Inilah Cara Memakai Serum Wajah dengan Urutan yang Benar

Apakah Anda termasuk orang yang sangat peduli dengan kesehatan kulit? Kalau begitu, Anda sudah tidak asing lagi dengan skin care yang bernama serum, bukan? Serum dikenal dengan manfaatnya yang dapat membantu pemakainya untuk menyamarkan noda, menyamarkan garis halus dan keriput, meremajakan kulit, melembabkan dan menutrisi kulit, hingga meratakan warna kulit.

Ya, serum wajah adalah sebagian kecil dari perawatan kulit yang sering dilupakan orang. Kebanyakan orang berfokus pada make up, tapi tidak terlalu mementingkan skin care. Padahal, jika tidak dirawat, tentunya kulit akan mengalami banyak masalah yang jika dibiarkan maka akan lebih sulit lagi untuk memperbaikinya. Untuk itu, gunakanlah serum wajah sedini mungkin.

Anda tidak perlu merasa karena masih muda, jadi tidak membutuhkan serum. Kulit membutuhkan serum layaknya tubuh membutuhkan vitamin. Untuk itu, gunakanlah serum dari sekarang, dan ketahuilah cara memakai serum wajah dengan benar agar manfaat yang Anda dapatkan pun lebih maksimal. Inilah urutan menggunakan serum yang benar menurut Kamini:

Cara Memakai Serum Wajah dengan Urutan yang Benar

1. Bersihkah Wajah

cara memakai serum wajah

Serum dibuat dari bahan-bahan yang lebih mumpuni daripada pelembab biasa. Tesktur serum pun biasanya lebih cair atau lebih menyerupai jelly, sangat berbeda dengan kebanyakan pelembab wajah di pasaran yang berbentuk krim. Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengaplikasikan serum yang teksturnya lebih liquid.

Sebelum mengaplikasikan serum, atau pun memulai rangkaian skin care mana pun, tentu Anda wajib yang namanya mencuci muka terlebih dahulu. Wajah Anda harus bersih dari make up dan kotoran agar serum dapat meresap lebih sempurna ke dalam kulit.

2. Keringkan Wajah

Keringkan Wajah 

Anda harus mengeringkan wajah Anda setelah mencuci muka. Gunakan handuk bertekstur lembut dengan gerakan ditekan-tekan atau boleh juga mengelap ke atas. Tapi, biarkan wajah Anda tetap 'lembab', alias tidak 100% kering dari air sisa cuci muka.

Kondisi wajah yang lembab dapat membuat serum bekerja lebih maksimal, karena kulit yang lembab dapat menyerap skin care 10x lebih kuat daripada kulit kering. Sehingga, usahakan agar wajah Anda tetap lembab saat akan menggunakan serum wajah.

3. Tuang Serum Secukupnya

Tuang Serum Secukupnya

Langkah dalam cara memakai serum wajah selanjutnya adalah dengan menuangkan serum secukupnya. Jika serum Anda cenderung berbentuk foam atau krim, maka Anda bisa menuangkannya ke ujung jari telunjuk atau pun jari telunjuk dan juga jari tengah.

Jika serum Anda berbentuk oil dan terdapat pipet pada kemasannya, maka Anda bisa menuangkannya pada telapak tangan atau pun langsung diteteskan pada wajah. Biasanya tiga tetes (pada dahi dan kedua pipi) sudah cukup. Jangan sekali-kali mengaplikasikan serum dengan bantuan alat lain seperti kapas atau kuas, ya. Penggunaan tangan untuk mengaplikasikan serum dapat membuat serum meresap lebih baik ke dalam kulit.

4. Ratakan Serum

Ratakan Serum

Cara memakai serum wajah yang selanjutnya adalah meratakan serum ke seluruh wajah Anda. Usapkan serum dengan lembut menggunakan dua buah jari Anda, yaitu jari tengah dan jari telunjuk. Lakukan gerakan memutar dan ke arah atas.

5. Pijat Lembut Wajah

Pijat Lembut Wajah

Memijat atau me-massage wajah tentu lebih enak kalau dilakukan oleh orang lain. Tapi, jika Anda melakukannya sendiri di rumah, Anda bisa mengikuti 8 gerakan berikut ini:

  • Gerakan 1

Tekan pipi kanan dengan jari-jari tangan kanan, lalu tarik jari Anda ke atas hingga kening. Ulangi hingga 3 kali. Lakukan hal yang sama pada pipi kiri. Gerakan ini dapat membantu serum terserap lebih maksimal dan membuat wajah Anda menjadi lebih cerah. Selain itu, krim yang kamu gunakan juga lebih terserap maksimal.

  • Gerakan 2

Letakkan kedua tangan pada kening. Lalu, tekan dengan lembut jari-jari Anda dari kening terus bergerak sampai dagu. Gerakan ini berfungsi untuk merilekskan otot wajah, sehingga wajah lelah pun dapat terhapuskan.

  • Gerakan 3

Gerakan massage yang selanjutnya adalah dengan meletakkan kedua telapak tangan di kedua sisi hidung (empat jari di pipi, jempol di bawah rahang). Kemudian, tekan dan usap area tersebut sambil sedikit ditekan. Gerakkan tangan Anda ke arah luar - atas. Lakukan juga pada leher Anda. Gerakan ini dapat membantu meremajakan sel kulit dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

  • Gerakan 4

Pijat dengan gerakan memutar area pipi di dekat hidung dengan dua jari Anda. Setelah itu, tekan dan tarik area tersebut hingga pelipis mata dan pinggir kening. Ulangi gerakan ini hingga 4 kali. Gerakan ini jika dilakukan dengan rutin dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan garis halus serta kerutan menghilang.

  • Gerakan 5

Letakkan jari tengah dan telunjuk pada kedua sisi bibir (kanan dan kiri). Tekan dan sedikit lakukan pijatan ke arah atas. Setelah itu, tarik area tersebut dan pijat hingga ke dekat telinga. Lakukan setidaknya 4 kali gerakan. Langkah ini dapat membuat kulit menjadi kencang, merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan membuat peredaran darah menjadi lancar.

  • Gerakan 6

Gerakan kali ini bagus banget buat yang sering merasa pusing. Tekan bagian sisi terluar batang hidung dengan kedua jari Anda. Lalu tekan dengan lembut dan pijat ke arah atas, maku terus ke area pelipis mata, dahi, dan berakhir di bagian sisi kanan kiri dahi. Selain dapat menghilangkan rasa sakit pada kepala, gerakan ini dapat membebaskan Anda dari kulit kusam, loh!

  • Gerakan 7

Yang ini gampang banget, nih. Anda hanya perlu memijat alis dengan jari-jari Anda. Karena areanya sempit, jadi rasanya seperti mencubit-cubit alis. Terdengar simpel, namun hal ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan dapat membuat wajah berseri.

  • Gerakan 8

Gerakan yang terakhir adalah dengan menekan bagian tengah-tengah dahi, pelipis samping, dan bagian bawah telinga. Lakukan masing-masing selama 10 detik. Gerakan ini dapat membuat otot wajah menjadi lebih rileks.

6. Tempelkan Telapak Tangan

Tempelkan Telapak Tangan

Cara memakai serum wajah ditutup dengan menempelkan telapak tangan Anda pada wajah. Pertama-tama, gosok-gosok terlebih dahulu telapak tangan Anda agar lebih hangat, karena tujuannya adalah untuk mengalirkan suhu hangat pada wajah Anda.

Setelah cukup, tekan seluruh permukaan wajah Anda dengan telapak tangan hingga terasa sudah tidak hangat lagi. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Anda bisa juga memfokuskan pada area dahi saja atau pipi saja selama mengulangi gerakan.

Selesai sudah tutorial cara memakai serum wajah yang benar versi Kamini. Perlu diingat untuk hanya menggunakan sedikit saja serum setiap kali pemakaian. Biasanya 1 - 3 tetes serum sudah cukup untuk sekali perawatan. Karena serum dibuat dari konsentrat tinggi, sehingga Anda tidak memerlukannya dalam takaran banyak.

Lalu, jangan lupa menggunakan pelembab wajah alias moisturizer. Kenapa? Karena serum bukan moisturizer. Serum tidak bisa melembabkan wajah seperti layaknya pelembab. Aplikasikan lah pelembab 5 menit setelah Anda selesai menggunakan serum. Sekian tutorial dari Kamini, semoga bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram