Kamini.id / Mantan / Saatnya Move On dengan 10 Cara Ampuh Melupakan Mantan Suami

Saatnya Move On dengan 10 Cara Ampuh Melupakan Mantan Suami

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 September 2019

Setiap orang tentu tidak menginginkan perceraian. Sayangnya, ada satu dan lain hal yang membuat perceraian jadi semakin sulit untuk dihindari. Pada akhirnya, berpisah menjadi solusi agar kamu dan pasangan sama-sama memiliki kehidupan yang lebih baik.

Bertahun-tahun membina hubungan, mulai dari pacaran sampai menikah, pasti menorehkan banyak kenangan. Pahit dan manis kehidupan sudah kalian lalui bersama. Kenangan-kenangan inilah yang membuat sulit untuk melupakan mantan. Jangankan move on, setiap hembusan nafasmu saja kamu masih terus mengingatnya.

Mengingat mantan suami sih boleh-boleh saja. Namun, kamu tetap harus melanjutkan hidupmu. Lupakan mantan suamimu dan jalani kehidupan yang lebih baik. Kamini akan berusaha membantumu dengan 10 cara ampuh melupakan mantan suami berikut ini.

1. Fokus pada Masa Depan

Fokus pada Masa Depan

* sumber: news.sky.com

Hubungan pernikahan berakhir bukan berarti hidupmu juga harus berakhir, dong! Kamu masih harus melanjutkan masa depanmu, dengan atau tanpa mantanmu. Apalagi jika kamu sudah memiliki buah hati, tentu kamu harus fokus pada masa depan dirimu sendiri dan buah hatimu.

Agar bisa melupakan sang mantan, fokuslah untuk mengejar mimpi-mimpi yang sempat tertunda karena kamu terikat pernikahan. Kamu harus yakin bahwa masa depan yang lebih baik menantimu dan tugasmu adalah menjemputnya.

2. Buka Hati pada Pria Lain

Buka Hati pada Pria Lain

* sumber: www.datingdonut.com

Tentu sulit melupakan sosok mantan suami yang pernah mengisi relung hatimu. Akan tetapi, ketika pernikahanmu sudah berakhir dengan dirinya, kamu masih tetap berhak memperoleh cinta dari pria lain. Yuk, saatnya membuka hati bagi pria lain.

Beri kesempatan pada pria-pria lain untuk mendekatimu. Tak perlu buru-buru menjalin cinta, lakukan PDKT terlebih dahulu agar kamu bisa memilih yang terbaik. Kegagalan dalam berumah tangga tentu membuatmu jadi picky ketika memilih calon suami. Tak masalah, kamu bisa menentukan pria terbaik sesuai dengan hati kecilmu. Nggak perlu buru-buru menikah lagi kok, yang penting move on dulu.

3. Habiskan Waktu Bersama Sahabat dan Keluarga

Habiskan Waktu Bersama Sahabat dan Keluarga

* sumber: studyadelaide.com

Tiada tempat terbaik untuk berbagi keluh kesah selain kepada keluarga dan sahabat. Bersyukurlah ketika kamu masih memiliki sahabat dan keluarga yang selalu ada untukmu. Ketika statusmu sudah menjadi single woman, tentu kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk berkumpul bersama sahabat dan keluarga.

Manfaatkan waktumu untuk lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat. Quality time dengan orang terkasih akan membuatmu cepat melupakan mantan suami. Ngobrol atau melakukan aktivitas bersama mereka akan membuat dirimu tidak sempat untuk memikirkan mantanmu.

4. Hindari Komunikasi dan Pertemuan dengan Mantan

Hindari Komunikasi dan Pertemuan dengan Mantan

* sumber: www.yogajournal.com

Untuk sementara waktu sebaiknya kamu berhenti berkomunikasi atau bertemu dengan mantan suamimu. Bukan bermusuhan, hanya sekadar memberi kesempatanmu untuk melupakan si dia. Kalau terus menerus menjalin hubungan, bagaimana bisa kamu melupakannya?

Jika ada buah hati di antara kalian yang mengharuskanmu untuk tetap berkomunikasi dengan mantan suami, komunikasi seperlunya saja. Jangan terlalu banyak basa-basi atau ngobrol hal-hal sepele karena ini akan membuatmu semakin sulit melupakannya.

Ketika hatimu sudah pulih dan kamu sudah bisa move on, silakan menjalin persahabatan kembali dengan mantan suamimu. Kamu pasti nggak akan baper lagi saat berhubungan kembali dengannya.

5. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

* sumber: newdigsministry.org

Menganggur dan tidak melakukan aktivitas apapun bisa membuatmu stres memikirkan mantan suami dan perceraian yang telah terjadi di antara kalian. Kamu tidak akan bisa melupakan mantan ketika terus menerus bengong menghabiskan waktu untuk memikirkannya.

Kamu harus bangkit dan move on! Sibukkan dirimu dengan berbagai macam kegiatan positif. Kamu bisa bekerja, menjadi volunteer, atau melakukan hobi baru yang tidak sempat kamu lakukan ketika masih menyandang status istri.

Apabila kamu sibuk, waktu akan berjalan dengan cepat. Tiada lagi ruang untuk memikirkan mantan suami dan kamu pun mulai bisa melupakannya secara perlahan tapi pasti.

6. Hindari Semua Hal yang Mengingatkanmu Kepadanya

Hindari Semua Hal yang Mengingatkanmu Kepadanya

* sumber: www.sofi.com

Masih tinggal di rumah penuh kenangan bersama mantan suami? Masih menyimpan barang-barang suami? Kini, saatnya kamu menghindari semua hal tersebut. Pindah saja ke rumah baru atau ke rumah keluarga sementara waktu. Kamu juga bisa mengembalikan barang-barang mantan atau mungkin menyumbangkannya kepada orang yang membutuhkan.

Sebisa mungkin kamu harus bisa menghindari semua hal yang mengingatkanmu kepada mantan suami, kecuali anak. Kamu tidak bisa menghindari anakmu. Justru kamu harus selalu mendampinginya karena bukan cuma hatimu saja yang hancur karena perceraian, tetapi juga hati anak kalian.

7. Belajar untuk Ikhlas

Belajar untuk Ikhlas

* sumber: thepopularman.com

Tahukah kamu bahwa ikhlas adalah suatu hal yang gampang diucapkan tapi sulit dilakukan? Kamu bisa menyuruh orang lain untuk mengikhlaskan sesuatu, tapi pada kenyataannya kamu bakal sulit untuk mengikhlaskan sesuatu yang bukan lagi menjadi milikmu.

Belajarlah untuk ikhlas, maka hatimu akan terasa damai dan kamu bisa melupakan mantan suamimu. Bagaimana cara belajar untuk mengikhlaskan mantan suami? Cukup dengan introspeksi diri dan pikirkan semua kemungkinan buruk jika kalian tetap bersama.

8. Ingat Semua Keburukan Mantan Suami

Ingat Semua Keburukan Mantan Suami

* sumber: www.cnbc.com

Percayalah, kamu tidak akan mampu melupakan mantan suami jika kamu terus menerus mengingat kebaikannya dan kenangan indah saat bersamanya. Yang ada kamu malah baper sendiri dan tersiksa karena tak mampu memilikinya kembali.

Cara terbaik agar kamu bisa melupakan mantan suami adalah dengan mengingat semua keburukannya. Pikirkan seberapa sering ia membuatmu bersedih bahkan menangis. Yakinkan hatimu bahwa kamu akan menderita jika terus hidup bersamanya.

9. Berikan Perhatian Lebih pada Buah Hati

Berikan Perhatian Lebih pada Buah Hati

* sumber: www.huffpost.com

Ketika kamu merasa tidak dapat melupakan mantan suami, ingatlah bahwa kamu masih memiliki buah hati yang membutuhkan perhatian dan kasih sayangmu. Ada mantan suami, tapi tidak pernah ada istilah mantan anak. Biar bagaimana pun situasinya, mereka tetap menjadi anak-anakmu selamanya.

Yuk, berhenti memikirkan diri sendiri dan berikan perhatian pada buah hati. Mereka juga butuh support pasca perceraian kedua orang tuanya. Kamu harus fokus untuk memikirkan masa depan yang lebih baik untuk anakmu. Jadikan anak sebagai motivasi terbesar untuk bisa melupakan mantan suami.

10. Perbanyak Ibadah dan Kebaikan

Perbanyak Ibadah dan Kebaikan

* sumber: orbitermag.com

Ada satu obat mujarab untuk bisa melupakan mantan suami, yakni memperbanyak ibadah dan kebaikan. Ibadah mendekatkanmu kepada Sang Pencipta dan memperbaiki sakit hatimu secara perlahan tapi pasti. Kamu akan memperoleh kedamaian ketika waktumu tercurah untuk beribadah.

Perbanyak frekuensi untuk datang ke tempat beribadah dan ikuti komunitas yang mendekatkan dirimu pada ajaran agama. Kamu juga bisa memiliki teman-teman baru dari komunitas keagamaan tersebut.

Selain itu, perbanyak juga kebaikan-kebaikan kecil. Dengan berbuat baik, kamu pasti akan merasa lebih bahagia dan beban berat karena tidak bisa move on dari mantan suami akan seketika terangkat.

Jangan buang waktumu lebih banyak lagi untuk terus memikirkan mantan suami, ya! You deserve to be happy. Jadi, kamu harus bahagia demi dirimu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Percayalah bahwa perceraian yang terjadi semua sudah suratan takdir dan jalan terbaik untuk dirimu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar