Kamini.id / Lifestyle / 10 Cara Melupakan Seseorang yang Telah Menyakiti Kita

10 Cara Melupakan Seseorang yang Telah Menyakiti Kita

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 September 2018

Kamu masih memikirkan seseorang yang telah menyakiti hati? Seorang mantan atau gebetan? Atau teman sendiri yang mengkhianati? Memang demikian, sakit hati sulit untuk dilupakan, lukanya begitu membekas dan membayangi pikiran.

Jika tak bisa melupakannya sampai-sampai terus memikirkan, mengirimi pesan, hingga menelponnya, kamu kemungkinan besar mengalami gejala obsesif-kompulsif. Kamu menderita kekacauan dan merasa trauma karena sesuatu hal yang tak pernah terduga.

Pikiran-pikiran seperti itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti sekolah, bekerja, dan hubungan dengan teman serta keluarga. Orang di sekelilingmu pasti mengatakan “biarkan waktu yang menyembuhkan.” Tapi, kamu tidak punya waktu untuk menunggu sementara hubungan kamu dengan yang lainnya bertambah buruk.

Maka dari itu, Kamini telah merangkum dari berbagai sumber mengenai cara-cara cepat yang bisa dilakukan sehingga kamu dengan mudahnya melupakan seseorang yang telah menyakiti hati.

10 Cara Melupakan Seseorang

1. Terima Rasa Sakitnya

Terima Rasa Sakitnya

* sumber: www.lifehack.org

Cara yang pertama dan terbaik untuk melupakan seseorang yang telah menyakiti hati adalah menerima rasa sakitnya. Biarkan diri kamu berduka dan menangis untuk menghilangkan beban dalam hati. Luapkan semua perasaan tersebut. Kamu juga tidak usah berharap dia akan meminta maaf. Begitu kamu menerima bahwa dia telah menyakiti dan berbuat jahat, hati akan lebih terbuka dan merasa terbebaskan.

2. Ambil Keputusan untuk Membiarkannya Pergi

Ambil Keputusan untuk Membiarkannya Pergi

* sumber: nordic.businessinsider.com

Hal-hal seperti ini tidak akan hilang dengan sendirinya. Setelah menerima rasa sakit, tindakan selanjutnya adalah kamu harus membuat komitmen terlebih dahulu bahwa kamu akan melupakannya. Terdengar sepele, tapi ini adalah keputusan yang sangat penting bagi mindset dan hati kamu.

Setelah komitmen dan keputusan bulat, diri kamu dengan sendirinya dapat menangkal segala rasa sakit dalam hati. Tak hanya itu, kamu juga bisa melanjutkan ke beberapa tahap lain dan dapat melupakannya dengan mudah.

3. Blok Semua kontak, Termasuk Media Sosial

* sumber: unsplash.com

Cara ini terdengar sangat kekanakan, tidak dewasa. Benar, semua orang pasti akan mengatakan hal demikian. Tapi, kamu adalah orang yang dapat merasakan pedihnya rasa sakit itu.

Di zaman sekarang ini, media sosial menjadi salah satu pemicu utama kamu tidak dapat melupakan seseorang. Saat melihat linimasa Facebook, Instagram, atau media sosial lainnya, lalu muncul si dia, pikiran kamu pasti langsung melayang kepadanya. Kenangan-kenangan terdahulu bakal dengan mudah memasuki kepala dan memungkinkan kamu terpuruk lagi.

Tak hanya menghindari untuk melihat aktivitas si dia, memblok kontaknya juga dapat menghalangi kamu untuk mengirim pesan atau stalking.

4. Hindari Hal-hal yang Mengingatkan Kepadanya

Hindari Hal-hal yang Mengingatkan Kepadanya

* sumber: unsplash.com

Kamu pasti memiliki kenangan bersama seseorang yang telah menyakiti. Foto-foto adalah kunci untuk menghindari segala sesuatu yang mengingatkan kamu kepadanya. Pastikan kamu menghapus semua galeri bersamanya, baik itu foto berdua atau sendirian.

Selain itu, kamu juga pasti pernah menonton film bersama dan mendengarkan musik favorit dengannya. Sebaiknya hindari semuanya dengan beragam cara, mulai dari menghapus daftar putar musik dan film itu, hingga membuangnya.

5. Batasi Interaksimu dengan Dia

Batasi Interaksimu dengan Dia

* sumber: unsplash.com

Bagaimana jika yang telah menyakitimu adalah teman sekalas atau sekantor? Atau tetangga di rumah? Kemungkinan besar kamu pasti akan sering bertemu dengannya.

Agar dapat mengatasinya, kamu harus mengurangi interaksi dan tetap hindari bertatap muka dengannya. Cobalah untuk tak acuh terhadapnya. Cara ini cukup efektif untuk melupakan seseorang. Jika dia ingin mengajak berteman dulu, bilang saja kalau kamu butuh waktu untuk menata kembali hati. Ketika sudah siap, baru kamu akan bersikap seperti sebatas teman biasanya.

Kamu mungkin bakal merasa canggung untuk pertama kalinya, apalagi orang-orang di sekitar merasa ada yang salah dengan hubungan kalian. Cuek saja terhadap mereka, itu demi kebaikan diri sendiri.

6. Hindari Sendirian dalam Waktu yang Lama

Hindari Sendirian dalam Waktu yang Lama

* sumber: unsplash.com

Sakit hati biasanya membuat kamu ingin menyendiri di tempat yang sepi untuk mencoba melupakannya. Memang, waktu sepeprti itu sangat perlu agar tubuh mengeluarkan segala kesakitan yang ada. Tapi harus diingat, kamu jangan terlalu lama menyendiri.

Ketika kamu sendirian dalam waktu lama, otak seperti memutar terus kenangan bersamanya. Ini tentu saja menjadi masalah yang serius, sebab kamu semakin susah untuk melupakannya. Di sisi lain, melarutkan diri dalam kesedihan pun dapat mengarahkan pikiran untuk melakukan tindakan-tindakan yang sangat buruk karena hati merasa hancur dan menganggap dunia sudah berakhir.

7. Habiskan Waktu Bersama Orang Terkasih

Habiskan Waktu Bersama Orang Terkasih

* sumber: unsplash.com

Kehilangan seseorang bukan berarti kamu telah kehilangan semuanya. Dia mungkin telah menaruh luka paling dalam di hati kamu. Bahkan, merusaknya hingga berkeping-keping sehingga merasa sulit untuk disembuhkan. Namun, kamu harus selalu ingat kalau ada teman dan keluarga di sekelilingmu yang pasti mendukung.

Biasanya, seseorang akan memiliki waktu singkat bersama teman atau keluarga ketika memiliki dambaan hati. Ketika mereka telah pergi, bangunlah kembali hubungan kamu dengan orang-orang terkasih di sekeliling. Mereka dengan senang hati akan menerima dan meringankan beban.

8. Ceritakan Sakit Hati Kamu Kepada Orang Pilihan

Ceritakan Sakit Hati Kamu Kepada Orang Pilihan

* sumber: unsplash.com

Kamu pasti memiliki orang-orang terpilih yang menjadi sahabat. Orang-orang yang selalu ada di kala senang maupun susah. Cobalah untuk menceritakan dan berbagi semua perasaan sakit itu dengannya. Jika ia sahabatmu, pasti akan mendengarkan dan memberi masukan untuk melupakan seseorang yang telah menyakiti hati.

Namun, kamu juga tidak boleh menutup telinga dengan apa yang dikatakan sahabatmu itu. Kamu harus bisa menimbang semuanya, antara saran atau keinginan hati sendiri. Kemudian, buatlah keputusan yang dapat membuat keceriaan di hari-hari selanjutnya.

9. Luangkan Waktu untuk Berkegiatan Positif

* sumber: unsplash.com

Kenangan-kenangan tentang seseorang yang telah menyakiti hati datang karena kamu tidak banyak beraktivitas. Kamu terlalu menghabiskan waktu sendirian, merenung, dan mengikuti kegalauan hati. Gunakan waktu untuk menjalani hari seperti biasa, malahan harus menambah kegiatan lain yang lebih positif tentunya.

Banyak kegiatan-kegiatan yang bisa dipilih sehingga kamu tidak punya waktu luang untuk memikirkannya. Kamu bisa ikut ekstrakulikuler di sekolah atau kampus, membaca buku, menonton film, menjalankan hobi, hingga membantu keluarga. Dengan demikian, semua waktu akan dipenuhi dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat.

10. Berinteraksi dengan Orang Baru / Traveling

* sumber: unsplash.com

Sakit hati dapat menyebabkan trauma yang cukup serius sehingga seseorang merasa enggan untuk bertemu orang lain, apalagi membuka hatinya kembali. Kamu juga pasti mengalami hal seperti itu ketika disakiti. Alangkah baiknya, kamu tidak menutup diri dari orang lain. Kalau pun harus, jangan terlalu lama.

Menutup diri terlalu lama kepada orang lain membuat hati semakin gelisah akibat seseorang yang telah menyakiti kamu selalu terpikirkan. Paksakan diri untuk berinteraksi dengan orang-orang baru yang masuk ke dalam kehidupan kamu. Misalnya, membalas seseorang yang mengirim pesan melalui Instagram atau Facebook.

Untuk lebih jauhnya, kamu mencoba hal baru dengan bepergian atau liburan ke tempat baru dan paksakan untuk berinteraksi dengan orang-orang di sana. Dengan cara ini, kamu akan sibuk dengan liburan menyenangkan dan tahu bahwa dunia itu luas, tidak hanya tentang mereka yang telah menyakiti hati.

Itulah cara-cara untuk melupakan seseorang yang telah menyakiti hati kamu dengan cepat. Apakah kamu pernah mencobanya? Atau tengah dalam keadaan terpuruk karena sakit hati? Cobalah untuk menerapkan langkah-langkah di atas sehingga pikiran dan hati kamu terbebas dari pedihnya sakit hati.

Kalau kamu sedang galauin mantan dan sulit untuk melupakan sang mantan, silakan coba tips melupakan mantan agar kamu lebih bahagia. Selamat mencoba!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Penulis lepas

Leave A Comment