Kamini.id / Meluruskan Rambut / Mau Punya Rambut Lurus? Coba Berbagai Metode Pelurusan Ini

Mau Punya Rambut Lurus? Coba Berbagai Metode Pelurusan Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Keinginan untuk memiliki rambut lurus memang bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Kini, pemilik rambut bergelombang tidak perlu pasrah terhadap model rambut alaminya. Dengan adanya berbagai teknik pelurusan, kamu bisa memiliki rambut super lurus dalam hitungan jam saja.

Pada kesempatan kali ini, Kamini akan membagikan beberapa metode pelurusan rambut yang bisa kamu coba. Cara meluruskan rambut ini bisa dipakai untuk berbagai jenis rambut. Yuk, temukan cara yang paling cocok dan nyaman untukmu.

Styling untuk Meluruskan Rambut

Dewasa ini, metode pelurusan rambut dengan alat styling dan bahan kimia memang paling disukai. Pasalnya, cara ini memberikan efek lurus yang lebih permanen dibanding meluruskan rambut dengan bermodalkan hair spray saja.

  • Rebonding / Smoothing
Rebonding atau Smoothing

* sumber: gentlefeverjakarta.com

Baik rebonding atau smoothing adalah kedua teknik pelurusan rambut permanen yang paling disukai. Sejatinya, rambut lurus dengan dua metode ini tidak bersifat permanen karena pada saat rambut baru tumbuh, maka rambutmu akan kembali seperti aslinya.

Baik rebonding maupun smoothing sama-sama menggunakan bahan kimia. Kalau rambutmu tidak kuat, maka rambut akan menjadi kering hingga rusak. Jika kamu memutuskan untuk meluruskan rambut dengan rebonding atau smoothing, maka kamu juga harus siap memberikan perawatan intensif agar terhindar dari kerusakan.

  • Alat Catok

Penggunaan Alat Catok

Kalau tidak ingin meluruskan rambut dengan bahan kimia, kamu bisa menggunakan alat catok. Catokan memang tidak menggunakan bahan kimia, tapi kamu harus rutin mencatok rambutmu setiap kali ingin meluruskan rambut. Memang agak sedikit repot, tapi rambutmu bisa langsung lurus setelah dicatok.

Cari catokan berkualitas di artikel merk catok rambut yang bagus atau jika kamu ingin yang lebih simpel, silakan pilih salah satu merk catok portable yang bagus ini.

  • Sisir Pelurus Rambut

Sisir Pelurus Rambut

Opsi lain selain catokan adalah menggunakan sisir pelurus rambut. Ini juga merupakan alat styling yang kekinian dan cukup banyak peminatnya. Sisir ini dipercaya dapat memberikan efek lurus pada rambut. Nggak percaya? Coba sendiri dengan membeli sisir yang kami rekomendasikan di artikel sisir pelurus rambut ini.

Ketiga metode pelurusan rambut ini dapat menciptakan rambut lurus yang cepat. Walaupun alat catok tidak bisa meluruskan rambut secara permanen, setidaknya kamu bisa menambahkan hair spray untuk menciptakan efek lurus yang lebih lama.

Cara Sederhana untuk Meluruskan Rambut

Selain dengan menggunakan dua metode styling, ternyata kita juga bisa meluruskan rambut  dengan sejumlah cara sederhana yang mungkin belum pernah kamu duga sebelumnya. Cara ini lebih ekonomis dan lebih minim efek samping ketimbang memakai alat catok atau melakukan rebonding.

Penasaran dengan cara meluruskan rambut secara sederhana? Yuk, kenali cara dan prosesnya berilkut ini!

  • Membalut Rambut

Membalut Rambut

Cara meluruskan rambut ini sangat praktis dan sederhana. Rambutmu yang masih dalam kondisi setengah basah disisir dengan belahan rambut tepat di tengah-tengah kepala. Setelah itu, aplikasikan tea tree oil atau minyak rambut ke seluruh bagian rambut. Bungkus rambut ke atas dengan handuk dan diamkan selama semalaman.

Pada keesokan harinya, buka penutup rambutmu dan lihatlah rambutmu akan jauh lebih lurus dari semula. Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidur dengan rambut basah juga dapat memicu timbulnya kutu rambut, lho.

  • Ikat Rambut dengan Karet

Ikat Rambut dengan Karet

Satu lagi cara meluruskan rambut secara sederhana yang bisa kamu lakukan. Untuk melakukan cara ini kamu membutuhkan beberapa buah karet rambut. Usahakan untuk tidak menggunakan karet gelang agar tidak meninggalkan bekas di rambutmu.

Ikat rambut menjadi dua. Kemudian, ikatkan kembali karet lainnya dengan jarak 2,5cm dari ikatan paling atas. Lanjutkan dengan terus mengikat rambut dengan jarak antar ikatan sebanyak 2,5cm. Selanjutnya, kamu bisa tidur dan membiarkan rambutmu semalaman.

Keesokan harinya, buka semua ikatan rambutmu. Lihatlah di kaca bahwa rambutmu terlihat lurus alami karena diikat dengan metode ini semalaman.

  • Menyisir Rambut dari Basah Sampai Kering

Menyisir Rambut dari Basah Sampai Kering

Cara yang satu ini memang bisa membuatmu lelah. Pasalnya, kamu diharuskan menyisir rambutmu yang barus keramas terus menerus sampai rambutmu kering. Cara ini hanya bekerja pada kamu yang memiliki rambut lurus alami atau tidak terlalu bergelombang.

  • Keramas Pakai Shampo Khusus

Keramas dengan Air Dingin

Satu lagi rahasia meluruskan rambut secara lebih natural, yakni keramas dengan menggunakan shampo pelurus rambut. Meskipun belum ada yang dapat membuktikan keampuhan shampo jenis ini, tapi faktanya banyak orang yang tertarik untuk mencobanya.

Apakah kamu juga tertarik mencoba keramas dengan shampo ini? Temukan merk shamponya di artikel shampo pelurus rambut.

Itulah cara-cara meluruskan rambut secara sederhana. Namun, hasil yang kamu dapatkan tentu saja tidak akan selurus alat catok atau rebonding. Jadi, pertimbangkan sendiri metode yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Sudahkah kamu menentukan metode pelurusan yang akan kamu gunakan nantinya? Jika pada dasarnya rambutmu memang lurus atau hanya sedikit bergelombang, tentu tak sulit untuk membuat efek rambut lurus hanya dengan perawatan sederhana dan bahan-bahan alami yang kami rekomendasikan di atas.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *