Kamini.id / Mantan / 10 Cara Melupakan Mantan Pacar Agar Kamu Lebih Bahagia

10 Cara Melupakan Mantan Pacar Agar Kamu Lebih Bahagia

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Maret 2019

Putus cinta adalah hal yang paling menyebalkan. Ada beragam alasan yang dapat membuat hubungan Anda dan si dia jadi kandas, mulai dari kehilangan rasa cinta, kehadiran orang ketiga, sampai perbedaan prinsip yang membuat hubungan tak lagi patut untuk dipertahankan. Sedih sih boleh-boleh saja, tapi mau sampai kapan?

Ketika Anda dan mantan pacar sudah memutuskan untuk mengakhiri hubungan, Anda tidak bisa terus menerus larut dalam kesedihan. Sudah saatnya Anda move on! Jika masih belum bisa melupakannya, ikuti 10 cara melupakan mantan pacar dari Kamini ini.

10 Cara Melupakan Mantan Pacar

1. Stop stalking mantan

Stop stalking mantan Cara Melupakan Mantan Pacar

* sumber: www.huffingtonpost.com

Satu hal yang membuat Anda tidak bisa segera melupakan mantan pacar adalah kenyataan di mana Anda masih sering stalking media sosial mantan. Cara melupakan mantan pacar yang paling ampuh adalah berhenti mencari tahu hal apapun mengenai mantan Anda, baik itu dari media sosial atau dari orang terdekatnya.

Stalking adalah tanda bahwa Anda masih peduli dengan si dia. Jika Anda masih peduli dan berusaha mengetahui kabarnya saat ini, percayalah Anda tidak akan bisa melupakannya. Hindari media sosial untuk sementara waktu dan usahakan untuk menahan diri agar tidak stalking mantan.

2. Jangan mengingat kebaikan mantan

Jangan mengingat kebaikan mantan

Lagi duduk sendiri termenung, tiba-tiba Anda menyesali putusnya hubungan Anda dengan mantan karena selama ini ia penyabar, royal, dan romantis. Stop mengingat kebaikan sang mantan! Hal ini bisa membuat Anda jadi frustasi dan semakin menyesal memutuskannya.

Sebagai gantinya, ingat saja sifat buruk mantan Anda. Tidak perlu membenci mantan, cukup ingat saja keburukannya dan bersyukurlah bahwa saat ini Anda sudah bisa terlepas dari si dia. Setidaknya, dari semua sifatnya yang Anda nilai baik pasti ada beberapa sifat buruk si dia yang kadang-kadang membuat Anda kesal, bukan?

3. Sembunyikan atau buang barang pemberian mantan

Sembunyikan atau buang barang pemberian mantan

Bagaimana Anda bisa lupa jika boneka pemberian mantan masih berada di tempat tidur Anda? Atau mungkin saat ini Anda masih memakai kaos yang dulu diberikan oleh mantan? Wah, sebaiknya sembunyikan atau buang barang pemberian mantan.

Anda akan semakin sulit melupakan si dia jika barang-barang pemberiannya masih ada di sekitar Anda. Apabila barangnya masih bagus dan layak digunakan, Anda bisa menjual kembali atau menghibahkan ke orang lain yang lebih membutuhkan.

4. Berhenti nostalgia mengenang kenangan manis

Berhenti nostalgia mengenang kenangan manis

Masih suka makan di tempat makan favorit Anda dan mantan? Bahkan, tanpa disadari mungkin Anda masih setiap hari memutar lagu yang pernah menjadi favorit berdua. Cara melupakan mantan pacar yang paling jitu adalah berhenti untuk bernostalgia.

Kenangan manis antara Anda dan mantan hanya akan membuat Anda semakin susah melupakannya dan menjadi lebih nelangsa. Hindari hal-hal yang pernah menorehkan kenangan manis tentang dia. Ini adalah saatnya untuk meninggalkan kenangan lama dan berusaha mencoba hal-hal baru yang tidak mengingatkan Anda terhadap si mantan.

5. Tumpahkan perasaan ke orang terdekat

Tumpahkan perasaan ke orang terdekat

Kadang-kadang kita memang tidak bisa menyimpan suatu hal sendiri. Pasca putus cinta, Anda butuh seseorang atau beberapa orang terdekat untuk mendengarkan curhat Anda. Tumpahkan perasaan Anda sejujur-jujurnya kepada orang terdekat, entah itu sahabat atau keluarga.

Jangan malu untuk mengakui bahwa Anda masih mencintainya. Dengan membuat pengakuan, hati jadi terasa lebih lega dan Anda menjadi lebih ikhlas melepaskan si dia. Ketika Anda berkata jujur, sahabat atau keluarga yang menjadi pendengar Anda juga dapat memberikan saran agar Anda bisa move on dan benar-benar melupakan si dia.

6. Berdamai dengan diri sendiri

Berdamai dengan diri sendiri

Patah hati ternyata bisa menyakiti diri kita sendiri. Setelah putus, Anda mungkin cenderung menyalahkan diri sendiri. Padahal, hal tersebut bukan sepenuhnya kesalahan Anda karena jika ia sungguh-sungguh mencintai Anda, ia akan mempertahankan Anda bagaimana pun caranya.

Cobalah berdamai dengan diri sendiri dengan berhenti menyalahkan diri. Buatlah pemikiran bahwa bukan Anda yang beruntung mendapatkan dia, tetapi dia yang tidak pantas mendapatkan cinta dari Anda. Bila bukan Anda yang menghargai diri sendiri, lalu siapa lagi? Setelah berdamai dengan diri sendiri, dijamin Anda perlahan-lahan akan melupakan si dia.

7. Cari kesibukan lain

Cari kesibukan lain

Cara melupakan mantan pacar yang paling ampuh adalah mencari kesibukan yang membuat Anda tidak terus menerus memikirkan mantan. Ketika Anda sibuk melakukan suatu hal, maka Anda tidak akan memiliki waktu luang untuk memikirkan mantan.

Kesibukan akan menolong Anda untuk melupakan sang mantan. Namun, ingatlah untuk mencari kesibukan melalui hal-hal positif agar tidak merusak diri sendiri, seperti belajar memasak, traveling, mulai berbisnis atau sekedar hangout bersama teman-teman terdekat Anda,

8. Ikhlas dan banyak beribadah

Ikhlas dan banyak beribadah

Kunci utama agar Anda bisa melupakan mantan pacar adalah ikhlas menerima kenyataan bahwa hubungan Anda dan si dia telah usai. Saat Anda sudah mengikhlaskan kepergian mantan, maka Anda akan menjadi lebih legowo dan tidak terus menerus menyesali kepergiannya.

Ibadah juga salah satu hal yang penting bagi Anda yang baru putus cinta. Agar tidak galau dan melakukan hal-hal negatif, maka perbanyak ibadah Anda untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Percayalah, bahwa Tuhan menjauhkan Anda dari dia karena sejatinya dia bukan jodoh yang tepat untuk Anda. Jangan lupa bahwa Yang Maha Kuasa pasti sudah menyiapkan segala yang terbaik untuk Anda.

9. Berhenti mendengarkan lagu galau

Berhenti mendengarkan lagu galau

Apa yang kita dengar bisa mempengaruhi suasana hati Anda, lho. Lagi galau bukan lagu yang pas didengarkan ketika Anda barusan saja putus cinta. Alih-alih dapat melupakan mantan, lagu galau hanya akan membuat Anda semakin sedih dan tidak melupakan si dia.

Saatnya move on dengan mendengarkan lagu-lagu ceria yang dapat membuat hari-hari Anda jadi lebih bersemangat. Bila perlu, menarilah dengan lagu-lagu ceria agar tubuh jadi lebih segar dan Anda pun menjadi lebih ceria.

10. Bukalah hati untuk seseorang yang baru

Bukalah hati untuk seseorang yang baru

Time to move on. Lupakan mantan kekasih yang benar-benar tidak layak mendapatkan Anda. Saatnya memberi kesempatan diri sendiri untuk mengenal orang lain. Jika ada beberapa orang yang berusaha PDKT kepada Anda, bukalah hati Anda untuk mereka.

Belajarlah untuk mengenal dan menerima seseorang yang baru. Lakukan hal-hal positif bersama gebetan baru Anda agar semakin cepat Anda melupakan mantan. Siapa tahu bahwa seseorang yang baru ini merupakan orang yang tepat yang akan membantu untuk melupakan kesedihan Anda.

Cara melupakan mantan pacar di atas adalah cara yang paling umum. Pada dasarnya, setiap orang memiliki cara tersendiri untuk melupakan mantan dan menyembuhkan luka hatinya. Jika saat ini Anda sedang bersedih pasca putus cinta, tak ada salahnya untuk menangis dan meluapkan perasaan Anda. Namun, jangan biarkan hal tersebut berlangsung lama karena Anda juga harus memikirkan kebahagiaan diri Anda sendiri.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *