aman sebab harganya stabil.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Emas

Zaman orang tua dulu, harga satu gram emas masih berada pada angka puluhan ribu rupiah. Kini harga emas sudah menembus angka ratusan ribu, bahkan satu juta untuk satu gramnya. Berikut adalah beberapa faktor yang berpengaruh terhadap naik dan turunnya harga emas.

1. Adanya Perubahan Kurs

* sumber: review.bukalapak.com

Perubahan kurs bisa dibilang menjadi faktor utama dan yang paling berperan terhadap naik turunnya harga emas. Kurs mata uang yang umum digunakan saat ini adalah dollar AS.

Semakin tinggi kurs dollar AS terhadap rupiah, maka semakin lemah rupiah terhadap dollar. Hal tersebut menyebabkan harga emas semakin melambung. Maka, ketika kurs dollar AS atas rupiah naik, harga emas akan melonjak naik.

2. Suku Bunga

* sumber: review.bukalapak.com

Jika harga emas melonjak naik ketika kurs dollar AS atas rupiah semakin melambung, maka harga emas akan anjlok saat suku bunga naik. Hal ini terjadi disebabkan saat suku bunga naik banyak orang yang menarik dan menyimpan uang dalam bentuk deposito.

Deposito yang disimpan tersebut mempunyai bunga tinggi. Suku bunga sendiri bisa naik dan turun karena pengaruh beberapa faktor tertentu.

3. Supply and Demand Barang

* sumber: pestleanalysis.com

Ini merupakan prinsip ekonomi dasar. Saat permintaan tinggi, harga barang akan semakin tinggi. Faktor supply dan demand tersebut berlaku pada harga emas. Saat peminat terhadap emas semakin banyak, harganya pun akan semakin naik.

4. Inflasi yang Tidak Terkendali

* sumber: www.moneycrashers.com

Laju inflasi pada dasarnya membuat harga-harga barang mengalami kenaikan. Inflasi yang tidak terkendali membuat harga emas kian mahal. Ketika Inflasi inflasi tinggi, masyarakat enggan menyimpan uang mereka dalam bentuk uang.

Misalnya saja dengan investasi dollar, namun, mereka akan membeli emas yang harganya relatif lebih aman ketika inflasi terjadi. Dalam keadaan tersebut emas semakin diburu oleh masyarakat. Hal itu menjadikan harga emas semakin meningkat.

5. Faktor Penyebab Lain

* sumber: sahabatpegadaian.com

Naik dan turunnya harga emas dipicu oleh beberapa faktor lain juga selain faktor-faktor di atas. Misalnya saja kondisi politik suatu negara dan kondisi ekonominya serta harga minyak dunia. Ketika faktor tersebut merupakan faktor penyebab harga naik turun emas.

Pergerakan naik dan turunnya harga emas tidak bisa dipastikan kapan terjadinya. Namun, pergerakannya dapat diprediksi sehingga meminimalisasi kemungkinan terburuk akibat naik dan turunnya harga emas tersebut.

Cara Mengecek Harga Emas

Meskipun harga emas cenderung stabil, namun kamu perlu juga mengecek secara rutin apakah harga emas hari ini mengalami kenaikan atau penurunan. Terutama bagi kamu yang berinvestasi pada logam mulia.

Update harga emas tentu saja memberi informasi yang penting buat kamu. Sebab kamu dapat menimbang kapan waktu terbaik untuk menjual atau membeli emas.

1. Cek Melalui Website Terpercaya

* sumber: www.businessinsider.com

Untuk mencari tahu mengenai harga emas, kamu tidak perlu buru-buru mendatangi toko perhiasan dan bertanya langsung mengenai harga emas kepada penjual emas. Untuk mendapatkan informasi seperti itu kamu dapat mengakses website-website trading emas.

Beberapa website trading emas mempunyai sertifikasi dari PT ANTAM langsung. Bisa dibilang informasi yang mereka dapatkan bisa dipercaya. Di dalam website tersebut pelanggan dapat mengakses update terbaru harga emas dan layanan lainnya.

Biasanya selain menyediakan informasi mengenai harga emas, beberapa website menyediakan jasa jual beli emas pula bagi pelanggannya. Termasuk layanan cicilan emas.

Untuk mengakses website-website caranya mudah. Kamu tinggal menuliskan nama satu website di kolom pencarian lalu klik laman tersebut. Setelah laman website terbuka pilih fitur yang menampilkan harga emas.

Setelah itu laman harga website terbuka kamu tinggal pelajari harga-harga terbarunya. Agar kamu bisa mendapat informasi harga emas secara berkala, kamu dapat mendaftarkan alamat email kamu pada website yang kamu percaya.

Website tersebut nantinya akan mengirimkan informasi seputar harga emas dan promo-promo lainnya yang ada pada masing-masing website. Jadi, kamu tidak perlu repot membuka satu lama. Sebab website akan mengirim informasi tersebut secara rutin.

2. Cek Via Aplikasi Ponsel

* sumber: blog.e-mas.com

Dengan adanya telepon pintar, secara tidak langsung membuat pekerjaanmu menjadi dimudahkan. Kamu tidak perlu lagi susah-susah pergi keluar untuk sekedar memeriksa satu informasi. Ponsel pintarmu menyediakan informasi yang kamu cari.

Sebuah ponsel pintar dapat dipasangi berbagai aplikasi untuk menunjang kegiatan. Termasuk aplikasi yang memuat data harga emas. Lembaga-lembaga yang terlibat dalam emas menciptakan aplikasi yang mempermudah pelanggannya mengakses fitur mereka.

Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang dimiliki oleh perusahaan pemerintah. Pihak ini membuat aplikasi yang dapat diunduh secara gratis oleh para nasabah. Pada aplikasi ini nasabah dapat pihak perusahaan menyuguhkan informasi pergerakan harga emas terbaru.

Keunggulan lain dari menginstal aplikasi ini adalah para nasabah mendapat kesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik dari perusahaan tersebut. Pelajari tata cara memenangkan hadiahnya pada aplikasi tersebut.

Sebenarnya, beberapa aplikasi lain juga menyediakan fitur yang sama dalam memuat update harga emas. Hanya saja tata cara login dan prosedurnya berbeda pada masing-masing. aplikasi. Ada juga manfaat lain yang diberikan bagi para pengguna aplikasi tersebut.

Selain memantau harga emas ada pula aplikasi yang mempermudah kamu dalam berinvestasi emas, jual beli emas dan mentransfer emas dengan mudah. Semuanya dilakukan melalui ponsel pintar.

Kamu hanya harus memilih jenis aplikasi cek harga emas yang benar-benar menunjang keperluanmu. Sebab aplikasi-aplikasi tersebut membuat banyak fitur, baiknya kamu teliti dan mengumpulkan informasi terlebih dahulu sebelum mengunduh aplikasi tersebut.

3. Cek Via Antam

* sumber: pelayananpublik.id

PT ANTAM merupakan sebuah perusahaan negara yang menjadi incaran banyak pembeli retail emas. Perusahaan ini memiliki stok emas yang banyak dengan ragam pilihan berat emas keping.

Perusahaan ini memberikan jaminan keaslian emas kepada para pelanggannya. Keaslian tersebut ditunjukan dengan sertifikat kepemilikan yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Tentunya kamu tidak perlu ragu jika beli emas dari PT ANTAM langsung.

PT Aneka Tambang atau ANTAM mengalami kenaikan produksi emas batangan tiap tahunnya. Rata-rata perusahaan ini menjual emas batangan seberat 2,56 ton/bulan. Sampai pertengahan 2018 silam, perusahaan ini tercatat mencapai penjualan sebesar 12,8 ton.

Harga pasaran emas batangan ANTAM diperbarui setiap hari. Kamu dapat mengecek pergerakan emas dunia melalui laman resmi websitenya. Sebab ini merupakan laman resmi, maka bisa dipastikan informasinya akurat.

Tidak hanya emas, di dalam laman tersebut terdapat informasi mengenai grafik pergerakan logam mulia lainnya seperti platinum, perak dan harga logam lainnya seperti nikel dan alumunium.

Sudah siap berinvestasi pada emas? Jika kamu berminat untuk mulai menabung emas, rajin-rajin lah mengikuti info terbaru mengenai harga emas sehingga kamu dapat mengambil langkah tepat ketika menghadapi situasi tak terduga. Jika ingin membeli emas secara online, baca dulu artikel ini: 10 Tips Membeli Emas di Toko Online.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram