kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Mata / Cara Memakai Maskara Anti Luntur Layaknya Seorang Pro

Cara Memakai Maskara Anti Luntur Layaknya Seorang Pro

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 25 Oktober 2020

Maskara pasti sudah sangat familiar untuk Anda, terutama jika Anda aktif setiap hari menggunakan make up. Maskara bisa dibilang sebagai 'nyawa'nya mata. Anda bisa menggunakan eye shadow, eye liner, atau riasan apa pun di mata. Tapi, jika Anda tidak mengaplikasikan maskara, tetap saja mata Anda tidak akan terlihat bernyawa. Jadi, bisa disimpulkan kalau maskara adalah benda paling penting dalam riasan mata.

Mungkin terkesan mudah menggunakan maskara, tinggal disapukan saja kuas maskaranya ke atas. Tapi, ada trik agar mengaplikasikan maskara menjadi lebih mudah (untuk pemula), agar maskara menjadi lebih tahan lama dan tidak smudge, serta trik agar maskara dapat membuat bulu mata nampak lebih panjang dan tebal.

Anda ingin tahu cara memakai maskara seperti profesional? Sebelum itu, mari kita ketahui terlebih dahulu perbedaan antara beberapa jenis maskara. Ya, langkah awal dalam cara memakai maskara adalah dengan memilih tipe maskara yang Anda inginkan. Karena, berbeda formula dan sikat, maka hasil akhir yang didapatkan pun akan berbeda-beda.

Perlu Anda ketahui kalau ada maskara yang berguna untuk melentikkan, menebalkan, memanjangkan, merenggangkan, dan ada juga yang berfungsi ganda atau lebih. Untuk itu, ketahuilah terlebih dahulu jenis-jenis maskara menurut formulanya. Yuk, simak pembahasan Kamini di bawah ini!

Jenis-jenis Maskara

Maskara bisa dikategorikan melalui tekstur formulanya dan sikatnya. Biasanya, setiap jenis maskara punya bentuk kuas masing-masing yang dapat mendukung fungsinya. Sekarang, mari kita ketahui tentang jenis maskara dari kandungan formula dan juga jenis sikatnya:

1. Primer

Primer Mascara cara memakai maskara

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jenis maskara yang pertama ada primer maskara. Mungkin Anda lebih familiar dengan primer wajah, primer bibir dan primer mata. Sebenarnya ada banyak primer-primer lainnya seperti primer alis dan primer bulu mata. Fungsinya? Sama seperti primer-primer lainnya, yaitu untuk 'menyiapkan' bidang tersebut sebelum dirias.

Dalam kasus ini, primer mascara berfungsi untuk menyiapkan bulu mata agar lebih siap untuk dirias. Dengan menggunakan primer maskara, Anda akan mendapatkan manfaat seperti maskara jadi lebih awet, tidak mudah luntur atau pun clump, menjaga bulu mata dari keburukan yang mungkin terjadi, dan primer maskara dapat digunakan terpisah (tanpa maskara lagi setelahnya) untuk digunakan sebagai vitamin/serum.

Biasanya primer mascara tidak memiliki bentuk kuas yang aneh-aneh, hanya lurus dan tebal saja. Beberapa produk primer maskara adalah CLINIQUE Lash Building Primer, e.l.f Mascara Primer, Smashbox Layer Lash Primer, Diorshow Maximizer Lash Plumping Serum, dan Lancôme CILS BOOSTER XL Super-Enhancing Mascara Base.

2. Pemanjang

Pemanjang

Maskara pemanjang atau lengthening mascara merupakan jenis maskara yang paling umum di pasaran. Rasanya semua orang, apalagi wanita, mengidamkan bulu mata yang panjang dan lentik. Makanya, wajar jika maskara lengthening ini merupakan jenis maskara yang paling laris di dunia kosmetik.

Maskara jenis pemanjang ini cocok sekali untuk yang memiliki bulu mata pendek-pendek dan lurus (tidak berdiri lentik). Biasanya, lengthening mascara mengandung plastic polymers yang dibuat nilon/rayon yang menempel dengan baik pada bulu mata dan membuatnya menjadi lebih 'kaku' (dalam artian bagus). Dengan formula tersebut, bulu mata Anda dapat berdiri lentik dan nampak lebih panjang.

cara memakai maskara

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lengthening mascara memiliki ciri-ciri bentuk kuas yang panjang dan jarang-jarang setiap ruasnya. Bentuk kuas seperti ini akan menghasilkan sapuan yang smooth pada bulu mata, sehingga bulu mata Anda akan terpisah-pisah, terlihat ramping (tidak clumpy), dan juga terlihat panjang.

Beberapa contoh maskara pemanjang adalah NARS Larger Than Life Lengthening Mascara, Bobbi Brown Lash Glamour Extreme Lengthening Mascara, Benefit Cosmetics Lengthening Mascara, Estée Lauder Double Wear Zero-Smudge Lengthening Mascara, dan Inez Lash Lengthening Mascara. Anda dapat membeli aneka macam lengthening mascara di toko online.

3. Penebal

maskara Penebal

Jenis maskara yang selanjutnya adalah penebal alias thickening/volumizing mascara. Jenis maskara ini juga sangat banyak peminatnya seperti maskara pemanjang. Fungsi maskara ini tentu saja untuk 'mengisi' bulu mata Anda agar terlihat lebih bervolume.

Kekurangan maskara jenis ini adalah, formulanya menggumpal (tidak seperti lengthening mascara yang tipis), dan tidak semua orang menyukai kalau bulu mata mereka terlihat menggumpal. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena Kamini akan membahas tips cara memakai maskara agar tidak clumpy.

Lalu, maskara seperti ini tidak terlalu dapat memanjangkan bulu mata. Orang yang cocok menggunakan maskara thickening seperti ini adalah yang bulu matanya sudah panjang dan lentik. Bagi pemilik bulu mata pendek dan turun, sebaiknya hindari jenis maskara seperti ini.

cara memakai maskara

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Maskara penebal memiliki ciri-ciri sikat yang agak pendek dan bulunya padat. Ada yang bentuk sikatnya lurus, cekung, dan ada juga yang bergelombang. Yang jelas, karena bulu sikatnya padat, maskara akan sedikit menggumpal pada bulu mata. Hal ini akan membuat bulu mata nampak lebih berisi.

Beberapa contoh maskara volumizing yang ada di pasaran adalah Maybelline The Magnum Volum Express, Sephora Collection Dramatic Volume Mascara, L'Oreal Paris Voluminous Mascara, bareMinerals Lash Domination Volumizing Mascara, dan stila Stay All Day Waterproof Volumizing Mascara.

4. Pengeriting

maskara Pengeriting

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jenis maskara yang selanjutnya ada curling mascara a.k.a pengeriting. Maksud keriting di sini bukan seperti keriting pada rambut, ya. Jadi, curling mascara ini dapat membuat bulu mata yang pendek dan jatuh lurus sekalipun menjadi lentik dan tegak mencuat ke arah atas.

Curling mascara pada umumnya mengandung filmifying polymers yang akan langsung bereaksi ketika diaplikasikan pada bulu mata. Sekali sikat saja, curling mascara yang bagus akan langsung membuat bulu mata naik ke atas, menghasilkan bulu mata lentik yang cantik.

Maskara pengeriting memiliki ciri-ciri brush yang bentuknya curvy (tidak lurus). Untuk gambarnya, bisa Anda lihat di atas. Beberapa contoh curling mascara di pasaran adalah Diorshow Iconic Overcurl Mascara; Wardah Perfect Curl Mascara; tarte Lights, Camera, Lashes 4-in-1 Mascara; dan Tony Moly Delight Circle Curling and Longlash Lens Mascara.

5. Water-Proof

Water-Proof mascara

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini pasti jenis maskara yang paling sering Anda dengar, water-proof mascaraSepertinya sudah menjadi standar setiap produk maskara, kalau formulanya harus anti air. Walaupun begitu, ada saja maskara yang mudah luntur di pasaran seperti tarte 4-in-1 (yang mengaku anti air, padahal tidak) dan ada juga maskara dari MAKE OVER Ultimate Lash Mascara yang tidak anti air.

Padahal, anti air merupakan formula yang sangat wajib ada pada setiap maskara. Bayangkan ketika Anda sedang berkegiatan, lalu tidak sadar kalau maskara Anda luntur dan merusak riasan Anda terutama riasan mata, pasti kesal sekali, bukan? Belum lagi kalau tidak sengaja lunturan maskara tersebut mengenai pakaian favorit Anda, maka nodanya akan sulit hilang.

Untuk itu, usahakanlah untuk selalu memilih maskara yang memiliki kandungan water-proof. Jenis maskara ini cocok untuk semua jenis kulit, apalagi yang berminyak. Maskara anti air juga dapat bertahan melalui air mata, air hujan, keringat, dan minyak wajah. Hal ini dikarenakan water-proof mascara memiliki kandungan minyak dan lilin mineral yang didapatkan dari hewan atau tumbuhan, sehingga menimbulkan efek anti air.

Untuk bentuk sikat dari water-proof mascara tidak terbatas, ada yang bentuk sikatnya padat, ada juga yang jarang-jarang. Itu semua tergantung pada seri maskara tersebut, apakah termasuk lengthening, volumizing, atau lain-lainnya.

Beberapa contoh produk maskara anti air adalah Maybelline Push Up Drama Mascara, Pixy Waterproof Mascara, Revlon 2-in-1 Mascara and Eyeliner, dan masih banyak lagi produk lainnya.

6. Smudge-Proof

Smudge-Proof mascara

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebenarnya smudge-proof mascara mirip dengan produk di atas, yaitu water-proof mascara. Perbedaannya mungkin terletak pada fungsi utamanya. Jika maskara water-proof merupakan maskara anti air, maskara smudge-proof itu anti luntur karena gesekan tangan atau minyak alami kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang berminyak, sebaiknya gunakan maskara jenis ini.

Smudge-proof mascara dapat bertahan sangat lama sekaligus melembabkan. Kelebihan lainnya dari maskara jenis ini adalah anti gesekan, air hujan, dan bisa digunakan saat berenang. Maskara anti smudge biasanya mengandung wax-oil base yang membuat produk ini menjadi anti air, dan mengandung shellac dan polimer yang dapat menempel kuat pada bulu mata, sehingga meminimalisir terjadinya luntur karena gesekan.

Kekurangan dari jenis maskara ini adalah, Anda mungkin akan membutuhkan eye make up remover yang dibuat dari bahan dasar minyak. Beberapa orang juga mengeluh kalau smudge-proof mascara membuat bulu mata menjadi kering. Untuk itu, jangan gunakan smuge-proof mascara secara terus menerus seharian. Berikan jeda beberapa jam, lalu aplikasikan lagi maskaranya. Dan, jangan gunakan maskara ini setiap hari, seling dengan jenis maskara lain.

Bentuk kuas/sikat maskara anti gesek ini sebenarnya tidak menentu. Ada yang bentuknya berliku-liku dan pendek, ada yang ruasnya rapat, ada yang ruasnya jarang-jarang, tergantung dari brand dan seri maskara tersebut. Beberapa produk maskara ini adalah Too Faced Better Than Sex Mascara dan Benefit Cosmetics BADgal Waterproof Mascara.

Cara Memakai Maskara Anti Luntur Layaknya Profesional

Ya, itulah beberapa jenis maskara yang ada di pasaran. Setelah mengetahui tipe-tipe maskara, diharapkan untuk Anda dapat memilih maskara yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda. Sekarang, mari disimak tips dan cara memakai maskara supaya lebih tahan lama di bawah ini:

1. Pilih Jenis Maskara

revlon lash potion waterproof mascara

Tadi sudah dibahas beberapa jenis maskara berdasarkan formula dan sikatnya. Pilihlah maskara yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda butuh maskara yang dapat melentikkan, atau Anda butuh maskara volumizing? Semuanya kembali lagi kepada Anda, hanya Anda yang paling tahu apa yang dibutuhkan. Atau, Anda bisa juga memilih maskara dari brand favorit Anda.

2. Pilih Warna Maskara

Pilih Warna Maskara

Ya, maskara tidak hanya dikategorikan dari formula dan sikat saja, tapi bisa dipisahkan lagi berdasarkan warna. Jika dulu hanya ada maskara warna hitam, sekarang Anda bisa bereksperimen menggunakan maskara warna putih, biru, pink, hijau, kuning, cokelat, ungu, dan warna-warna lainnya. Anda dapat menemukan aneka color mascara di Bukalapak dengan mengklik link ini.

3. Eyelash Curler

Eyelash Curler

Eyelash curler sering juga disebut sebagai 'pini' oleh orang Indonesia. Sebelum menggunakan maskara, sebaiknya pakai pini terlebih dahulu supaya hasilnya jadi lebih bagus. Pini dapat membuat bulu mata Anda naik dan lentik. Tentunya perpaduan pini + maskara akan jauh lebih baik daripada hanya maskara saja. Jika Anda ingin mengetahui jenis dan merk eyelash curler yang bagus, Anda bisa membacanya di artikel ini.

Tapi, jika Anda takut menggunakan pelentik bulu mata seperti ini, atau mungkin Anda tidak punya karena belum pernah membelinya atau karena milik Anda telah rusak, ada tips lainnya, kok. Anda bisa membahasi ujung jari Anda dengan air, lalu dorong bulu mata Anda ke arah atas. Hal ini dapat membantu mengangkat bulu mata ke atas dan membuatnya menjadi lentik.

4. Trik Mengangkat Brush

Brush mascara

Ayo, ngaku.. Hampir semua di antara Anda pasti suka mengocok maskara dengan mengangkat brush-nya ke atas dan ke bawah, bukan? Padahal, teknik seperti itu sangat kurang tepat dalam cara memakai maskara yang benar. Cara yang paling tepat untuk menggunakan maskara adalah dengan menggerakkan brush dengan gerakan berputar atau gerakan ke kanan-kiri secara berulang-ulang.

Jika Anda mem-pump maskara ke atas dan ke bawah, hal itu akan mendorong udara masuk ke dalam tube maskara. Setelah itu terjadi, maka maskara Anda akan cepat kering.

5. Bersihkan Sisa Maskara

Bersihkan Sisa Maskara

Kebanyakan orang tidak menyukai jika bulu mata mereka clumpy tidak jelas. Untuk menanggulanginya, bersihkan maskara yang menggunung pada sikat dengan menyisirkannya pada bibir tube maskara. Anda bisa juga menyisihkan maskara yang menggumpal dengan menyikatnya pada tisu secukupnya.

6. Lihat ke Atas

mascara look up

Lihatlah ke atas saat akan menggunakan maskara. Tapi, jangan benar-benar lihat ke atas 100% sampai Anda tidak bisa melihat refleksi Anda sendiri di cermin. Jika Anda masih pemula dalam menggunakan maskara dan takut Anda akan memejamkan mata secara otomatis ketika sikat maskara hampir menyentuh bulu mata Anda, bukalah mulut Anda. Mungkin terlihat konyol, tapi Anda akan sulit memejamkan mata ketika mulut Anda terbuka.

7. Mulai dari Akar

Mulai dari Akar maskara

Maskara dapat memberikan hasil terbaiknya jika Anda mulai menggunakannya dari akar. Letakkan brush maskara pada akar bulu mata, lalu gerakkan sikat ke depan dan belakang. Setelah itu, tarik sikat maskara ke arah atas dengan gerakkan zig-zag. Teknik cara memakai maskara ini dapat menghindari Anda dari masalah clumpy dan bulu mata yang saling menempel.

8. Trik untuk Bulu Mata Bawah

Trik untuk Bulu Mata Bawah mascara

Langkah selanjutnya dalam cara memakai maskara diperuntukkan untuk bulu mata bawah. Jika Anda sudah lihai, Anda pasti bisa langsung mengaplikasikannya dengan tanpa masalah. Bagaimana bagi para pemula? Tentunya menggunakan maskara untuk bottom lash bagaikan mimpi buruk.

Anda dapat menggunakan sendok, tisu, spons kosmetik, atau alat khusus untuk membantu mempermudah menggunakan maskara. Atau, jika Anda benar-benar merasa kesulitan, ada juga maskara khusus untuk bottom lash, kok. Biasanya bentuk sikat maskara khusus ini sangat pendek dan kecil, sesuai dengan kebutuhan mewarnai bulu mata bawah.

9. Memperbaiki Maskara

Memperbaiki Maskara

Maskara Anda meluber atau clumpy? Jangan panik! Anda cukup menyiapkan cotton swab saja alias korek kuping. Anda bisa mengangkat maskara secara perlahan-lahan menggunakan korek kuping agar stain tidak semakin melebar. Jika stain tidak mudah hilang, Anda bisa meneteskan eye make up remover pada korek kuping tersebut.

Selesai sudah tips dan cara memakai maskara dari Kamini. Jika Anda ingin menghapusnya, silakan baca tutorialnya di artikel ini. Sekilas info, kalau maskara itu tidak bisa bertahan lebih dari 6 bulan, ya. Jadi, kalau Anda sudah membuka kemasan maskara tersebut sekarang, Anda harus menggantinya dengan yang baru enam bulan kemudian walaupun isi maskaranya masih banyak. Selamat berdandan!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram