Kamini.id / Tips Fashion / 10 Cara Melemaskan Kain yang Kaku supaya Enak Dipakai

10 Cara Melemaskan Kain yang Kaku supaya Enak Dipakai

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Samping, celana jeans, selimut, sprei, kerudung, gendongan bayi, kain batik, dan kain-kain lainnya yang baru memang cenderung kaku. Kain baru terasa kaku karena biasanya mengandung bahan kimia yang membuatnya tetap awet sebelum dipakai.

Namun, rasanya tidak nyaman kalau kain yang kaku langsung dikenakan, bukan? Untung saja ada cara-cara melemaskan kain yang kaku. Berikut adalah langkah melemaskan kain kaku yang telah Kamini susun untuk Anda.

Cara Melemaskan Kain yang Kaku

1. Cuci

Cuci cara melemaskan kain yang kaku

* sumber: www.homestructions.com

Ketika Anda baru membeli atau mendapatkan kain yang masih baru, tentu kainnya akan terasa kaku dan masih “bau baru.” Cara melemaskan kain yang kaku kali ini merupakan step by step yang perlu Anda ikuti susunannya. Supaya kain cepat lemas, langsung cuci kain setelah Anda mendapatkannya.

Anda bisa mencuci kain menggunakan tangan maupun mesin cuci. Jika kainnya berukuran besar (misalnya sprei ukuran king size), usahakan untuk mencucinya secara terpisah dengan kain-kain baru lainnya supaya ada cukup ruang di mesin cuci.

2. Soda Kue

Baking Soda

Jangan mencuci pakai sabun! Jika Anda ingin tahu cara melemaskan kain yang kaku, sabun cuci pakaian bukanlah benda yang tepat untuk digunakan. Sabun cuci pakaian dapat mengunci bahan kimia dalam kain baru. Untuk itu, gunakanlah baking powder alias soda kue.

Tambahkan satu cangkir soda kue ke dalam cucian Anda. Anggaplah soda kue ini sebagai substitusinya sabun pencuci pakaian. Lalu, cucilah kain seperti biasa. Namun, usahakan untuk menggunakan air hangat daripada air dingin.

3. Cuka

Cuka

* sumber: www.thespruce.com

Setelah putaran pencucian selesai, maka waktunya untuk putaran pembilasan. Sekarang, tambahkan lah satu cangkir cuka ke dalam mesin cuci. Sama seperti soda kue, cuka juga merupakan salah satu cara melemaskan kain yang kaku, apalagi jika kainnya yang tebal-tebal seperti kain jeans. Jangan lupa untuk mengganti airnya dengan air dingin.

4. Jemur

menjemur celana jeans

Langkah selanjutnya, jemurlah kain di bawah sinar matahari. Hal ini akan membantu membuat kain jadi lebih lembut. Jika cuaca sedang buruk, Anda bisa menggunakan fitur pengering di mesin cuci Anda jika ada. Tapi, pilihlah pengaturannya yang paling rendah, karena pengeringan dalam kecepatan tinggi bisa menyusutkan kain.

5. Cuci Lagi

Cuci Langsung Ditindak

Cara melemaskan kain yang kaku yang terakhir adalah dengan mencucinya lagi. Malas memang rasanya, baru juga mencuci, menjemur, eh sekarang sudah harus mencuci lagi. Tapi mau bagaimana lagi, kalau Anda ingin kain jadi cepat lemas, memang seperti ini langkahnya.

Tenang saja, cara mencucinya tidak ribet, kok. Anda hanya perlu mencuci kain tersebut seperti biasa menggunakan sabun pencuci pakaian. Sama seperti sebelumnya, jemur kain di bawah sinar matahari langsung. Jika kain sudah kering, angkat, lalu setrika supaya kainnya jadi lebih lemas dan rapi.

Cara Lainnya

Selain langkah cara melemaskan kain yang kaku di atas, masih ada beberapa benda dan cara lainnya yang dapat membuat kain kaku jadi lembut. Ingin tahu? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Pelembut Pakaian

pelembut pakaian

Cara pertama untuk melemaskan kain yang kaku adalah dengan menggunakan pelembut pakaian. Anda bisa menambahkan pelembut pakaian ketika mencuci kain dengan soda kue. Atau, kalau Anda mau mencuci pakaian menggunakan pelembut saja tanpa soda kue juga tidak apa-apa. Setelah itu, ikuti prosesnya seperti di atas.

2. Garam Dapur

Garam

Benda selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan dalam melemaskan kain kaku adalah garam dapur. Siapa sangka, garam yang pasti ada di dapur kita ini bisa berguna untuk hal lain di luar memasak?

Cara menggunakannya, siapkan ember atau baskom untuk merendam kain. Isi ember dengan air dingin, lalu masukkan dua genggam garam dapur. Masukkan kain kaku, dan rendam selama satu malam. Besoknya, cuci dan keringkan kain seperti biasa.

3. Garam Inggris (Garam Mandi)

Garam Inggris (Garam Mandi)

* sumber: www.ravenscourtapothecary.com

Masih saudara dengan garam dapur, Anda bisa juga menggunakan garam Inggris. Apa itu garam Inggris? Yaitu garam yang bentuknya kristal (lebih besar dan kasar daripada garam dapur). Atau, singkatnya, garam Inggris adalah garam mandi yang suka ditambahkan ke dalam bathtub.

Sama seperti cara melemaskan kain kaku menggunakan garam dapur, siapkan ember/baskom berisi air dingin. Lalu, tambahkan 50g garam mandi. Aduk hingga garam larut. Masukkan kain yang kaku, aduk-aduk di dalam air selama sekitar 2 menit saja. Setelah itu, biarkan kain direndam selama satu malam. Besok paginya baru cuci kain seperti biasa.

4. Boraks

Boraks cara melemaskan kain yang kaku

Boraks identik dengan hal negatif karena bakso, tahu, mie, dan banyak makanan lainnya yang ditambahkan boraks. Sebenarnya, boraks itu dipakai untuk keperluan tekstil, pembersihan, dan pengawetan (bukan makanan). Makanya, jika Anda mau menggunakan boraks untuk melemaskan kain yang kaku, ya, aman-aman saja.

Caranya, siapkan ember/baskom, isi air dingin. Tambahkan enam sendok boraks, lalu aduk hingga boraks larut. Masukkan kain yang kaku, aduk-aduk dalam gerakan memutar di dalam ember. Rendam kain semalaman. Keesokan harinya, cuci kain lalu keringkan.

5. Setrika

Setrika

* sumber: www.thespruce.com

Mungkin Anda tidak menyadarinya, tapi dengan menyetrika, pakaian Anda akan jadi lebih lemas, loh. Dengan disetrika, serat kain akan sedikit melebar dan lapisan luar kain jadi lebih lembut. Apalagi jika Anda menyetrika kainnya menggunakan semprotan pelembut pakaian. Pastikan Anda telah melalui proses pencucian kain sebelum menyetrikanya, ya!

6. Dijadikan Selimut

Dijadikan Selimut

* sumber: id.pinterest.com

Cara lainnya melemaskan kain yang kaku selanjutnya adalah dengan menjadikan kain sebagai alas duduk, alas tidur, atau selimut. Anda bisa juga menggunakan kain sebagai bedong untuk bayi.

7. Dikepang/Dianyam

Dikepang/Dianyam

* sumber: id.pinterest.com

Saat Anda sedang iseng, sambil menonton tv, atau sambil mendengarkan lagu, pelintir-pelintir lah kain yang kaku dan bentuk jadi kepangan/anyaman/gulungan. Kain yang di-uyel-uyel seperti ini akan lebih cepat lemas daripada kain yang dibiarkan saja.

8. Dibulatkan

Dibulatkan

* sumber: www.lilblueboo.com

Selain langkah di atas, Anda bisa membulatkan kain menjadi bola atau mirip donat yang ada lubang di tengahnya. Caranya, Anda tinggal memelintir kain, lalu gulung jadi lingkaran. Selipkan ujung kain ke dalam sela-sela kain lainnya. Diamkan kain selama beberapa jam atau boleh seharian, nanti kain yang kaku pun jadi tidak akan terlalu kaku lagi.

9. Sering Dipakai

Sering Dipakai

* sumber: id.pinterest.com

 

Untuk melemaskan kain yang kaku yang terakhir adalah dengan sering dipakai. Jika kain sering kita pakai, maka kain akan terbiasa dengan udara, mungkin terkena keringat/air hujan, dan terkena gerakan tubuh kita. Sehingga kain pun tidak akan sekaku ketika pertama kali dibeli.

Ya, itulah 10 cara melemaskan kain yang kaku versi Kamini. Bagaimana, apakah informasi ini dapat membantu Anda? Kalau Anda tahu tips lainnya untuk membuat kain kaku jadi lembut, bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *