Kamini.id / Pensil Alis / Yuk, Ketahui Cara Memakai Eyebrow Product dengan Sempurna!

Yuk, Ketahui Cara Memakai Eyebrow Product dengan Sempurna!

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juni 2019

Menggambar alis bisa dibilang merupakan skill makeup yang paling susah dipelajari. Overall eye makeup memang paling sulit, bukan? Eyeshadow, eyeliner, semuanya butuh waktu untuk bisa sempurna. Begitu pula dengan membuat alis.

Tidak hanya yang alisnya tipis saja, para pemilik alis tebal pun masih perlu menggambar alis supaya terlihat lebih rapi dan terdefinisi. Pada kesempatan ini, Kamini mau share bagaimana cara menggambar alis dengan berbagai produk alis yang ada di pasaran. Soalnya eyebrow product itu bukan cuma pensil saja, tapi ada banyak. Yuk, langsung saja simak dan praktikkan cara-caranya!

1. Alis yang Bersih

Eyebrow alis bare face no makeup

* sumber: www.mamamia.com.au

Pertama-tama yang harus Anda persiapkan adalah alis yang bersih dan kering. Banyak yang menggunakan foundation terlebih dahulu (bahkan hingga alis!), baru menggambar alis. Padahal sebaiknya alis digambar pada bare skin yang belum terkena makeup lainnya. Tapi, jika Anda lebih suka kalau alisnya dilapisi foundation terlebih dahulu juga tidak apa-apa. Lakukan sesuka Anda.

2. Condition It!

BROWVO! conditioning eyebrow primer

Produk ini sangat tidak populer, kecuali bagi Anda yang sangat peduli pada skincare dan makeup (terutama yang menginginkan perfect eyebrow). Anda suka tampilan alis yang tebal atau on fleek? Semuanya bisa Anda capai jika Anda kondisikan alis terlebih dahulu sebelum digambar. Kondisikan alis menggunakan eyebrow primer atau sering disebut juga eyebrow conditioner.

Fungsi benda ini adalah untuk menutrisi, menghaluskan, memperpanjang, mengkondisi, dan menjaga alis agar lebih awet sepanjang hari. Biasanya eyebrow primer mengandung bahan-bahan seperti keratin dan protein kedelai yang dikenal untuk membantu alis terlihat lebih penuh, lebih sehat dan lebih tebal.

Cukup oleskan eyebrow conditioner ke alis Anda dan biarkan kering sebelum digambar. Selain sebagai primer, produk ini bekerja juga sebagai pengondisi pada malam hari. Gunakan sebelum tidur, dan rasakan alis yang lebih cantik pada esok paginya.

3. “Soap Brow”

Sekarang, ini agak aneh, ada trend yang cukup baru dalam persiapan menggambar alis. Yaitu pakai sabun batang. Dengan hanya menggunakan sebatang sabun dan sikat spoolie, bulu-bulu alis akan terangkat mengikuti pertumbuhan rambut alami dan diam di tempatnya selama berjam-jam! Langkah ini saja sudah cukup sebenarnya kalau Anda ingin pergi dengan no-makeup makeup-look.

Tapi, untuk tampilan yang lebih bertekstur, gambar lagi alis Anda dengan pensil alis atau pomade juga boleh, terserah Anda. Jadi, setelah dikondisi pakai eyebrow primer, “sabuni” alis Anda pakai sikat spoolie. Lalu gambar alis seperti biasa. Jadi, deh, alis yang on fleek tapi tetap terlihat natural!

4. Tentukan Bentuk

Bentuk alis eyebrow

* sumber: www.100percentpure.com

Anda bisa mengikuti bentuk alami alis Anda, tapi itu membosankan! Kreasikan alis sesuka Anda! Begitu banyak bentuk alis yang “diterima”. Mulai dari flat eyebrow ala Korean makeup, atau high arch ala American makeup, dan masih banyak lagi gaya alis lainnya. Anda bisa googling dulu untuk mencari inspirasi sebelum menggambar alis.

5. Beri Pola

Golden Ratio pola alis eyebrow

* sumber: www.100percentpure.com

Alis yang bagus dimulai dengan penempatan dan simetri yang benar. Sebenarnya teknik ini agak rancu soalnya bentuk alami alis setiap orang berbeda-beda. Begitu pula dengan hasil akhir dan bentuk yang diinginkan setelah alis digambar. Tapi, kurang lebih jika Anda menginginkan alis yang presisi ya harus dibentuk pola dulu seperti ini. Nama pola ini adalah Golden Ratio.

Golden Ratio berfungsi untuk menentukan titik awal dan titik akhir alis. Pengukuran ini menghitung ukuran tulang alis dan atas kelopak mata secara cermat. Caranya, tempatkan sikat alis di sisi hidung lurus ke atas untuk menemukan titik awal di mana Anda seharusnya mulai menggambar alis. Boleh beri tanda dengan titik menggunakan pensil alis.

Arahkan sikat dari luar hidung ke sudut luar mata untuk menemukan di mana titik akhir alis Anda supaya tidak over-drawn. Kadang ada yang alisnya terlalu panjang sehingga merubah look dari wajah orang tersebut. Jangan sampai ini terjadi pada Anda. Ujung alis harus tepat sudut 45 derajat dari ujung luar mata.

6. Sisir Alis

Sisir Alis

* sumber: lanalennox.wordpress.com

Langkah selanjutnya adalah dengan menyikat alis menggunakan sikat spoolie. Ini membantu Anda untuk melihat bentuk yang Anda sukai dan untuk melihat di manakah bagian alis Anda yang tidak rata.

7. Rapikan Alis

Rapikan Alis Trim eyebrow

* sumber: faviana.com

Langkah ini bisa di-skip jika Anda ingin tampilan natural atau jika tidak ingin memotong/mencukur alis. Jika Anda terlahir dengan alis yang rapi dan “jinak”, bersyukurlah. Karena ada yang memiliki alis yang terlihat keriting, yang satu ke kanan, yang satu ke kiri.. Pokoknya berantakan sekali.

Jika ingin alis nampak perfect tentunya sangat dianjurkan untuk merapikan alis dulu dengan cara memotong, mencukur, atau bahkan mencabutnya. Anda bisa menghilangkan rambut yang tidak diinginkan dengan mencabutnya menggunakan tweezer. Lalu, jika ingin merapikan sisa rambut yang panjangnya tidak rata, gunting saja menggunakan eyebrow scissor (gunting kecil yang dibuat untuk kuku atau alis). Hati-hati jangan kependekan saat memotong alis, jadi sebaiknya lakukan dengan perasaan.

Sisir rambut alis Anda ke atas dengan sikat alis atau sikat maskara terlebih dahulu. Tahan rambut tersebut, lalu potong bagian yang diinginkan sedikit demi sedikit. Tips: sebelum mencabuti alis, siapkan alis dan kulit Anda dengan mengaplikasikan facial oil. Berikan pijatan lembut pada tulang alis untuk mencegah rambut alis jadi rusak. Langkah ini juga menenangkan kulit dan folikel rambut, dan menghilangkan kepekaan kulit dari memar. Psst, Anda bisa waxing atau threading (dilakukan oleh profesional) kalau mau hasilnya lebih maksimal!

8. Gambar Alis

Nah, langkah selanjutnya adalah menggambar alis. Untuk Anda yang kesulitan saat menggambar alis, coba ikuti tips-tips berikut ini, ya:

  • Dengan Pensil Alis

L'OrĂŠal Paris pensil alis eyebrow

* sumber: www.lorealparis.com.au

Jika menggunakan pensil alis, mulailah dengan sapuan lembut membentuk garis yang pendek-pendek meniru rambut alami Anda. Isi dengan lembut setiap area yang jarang dengan pensil untuk tampilan natural. Jika ingin tampilan yang lebih bold, bingkai terlebih dahulu bentuk alis Anda dan isi alis secara lebih tebal.

  • Dengan Powder Eyebrow

Gambar Alis Powder Eyebrow

Powder eyebrow merupakan pilihan yang bagus untuk Anda yang ingin natural look. Tapi, eyebrow bubuk bisa juga dipakai sebagai filler alias pengisi alis yang sudah dibingkai sebelumnya untuk tampilan yang lebih bold.

Gunakan angled brush untuk mengaplikasikan eyebrow bubuk. Jangan terlalu banyak mengisi sudut dalam alis (yang dekat hidung), tapi fokus pada ekor alis. Tips ini berlaku juga untuk penggunaan jenis eyebrow lainnya.

  • Dengan Gel Eyebrow

Gel Eyebrow pomade

* sumber: www.youtube.com

Gel eyebrow biasanya dipakai oleh orang yang suka tampil on fleek atau yang butuh alis tahan lama seharian penuh. Gunakan angled brush yang berukuran kecil. Ambil produk sedikit dulu, lalu taruh di bagian dalam tutup kemasan. Setelah itu, aduk-aduk seperti ketika Anda membersihkan sikat. Gunanya adalah untuk melembutkan gel dan membuat gambar yang lebih rata.

Mulailah dengan membuat garis di bagian bawah alis. Beri titik tertinggi dan batas ekor alis, setelah itu mulai isi alis dengan sapuan lembut. Lakukan gerakan ke atas mengikuti pertumbuhan alis alami. Isi alis dari tengah ke ekor saja. Untuk bagian depan alis, gunakan produk yang tersisa di brush, jangan ambil produk lagi agar hasilnya lebih natural.

9. Baurkan Alis

sikat alis brush eyebrow

Jangan lupa baurkan alis menggunakan sikat spoolie atau sikat lurus. Gunanya adalah untuk membaurkan warna dan melembutkan garis-garis kasar.

10. “Bersihkan” Alis

conceal alis eyebrow

* sumber: theluxuryspot.com

Skip step ini jika Anda ingin tampilan alis yang lebih alami. Tapi, jika ingin pergi dengan on fleek eyebrow, Anda wajib membersihkan sekeliling alis dengan concealer. Ini adalah kunci untuk memiliki garis tepian alis yang sangat rapi dan menyempurnakan lengkungan alis Anda.

11. Set Alis dengan Brow Mascara

glossier-boy-brow-clear

* sumber: stylecaster.com

Untuk set look alis dan menahan rambut alis tetap di tempatnya tanpa geser, sisir lagi alis Anda dengan gel eyebrow atau eyebrow mascara. Produk ini bentuknua mirip seperti mascara dengan ukuran brush yang lebih kecil dan tidak terlalu berserat. Warna produk ini bermacam-macam, ada yang clear (transparan) dan ada juga yang berwarna-warni.

12. Set Alis dengan Bedak

Set Alis dengan Bedak

* sumber: www.beautylish.com

Eits, masih belum selesai! Celupkan kuas powder ke dalam translucent powder dan jalankan di sekeliling alis. Ini membuat tepian alis terlihat tajam dan bersih, serta membuat alis hasil lukisan Anda jadi lebih tahan lama.

Alis yang terdefinisi dengan sempurna akan membantu menghidupkan mata Anda. Secara otomatis, alis yang rapi akan membingkai seluruh wajah Anda dengan atau pun tanpa riasan tambahan (full makeup). Anda bisa pergi dengan menambahkan moisturizer dan lip balm untuk natural look atau menyelesaikan seluruh riasan wajah Anda untuk pergi ke pesta. Selamat berdandan!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar