Kamini.id / Body Lotion / Inilah Cara Pakai Body Lotion yang Benar untuk Merawat Kulit

Inilah Cara Pakai Body Lotion yang Benar untuk Merawat Kulit

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Juni 2019

Pakai body lotion harus ada aturannya?” Iya, dong! Body lotion akan merawat kulitmu secara optimal jika dipakai dengan cara yang benar. Kalau selama ini kamu terkesan asal-asalan dalam memakai body lotion, kini saatnya kamu lebih ‘serius’ dalam mematuhi beberapa aturan saat memakai produk perawatan kulit tersebut.

Body lotion sendiri merupakan produk yang sudah eksis di pasaran sejak puluhan tahun yang lalu. Berbagai merk body lotion dari dalam dan luar negeri bisa kamu beli secara bebas. Kalau kamu sudah punya body lotion favorit, kamu hanya perlu mengaplikasikannya dengan cara yang akan Kamini share di sini.

Tips Penting Saat Memakai Body Lotion

Kamu pasti tahu bahwa setiap produk skin care pasti memiliki aturan pemakaiannya masing-masing. Nah, mengingat body lotion juga salah satu jenis skin care, tentu saja kamu harus mengaplikasikannya sesuai dengan aturan yang benar. Kamu bisa membaca petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasannya.

Berikut ini ada beberapa tips penting yang wajib kamu lakukan saat mengaplikasikan body lotion di kulit tubuh:

  • Pastikan Tubuh dalam Kondisi Bersih

* sumber: www.nivea.ph

Sebelum mengaplikasikan body lotion ke seluruh tubuh, kamu harus memastikan tubuh dalam kondisi yang bersih. Pasalnya, kotoran yang masih menempel pada tubuh justru akan menghalangi lotion untuk bekerja secara optimal pada kulitmu.

Jadi, pastikan kamu membersihkan tubuh terlebih dahulu sebelum memakai body lotion. Mandilah dengan sabun untuk membersihkan kotoran dan daki yang masih melekat pada kulit.

  • Pakai Minimal Dua Kali Sehari

* sumber: www.health.harvard.edu

Seberapa sering kamu memakai body lotion? Jika kamu hanya memakainya satu kali sehari, coba tambahkan satu kali pemakaian lagi di jam yang berbeda. Idealnya, body lotion harus dipakai dua kali sehari agar kelembaban kulit terjaga.

Buat kamu yang sering terpapar sinar matahari atau udara dingin AC, kamu bisa menambahkan frekuensi pemakaian body lotion ini. Pasalnya, dengan kondisi tersebut kulitmu pasti menjadi lebih kering.

  • Aplikasikan di Seluruh Bagian Tubuh

* sumber: www.100percentpure.com

Selama ini mungkin kamu hanya memakai body lotion di bagian yang tidak tertutup pakaian, seperti tangan atau kaki. Penggunaan body lotion yang benar harus di seluruh bagian tubuh, meskipun bagian tersebut tertutup oleh pakaian.

Kulit yang tertutup pakaian belum tentu terhindar dari kekeringan. Kamu wajib menjaga kelembaban kulit di seluruh bagian tubuh dengan cara mengaplikasikan body lotion ini secara merata.

  • Ratakan Body Lotion

* sumber: www.nivea.co.uk

Saat mengaplikasikan body lotion di seluruh tubuh hendaknya dilakukan secara perlahan agar lotion merata dengan sempurna. Penumpukan lotion di satu sudut, seperti di siku, lutut, dan jari-jari tangan berpotensi menyumbat pori-pori kulit.

  • Jadikan Kebiasaan Rutin

* sumber: www.prevention.com

Pemakaian body lotion harus dilakukan secara rutin agar kelembaban kulit terjaga dan kamu terhindari dari sejumlah masalah, seperti kulit kering, terbakar, dan lain-lain. Sangat penting untuk senantiasa memakai body lotion setiap hari.

Jadikan kegiatan memakai body lotion ini sebagai kebiasaan sehari-hari. Dengan begitu, kamu pasti tidak akan lupa mengaplikasikan body lotion untuk merawat kecantikan kulitmu.

  • Perhatikan Kondisi Kulit

* sumber: www.niveausa.com

Sudah menjadi rahasia umum jika jenis kulit setiap orang pasti berbeda-beda. Ada pemilik jenis kulit normal, kulit kering, sampai dengan kulit berminyak. Tugasmu adalah memilih body lotion yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Beberapa orang mungkin memiliki jenis kulit sensitif yang mudah alergi. Untuk memastikan apakah kulitmu termasuk jenis yang sensitif atau tidak, silakan aplikasikan sedikit body lotion ke punggung tangan lalu lihat selama beberapa saat. Jika tidak ada reaksi, kemungkinan body lotion tersebut cocok dipakai di kulitmu.

  • Selalu Cermati Tanggal Kedaluwarsa

* sumber: freshandnatural.pl

Setiap produk pasti memiliki tanggal kedaluwarsa, termasuk produk body lotion. Ketika kamu menemukan kemasan body lotion yang sudah lama, coba perhatikan tanggal kedaluwarsanya terlebih dahulu. Bila body lotion tersebut sudah kedaluwarsa, sebaiknya urungkan niatmu untuk menggunakannya.

Sudahkah kamu memakai body lotion sesuai dengan tips yang Kamini berikan ini? Jika belum, inilah saatnya untuk memakai body lotion sesuai dengan tips-tips ini. Dengan memakai body lotion sesuai tips ini, kamu sudah melakukan langkah yang tepat dalam merawat kulit.

Cara Memakai Body Lotion yang Benar

Pakai body lotion tidak hanya sekadar diusap di kulit saja, lho. Kamu harus memperhatikan gerakan saat mengaplikasikannya. Selain itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar body lotion bekerja dengan baik dalam merawat kulitmu.

Buat kamu yang masih bingung dengan cara memakai body lotion yang benar, yuk, simak panduan cara mengaplikasikan body lotion berikut ini:

1. Mandi Sebelum Memakai Body Lotion

* sumber: parade.com

Syarat mutlak yang harus dipenuhi sebelum memakai body lotion adalah memastikan tubuh dalam kondisi bersih. Jadi, mandilah dengan sabun terlebih dahulu. Sabun akan membersihkan kotoran dan daki yang dapat menghambat kerja lotion saat merawat kulitmu.

Oleh karena itu, Kamini merekomendasikanmu untuk mengaplikasikan body lotion dua kali sehari, yakni setelah mandi pagi dan sore. Jadi, kamu nggak perlu khawatir lotion-mu tidak bekerja secara optimal dalam merawat kulit.

2. Oleskan ke Seluruh Tubuh dengan Gerakan Memijat

* sumber: www.cosmo.ph

Saat mengoleskan body lotion, kamu bisa menggunakannya lebih banyak dari biasanya. Jangan terlalu ‘pelit’ saat mengaplikasikan body lotion, terutama jika aktivitasmu sehari-hari selalu berada di bawah terik sinar matahari atau udara dingin dari AC.

Sambil mengoleskan dari kaki hingga leher, gunakan gerakan memijat. Pijatan ringan akan membuat lotion lebih mudah diserap oleh kulit.

3. Tunggu Beberapa Saat Sebelum Memakai Baju

* sumber: www.videoblocks.com

Mengingat body lotion harus dipakai setelah mandi, jadi sebaiknya jangan terburu-buru memakai baju ketika mengaplikasikan body lotion. Usai mengaplikasikan body lotion ke sekujur tubuh, diamkan saja beberapa menit agar lotion­-nya meresap ke dalam kulit. Jangan terburu-buru memakai baju agar lotion-nya tidak menempel di baju.

4. Beri Jeda Jika Ingin Memakai Parfum atau Skin Care Lain

* sumber: www.myhaircare.com.au

Setelah mengaplikasikan body lotion di seluruh tubuh, kamu tetap bisa menggunakan parfum atau skin care lain kok. Akan tetapi, berikan jeda beberapa menit setelah kamu memakai lotion. Jangan langsung mencampur penggunaan lotion dengan parfum atau skin care lain agar aromanya tidak kacau.

Itulah tips dan cara memakai body lotion yang benar. Pemakaian lotion yang benar akan memberikan manfaat yang lebih baik untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu. Sudahkah kamu menggunakan body lotion yang tepat? Kunjungi artikel merk body lotion yang bagus untuk mengetahui produk lotion terbaik yang mampu memberikan perawatan intensif untuk kulitmu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *