Kamini.id / Cincin / Cara Memakai Cincin yang Benar Agar Cocok dengan Pakaian

Cara Memakai Cincin yang Benar Agar Cocok dengan Pakaian

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Cincin adalah salah satu jenis aksesoris yang sering kita lihat dikenakan untuk mempercantik penampilan. Selain sebagai benda yang bersifat dekoratif, cincin juga mempunyai filosofinya sendiri. Di kelompok-kelompok tertentu cincin bahkan dianggap sebagai sebuah identitas.

Material dan desain cincin kini semakin beragam. Sering kali membuat pusing untuk memilih cincin mana yang paling bagus dikenakan. Tak jarang penempatannya di jari sering memunculkan pertanyaan dalam diri, misalnya apakah tepat jika memakai cincin di jari manis padahal belum menikah?

Cara Memakai Cincin yang Benar Agar Cocok dengan Pakaianmu

Dalam berbusana penting sekali mencocokkan pakaianmu dengan aksesoris yang kamu kenakan. Material cincin pun perlu kamu perhatikan.

1. Cincin Emas

Cincin Emas

* sumber: www.thetrendspotter.net

Cincin emas adalah perhiasan cocok dikenakan bersamaan dengan perhiasaan emas lainnya. tidak akan terlihat membosankan. Namun, jika kamu ingin membuat sebuah penampilan yang berbeda kamu bisa memilih perhiasaan dengan warna rose gold atau emas putih.

2. Cincin Perak

Cincin Perak

* sumber: fashionisers.com

Cincin perak akan tampak indah dipadankan dengan perhiasan yang terbuat dari titanium dan stainless steel. Sebaiknya hindari memgabungkan perhiasan emas dan perak kalau kamu belum mengetahui aturannya.

3. Cincin Platinum

Cincin Platinum

* sumber: www.withclarity.com

Warna berkilau dari platinum cocok dengan gaun yang bergaya asimetris yang modern. Kamu bisa lebih menonjolkan tampilanmu dengan gabungan perhiasan yang terbuat dari emas putih. Kombinasi tersebut akan membuatmu lebih terlihat modis.

4. Cincin Tembaga dan Kuningan

Cincin Tembaga dan Kuningan

* sumber: chrisandersonjewelry.com

Perhiasan dengan warna kuning emas dan rose gold akan cocok dengan cincin yang terbuat dari tembaga dan kuningan. Warna-warna ini menghadirkan kesan casual pada gaya berbusanamu.

5. Cincin Batu Permata

Cincin Batu Permata

* sumber: www.phillymag.com

Memilih cincin dengan batu permata sebetulnya gampang-gampang susah. Kamu harus teliti memilih warna dan jenis batu permata untuk menghadirkan kesan formal dan casual. Beberapa perhiasan ada yang cocok dengan pakaian apapun ada yang tidak.

Untuk tampilan elegan kamu bisa mengenakan cincin dengan model cocktail sebagai fashion statement. Untuk tambahannya, cincin solitaire bisa menjadi padanan yang manis dengan cincin batu permatamu.

Jenis-Jenis Cincin dan Padanan Gaya Berbusanamu

Memakai cincin sebagai fashion statementmu bukanlah sebuah ide buruk. Saat ini semakin banyak jenis dan model cincin yang bisa kamu gunakan. Kamu bisa memadu-padankan cincin jenis tertentu dengan gaya berbusanamu, seperti:

1. Cincin Model Solitaire

Cincin Model Solitaire

* sumber: www.orori.com

Ciri khas dari cincin solitaire adalah hanya memiliki satu batu permata yang ditempatkan di pusat. Desain cincin yang elegan cocok untuk gaya apapun terutama dipadankan dengan tampilan minimalis.

2. Cincin Model Three Stone

Cincin Model Three Stone

* sumber: www.pexels.com

Cincin dengan model seperti ini memiliki batu tengah yang ukurannya lebih besar di antara dua batu yang lebih kecil yang berada di sampingnya. Cincin model ini cocok dikenakan dalam suasana formal ataupun informal.

3. Cincin Halo Setting

Cincin Halo Setting

* sumber: www.diamonds.pro

Cincin model Halo Setting memilki satu batu tengah yang dikelilingi oleh batu-batuan kecil di sekelilingnya. Cincin Halo Setting bisa juga dijadikan sebagai statement. Bagus dikenakan dalam acara formal atau pesta.

4. Cincin Cluster/Micro Setting

Cincin Cluster

* sumber: www.idntimes.com

Cincin model seperti ini merupakan cincin yang dibuat dengan gabungan beberapa batu-batu kecil. Bentuk batu-batu kecil ini beragam, tidak hanya berbentuk bulat. Cincin model seperti ini akan cocok jika dikenakan pada acara formal di malam hari.

5. Cincin Koktail

Cincin Koktail

* sumber: temptationjewellery.com

Point dari cincin ini adalah batu besar yang berada di tengahnya. Sesuai dengan namanya, cincin koktail cocok dikenakan untuk acara koktail dan acara-acara resmi lainnya.

Mengenakan cincin dengan model seperti ini lebih praktis karena tidak perlu menambah gelang atau aksesoris lainnya lagi. Bentuknya yang mencolok sangat tepat dijadikan sebagai statement dalam penampilanmu.

6. Cincin Polos

Cincin Polos

* sumber: www.pexels.com

Cincin tanpa hiasan batu-batuan alias polos ini bisa kamu pakai kapan saja. Namun, jika kamu akan menghadiri acara formal kamu tentu butuh aksesoris yang lebih berkilau. Untuk mensiasatinya kamu bisa mengenakan gelang agar penampilanmu tidak terlihat biasa saja.

7. Cincin Geometris

Cincin Geometris

Cincin dengan model seperti ini memberi kesan unik dan modern. Apalagi jika kamu mengenakan busana dengan gaya minimalis, kesan modern dan lebih terlihat fashionabl.

8. Stack Ring

Stack Ring

* sumber: aidememoirejewelry.com

Ciri dari cincin ini adalah cara memakainya yang ditumpuk bersamaan. Model cincin seperti ini ada yang dijual secara set atau kamu bisa juga dengan menggabungkan cincin koleksimu dan memakainya dalam satu jari. Posisikan cincinmu dengan baik agar terlihat rapi.

Baca juga: 10 Cara Mudah Mengukur Jari untuk Cincin Supaya Pas

Makna Memakai Cincin di Tangan Kanan dan dan Kiri

Cincin mempunyai makna yang berbeda jika dikenakan di masing-masing tangan. Dunia barat dan timur mempunyai pandangan yang cukup kontras mengenai pemakaian cincin ini.

Berdasarkan tradisi dunia barat, cincin nikah dan tunangan dikenakan di tangan kiri. Kebiasaan tersebut diikuti oleh orang Kristen ortodoks. Namun, di negara lain kebiasaan ini tidak berlaku. Misalnya saja di Yunani. Orang Yunani memakai cincin nikah di tangan kanan.

Kebiasaan memakai cincin di tangan kiri di negara-negara barat dipicu karena tangan kanan merupakan tangan yang paling aktif dan sering digunakan. Sedangkan tangan kiri dianggap mempunyai kaitannya dengan emosi dan kepercayaan.

  • Memakai Cincin di Ibu Jari
Memakai Cincin di Ibu Jari 

* sumber: www.larsenjewellery.com.au

Si pemakai cincin di jari ini dianggap sebagai orang yang mempunyai kepercayaan diri tinggi, unggul di bidang akademis dan punya sense romantis terhadap pasangan. Hal ini berkenaan dengan adanya kaitan antara jempol atau ibu jari dengan otak.

Sayangnya ada satu anggapan mengenai pemakaian cincin di ibu jari ini terutama di jari kiri. Sebagian menganggap bahwa orang yang biasa mengenakan cincin jari ini menandakan ia seorang yang keras kepala dan bertemperamen tinggi.

Namun, di tahun-tahun belakangan ini banyak pejabat tingkat tinggi yang mengenakan cincin di ibu jari kanan sebagai sebuah aksesoris yang menghias jari mereka.

  • Memakai Cincin di Jari Telunjuk
Memakai Cincin di Jari Telunjuk

* sumber: www.larsenjewellery.com.au

Jari telunjuk disebut juga dengan jari Jupiter, planet terbesar dalam sistem tata surya. Orang yang memakai cincin di jari telunjuk dipercaya bahwa ia adalah orang pintar dan ambisius. Oleh karenanya si pemakai cincin ini sering dipercaya mempunyai figur pemimpin.

Sedangkan dalam kebudayaan lain menyebutkan bahwa memakai cincin di telunjuk kanan menandakan orang tersebut mempunyai kebijakan dan mempunyai kemampuan untuk memerintah.

Umumnya pemakaian cincin di jari telunjuk ini sering terlihat dipakai oleh kaum Adam. Menurut adat kebiasaan Yahudi, laki-laki dari golongan mereka biasanya memakai cincin nikah di jari telunjuk kanan.

  • Memakai Cincin di Jari Tengah
Memakai Cincin di Jari Tengah

* sumber: www.candere.com

Di beberapa kebiasaan negara lain memakai cincin di jari tengah kanan merupakan sebuah identitas perkawinan. Selain itu, orang yang memakai cincin di jari yang disebut jari Saturnus itu menandakan ia memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

Namun, ada satu anggapan bahwa mengenakan cincin di jari tengah menyimbolkan isyarat yang tidak sopan. Jadi, menarik perhatian orang lain ke jari tengah kita dianggap bukanlah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang.

Sedangkan bagi wanita, memakai cincin di jari tengah kiri menunjukan karakter yang berani. Maksudnya adalah ada anggapan orang yang memakai cincin di telunjuk kiri mempunyai kekuatan untuk menerima tanggung jawab dan selalu siap menerima tantangan.

  • Memakai Cincin di Jari Manis
Memakai Cincin di Jari Manis

* sumber: www.orori.com

Beberapa negara seperti Jerman, Rusia dan India mengenakan cincin di jari manis kanan berarti sebagai status pernikahan. Jari manis dalam bahasa Inggris disebut sebagai ring finger, tempat meletakan cincin. Pasalnya ini lah jari palign ideal untuk meletakan cincin.

Orang Romawi kuno percaya bahwa jari manis terhubung langsung dengan jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu cincin kawin dan cincin tunangan yang memang identik dengan hal-hal romantis diletakan di jari manis, terutama jari manis kiri.

Dalam istilah astrologi jari manis juga berkaitan dengan bulan, yang diartikan sebagai feminitas dan kelembutan. Sedangkan dalam istilah palmistri memakai cincin di jari manis kanan bisa menambah semangat dalam hidup.

  • Memakai Cincin di Jari Kelingking
Memakai Cincin di Jari Kelingking

* sumber: www.candere.com

Jari kelingking adalah jari paling kecil dari semua jari yang kita miliki. Namun memakai cincin di jari ini tidak berarti kurang efektif untuk mempercantik penampilanmu. Sebaliknya, memakai cincin di kelingking bisa terlihat ceria dan menyenangkan.

Dalam ilmu palmistry jari kelingking disebut dengan jari merkurius. Orang yang memakai cincin di jari kelingking kanan menandakan orang yang memiliki karakter profesionalitas yang tinggi dan kepintaran serta orang yang persuasif.

Sedangkan cincin di kelingking kanan merupakan sebuah penanda tingkat akademis yang tinggi yang dicapai oleh seseorang. Hal ini berlaku pada mahasiswa ekologi dan teknik di asosiasi akademis tertentu.

Di Italia cincin di jari kelingking kanan seringkali dihubungkan dengan mafia. Di masa sekarang hal tersebut tentu saja tidak berlaku. Pemakaian cincin di jari kelingking sekarang lebih berdasarkan karena pertimbangan kenyamanan dan fashion.

Nah, seperti itulah cara memakai cincin yang benar dan cara memadukannya dengan pakaian yang kamu kenakan. Selamat mencoba.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *