Kamini.id / PDKT / Mau Kenalan Sama Kakak Kelas? Ini 10 Cara yang Bisa Dicoba

Mau Kenalan Sama Kakak Kelas? Ini 10 Cara yang Bisa Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Kalau kita ada di sebuah lingkungan, punya banyak kenalan akan sangat menyenangkan. Contohnya di sekolah, masa sekolah akan terasa lebih menyenangkan kalau kita punya banyak kenalan. Banyak kenalan berarti banyak pengalaman. Banyak pengalaman berarti banyak pembelajaran.

Kita sudah pasti punya kenalan teman sekelas karena bertemu setiap hari, tetapi itu nggak cukup. Di sekolah masih ada banyak orang lain selain teman sekelas, agak rugi kalau kita nggak coba buat kenalan sama sebagian dari mereka. Apalagi, masa sekolah adalah masa yang akan dikenang untuk waktu yang sangat lama.

Di hari tua nanti, masa sekolah punya ruang paling besar untuk dikenang. Bisa kita ceritakan ke anak cucu juga. Nggak seru dong kalau seandainya kenalan kita sedikit yang berarti sedikit juga pengalaman yang kita punya. Maka dari itu, banyak kenalan itu penting.

Selain teman sekelas atau teman seangkatan, alangkah baiknya kalau kita juga kenalan sama kakak kelas. Hari-hari di sekolah pasti akan terasa lebih menyenangkan. Apalagi kalau kita bisa sampai akrab dengan mereka.

Masalahnya, nggak semua orang punya keberanian dan keterampilan buat kenalan sama kakak kelas. Mungkin sungkan atau malah takut, padahal sebenarnya kenalan sama kakak kelas nggak sesulit itu. Kalau kamu sedang mencari cara kenalan sama kakak kelas, silakan simak artikel dari Kamini berikut ini.

10 Cara Kenalan Sama Kakak Kelas

1. Bersikap Ramah

Bersikap Ramah

* sumber: jadiberita.com

Coba terapkan ini setiap kamu bertemu dengan kakak kelas yang ingin kamu kenal. Orang asing lebih mudah menerima orang yang bersikap ramah, begitu pula kakak kelas kamu. Ramah bukan berarti sok akrab, tetapi kamu bisa memulai dengan menerapkan sopan santun yang sebenarnya sudah umum.

Misalnya dengan mengucap ‘permisi’ sambil sedikit membungkukkan badan waktu kamu lewat depan dia. Kalau kamu berani, sapa dia dengan sopan dan sederhana seperti, ‘selamat pagi’ atau ‘selamat siang’ hal-hal seperti itu nggak mungkin ditolak atau diabaikan. Setelah itu, nggak akan susah untuk memulai perkenalan.

2. Bertanya

Bertanya

* sumber: www.pinterest.com.au

Ini cara klasik tetapi masih sangat berguna untuk kamu yang berani mencoba. Karena dia kakak kelas, otomatis dia tahu lebih banyak hal daripada kamu. Di sudah sekolah lebih lama dibanding kamu, jadi bertanya adalah cara yang baik untuk memulai perkenalan. Mengapa? Karena nggak mungkin gagal. Nggak mungkin kamu bertanya lalu dia mengabaikan.

Kamu bisa bertanya hal-hal sederhana seperti, “Permisi Kak, kalau mau gabung ekskul gimana caranya, ya?” Atau kalau kebetulan dia pengurus OSIS kamu bisa bertanya, “Jadi OSIS itu enak nggak sih kak?” Cari pertanyaan yang sekiranya akan memancing obrolan. Lebih baik lagi, nggak cuma mengobrol tetapi dia bercerita.

3. Bertatap Muka

Bertatap Muka

* sumber: unsplash.com

Ini butuh keberanian lebih, tetapi juga lebih menjanjikan. Kalau kamu kenalan lewat chat atau media sosial, kesannya kurang asik. Apalagi, dia punya banyak waktu untuk bertanya-tanya kamu siapa tiba-tiba menghubungi dia. Dia juga punya banyak waktu untuk berpikir apakah harus membalas atau mengabaikan.

Kalau kamu bertatap muka, semua yang berikan itu spontan. Dia nggak punya banyak waktu untuk memikirkan penolakan. Dia juga nggak punya ruang untuk mencari alasan supaya bisa mengabaikan. Jadi, cobalah beranikan dirimu untuk berkenalan secara langsung.

Sebelum itu, jangan lupa persiapkan dirimu supaya nanti nggak kaku. Cari juga bahasa yang sopan dan ramah di telinganya. Kamu bisa mencari alasan sepele seperti menanyakan tentang OSIS, atau kalau berani tinggal berterus terang saja kalau kamu ingin kenalan. Namun, usahakan untuk bertatap muka langsung.

4. Mutual Friend

Mutual Friend

* sumber: www.theodysseyonline.com

Pernah dengar istilah ini? Sederhananya, mutual friend itu kenalan dari seseorang yang kamu kenal. Misalkan temanmu sudah kenal lebih dulu dengan kakak kelas itu, kamu bisa memanfaatkan fakta itu untuk berkenalan dengan kakak kelas.

Waktu temanmu ngobrol dengan kakak kelas itu, kamu bisa ikut. Ini sesuatu yang wajar di pergaulan mana pun, termasuk di sekolah. Ketika kamu sudah terlibat dalam obrolan mereka, perkenalan itu akan terjadi dengan sendirinya. Jadi, kalau temanmu lagi nongkrong bersama di kantin jangan sungkan untuk bergabung ya.

5. Duduk Semeja

Duduk Semeja

* sumber: unsplash.com

Di sekolahmu pasti ada kantin kan? Atau apapun yang biasa dijadikan tempat makan oleh murid? Kamu bisa kenalan sama kakak kelas di sana. Tempat yang sangat wajar dan mendukung untuk berkenalan. Karena di sana ramai, jadi aura pertemanannya terasa kental. Bukan hal aneh juga kalau kita tiba-tiba bertanya atau menyapa orang yang belum kenal.

Kalau ada waktu dia lagi duduk sendiri, kamu bisa memanfaatkan situasi itu dengan duduk di dekatnya. Setelah itu, kamu tinggal mencari cara untuk memancing obrolan ringan. Entah itu minta izin untuk mengambil saus yang ada di depannya. Atau sekadar basa-basi menawari makananmu. Setelah obrolan ringan itu mengalir, kamu nggak perlu sungkan lagi buat kenalan.

6. Menanyakan Tugas

Menanyakan Tugas

* sumber: m.brilio.net

Ini salah satu cara yang paling sering dipakai, karena memang selalu terjadi di sekolah mana pun. Biasanya kalau tugasnya merupakan tugas-tugas besar atau tugas tahunan. Banyak adik kelas yang mendadak mencari kenalan kakak kelas supaya bisa bertanya soal tugas itu karena mereka sudah pernah mengerjakannya.

Dia juga nggak akan aneh kalau kamu kenalan untuk menanyakan tugas karena banyak orang lainnya melakukan itu. Biasanya orang sungkan mengajak kenalan itu antara takut ditolak sama takut dicap aneh. Dengan cara yang satu ini kamu akan terhindar dari keduanya.

7. Jadi Murid yang Aktif

Jadi Murid yang Aktif

* sumber: www.pexels.com

Kegiatan di sekolah nggak cuma belajar di kelas. Ada ekskul, organisasi, atau komunitas. Bergabunglah di sana, jadi murid yang aktif. Dengan begitu, secara otomatis kamu akan bertemu lebih banyak orang selain teman sekelas kamu. Kamu juga akan lebih mudah kenalan sama kakak kelas, apalagi kalau kamu punya kegiatan yang sama dengan dia.

Jadi murid yang aktif juga akan mengasah keterampilan bersosialisasi kamu. Keterampilan yang berguna untuk pergaulan dan masa depan. Banyak orang yang semula sulit bergaul jadi terbiasa setelah memberanikan diri untuk bergabung. Setelah bergabung, kamu akan punya banyak kesempatan buat kenalan sama kakak kelas mana pun.

8. Meminta Bantuan

Meminta Bantuan

* sumber: cantik.tempo.co

Banyak perkenalan terjadi karena diperkenalkan. Kamu butuh mutual friend untuk melakukan ini. Kalau tadi kamu cuma ikut nimbrung, kali ini kamu meminta bantuan dia untuk memperkenalkan kamu dengan kakak kelas itu. Akan lebih mudah kalau mutual friend kamu seangkatan dengan kakak kelas itu.

9. Media Sosial

Media Sosial

* sumber: www.seventeen.com

Kalau kamu belum berani bertatap muka, media sosial memang jadi tempat yang tepat untuk menyiasati itu. Namun kamu harus tetap menjaga sopan santun seperti yang kamu lakukan di sekolah. Gunakan bahasa yang halus untuk menyapa dia.

Kamu juga bisa mengajaknya berkenalan via chat. Coba baca artikel cara kenalan dengan gebetan lewat chat ini untuk memulainya.

10. Cari Momen

Cari Momen

* sumber: www.sweetyhigh.com

Kalau kamu mau kenalan sama seorang kakak kelas, mungkin kamu sedikit tahu kegiatan dia di sekolah. Misalnya, dia latihan basket hari Rabu. Atau, dia selalu pergi ke perpustakaan sepulang sekolah. Kamu bisa memanfaatkan momen itu untuk berkenalan.

Mungkin kamu sungkan kalau berkenalan waktu banyak orang, cari momen seperti itu untuk berkenalan. Namun perlu diingat, jangan sampai mengganggu kegiatannya. Kalau dia ada di perpustakaan, jangan ganggu dia waktu lagi baca. Solusinya, ajak dia bicara waktu dia lagi milih buku. Mungkin dengan menanyakan letak buku tertentu.

Demikian cara-cara kenalan sama kakak kelas. Dari beberapa cara di atas, mana cara yang akan kamu pakai? Setelah dicoba, kamu boleh membagikan ceritanya di kolom komentar yang tersedia. Kolom komentar di sini sangat terbuka untuk siapapun, kok.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar