Kamini.id / Highlighter / Urutan Cara Memakai Highlighter dengan Benar dan Tepat

Urutan Cara Memakai Highlighter dengan Benar dan Tepat

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Mei 2019

Menerapkan highlighter dapat membuat wajah terlihat lebih segar dan terdefinisi, karena highlighter akan “menonjolkan” struktur wajah Anda. Highlighter hanya diterapkan pada beberapa area kecil pada wajah Anda. Namun, walaupun hanya sedikit, beberapa oles highlighter mampu mencerahkan seluruh wajah Anda.

Highlighter tidak sulit untuk digunakan, bahkan memakainya hanya memerlukan hitungan detik saja. Mungkin yang membuat orang bingung adalah tempat di mana seharusnya highlighter berada. Kamini akan memberi tahu Anda urutan menggunakan highlighter dengan benar dan di mana saja seharusnya Anda membubuhkannya.

1. Pakai Primer

pakai primer dengan Tangan

* sumber: fashionisers.com

Sebelum pakai highlighter, jauh sebelum itu, tentu Anda harus menyiapkan wajah terlebih dahulu. Fungsi primer adalah membuat kulit jadi siap ketika diberi skincare dan makeup. Primer juga akan membuat makeup jadi lebih menempel di kulit dan tahan lama. Jadi, sebelum pakai makeup pakai primer terlebih dahulu, ya.

2. Pakai Pelembab

* sumber: www.rd.com

Pelembab sangat baik untuk membuat kulit jadi terhidrasi, tidak ada kulit kusam, dan membuat kulit terlihat glowing. Pelembab juga akan menghindarkan Anda dari makeup yang cakey serta terkelupas akibat kulit kering. Setelah pakai primer, lanjut pelembab, baru ditimpa alas bedak, ya.

3. Pakai Alas Bedak

tuang foundation bb cream beauty blender sponge spons

* sumber: feathersandbrushes.ch

Sekarang, aplikasikan foundation. Menerapkan foundation akan menciptakan “kanvas” yang lebih rata untuk semua riasan dan highlighter nantinya. Mulai dari tekstur kulit hingga warna kulit menjadi lebih rata dengan foundation.

Jangan lupa pakai concealer untuk menyembunyikan ketidaksempurnaan pada kulit sekaligus mencerahkan kulit Anda. Belum tahu cara pakai concealer yang benar? Baca ulasannya di artikel Cara Menggunakan Concealer ini.

4. Set dengan Bedak

loose setting powder bedak tabur

* sumber: fashionpotluck.com

Men-set makeup dasar sangat sering dilewat oleh orang-orang. Lalu mereka pun mengeluh kenapa makeup mereka cepat luntur. Men-set alas bedak sangatlah penting jika Anda ingin makeup yang tahan lama. Jadi, set wajah Anda setelah dipakaikan foundation dengan loose powder atau setting powder.

Fungsi men-set foundation adalah untuk menguncinya agar tidak cepat menghilang. Jika alasnya bagus, maka makeup yang selanjutnya Anda bubuhkan (termasuk highlighter) akan jadi lebih bagus dan anti luntur.

5. Pakai Bronzer dan Blush On

BRONZER

Foundation dan concealer saja belum cukup. Wajah Anda terdiri dari struktur tulang yang perlu ditonjolkan jika ingin makeup terlihat lebih keren. Gunakan bronzer untuk shading/contour wajah, yaitu pada dahi dekat rambut, pada tulang hidung, pada tulang pipi, dan pada rahang. Jangan lupa tambahkan perona pipi di tulang pipi supaya wajah Anda terlihat lebih berseri-seri.

6. Sapukan Highlighter pada Tulang Alis

Highlighter pada Tulang Alis

* sumber: catrice.eu

Sekarang kita sudah masuk ke highlighter. Anggaplah Anda sudah menyelesaikan riasan mata Anda, karena highlighter lebih baik dipakai di akhir-akhir. Sapukan highlighter pada tulang alis Anda yang paling ujung, di bawah dan atasnya. Area tepat di bawah alis menangkap banyak cahaya, jadi merupakan area yang bagus untuk diberi kilau highlighter. Begitu pula dengan area atas ujung alis Anda, beri sedikit highlighter di sana. Ingat, Anda tidak perlu mengoleskan highlighter ke seluruh tulang alis Anda.

7. Sapukan Highlighter pada Ujung dalam Mata

Highlighter pada Ujung Dalam Mata

Anda juga dapat membubuhkan highlighter di ujung dalam mata untuk efek mata yang ekstra cerah. Gunakan kuas highlighting eyeshadow untuk membubuhkan highlighter ke ujung mata. Kenapa harus kuas yang spesifik? Karena ujung dalam mata sangat kecil, sehingga membutuhkan brush tertentu untuk dapat meratakan makeup dengan baik.

8. Sapukan Highlighter pada Atas Bibir

Highlighter pada Atas Bibir

* sumber: gildedcage.com

Jangan lupakan cupid bow Anda! Cupid bow adalah area di tengah bibir atas yang melengkung. Karena lengkungan inilah namanya disebut sebagai cupid bow (busur dewa asmara). Dengan membubuhkan highlighter di cupid bow, akan menarik perhatian ke bibir Anda.

9. Sapukan Highlighter pada Tulang Pipi

Highlighter pada Tulang Pipi

* sumber: id.pinterest.com

Highlighter memang seharusnya paling menonjol di area ini, yaitu tulang pipi. Jika bronzer diaplikasikan ke bawah tulang pipi, dan blush on tepat di tulang pipi, highlighter dioleskan ke bagian atas tulang pipi Anda. Anda bisa menggunakan brush highlighter, blush on, fan, bahkan kabuki untuk mengaplikasikannya. Setiap brush akan memberikan hasil yang berbeda-beda tentunya.

Mulai bubuhkan highlighter dari pelipis ke bagian atas tulang pipi Anda dalam kurva berbentuk C. Anda bisa melakukannya beberapa kali sesuai seberapa intens highlighter yang Anda ingin capai.

10. Sapukan Highlighter pada Ujung Hidung

Highlighter pada Ujung Hidung

* sumber: gildedcage.com

Oleskan sedikit highlighter di ujung hidung Anda. Kali ini sebaiknya Anda tidak menggunakan brush, karena area yang diharapkan sangat kecil. Jika menggunakan brush, maka highlighter akan tersebar lebih jauh. Ambil sedikit highlighter dengan ujung jari kelingking Anda dan oleskan ke ujung hidung Anda. Gerakkan jari Anda maju dan mundur untuk memadukan highlighter. Ingat-ingat, Anda tidak perlu banyak highlighter, cukup satu kali usapan saja.

11. Sapukan Highlighter pada Dahi

Highlighter pada Dahi

* sumber: gildedcage.com

Hal ini jarang dilakukan, tapi sebaiknya Anda membubuhkan highlighter pada dahi juga. Lebih tepatnya pada tengah dahi Anda. Untuk menonjolkan pusat dahi Anda, sapulah beberapa usapan highlighter di tengah dahi lalu lanjutkan ke arah hidung Anda untuk hasil yang lebih dramatis.

12. Sapukan Highlighter pada Dagu

Highlighter Dagu

Ini juga jarang dilakukan orang. Ada trik untuk membuat wajah terlihat lebih panjang, biasanya dilakukan oleh orang dengan wajah bulat, kotak dan segitiga. Yaitu dengan membubuhkan blush on pada dagu mereka. Ini berlaku juga untuk highlighter. Membubuhkan highlighter pada tengah dagu dapat membuat wajah terlihat lebih presisi. Tapi, gunakan highlighter-nya sedikit saja, ya. Jangan berlebihan kalau tidak mau wajah terlihat jomplang.

Ya, itulah step-by-step bagaimana cara memakai highlighter dengan benar. Kamini juga membahas area mana saja yang sebaiknya diberi highlighter. Kalau Anda ingin memakai pakaian yang menonjolkan leher dan bahu, bisa juga bubuhkan sedikit highlighter pada tulang belikat. Selamat berdandan!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar