Kamini.id / Mandi / Tata Cara Mandi yang Benar dari Kepala Sampai Ujung Kaki

Tata Cara Mandi yang Benar dari Kepala Sampai Ujung Kaki

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2019

Mandi aja ada aturannya, nih?!” Tentu saja, dong! Mandi merupakan kegiatan membersihkan tubuh. Agar mandimu semakin bersih, kamu harus mengikuti tata cara mandi yang benar. Pasalnya, mandi yang kurang bersih bisa menyebabkan berbagai masalah kulit. Nah, daripada harus terkena penyakit kulit, lebih baik mandi sebersih mungkin dengan tata cara yang benar.

Sudahkah kamu menggunakan tata cara mandi yang benar? Kamini akan memberikan petunjuk cara mandi yang benar mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Yuk, simak dan langsung praktekkan saat mandi nanti!

Cara Mandi yang Benar

1. Tentukan Suhu Air Mandi

* sumber: nearsay.com

Sebagian orang terbiasa mandi dengan air dingin supaya lebih segar. Namun, ada juga yang lebih suka mandi dengan air panas agar tubuh jadi lebih rileks. Kamu termasuk tim yang mana, nih?

Suhu air terbaik untuk mandi adalah suhu air hangat. Air hangat mampu membuat tubuh jadi lebih rileks dan tidak menyebabkan kulit kering. Hindari mandi dengan air yang suhunya terlalu panas karena bisa membuat kulitmu jadi semakin kering.

2. Mulai dengan Keramas

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Keramas memang tidak harus dilakukan setiap kamu mandi. Kamu dapat keramas sehari atau dua hari sekali. Namun, jika kamu ingin menggabungkan waktu mandi dan keramas, sebaiknya mulailah dari keramas terlebih dahulu.

Basahi rambutmu dengan air, lalu tuangkan shampo secukupnya di telapak tangan, dan usapkan ke seluruh bagian rambut sampai berbusa. Ketika menggosok kulit kepala, gunakan jari-jari tangan tanpa melibatkan kuku. Menggosok kulit kepala dengan kuku hanya akan menimbulkan ketombe.

Bagi pemilik rambut panjang, bersihkan juga area tengkuk karena bagian ini biasanya tertutup oleh rambut. Setelah menggosok seluruh bagian kulit kepala, mulailah untuk memberikan gosokan di rambut. Setelah selesai, bilas busa shampo dari rambut dan kulit kepala sampai benar-benar bersih.

3. Bersihkan Tubuh dengan Sabun

* sumber: www.bustle.com

Bagian yang paling penting saat mandi adalah membersihkan seluruh bagian tubuh. Apapun jenis sabun yang kamu gunakan, aplikasikan saja ke seluruh bagian tubuh hingga berbusa. Mulai dengan menyabuni bagian dada dan kedua tangan, serta jangan lupa untuk menggosok bagian ketiak. Kemudian, sabuni bagian punggung, dan kedua kaki.

Ketika menyabuni tubuh, jangan lewatkan untuk membersihkan organ intim dan lipatan bokong. Bila perlu gunakan cairan khusus organ intim untuk pembersihan secara menyeluruh.

Bagian tubuh yang sering terlewatkan saat mandi adalah sela-sela jari kaki dan tangan. Sabuni dan gosok sela-sela jarimu untuk membersihkan kotoran dan daki yang menumpuk di area tersebut.

4. Bilas dan Gosok Daki

* sumber: teachingmensfashion.com

Usai menyabuni seluruh bagian tubuh, kini tiba saatnya untuk membilas sisa sabun. Bilas dengan air sampai busa sabunnya benar-benar hilang. Setelah busa sabunnya hilang, gosok daki di kulit dengan menggunakan jari. Berikan sedikit tekanan agar dakinya lebih mudah dibersihkan.

Area yang sering dipenuhi daki antara lain adalah ketiak, belakang lutut, lipatan siku, dan tengkuk. Meskipun hanya beberapa bagian tubuh saja yang selalu dipenuhi daki, tapi kamu wajib untuk menggosok seluruh daki di bagian tubuh lainnya.

5. Bersihkan Telinga dan Cuci Muka

* sumber: girlterest.com

Telinga merupakan bagian tubuh yang selalu luput saat mandi. Padahal, telinga adalah bagian yang cukup kotor dan mudah berminyak. Sebelum mencuci muka, lakukan pembersihan pada daun telinga terlebih dahulu.

Aplikasikan sabun di kedua telinga. Ketika menyabuni telinga kiri, miringkan kepala ke kiri agar airnya tidak masuk ke lubang telinga. Di bagian telinga kanan, kamu juga harus memiringkan kepala ke kanan. Ketika membilas dengan air, lakukan gerakan yang sama sambil menggosok pelan bagian luar dan belakang telinga.

Selesai membersihkan kedua daun telinga, kini saatnya membersihkan muka. Ambil sabun wajahmu dan aplikasikan di seluruh bagian wajah (terutama T-Zone). Beri sedikit pijatan ringan untuk melancarkan peredaran darah di area wajah. Kemudian, bilas sisa sabun muka sampai benar-benar bersih.

6. Keringkan Tubuh dengan Handuk

* sumber: www.goodtoknow.co.uk

Usai menyelesaikan prosesi mandi yang benar, segera keringkan tubuh dengan handuk bersih. Jangan memakai pakaian ketika tubuh masih basa karena dapat menyebabkan panu dan penyakit kulit lainnya.

Mulailah mengeringkan rambut terlebih dahulu. Cara terbaik untuk mengeringkan rambut adalah dengan menepuk rambut memakai handuk. Hindari kebiasaan menggosok rambut dengan handuk karena hal ini dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Setelah rambut setengah kering, gunakan handuk untuk mengeringkan wajah dan tubuh. Sama seperti ketika mengeringkan rambut hendaknya kamu tidak menggosok kulitmu terlalu keras. Tepuk-tepukkan handuk ke kulitmu untuk mengeringkan tubuh.

Kesalahan Saat Mandi

Tak hanya mengetahui cara mandi yang benar, kamu pun harus mengetahui kesalahan yang kerap kali dilakukan saat mandi. Kesalahan ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulitmu. Jadi, kenali berbagai kesalahan yang biasa dilakukan saat mandi ini agar kamu dapat menghindarinya.

  • Terlalu Lama Berendam

* sumber: www.glamour.com

Beberapa orang memiliki kebiasaan berendam saat mandi. Berendam dalam air yang sudah diberi minyak essensial atau bath bomb memang menyenangkan, apalagi jika airnya hangat. Badan pasti menjadi lebih rileks setelah berendam.

Sayangnya, alangkah lebih baik jika kamu tidak berendam selama lebih dari 15 menit. Berendam terlalu lama berpotensi membuat kulit menjadi kering. Jadi, kalau ingin berendam lakukan saja 1-2 kali seminggu dengan durasi sekitar 15 menit sekali berendam.

  • Menggosok dengan Kuku

* sumber: www.1health.id

Pernahkah kamu menggosok kulit kepala dan tubuh menggunakan kuku? Selain dapat merusak kuku, ternyata kebiasaan ini dapat menyebabkan kulitmu kering dan kasar. Bahkan, apabila kamu menggosoknya di kulit kepala, bukan tidak mungkin jika rambutmu jadi berketombe.

Gosok seluruh bagian tubuh menggunakan jari. Beri tekanan ketika menggosok agar kotoran di tubuhmu rontok. Menggosok kulit dengan jari tidak akan membuat kulit jadi kering dan kasar, lho.

  • Memakai Sabun Terlalu Banyak atau Sedikit

* sumber: www.today.com

Kamu mungkin menggunakan banyak sabun ketika mandi karena berharap sabun bisa membersihkan tubuhmu. Sayangnya, sebanyak apapun kamu memakai sabun tetap saja tidak mampu merontokkan kotoran dan daki di kulit. Kamu tetap harus menggosok kulitmu jika ingin merontokkan kotoran.

Penggunaan sabun yang terlalu banyak berpotensi membuat kulit kering, apalagi jika sabun yang kamu pakai tidak mengandung pelembab. Sebaliknya, jika kamu menggunakan sabun terlalu sedikit maka bakteri di kulit tidak akan hilang.

Pakailah sabun secukupnya agar aroma tubuhmu jadi lebih segar. Namun, jika ingin mengangkat sel kulit mati dan kotoran, kamu harus menggosok kulitmu setiap mandi.

Bagaimana? Apakah selama ini kamu sudah menggunakan cara mandi yang benar? Jika belum, tak ada kata terlambat untuk mulai menerapkan tata cara mandi yang benar ini.

Kebersihan tubuh adalah hal yang sangat penting. Tubuh yang bersih dapat mempengaruhi suasana hati. Selain memberikan rasa nyaman bagi diri sendiri, aroma tubuh yang segar karena mandi dengan bersih juga memberikan kenyamanan bagi orang-orang di sekitarmu. Kunjungi artikel manfaat mandi dengan air dingin ini agar kamu lebih semangat mandi secara teratur.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar