kamini.id

Cara Memakai Lip Tint yang Benar untuk Bibir Hitam

Ditulis oleh Sera Serinda A - Diperbaharui 24 Maret 2020

Penyebab warna gelap pada bibir bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain faktor genetik, penyebab bibir gelap juga bisa berasal dari gaya hidup dan lingkungan. Contohnya kebiasaan merokok, kebiasan tidak membersihkan sisa lipstik dengan baik, konsumsi kafein yang berlebihan, serta kebiasaan menggigit dan menjilat bibir.

Tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat membuat bibir menjadi tidak sehat dan menghitam. Tak hanya itu, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat membuat bibir menghitam lho. Padahal bibir gelap bisa jadi penghalang saat mengaplikasikan produk pewarna bibir.

Bibir gelap terkadang membuat warna lipstik berubah menjadi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Tak terkecuali, ketika menggunakan lip tint. Padahal beberapa wanita lebih memilih menggunakan lip tint yang memberikan kesan imut daripada harus memilih lipstik dengan warna-warna bold.

Lip tint sendiri memiliki perbedaan dengan lipstik pada umumnya. Bila lipstik memiliki kandungan wax dan minyak sebagai bahan dasar, lip tint secara umum berbahan dasar lebih cair (liquid base) atau gel base.

Sehingga pada saat pemakaian, bahan dasar ini akan menguap dan membuat pigmen warna menempel pada bibir lebih lama. Inilah alasan mengapa lip tint cenderung lebih tahan lama bila dibandingkan dengan lipstik pada umumnya.

Jenis-Jenis Lip Tint

Lip tint yang pada awalnya dipopulerkan oleh para K-beauty ini sudah melebarkan sayapnya bahkan hingga negara-negara Eropa. Hal tersebut yang menyebabkan semakin banyak produsen penghasil lip tint yang memadu padankan formula lip tint agar para wanita yang menggunakan produk satu ini semakin nyaman dan merasa puas setelah mengaplikasikannya pada bibir.

Beberapa jenis lip tint yang sudah dikeluarkan oleh produsen-produsen tersebut di antaranya.

1. Lip Tint Cair (Liquid Lip Tint)

Liquid Lip tint

* sumber: beautysesh.com

Liquid lip tint berbahan dasar cairan sehingga memiliki tekstur yang sangat cair dan ringan. Tekstur ringan ini memungkinkan lip tint jenis liquid untuk layering pada bibir, bila ingin warna lip tint yang dihasilkan semakin kuat.

2. Lip Tint Stick

Lip Tint Stick

* sumber: www.audratheshop.com

Bila kebanyakan lip tint dikemas dalam bentuk tabung dan diaplikasikan dengan aplikator berbeda, Tint Stick merupakan jenis lip tint yang kemasannya dibuat sama dengan lipstik atau lip balm stick. Lip tint jenis ini juga memiliki kandungan pelembab lebih banyak dengan tekstur creamy namun tetap terasa ringan di bibir.

3. Matte Lip Tint

Matte Lip Tint

* sumber: www.beautihara.com

Bagi para pecinta warna matte, beberapa produsen lip tint kini juga sudah mulai memproduksi lip tint dengan warna yang matte pada bibir. Bahkan lip tint jenis ini memiliki tekstur yang super ringan ketika diaplikasikan. Coverage yang disuguhkan matte lip tint ini tentu saja tak perlu diragukan lagi.

4. Peel-off Lip Tint

Peel-off Lip Tint

* sumber: ebay.blanja.com

Tak hanya masker wajah yang menggunakan teknik peel-off dalam penggunaannya, kini lip tint pun bisa diaplikasikan menggunakan teknik serupa. Jenis lip tint ini populer juga sebagai lip tattoo. Sesuai dengan namanya, lip tint jenis ini akan meninggalkan pigmen warna setelah diaplikasikan pada bibir seperti masker peel-off.

Lip Tint Berdasarkan Kandungannya

Tak hanya berdasarkan kemasan atau tampilan yang disuguhkan, lip tint juga dapat dibedakan berdasarkan kandungan bahan utama yang digunakan.

1. Water-based

Watery Lip Tint

* sumber: saungharga.com

Air merupakan bahan dasar yang paling umum digunakan untuk produk lip tint. Bahan dasar ini sangat cocok bagi penyuka kesan natural. Water-based lip tint juga tidak memberikan hasil akhir yang glossy. Sayangnya karena water-based, kemampuan moisturizing dari lip tint ini tidak terlalu diandalkan. Bahkan cenderung membuat bibir menjadi kering.

2. Oil-based

Oil Lip Tint

* sumber: retroworldnews.com

Berbeda dengan water-based lip tint, lip tint yang satu ini malah memberikan efek paling melembabkan dibandingkan dengan lip tint berbahan dasar lain. Tentu saja lip tint yang satu ini sangat cocok digunakan oleh wanita yang memiliki bibir kering.

3. Gel-based

Gel Lip Tint

* sumber: media.iyaa.com

Gel-based lip tint memberikan warna yang pigmented. Dan karena berbahan dasar gel, lip tint jenis ini memberikan hasil akhir yang glossy namun tetap manis.

4. Cream-based

Creamy Lip Tint

* sumber: kumparan.com

Lip tint yang satu ini menyuguhkan warna paling pigmented dibandingkan dengan jenis lainnya. Walaupun teksturnya creamy, lip tint ini tetap memiliki ketahanan yang sangat baik pada bibir.

Itulah beberapa jenis lip tint yang bisa dibedakan baik berdasarkan kemasan ataupun bahan dasarnya. Bila sudah memilih lip tint yang sesuai, jangan lupa untuk mengaplikasikan lip tint dengan cara yang tepat, ya!

Cara Menggunakan Lip Tint pada Bibir Hitam

Walaupun dengan jenis yang beraneka ragam, terkadang para wanita yang memiliki bibir hitam atau pun tak merata tetap mengeluh. Sebab, lip tint nyatanya tetap tidak dapat menyamarkan warna bibir yang tidak sempurna tersebut setelah diaplikasikan.

Bahkan lip tint dapat memperjelas ketidaksempurnaan warna bibir. Untuk menyiasati hal tersebut, Kamini memiliki tips yang dapat dilakukan para wanita berbibir hitam dan tidak merata, bila ingin menggunakan lip tint. Simak cara berikut!

1. Exfoliation First!

eksfoliasi bibir

* sumber: 7beautytips.com

Sebelum mengaplikasikan lip tint di bibir, pastikan bibirmu dalam keadaan halus. Untuk mendapatkan bibir yang halus, kamu harus melakukan eksfoliasi terlebih dahulu agar semua sel kulit mati terangkat dari bibir. Pilihan seperti lip scrub, lip balm atau lip butter dapat kamu gunakan dalam langkah ini. Gunakan pula sikat gigi atau tissue untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada bibirmu.

2. Aplikasikan Pelembab atau Lip Balm

Lip Balm Tabung (Tube)

* sumber: www.newidea.com.au

Setelah kamu mendapatkan kulit bibir yang bersih dan halus, lembabkan kembali bibirmu dengan pelembab bibir atau lip balm. Langkah ini berguna agar lip tint bisa menempel pada bibir dengan baik tanpa membuat bibir menjadi kering. Langkah ini juga dapat membuat lip tint bertahan lama di bibir.

3. Gunakan Lip Concealer

Conceal

Langkah ini sangat berguna bagi pemilik bibir hitam atau tidak merata. Lip concealer berfungsi untuk menyamarkan ketidaksempurnaan warna bibirmu. Pengaplikasian lip concealer juga akan menjadikan warna lip tint semakin pop-up dan terlihat cantik pada bibir.

4. Aplikasikan Lip tint Warna Tua

The Face Shop My Lips Eat Cherry Aqua Tint: Bloody Red

Akhirnya sampai di tahap pengaplikasian lip tint. Aplikasikan lip tint berwarna merah tua seperti red wine di daerah bibir bagian dalam. Warna lip tint yang lebih tua ini akan menciptakan efek ilusi, dan membuat siapapun yang melihat bibirmu akan terfokus pada bagian dalam daerah bibirmu. Langkah ini juga sangat berguna bila kamu ingin membuat ombre lips.

5. Aplikasikan Lip Tint Warna Lebih Muda

Langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan lip tint berwarna lebih muda di bagian bibir yang belum diwarnai. Jangan lupa ratakan dengan jari yang bersih.

6. Still Doesn’t Work? Try to Layering!

Layering Lip Tint

* sumber: www.mochni.com

Inilah alternatif lain yang bisa dilakukan, bila concealing tidak berhasil menyamarkan bibir hitam. Kamu bisa mengaplikasikan layer kedua lip tint pada bibir. Namun perlu diingat, untuk tahap ini lebih baik lip tint diaplikasikan dengan cara ditap-tap.

Jumlah lip tint yang digunakan pun usahakan tidak terlalu banyak. Selain itu, untuk meminimalisir perasaan kering yang ditimbulkan setelah layering, kamu bisa menambahkan lip gloss atau mengaplikasikan pelembab kembali pada bibirmu.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa kamu tempuh saat mengaplikasikan lip tint walau bibirmu hitam. Bibir hitam bukan lagi penghalang bagimu untuk tampil cantik dan memesona. Sudah banyak pula tips yang dapat kamu lakukan untuk membuat bibir hitam dan tidak merata menjadi lebih cerah dan merah, bahkan menggunakan cara yang alami. Selamat mencoba!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram