Kamini.id / Mantan / 10 Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang agar Cepat Move On

10 Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang agar Cepat Move On

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 September 2019

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda sedang galau karena seseorang? Apa Anda mencintai seseorang, tapi orang tersebut tidak mencintai Anda? Apa orang yang Anda sayangi menyakiti Anda? Terjebak dalam friend zone, jadi Anda mencintai si dia secara diam-diam? Atau, apakah Anda baru saja mengalami perpisahan?

Banyak cara untuk membuat hati kita menjadi sakit. Namun, ingatlah bahwa ada sejuta cara untuk membuat hati kita menjadi bahagia kembali. Langkah pertama untuk mencapai kebahagiaan adalah dengan melupakan orang yang Anda sayangi.

Kamini telah merangkum 10 cara melupakan orang yang kita sayang dengan cepat. Dengan tekad yang kuat, Anda pasti bisa, kok, melewati masa sedih dan dapat move on. Yuk, dipraktikkan!

10 Cara Melupakan Orang yang Kita Sayang

1. Sibukkan Diri

Sibukkan Diri cara melupakan orang yang kita sayang

* sumber: www.frontstream.com

Langkah pertama dalam cara melupakan seseorang yang pernah singgah di hati kita adalah dengan menyibukkan diri. Lakukan lah aktivitas rutin Anda seperti sekolah, bekerja, menulis, melukis, membaca, olahraga, bermain game, dan lain-lain.

Pokoknya lakukan kegiatan yang biasa Anda lakukan seperti tidak ada apa pun yang terjadi. Jangan beri kesempatan untuk Anda memiliki waktu luang yang terlalu panjang. Waktu kosong dapat membuat pikiran Anda terbang lagi pada si dia yang telah menyakiti Anda.

Atau, Anda bisa juga melakukan kegiatan baru seperti menjadi volunteer di panti asuhan, panti jompo, atau di posko bencana alam. Selain dapat menyibukkan diri secara bermanfaat, menjadi volunteer dapat membuka mata dan hati Anda untuk melihat dunia dari sisi lain.

Anda akan menyadari kalau masalah yang sedang Anda hadapi mungkin tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan penderitaan orang lain. Dengan begitu, Anda jadi bisa belajar bersyukur lebih banyak lagi.

2. Olahraga & Hobi

Olahraga cara melupakan orang yang kita sayang

* sumber: moanasurfschool.com

Jika Anda suka olahraga, bagus, lakukan olahraga favorit Anda dengan rutin. Lari, skipping, yoga, naik sepeda, skateboard, tenis, voli, basket, futsal, apa pun itu bentuk olahraganya sangat bagus untuk menata hati Anda.

Aktivitas fisik merupakan cara terbaik untuk membuat fisik dan mental Anda menjadi kuat. Olahraga juga dapat meningkatkan mood, sehingga Anda bisa terhindar dari depresi berkelanjutan.

Anda bisa juga menekuni hobi lama Anda atau mencoba hobi baru yang selama ini hanya bisa Anda bayangkan. Sekarang anggaplah Anda tidak punya pengganggu yang “mengganjal” Anda untuk mencoba hal-hal yang Anda inginkan. Anda bebas sekarang, jadi, tunggu apa lagi? Segera lakoni hobi yang sejak dulu membuat Anda penasaran.

3. Jangan Berusaha Melupakan

Jangan Berusaha Melupakan

* sumber: www.thoughtco.com

Orang bilang jika kita berusaha menahan lapar, maka kita akan jadi semakin lapar, karena secara tak sadar kita jadi memikirkan makanan juga. Hal ini sama saja dengan urusan hati. Semakin Anda mencoba melupakan sang mantan, semakin Anda tak bisa melupakannya. Apalagi sebelumnya mantan adalah seseorang yang tiap hari ketemu Anda.

Jika Anda memaksa diri untuk melupakan, ketika itu pula berarti Anda sedang memikirkan si dia. Jadi, jangan paksa diri Anda untuk melupakan, tapi tunggu waktu yang membuat Anda lupa dengan sendirinya.

Biarkan kehidupan Anda berjalan seperti biasanya, tanpa paksaan untuk melupakan. Lalu, ketika Anda sedang “beristirahat” dari aktivitas Anda dan merenung, mungkin Anda akan menyadari bahwa perasaan sakit itu sudah hilang dengan sendirinya.

4. Buang “Bagian” dari Dirinya

Buang

Terkadang ada momen di mana Anda menemukan foto lama bersama dia, lalu Anda jadi menatapi foto itu terlalu lama. Hal itu tidak baik untuk hati Anda yang sedang belajar move on. Untuk itu, buanglah semua barang-barang peninggalan mantan mulai dari foto, jaket, sepatu, tas, kosmetik, album musik. Pokoknya apa pun itu yang mengingatkan Anda pada si dia, segera musnahkan saja.

Mungkin ada beberapa benda yang menurut Anda “sayang” kalau dibuang. Tapi, untuk hati Anda yang belum tertata seperti sekarang ini, apakah Anda kuat menyimpan barang peninggalan mantan tanpa merasakan sakit ketika melihatnya? Takutnya Anda malah jadi terjebak nostalgia dan gagal move on.

Jika Anda merasa sayang untuk membuang barang-barang dari dia, kumpulkan lah yang masih bagus lalu sumbangkan. Atau Anda bisa juga mendulang uang dari barang-barang tersebut. Bukalah garage sale dan jual barang-barang tak berguna itu. Daripada menjadi sampah, siapa tahu barang dari mantan bisa berguna untuk orang lain, kan?

5. Cari & Ingat-ingat Sifat Jeleknya

Cari & Ingat-ingat Sifat Jeleknya

* sumber: www.realsubliminal.com

Cara membenci orang yang kita cintai adalah dengan mencari sifat buruknya. Dan, jangan lupa untuk selalu mengingat kejelekannya ketika sudah ditemukan. Cinta itu buta, sejelek-jeleknya sifat si dia, ketika Anda sedang jatuh cinta, sifat tersebut tidak akan terlihat buruk di mata Anda.

Untuk itu, berpikirlah dengan kepala jernih, bagaimana sifat dan sikapnya selama ini. Coba cari kesalahan yang pernah dia buat pada Anda atau pada orang lain.

Misalnya ternyata dia suka berbohong pada teman-temannya, berarti tidak menutup kemungkinan kalau dia juga suka berbohong pada Anda, kan? Camkan kejelekan-kejelekan sang mantan pada otak Anda, supaya Anda merasa orang tersebut tak pantas bersanding dengan Anda.

6. Putus Kontak

Putus Kontak

* sumber: www.youtube.com

Cara melupakan seseorang yang telah menyakiti kita yang selanjutnya adalah dengan putus kontak. Mungkin terdengar seperti pengecut jika Anda memblokir semua nomor dan media sosial orang itu.

Tapi, jika Anda merasa belum bisa kembali menjadi “hanya berteman” dengannya, sebaiknya blok saja semua akses yang memungkinkan kalian berhubungan kembali. Ya, setidaknya sampai hati Anda sanggup menerima kenyataan dan sampai Anda move on.

Jika Anda bersekolah, bekerja, atau tinggal di lingkungan yang sama dengannya, coba hindari jalan dan tempat yang biasa dia lalui. Hal ini sama dengan memblokir kontak si dia, yaitu bertujuan agar Anda tidak berkomunikasi lagi dengannya untuk sementara waktu. Jika Anda tidak sengaja berpapasan, sebisa mungkin untuk membuat percakapan jadi singkat.

7. Hindari Kesendirian

Hindari Kesendirian

* sumber: www.mcgill.ca

Kesendirian merupakan hal yang harus dihindari dalam cara melupakan orang yang kita sayang. Ketika sedang sendirian, Anda memiliki banyak waktu untuk merenung dan mengenang masa lalu. Memang, rasanya pas banget kalau lagi sendiri, mendengarkan lagu-lagu galau, lalu mengenang si dia. Berasa seperti sedang syuting video klip, ya?

Tapi, ini salah banget. Kalau diteruskan, Anda bisa lama move on dan ujung-ujungnya jadi depresi. Untuk itu, pergilah ke tempat ramai. Ke taman di kota, ke mall, ke acara musik, dan lain-lain. Kalau bisa, perginya juga jangan sendiri tapi ajak teman Anda, agar Anda tidak merasa sepi walau di tengah keramaian.

8. Curhat

Curhat cara melupakan orang yang kita sayang

* sumber: www.wisebread.com

Membagi masalah Anda dengan orang lain kadang merupakan obat yang mujarab. Walaupun orang tersebut belum tentu dapat memberikan solusi untuk masalah Anda, tapi dengan didengarkan pun kadang bisa membantu Anda, loh.

Mungkin sulit, apalagi jika Anda tipe orang yang tak suka mengumbar masalah pribadi walaupun pada orang terdekat Anda. Tapi, cobalah percaya pada orang tersebut untuk dibagi tentang kegalauan Anda. Niscaya, beban di hati Anda dapat berangsur-angsur terangkat.

Jika sahabat Anda merupakan seorang pakar cinta, lebih bagus lagi. Anda bisa bertanya padanya cara melupakan seseorang yang kita cintai diam-diam, cara move on, dan cara jadi bahagia. Jika Anda punya teman seperti itu, jangan sampai Anda lepaskan, ya.

9. Terima Kenyataan

Terima Kenyataan

* sumber: www.epicdash.com

Mungkin fase cara melupakan orang yang kita sayang yang satu ini merupakan yang tersulit, yaitu dengan ikhlas. Terima kenyataan tentang apa yang telah terjadi. Jika dia telah pergi, relakanlah. Jika dia tidak bisa disisi Anda selamanya, cobalah untuk menerima.

Mungkin ini lah takdir Anda berdua, untuk tidak jadi bersama. Mungkin Anda akan menemukan kebahagiaan Anda sendiri yang jauh lebih baik daripada orang sebelumnya.

Ayo move on. Cara pertama untuk move on adalah dengan ikhlas. Maafkanlah, maafkan dia, maafkan pengganggu hubungan, maafkan situasi, maafkan waktu. Tapi, yang terpenting adalah maafkan diri Anda sendiri. Dengan begitu, hati Anda akan terasa lega dan bahagia.

10. Hubungan Baru? Siapa Takut!

Hubungan Baru? Siapa Takut!

* sumber: shannyinthecity.com

Jangan pernah berpikir bahwa Anda tak akan pernah bisa mencintai orang lain lagi selain dia. Anda pasti bisa jika Anda membiarkan pintu hati Anda tak terkunci. Bukalah diri untuk mencoba menjalin hubungan baru. Ya, memulai semuanya dari awal terdengar mengerikan karena segala kecanggungan pasti ada. Tapi, ini normal dan inilah hidup. Yang pergi biarlah pergi, yang datang biarkan datang.

Di awal-awal waktu putus Anda mungkin akan menolak semua orang yang mencoba mendekati Anda. Tapi, setelah Anda biarkan waktu menyembuhkan hati Anda, maka saat itu pasti datang, saat di mana Anda ingin merasakan cinta lagi.

Untuk itu, janganlah Anda langsung menyingkirkan siapa saja yang mencoba mengobati hati Anda. Karena, siapa tahu ternyata orang tersebut adalah penyembuh yang akan bertahan selamanya menjadi kebahagiaan Anda.

Sepuluh cara melupakan orang yang kita sayang telah selesai Kamini bahas. Bagaimana, apakah tips dari kami dapat membantu Anda merasa lebih baik? Perpisahan memang seringkali sangat menyakitkan, tapi, jangan biarkan hal ini merusak diri Anda. Live your life, move on, be happy.

Jika Anda punya tips lainnya untuk melupakan orang yang disayang, bisa share di kolom komentar supaya pembaca Kamini yang lain dapat membaca tips Anda. Terimakasih, selamat berjuang untuk move on!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

4 Responses

  1. Saat ini Saya sedang bingung. .Sulit melupakan dia, tapi dia selalu menyakiti, boongin, Bahkan berkata Kasar… Tapi Saya tetap maafin dia Padahal hati Sdh sangat Lelah… Saya seorang perantau Dan kurang banyak kawan d sby yg bisa Saya Pwrcaya.. Makanya sulit Saya ceritakan pada orang ,Di pendam sndiri.. Bingung banget!!

  2. Di buat santai aja… Lupakan lepaskan… Perlahan pasti bisa.. Jgn biarkan orang lain menyakiti hati kita.. Karena kita pantas bahagia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *