Kamini.id / Jeans / Cara Melipat Celana Jeans Agar Penampilanmu Lebih Gaya

Cara Melipat Celana Jeans Agar Penampilanmu Lebih Gaya

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Celana jeans adalah salah satu fashion item yang trendnya tidak memudar sepanjang tahun. Setiap periode selalu saja ada gaya dan model terbaru dari jeans yang selalu trendy. Jeans memang item yang “abadi” yang pesonanya tidak akan luntur sekalipun banyak ragam fashion terbaru yang bermunculan seiring waktu.

Salah satu alasan kenapa celana jeans dianggap sebagai item favorit adalah karena jeans bisa dikenakan oleh siapa pun tanpa mengenal batas usia. Tua, muda, laki-laki dan perempuan tampak bagus dengan memakai jeans.

Definisi Cuffing Style

Definisi Cuffing Style

* sumber: www.heddels.com

Sering kejadian celana jeans favoritmu tidak sesuai dengan ukuran kakimu. Kalau kamu punya celana jeans yang kepanjangan, jangan buru-buru memotongnya. Kamu bisa melakukan teknik cuffing style untuk mengakali celana jeansmu yang kepanjangan.

Cuffing syle adalah teknik manipulasi panjang celana dengan cara melipat sehingga akan terlihat baik dikenakan. Metode ini, selain untuk menyiasati celana agar muat di ukuran kita, ini merupakan metode sederhana untuk tampil berbeda tanpa harus banyak gaya.

Cuffing style bukan hanya berguna untuk membuat celana yang kepanjangan tetap terlihat bagus dikenakan, melainkan dapat membuat tampilan yang berbeda. Pasalnya melipat jeans akan menambah unsur dimensi pada jeansmu.

Aneka Trik Melipat Celana Jeans

Apa saja inspirasi cuffing atau melipat celana jeans berdasarkan jenis bahannya? Berikut langkahnya:

1. Melipat Celana Jeans Slim Fit

Melipat Celana Jeans Slim Fit

* sumber: ashleyweston.com

Salah satu jenis celana jeans yang banyak dikenakan saat ini adalah model slim fit. Ciri celana jeans slim fit adalah terdapat bagian ujung bawah yang bisa kamu lipat. Pertama-tama, lipat bagian bawah sekitar 1 cm sebanyak dua kali lipatan.

Karena celana jeans slim fit ini longgar di bagian betis jadi, jangan berlebihan dalam melipatnya. Pasalnya akan membuat tampilan lipatan tidak seimbang. Untuk tampilan lebih casual kamu bisa memakai sepatu sneaker.

2. Celana Jeans Model Pipa

Celana Jeans Model Pipa

* sumber: welldresseddad.wordpress.com

Celana model pipa seperti ini susah-susah gampang melipatnya. Kalau melipatnya terlalu lebar akan membuat kamu tampak seperti orang yang habis kebanjiran. Kalau terlalu sempit kelihatan nanggung. So, lebih baik secukupnya saja.

Usahakan melipatnya tidak lebih dari 1,5 cm. Ulangi melipatnya sampai beberapa kali lipatan, sesuaikan dengan panjang kakimu. Cara melipat seperti ini cocok diaplikasikan pada model celana apapun yanng kepanjangan.

3. Celana Jeans Selvedge

Celana Jeans Selvedge

* sumber: www.gastankmagazine.com

Ciri khas dari celana jeans ini adalah tepian kain celananya yang rapat. Ketika melipatnya usahakan bagian tepinya terlihat. Dengan melipat celana jeans jenis selvedge garis celananya akan tetap terlihat

Untuk melipat celana jeans selvegde kamu hanya perlu melakukan sekali lipatan celana dengan lebar kurang lebih 6 cm. Cukup sekali melipatnya ya!

4. Celana Jeans Skinny Fit

Celana Jeans Skinny Fit

* sumber: www.today.com

Celana jeans skinny fit mempunyai bentuk ketat yang pas dengan ukuran kaki. Celana jenis ini mempunyai kaki yang lurus dan biasanya mempunyai sedikit regangan pada kainnya.

Melipatnya tidak perlu berlebihan. Maksimal tiga kali lipatan. Masing-masing lipatannya selebar 1,27 cm. Lipat ganda pada garis tepinya. Luruskan ujung lipatan agar lipatan yang kamu buat sama dan seragam.

Untuk wanita, lipatan ini cocok dikenakan baik dengan sepatu hak tinggi ataupun rendah. Sedangkan untuk laki-laki, lipatan ini cocok dengan atasan yang terbuat dari kain dengan model yang lebih ramping. Untuk sepatunya, kenakan sepatu dengan bentuk ramping.

5. Celana Model Boyfriend Jeans

Celana Model Boyfriend Jeans

* sumber: makelifeeasier123.blogspot.com

Boyfriend jeans mempunyai model yang longgar dan berkaki lurus. Boyfriend jeans mempunyai tampilan yang casual dan santai. Uniknya jenis jeans seperti ini cocok dengan beberapa model lipatan, misalnya:

  • Lipatan yang Sedikit Lebar
Lipatan yang Sedikit Lebar

* sumber: www.popsugar.com

Lipat bagian bawah celana jeans ke atas selebar 5,08 sampai 12,7 cm. Buat lipatan ganda. Untuk laki-laki, sebetulnya satu kali melipat saja sudah cukup. Karena melipat lebar seperti ini cukup tinggi ke bagian betis.

Boyfriend jeans bagi perempuan akan terlihat bagus dikenakan dengan sepatu sneaker atau sepatu kets. Untuk laki, laki, bentuk jeans yang longgar dengan lipatan seperti ini cocok dengan sepatu boot.

  • Lipatan Acak-Acakan dan Bergaya
Lipatan Acak-Acakan dan Bergaya

* sumber: www.cosmo.ph

Boyfriend jeans dengan lipatan acak-acakan seperti ini banyak diaplikasikan oleh wanita. Ukuran kakinya biasanya longgar dan tebal. Jeans yang longgar dan lebih berat ini biasanya dipadukan dengan gaya berbusana berkelas seperti sepatu hak dengan jaket kulit.

Langkah pertama, lipat bagian ujung bawah selebar 7,62 cm sampai 10, 16 cm. Usahakan melipatnya terlihat mengkerut dan kusut. Lalu, Tarik dan hentakan lipatan ke bawah untuk menghasilkan kusut yang lebih acak-acakan.

Selanjutnya, lipat bagian ujung ke bawah lalu kusutkan bagian tersebut. Kamu bisa gunakan tangan untuk meremas lipatannya. Nantinya, lipatan tersebut akan terlihat acak-acakan sekaligus lipatan di bawahnya akan terjaga.

  • Lipatan Digulung
Lipatan Digulung

* sumber: denimhunters.com

Lipatan gulung ini hanya bisa diaplikasikan pada celana jeans yang longgar dan berkaki lurus, seperti boyfriend jeans ini. Bagi para pria, lipatan gulung ini akan menghasilkan tampilan yang sederhana sekaligus tampilan yang paling mudah beradaptasi.

Untuk membuat lipatan gulung ini kamu butuh celana jeans yang berat. Kamu bisa membuat lipatan dengan bebas. Sebagai dasar lipatan, buat lipatan selebar 2,54 cm untuk wanita, sedangkan untuk laki-laki lebarnya 5,8 cm.

Buat lipatan kedua dengan ukuran 2,54 cm. Lipatan kedua ini tidak harus rapi sempurna. Maka dari itu kamu tidak harus benar-benar merapikan lipatannya. Selanjutnya, tarik sedikit lipatan tersebut untuk membuat tampilan yang lebih padat.

Untuk laki-laki, kamu bisa mulai melipat dari bagian kelim. Usahakan lipatannya menutupi garis kelim cleana jeans pada bagian dalam lipatan awal. Lakukan dua kali lipatan.

5. Celana Jeans Yang Mengandung Bahan Lycra

Celana Jeans Yang Mengandung Bahan Lycra

* sumber: www.forbes.com

Bahan lycra yang ditenun pada celana jeans memberikan efek fleksibilitas yang dapat mempertahankan kerutan pada lipatan. Untuk membuat lipatan pada jeans ini kamu perlu melakukan lipatan ke dalam.

Langkah pertama yaitu lipat bagian bawah celana jeans dengan lebar sekitar 2,54 sampai 7, 62 cm. Ketebalan ini bergantung pada seberapa panjang ukuran jeans yang kamu inginkan.

Jika ingin ukuran jeans yang lebih pendek berarti kamu harus melipat jeansnya lebih besar. Sebaliknya, jika ingin lipatan yang lebih panjang, lipatan jeansnya harus lebih kecil.

Setelah itu setrika bagian bawah jeans yang dilipat tadi. Menyetrika bagian ini akan menghasilkan kerutan yang kokoh pada celana. Pastikan kamu menyetrika bagian depan dan belakang celana.

Langkah selanjutnya adalah lipat lipatan ke bagian dalam jeans, lalu setrika. Kerutan yang telah disetrika tadi merupakan patokan lebar lipatan. Pastikan lipatan rapi dan seimbang. Untuk memastikan rapi atau tidaknya lipatan kamu bisa menarik ujung lipatannya.

Lipatan seperti ini bagus untuk mengubah panjang jeans karena tampilannya yang mulus sehingga tidak tampak bahwa jeansnya dilipat. Kamu akan tampak bagus mengenakannya dengan sepatu hak tinggi.

Itulah ide-ide melipat atau cuffing celana jeansmu yang bisa kamu aplikasikan untuk membuat gaya berbusanamu terlihat menarik. Jangan ragu untuk memadu-padankannya dengan sepatumu. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *