Kamini.id / Minyak Rambut / Serba-Serbi Cara Memakai Minyak Rambut (Hair Oil) yang Benar

Serba-Serbi Cara Memakai Minyak Rambut (Hair Oil) yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 April 2019

Ada dua jenis minyak rambut, satu yang biasa dipakai pria untuk menata rambut, yang lainnya adalah hair oil yang memang diformulasikan untuk merawat rambut. Penggunaan hair oil tentu sangat berbeda dengan cara memakai minyak untuk menata rambut. Butuh beberapa langkah khusus agar hair oil yang dipakai jadi lebih meresap ke dalam rambut.

Perawatan menggunakan hair oil mungkin tidak sepopuler serum atau conditioner. Namun, kalau kamu ingin memiliki rambut yang lebih sehat dan indah, kamu bisa menambahkan perawatan dengan hair oil ini. Kamini akan memberikan petunjuk pemakaian hair oil yang benar untuk merawat rambutmu. Yuk, langsung saja cari tahu cara selengkapnya!

Memilih Jenis Hair Oil

Sebelum kita membahas lebih detail mengenai cara memakai minyak rambut, Kamini akan lebih dulu memperkenalkan jenis-jenis hair oil terlebih dahulu. Pasalnya, ada banyak hair oil yang bisa dipakai untuk merawat rambut.

  • Minyak Esensial
Minyak Esensial

* sumber: thinkoily.com

Minyak esensial ternyata juga bisa dipakai sebagai hair oil. Ada begitu banyak jenis minyak esensial yang dijual di pasaran, mulai minyak cendana untuk mengatasi rambut kusut, minyak pohon teh (tea tree) yang ampuh menghilangkan ketombe, minyak mawar khusus rambut bercabang, dan masih banyak lagi.

Apakah minyak esensial yang dipakai untuk merawat rambut ini sama dengan minyak yang biasa kita jadikan aromatherapy? Tentu saja sama. Kamu bisa memilih jenis minyak esensial yang paling sesuai dengan kondisi rambutmu.

  • Minyak Alami

Minyak Zaitun

Selain minyak esensial, minyak alami seperti minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak kemiri juga bisa dipakai untuk merawat rambut sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, minyak kelapa cukup ampuh untuk mengatasi rambut kering, minyak kemiri untuk menghitamkan dan menyuburkan rambut, dan minyak zaitun untuk mengatasi rambut bercabang.

Meskipun tekstur minyak alami sedikit lebih lengket dibanding minyak esensial, tetapi harga minyak alami cenderung lebih murah. Nah, manakah jenis minyak alami yang sesuai dengan kebutuhanmu?

  • Minyak Rambut Kemasan Siap Pakai

L’Oréal Professionnel Mythic Oil

Tahukah kamu bahwa saat ini ada produk hair oil kemasan yang bisa langsung dipakai? Sejumlah merk ternama, seperti L’Oreal merilis minyak rambut siap pakai untuk beragam kebutuhan rambut.

L’Oréal Professionnel Mythic Oil untuk menjaga kelembaban rambut yang kering dan melindungi rambut dari paparan sinar matahari atau suhu panas alat styling. Selain itu, ada juga Pantene Pro-V Total Damage Care Advanced Damage Repair Oil yang berfungsi untuk mengatasi kerusakan rambut, terutama rambut kering dan bercabang.

Kamu bisa melihat daftar rekomendasi hair oil yang bagus versi Kamini di artikel ini. Jika kamu ingin hair oil dari minyak urang-aring, kami juga memiliki rekomendasinya di artikel ini.

Setelah mengenal jenis-jenis hair oil, kamu jadi bisa memilih hair oil yang paling cocok dengan kebutuhanmu. Ketiga jenis hair oil ini sebenarnya tidak merepotkan dan bisa langsung dipakai untuk merawat rambut.

Cara Memakai Hair Oil yang Benar

Hair oil dipakai untuk merawat rambut. Bukan hanya sekadar merawat, terkadang hair oil juga dapat mempercepat perbaikan masalah-masalah rambut. Agar hair oil dapat diserap dengan baik oleh rambut dan kulit kepala, kamu perlu memakai hair oil secara tepat.

Berikut adalah panduan cara memakai hair oil yang benar untuk merawat rambut:

  • Pakai dalam Kondisi Rambut yang Kering

Beri Jarak dengan Rambut Hair Dryer

Jika vitamin rambut dipakai dalam kondisi rambut basah setelah keramas, hair oil sebaiknya dipakai ketika rambut dalam kondisi kering. Kamu bisa memilih memakai minyak rambut sebelum keramas atau sesudah keramas tetapi rambut harus dikeringkan dulu dengan hair dryer.

  • Aplikasikan ke Seluruh Bagian Rambut
Aplikasikan ke Seluruh Bagian Rambut

* sumber: www.rd.com

Tuangkan hair oil secukupnya ke telapak tanganmu, lalu usapkan telapak tangan ke seluruh bagian rambut. Jangan menuang langsung hair oil ke kulit kepala karena akan membuat kulit kepalamu jadi sangat lengket. Aplikasikan minyak ini dari akar hingga ujung rambut.

  • Beri Pijatan Ringan
Beri Pijatan Ringan

* sumber: www.butic.com

Setelah mengaplikasikan hair oil ke seluruh bagian rambut, kini tiba saatnya membuat minyak semakin meresap. Berikan pijatan ringan di area kepala untuk mempercepat peresapan hair oil. Pemijatan ini sama dengan ketika kamu melakukan creambath. Kamu bisa melakukannya sendiri untuk merelaksasi kepala.

  • Lakukan Steaming
Lakukan Steaming

* sumber: www.essence.com

Apakah harus memiliki steamer untuk bisa melakukan steaming?” Kalau di salon, kamu bisa melakukan steaming dengan steamer yang bentuknya menyerupai helm itu. Namun, kalau kamu sedang di rumah dan tidak memiliki steamer, bungkus saja rambutmu dengan handuk yang sudah direndam di dalam air panas.

Setelah 60 menit, buka bungkusan handuk panas dari kepalamu, lalu cucilah rambut dengan menggunakan shampo. Umumnya butuh keramas 2-3 kali untuk bisa menghilangkan residu yang ditinggalkan oleh hair oil.

  • Akhiri dengan Pemakaian Hair Tonic

Amankah Memakai Hair Tonic

Setelah mencuci rambut dengan shampo, biarkan rambutmu dalam kondisi setengah kering. Sesudahnya, aplikasikan hair tonic secukupnya ke rambut yang setengah kering tersebut. Manfaat hair tonic di sini adalah memudahkan minyak diserap oleh akar rambut.

Usai memberikan hair tonic, biarkan rambut kering secara alami. Lakukan treatment dengan memakai hair oil ini secara teratur. Dijamin, masalah rambutmu akan segera teratasi asalkan kamu memilih jenis minyak rambut yang sesuai dengan kondisi rambutmu.

Tips Memakai Hair Oil

Tips Memakai Hair Oil

* sumber: www.drbronner.com

Setelah mencermati panduan cara menggunakan hair oil, kita pun jadi mengetahui bahwa minyak rambut yang satu ini merupakan jenis perawatan rambut yang sama dengan yang ditawarkan conditioner, serum, vitamin, dan creambath. Hanya saja, penggunaan hair oil ini bermanfaat untuk mempercepat proses perbaikan rambut yang rusak atau kurang sehat.

Untuk memaksimalkan perawatan dengan menggunakan hair oil, simak tips memakai hair oil berikut ini:

  • Waktu Terbaik Sebelum Mandi

Sejatinya hair oil bisa dipakai kapan saja, termasuk setelah dan sebelum keramas. Kami menyarankan kamu untuk memakai hair oil sebelum mandi agar residu minyak di rambut bisa langsung dibersihkan saat mandi dan keramas.

  • Lakukan Minimal Dua Minggu Sekali

Lain halnya dengan conditioner yang dianjurkan untuk dipakai setiap hari, hair oil sebaiknya dipakai minimal dua minggu sekali. Kalau kamu ingin memakainya seminggu sekali juga tidak masalah. Yang penting hindari pemakaian hair oil setiap hari karena bisa merangsang produksi sebum sehingga rambutmu jadi semakin berminyak.

  • Hindari Penggunaan di Malam Hari

Jangan membiarkan hair oil menempel pada rambut selama semalaman. Pasalnya, hair oil hanya dianjurkan untuk dipakai selama 1-2 jam saja. Terlalu lama membiarkan hair oil menempel pada rambut hanya akan meningkatkan risiko rambut berminyak. Jadi, hindari kebiasaan memakai hair oil dan membawanya tidur semalaman.

Serba-serbi cara memakai minyak rambut ini akan sangat bermanfaat untuk kamu yang ingin mulai merawat rambut dengan minyak khusus. Ingat, pilih jenis hair oil yang sesuai dengan kondisi rambutmu. Jangan sampai kamu memakai hair oil yang manfaatnya tidak kamu butuhkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar