Kamini.id / Lip Cream / Inilah Cara Memakai Lip Cream yang Benar Tanpa Belepotan

Inilah Cara Memakai Lip Cream yang Benar Tanpa Belepotan

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Juni 2019

Lipstik padat yang dikemas dalam kemasan tabung (tube) mungkin sudah dianggap oldschool bagi sebagian orang. Semenjak produk lip cream mulai booming di pasaran, tak sedikit konsumen yang beralih ke lipstik krim yang teksturnya cair ini.

Berbeda dengan lipstik padat, lip cream dikemas dalam botol bening dan ditambahkan kuas aplikator untuk mengaplikasikan lipstik ini pada bibir. Untuk hasil akhirnya sejatinya sama seperti lipstik, ada yang glossy ada juga yang matte.

Sudah siap untuk mengganti lipstik lamamu ke lip cream? Kalau kamu belum pernah memakainya, Kamini akan memberikan panduan cara memakai lip cream yang benar tanpa belepotan nih. Simak informasi selengkapnya di sini, yuk!

Tips Memilih dan Memakai Lip Tint yang Tepat

Memilih lip cream ternyata tidak sesederhana yang kamu bayangkan, lho. Ada beragam merk dan jenis lip cream yang dijual di pasaran. Pilihan warna yang ditawarkan lip cream juga cukup beragam. Nah, untuk membantu kamu memilih dan memakai lip cream secara tepat, Kamini akan memberikan sejumlah tips penting berikut ini!

Pilih Lip Cream Sesuai Jenis Bibir

* sumber: www.idntimes.com

Sama seperti lipstik, lip cream tersedia dalam berbagai pilihan. Kamu bisa memperoleh lip cream yang menawarkan hasil akhir matte, tetapi ada juga yang sheer maupun glossy. Pemilihan jenis lip cream harusnya disesuaikan dengan jenis bibirmu.

Pemilik bibir kering wajib menghindari lip cream dengan hasil akhir yang matte dan prioritaskan lip cream yang kandungan pelembabnya cukup tinggi. Sementara pemilik bibir normal bebas memilih lip cream matte maupun glossy.

Utamakan Lip Cream yang Memberikan Full Coverage

* sumber: www.harpersbazaar.com

Perlu kami tegaskan, lip cream berbeda dengan lip tint. Warna yang ditawarkan lip cream cenderung lebih pigmented karena pada dasarnya lip cream merupakan lipstik yang dibuat dalam tekstur cair. Jadi, warna lip cream dan lipstik padat memang sama-sama cerah.

Jika lip tint tidak menawarkan full coverage untuk bibirmu, lip cream justru bisa dipakai untuk menyamarkan warna asli bibir. Jadi, apabila bibirmu berwarna gelap, sebaiknya pilih produk lip cream yang menawarkan full coverage.

Lip Cream dengan Pelembab Lebih Baik

* sumber: www.goodhousekeeping.com

Salah satu pertimbangan penting dalam memilih lip cream adalah memastikan bahwa lip cream yang dipakai mengandung pelembab. Pasalnya, penggunaan lip cream hingga berjam-jam bisa membuat permukaan bibir mengering hingga mengelupas.

Saat ini, sudah banyak produk lip cream yang diperkaya pelembab yang dijual di pasaran. Bahkan, ada juga matte lip cream yang dilengkapi dengan moisturizing. Jadi, walaupun hasilnya matte, tapi tidak membuat bibirmu kering.

Scrub Bibir Sebelum Memakai Lip Cream

* sumber: www.harpersbazaar.com

Sel kulit mati tidak hanya terdapat pada kulit tubuh saja. Di permukaan bibir juga terdapat sel kulit mati yang membuat permukaan bibir jadi kering atau menghitam. Nah, sebelum memakai lip cream, kamu wajib melakukan scrubbing di bibir untuk merontokkan sel kulit mati.

Mengapa harus melakukan scrubbing terlebih dahulu? Lip cream adalah pewarna bibir yang hanya efektif untuk menutupi warna alami bibir. Kalau ada kulit yang mengelupas di bibir, kulit ini akan membentuk gumpalan ketika dipoles dengan lip cream. Alhasil, penampilan bibir jadi jauh dari kata cantik.

Rawat dengan Lip Balm

* sumber: www.newidea.com.au

Mengingat lip cream memiliki formula yang sama dengan lipstik, maka kamu harus rajin merawat bibirmu agar tidak menjadi kering. Perawatan terbaik untuk bibir yang terbiasa menggunakan lip cream adalah dengan lip balm.

Sebelum tidur, bersihkan bibir dari sisa lip cream, lalu oleskan dengan lip balm. Biarkan lip balm menjaga kelembaban permukaan bibir sepanjang malam. Kamu juga bisa mengombinasikan lip balm dengan lip cream, lho. Caranya oleskan lip balm terlebih dahulu ke permukaan bibir, lalu setelah beberapa menit kamu dapat melapisi bibir dengan lip cream.

Cara Memakai Lip Cream yang Benar

Walaupun terlihat mudah, tetapi pemakaian lip cream ternyata tidak sesederhana itu. Lip cream justru sangat rentan belepotan jika tidak diaplikasikan dengan benar. Kalau sudah belepotan, tampilan bibir tentu saja tidak terlihat cantik.

Bagi pemula yang ingin belajar mengaplikasikan lip cream, simak panduan cara memakai lip cream yang benar agar tidak belepotan:

1. Eksfoliasi Bibir Sebelum Memakai Lip Cream

* sumber: www.beautylish.com

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kamu harus memastikan permukaan bibirmu benar-benar mulus sebelum mulai mengaplikasikan lip cream. Kalau bibirmu kering atau ada kulit yang mengelupas, hasil akhir setelah memakai lip cream pasti tidak akan sempurna.

Eksfoliasi dulu bibirmu sebelum memakai lip cream. Eksfoliasi bisa menggunakan produk scrub khusus bibir atau dengan menggunakan campuran madu dan gula. Pastikan permukaan bibir benar-benar halus sebelum kamu mengaplikasikan lip cream.

2. Bersihkan Kuas Aplikator

* sumber: lipstickandlacquer.blogspot.com

Kuas aplikator biasanya dipenuhi dengan lip cream. Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan ujung kuasnya sebelum menggunakannya. Ambil sebuah tisu bersih, lalu usapkan ujung kuas aplikator pada tisu tersebut.

Setelah dibersihkan, celupkan kuas aplikator ke dalam lip cream. Kalau tidak ada gumpalan pada kuas aplikatornya, kamu bisa langsung memakainya tanpa membersihkan terlebih dahulu.

3. Poleskan Sekali dan Setipis Mungkin

* sumber: www.allure.com

Warna yang dihasilkan lip cream sejatinya cukup pigmented. Jadi, kamu tidak perlu mengaplikasikan lip cream berulang kali. Sekali usapan saja sudah cukup untuk mewarnai bibirmu. Di samping itu, setiap usapan harus dibuat setipis mungkin agar tidak meluber.

Usapkan lip cream dari bagian dalam mulut (dimulai dari bagian tengah bibir bawah. Kemudian, usapkan ke sisi kiri dan kanan bibir bawah (masih di bagian dalam). Ketika memoleskan lip cream, pastikan semua bagian dalam bibir sudah ter-cover. Hindari penggunaan di tepi-tepi bibir agar tidak menimbulkan kesan belepotan.

4. Buat Garis Tepi Bibir dengan Lip Liner

* sumber: www.thecut.com

Mengingat lip cream sangat mudah menimbulkan kesan cakey dan belepotan, jadi kamu memang harus menghindari bagian tepi bibir. Solusi untuk memberi warna pada bagian tepi bibir adalah dengan menggunakan lip liner.

Tebali garis tepi bibir dengan lip liner. Kemudian, jika ada bagian bibir yang belum tertutup lip cream, kamu bisa menutupnya dengan lip liner. Penggunaan lip liner ini sebaiknya dilakukan sesudah kamu mengaplikasikan lip cream.

5. Hindari Penambahan Lip Gloss

* sumber: www.shutterstock.com

Mau punya tampilan bibir yang lebih berkilau? Pilih saja lip cream yang bersifat glossy. Sangat disarankan untuk tidak menambahkan lip gloss pada lip cream. Selain dapat melunturkan warna lip cream, lip gloss juga akan membuat tampilan bibir jadi sangat oily.

Yuk, saatnya berani menggunakan lip cream untuk merias bibir. Tak perlu jadi profesional untuk bisa mengaplikasikan lip cream dengan baik, lho. Dengan tips dan cara ini, kamu pasti mampu menggunakan lip cream dengan baik. Kunjungi artikel merk lip cream yang bagus untuk menemukan produk pewarna bibir bertekstur krim yang memiliki kualitas terbaik.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar