Cara Memakai Lulur Badan dan Lulur Wajah dengan Benar

Kita pasti mandi setiap harinya, bahkan rata-rata orang Indonesia mandi dua kali sehari, yaitu pada pagi dan sore atau malam hari. Memang, kalau dibandingkan dengan orang-orang dari negara lain yang bahkan hanya mandi dua hari sekali, kita termasuk yang sangat bersih, bukan? Seharusnya.

Tapi, perlu diperhitungkan juga cuaca dan polusi yang terjadi di Indonesia. Kita tinggal di daerah tropis yang hanya memiliki dua musim, yaitu hujan dan kemarau. Saat kemarau, hari bisa terasa sangat panas seperti rasanya kita sedang dijemur di bawah sinar matahari langsung. Jadi, bisa dibilang kenapa orang Indonesia mandi dua kali sehari, karena kondisi di sini sangat panas sehingga kita lebih banyak memproduksi keringat dan sel kulit mati.

Lalu, apakah Anda yakin, kulit Anda benar-benar bersih hanya dengan menggunakan sabun saja? Mandi itu hanya dapat menghilangkan keringat dan membuat tubuh menjadi terasa segar. Padahal, di bawa lapisan kulit kita masih banyak yang tertinggal seperti kotoran dan sel kulit mati. Belum lagi tidak semua sabun itu punya efek melembabkan. Kadang kulit malah menjadi kering dan terasa tertarik, bukan?

Hal yang sama terjadi pada kulit wajah. Jika Anda berpikir mencuci wajah setiap hari dengan facial wash dapat membantu menjaga kulit Anda tetap terawat, maka Anda salah. Sama seperti sabun badan, sabun pencuci wajah juga hanya dapat menghilangkan sebagian kotoran dari wajah kita. Selebihnya, kotoran, polusi, sisa make up, sel kulit mati, komedo dan jerawat masih tetap tinggal.

Untuk itu, Anda perlu rutin melakukan lulur, baik itu lulur badan dan juga lulur wajah. Kalau bahasa kerennya untuk dua benda ini, sih, body scrub dan face scrub. Ada banyak sekali yang dijual di pasaran. Tapi, kalau Anda mau membuatnya sendiri di rumah juga bisa. Lulur a.k.a scrub dapat meningkatkan kesehatan kulit sekaligus dapat memberikan efek menenangkan pada tubuh Anda.

Selain mengangkat sel kulit mati, lulur juga dapat melancarkan aliran darah Anda saat proses scrubbing. Kulit Anda pun akan menjadi lebih lembut dan cerah setelah luluran. Nah, sekarang, setelah Anda mengetahui manfaat lulur, Kamini mau membahas cara memakai lulur badan dan lulur wajah yang benar. Karena, ada saja orang yang menggunakan lulur secara asal-asalan. Kalau begitu, manfaat yang didapat juga tidak maksimal, bukan?

Cara Memakai Lulur Badan

1. Buat/Beli Lulur

Cara Memakai Lulur Badan

Langkah pertama untuk luluran tentu saja dengan memiliki lulur terlebih dahulu. Di pasaran Indonesia tidak sulit mencari body scrub, karena kebanyakan orang Indonesia ingin memiliki warna kulit yang lebih cerah. Padahal, memutihkan kulit bukan tujuan utama body scrub, dan tidak mungkin juga kulit dapat menjadi lebih pale. Yang terjadi setelah Anda luluran adalah, kulit menjadi lebih ringan dan terlihat cerah karena sel kulit mati terangkat.

Anda dapat membeli dan mencari tahu aneka lulur badan yang bagus melalui artikel lulur pengantin dan lulur yang bagus.

2. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak Zaitun untuk Menghilangkan Kutil

Jika Anda datang ke salon atau spa, sebelum dilulur Anda pasti di-massage terlebih dahulu menggunakan minyak. Sebenarnya jenis minyak untuk pijat ada bermacam-macam, tapi yang paling populer adalah minyak zaitun atau olive oil.

Tujuan penggunaan olive oil adalah untuk membuat Anda lebih rileks dan pori-pori Anda jadi lebih terbuka berkat pijatan. Sehingga, lulur dapat mengangkat segala kotoran hingga di pori-pori terdalam Anda. Tapi, jika Anda tidak punya banyak waku, Anda bisa saja meng-skip bagian ini.

3. Tunggu Minyak Zaitun Meresap

 Tunggu Minyak Zaitun Meresap

Tunggulah beberapa saat setelah massage hingga minyak zaitun lebih meresap ke dalam kulit. Tapi, jika Anda melewati bagian nomor 2, maka hal ini pun tentunya bisa Anda skip. Kenapa Anda perlu menunggu? Karena jika Anda langsung mengaplikasikan lulur, maka lulur akan menjadi sulit 'kering', sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan scrubbing.

4. Balurkan Lulur

Balurkan Lulur 

Cara memakai lulur sangat mudah sekali, tapi kadang orang malas melakukannya sendiri. Mungkin karena sulit mencapai bagian punggung dan capek menggosok scrub-nya. Tapi, kalau Anda melakukannya sendiri di rumah, Anda hanya perlu mengambil lulur secukupnya pada telapak tangan, lalu balurkan dan gosok pada kulit hingga rata. Balurkan lulur dari leher hingga kaki tanpa ada yang ketinggalan.

Setelah itu, tunggu beberapa menit hingga lulur agak mengering, dan gosoklah tubuh Anda hingga scrub luruh semua. Scrub yang jatuh tersebut sudah mengandung kotoran dan sel kulit mati dari tubuh Anda, sehingga wajar jika warnanya berubah menjadi agak gelap. Itu untuk lulur jenis scrub.

Jika Anda menggunakan lulur cair atau lulur kocok, Anda tidak perlu menggosoknya seperti saat Anda luluran dengan body scrub. Cara menggunakan lulur cair bisa dengan tangan atau pun menggunakan kuas. Setelah menunggu lulur mengering, Anda bisa menggosoknya perlahan agar lulur rontok atau pun langsung dibilas menggunakan air.

Cara Memakai Lulur Wajah

Lulur wajah tidak kalah penting dengan lulur badan. Lulur wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati, komedo, kotoran, sisa make up, polusi, hingga dapat mengurangi flek dan noda jerawat jika Anda rutin menggunakannya.

1. Pilihlah Lulur Wajah yang Cocok

Lulur Wajah yang Bagus

Lulur wajah ada banyak sekali di pasaran. Tapi, sekali lagi, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah kalau Anda mau. Tentunya lulur homemade jauh lebih baik dan ramah lingkungan daripada lulur buatan pabrik. Jika Anda memilih lulur yang sudah jadi juga tidak apa, karena produk-produk tersebut pasti sudah lulus uji, sehingga aman digunakan oleh siapa saja. Anda dapat membaca rekomendasi lulur wajah yang bagus di sini.

2. Cuci Muka

Cuci muka 2 kali sehari

Ya, sebelum luluran, cara memakai lulur wajah adalah dengan mencuci muka terlebih dahulu. Banyak orang yang menyepelekan mencuci muka dan menganggap kalau mencuci muka sudah dapat menyelesaikan masalah kulit mereka. Padahal, mencuci muka hanya dapat menghilangkan kotoran yang ada di permukaan saja. Jika sebelumnya Anda menggunakan make up, maka urutannya adalah: hapus make up - cuci muka - lulur wajah.

3. Aplikasikan Lulur

Cara Memakai Lulur Wajah

Anda bisa menggunakan jari atau pun kuas untuk mengaplikasikan lulur wajah. Jangan lupa untuk menunggu beberapa saat hingga lulur agak mengering, lalu gosok wajah Anda perlahan. Usahakan untuk menggosok dengan cara memutar lalu ke arah atas.

Walaupun luluran baik untuk kulit dan tubuh, batasi kegiatan ini, paling tidak sekali seminggu saja. Karena, jika Anda luluran setiap hari, yang ada kulit Anda menjadi sangat tipis dan kering. Kalau Anda tidak punya waktu untuk luluran, Anda bisa juga menggunakan body shower yang mengandung scrub. 

Kamini juga mau menambahkan, kalau ada waktu di mana Anda dilarang menggunakan lulur. Yaitu, jika Anda baru saja mengalami kulit terbakar, kulit terluka, atau masalah kulit lainnya.

Dan, jangan lupa menggunakan toner wajah dan body lotion setelah luluran, karena lulur membuat pori-pori kulit Anda terbuka. Salah satu cara untuk menutrisi kulit dan menutup pori-pori adalah menggunakan dua benda itu. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram