Kamini.id / Eyeliner / 7 Cara Memakai Eyeliner Cair Sesuai dengan Bentuk Mata

7 Cara Memakai Eyeliner Cair Sesuai dengan Bentuk Mata

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mata bagi para wanita adalah attract point saat akan bertemu dengan orang-orang. Menggunakan eyeliner dapat memberikan efek yang signifikan di wajah. Mata yang terlihat indah akan membuat lawan bicara semakin nyaman saat berbincang. Meski begitu, memakai eyeliner juga menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi beberapa perempuan.

Memakai eyeliner bisa di sebut mudah-mudah tapi susah, kenapa? Meski bisa memakai eyeliner di mata dengan baik, kadang hasilnya tidak cocok. Sedangkan ketika hasilnya terlihat bagus di mata, garis yang dihasilkan tidak rata. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui model eyeliner seperti apa yang cocok untuk setiap mata dan cara memakainya.

Untuk mengetahui 7 cara dan model eyeliner apa yang cocok untuk mata, bisa dibaca dalam artikel di bawah ini.

1. Mata Bulat (Rounded Eyes)

Mata Bulat (Rounded Eyes)

Mata bulat adalah salah satu jenis mata yang menarik saat dilihat. Porsi mata yang terlihat besar dan cukup lebar membuat pemilik mata bulat terlihat seperti boneka. Untuk pemilik mata bulat sebenarnya tidak perlu memakai eyeliner secara berlebihan. Karena dengan guratan eyeliner yang tipis dan sedikit memanjang saja, sudah dapat memperindah mata.

Untuk melakukannya, cukup pegang ujung pegangan eyeliner dengan kuat. Saat akan membuat line di mata. Pastikan mata dalam keadaan kering. Kalau perlu bisa memakai eyeshadow terlebih dahulu, manfaatnya untuk memudahkan saat membuat garis. Untuk pemula bisa memulai dengan membuat titik di mata, baru setelah itu bisa membuat garis tipis mengikuti titik.

Beberapa selebriti dunia yang diketahui memiliki bentuk mata bulat, untuk dijadikan referensi. Sebut saja idol Kpop Jihyo TWICE, Irene Red Velvet dan Sakura Izone. Sedangkan dari kalangan artis dalam negeri ada Eva Celia, Putri Marino dan Prilly Latuconsina.

2. Almond Eyes

Almond Eyes

Almond eyes adalah salah satu bentuk mata yang bisa disebut sangat ideal. Almond eyes adalah jenis mata yang paling simetris di antara bentuk lainnya. Pemilik almond eyes tidak perlu khawatir dengan model eyeliner apa yang cocok digunakan. Pasalnya, almond eyes akan cocok dengan berbagai jenis model eyeliner yang ada.

Meski ada beberapa jenis almond eyes, tapi itu tidak mengurangi keindahan almond eyes. Jika ingin mencoba membuat cat wing eyeliner. Kamu bisa mencoba dengan memakai tape yang ditempelkan dari ujung mata. Posisikan tape secara miring dari ujung mata mengarah ke ujung alis. Hasilnya kamu bisa membuat cat wing eyeliner dengan sempurna dan anti gagal.

Selebriti yang memiliki almond eyes seperti penyanyi Beyonce dan aktris seksi Angelina Jolie. Keduanya selalu menjadi favorit banyak MUA, karena matanya yang cocok dengan berbagai riasan mata.

3. Mata Naik (Up-turned Eyes)

Mata Naik (Up-turned Eyes)

Banyak yang berfikir jika pemilik mata naik adalah orang yang galak. Sebenarnya jenis mata Up-turned Eyes, hampir mirip dengan almond eyes. Hanya saja karena outer corner yang naik, bagian lower lid terlihat lebih jelas panjang dari top lid. Hasilnya mata akan terlihat lebih tegas dan keras ketika di lihat, sehingga berkesan seperti orang yang galak.

Model eyeliner yang direkomendasikan untuk pemilik mata naik, adalah winged eyeliner. Model eyeliner ini akan membantu untuk mempercantik lengkungan mata dengan lebih baik. Caranya hanya perlu membuat garis tipis pada mata, jangan lupa untuk sedikit sambungkan ke kelopak mata. Pastikan untuk membuat garis secara rapi, buatlah garis dari dalam inner corner ke ujung mata.

Beberapa selebriti yang bisa dijadikan inspirasi seperti aktris Olivia Wilde dan model cantik kenamaan dunia Kendall Jenner.

Baca juga: Ini Dia Cara Memakai Eyeliner yang Benar untuk Pemula

4. Mata Turun (Down-turned Eyes)

Mata Turun (Down-turned Eyes)

Kamu memiliki mata yang terlihat sayu? Artinya kamu adalah salah satu pemilik Mata turun atau Down-turned Eyes. Untuk pemilik mata turun sepertinya membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang ekstra untuk memakai eyeliner. Karena salah-salah mata akan terlihat lebih kuyu, yang pastinya membuat semakin tidak percaya diri.

Trik untuk membuat eyeliner yang cocok dengan mata turun adalah cat wing. Dengan memberi model segitiga di ujung, manfaatnya mata terlihat lebih terangkat dan membuat mata makin bersinar. Jangan mengikuti garis mata yang menurun, tapi buatlah garis tipis lebar ke ujung luar. Tips penting, pastikan agar garis eyeliner atas dan bawah tidak bertemu.

Sebut saja artis terkenal seperti Anne Hathaway dan Charlize Theron. Keduanya bisa dijadikan inspirasi untuk menentukan model eyeliner seperti apa yang cocok.

5. Monolid Eyes

Monolid Eyes

Monolid adalah jenis mata yang tidak memiliki lipatan secara natural. Banyak yang berfikir mata monolid, merupakan jenis mata yang paling tidak sempurna. Nyatanya mata monolid bukanlah sebuah kekurangan, banyak artik Kpop yang tetap percaya diri dengan matanya. Meski begitu memang mata jenis monolid ini butuh perhatian lebih saat di rias.

Cat eye bisa menjadi jalan keluar bagi para wanita yang memiliki jenis mata monolid. Cat eye akan menaikkan mata dan memberikan kesan mata besar. Jangan takut dengan garis eyeliner yang tebal, agar saat membuka mata garis eyeliner tetap terlihat. Untuk memberikan definisi tegas, bisa menambahkan eyeshadow atau eyeliner di 2/3 bawah mata.

Selebriti dengan mata monolid yang bisa dijadikan inspirasi seperti Seulgi Red Velvet, Dahyun Twice dan Yeji ITZY.

6. Mata Bertudung (Hooded Eyelids)

Mata Bertudung (Hooded Eyelids)

Pemilik mata bertudung sepertinya tidak perlu bersusah payah untuk memakai eyeliner berlebihan. Hanya dengan sedikit ulasan eyeliner saja sudah dapat membuat mata bersinar. Ini karena kelopak mata yang tenggelam, memberikan kesan pada ukuran mata. Mata akan terlihat menjadi lebih kecil, padahal itu hanyalah ilusi.

Untuk mata bertudung sebenarnya sangat cocok untuk memakai eyeliner gaya cat eye di sudut mata. Untuk garis mata sebaiknya dibuat dengan tipis, tidak perlu terlalu tebal. Barulah pada sudut mata hingga luar, buatlah cat eye namun tidak perlu terlalu panjang. Untuk menghadiri pesta, bisa memberikan eyeliner tipis di bagian bawah mata agar terlihat lebih dramatis.

Sebut saja Blake Lively Reynold, Emma Stone dan si cantik Jennifer Lawrence adalah sederet selebriti bermata Hooded Eyelids.

7. Mata Dalam (Deep-set Eyes)

Mata Dalam (Deep-set Eyes)

Mata dalam adalah mata yang terlihat tenggelam di antara tulang alis. Mata akan terlihat lebih cekung kedalam karena tulang alis yang terlihat lebih menonjol dari jenis mata lainnya. Jenis mata dalam sebaiknya menggunakan eyeliner dengan minimalis. Winged eyeliner bisa menjadi pilihan, selain itu jauhi eyeliner tebal agar mata tidak terlihat tenggelam.

Buatlah garis tipis pada bagian atas mata, untuk membuat garis yang anti gagal. Biasakan memegang eyeliner dengan posisi yang nyaman dan jangan terlalu menekan eyeliner saat membuat garis. Setelah membuat garis, di ujung mata bisa ditambahkan dengan wings panjang dan agak tebal. Untuk membuat mata terlihat lebih ekspresif, bisa di tambahkan dengan pulasan eyeshadow di bawah mata.

Aktris Jennifer Aniston dan Lea Michele diketahui memiliki jenis mata Deep-set Eyes, keduanya tetap menawan dengan minim eyeliner.

Penggunaan eyeliner sebenarnya bukan hal wajib untuk setiap wanita. Tapi pemakaian eyeliner berlebihan juga justru membuat mata menjadi aneh. Jadi pastikan untuk memakai eyeliner secukupnya saja dan sewajarnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *