kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / Wajah / 5 Langkah Pemakaian Sunscreen Emina untuk Proteksi Optimal

5 Langkah Pemakaian Sunscreen Emina untuk Proteksi Optimal

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 23 Mei 2021

Emina Cosmetics adalah salah satu produsen makeup dan skincare yang produknya banyak digunakan oleh remaja. Ada banyak produk-produk Emina yang menjadi favorit banyak orang, salah satunya adalah Emina Sun Protection SPF30/PA+++. Sunscreen ini adalah salah satu produk tabir surya yang dikeluarkan oleh Emina.

Emina Sun Protection SPF30/PA+++ dapat menahan pengaruh buruk dari sinar UVA dan UVB dan sunburn. Ekstrak aloe vera di dalamnya akan memberikan kelembaban pada kulit dan menjaga kadar air di dalam kulit. Tak hanya dapat melindungi dari sinar matahari, sunscreen ini juga ternyata bisa membuat kulit lebih cerah dari sebelumnya.

Berbicara mengenai sunscreen, ternyata masih banyak remaja yang masih belum paham bagaimana cara memakai sunscreen. Kali ini kita akan menjelaskan langkah-langkah untuk memakai Emina Sun Protection SPF30/PA+++.

Kelebihan Emina Sun Protection SPF30/PA+++

Sebelum kita mencari tahu bagaimana cara memakai Emina Sun Protection SPF30/PA+++ yang benar, kita akan menggali lebih dalam mengenai sunscreen pertama yang disediakan oleh Emina ini. Kira-kira apa saja sih manfaat dari Emina Sun Protection SPF30/PA+++, berikut pennjelasannya:

1. Cocok Digunakan Untuk Jenis Kulit Normal Hingga Oily Skin

Jika dilihat dari jajaran ingredient Emina Sun Protection SPF30/PA+++, produk ini cocok digunakan untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal hingga oily skin. Pasalnya terdapat kandungan panthenol, butylene glycol dan propylene glycol yang bisa memberikan kelembaban pada kulit tanpa membuat greasy. Bahkan dengan tambahan ekstrak aloe vera, sunscreen ini dapat mengunci kadar air di kulit.

2. Terasa Dingin dan Dapat Mencerahkan Kulit

Manfaat ekstrak aloe vera dalam Emina Sun Protection SPF30/PA+++ memang dapat menenangkan kulit. Tetapi sensasi menyegarkan dan dingin ini juga datang dari kandungan glyceryl stearate. Kegunaan ekstrak aloe vera juga ternyata dapat membantu agar kulit terlihat lebih terang dan bercahaya jika digunakan secara teratur.  

Cara memakai Emina Sun Protection SPF30/PA+++

Setelah tadi kita membahas mengenai kelebihannya, sekarang kita akan mencari tahu cara penggunaan Emina Sun Protection SPF30/PA+++ yang benar. Berikut adalah informasinya:

1. Pakai Sunscreen 30 Menit Sebelum Keluar Ruangan

Sunscreen memang sudah dikenal oleh banyak orang, tapi tahu tidak kapan waktu yang tepat untuk memakai sunscreen? Jawabannya adalah 30 menit sebelum kamu mulai beraktivitas di luar ruangan. Kenapa harus 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan? Alasannya karena kulitmu butuh waktu untuk bisa menyerap berbagai kandungan dari sunscreen tersebut.

Meski Emina Sun Protection SPF30/PA+++ memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap, tetap saja produk ini butuh waktu. Pasalnya kulit memang membutuhkan waktu untuk mengaktifkan berbagai kandungan sunscreen yang masuk ke kulit. Sehingga perlindungan kulit dapat bekerja lebih maksimal dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari.

Pertanyaan lainnya soal sunscreen adalah apakah harus memakai sunscreen meski tidak keluar rumah? Jawabannya tentu saja harus. Karena meski di dalam rumah bukan berarti kamu tidak terpapar sinar matahari lho. Nyatanya kamu tetap bisa terpapar sinar matahari lewat pantulan kaca, jadi memakai sunscreen setiap hari itu penting sebenarnya.

2. Pakai Sunscreen Setelah Cuci Muka dan Sebelum Pakai Makeup

tips agar tidak burntusan selama puasa_Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Setelah tahu kapan harus memakai sunscreen, kita juga harus tahu urutan keberapa sih sunscreen setiap memakai skincare. Dalam urutan memakai skincare, sunscreen berada di urutan terakhir, yaitu setelah membersihkan wajah, memakai toner, essence/serum, moisturizer, barulah sunscreen. Tapi penempatan antara moisturizer dan sunscreen ini terkadang menjadi perdebatan.

Beberapa ada yang memakai moisturizer dahulu lalu sunscreen atau sebaliknya, karena keduanya tidak memiliki dampak buruk untuk kulitmu. Hal terpenting jangan sampai kamu skip memakai sunscreen dan moisturizer setiap hari. Setelah itu barulah kamu bisa mulai memakai berbagai produk kosmetik di wajah agar terlihat lebih cantik dan percaya diri.

Adapun cara lainnya yang lebih praktis adalah mencampurkan sunscreen dengan foundation. Cara ini lebih cepat tapi tetap aman dilakukan saat berdandan sehari-hari. Meski memang beberapa foundation atau BB Cream memiliki kandungan SPF, tapi bukan berarti nilai SPF jadi bertambah. Memakai sunscreen SPF 30 dan produk lainnya dengan SPF 15, hasilnya tetap SPF 30 bukan jadi SPF 45.

3. Pastikan Tangan dalam Keadaan Bersih

Saat mengaplikasikan sunscreen, kamu tentu membutuhkan jari-jari tangan untuk membantu meratakan sunscreen di wajah. Sayangnya hal satu ini banyak sekali disepelekan oleh para wanita, terutama saat akan memakai skincare. Pasalnya, tangan atau jari yang kotor akan memberikan kuman atau bakteri baru pada kulit wajah yang sudah bersih.

Jadi jika kamu merasa sudah memakai skincare secara rutin tapi tetap berjerawat, bisa saja bukan karena kamu tidak cocok dengan skincare tersebut, lho. Bisa saja penyebabnya karena saat kamu memakaikan skincare ke wajah, kondisi jari sedang dalam keadaan kotor. Jadi kamu harus memastikan bahwa jarimu benar-benar bersih sebelum memakai Emina Sun Protection SPF30/PA+++.

4. Two Finger Rules Sunscreen

Hal satu ini pasti jarang diketahui oleh para remaja, yaitu memakai Emina Sun Protection SPF30/PA+++ sebanyak dua jari. Penasaran dong kenapa harus dua jari? Alasannya karena penggunaan sunscreen minimal sebanyak dua jari (two finger rules). Jadi dalam jumlah itu sunscreen akan bekerja dan memberikan proteksi terbaiknya seperti yang dikutip dari femaledaily.

Lalu bagaimana jika kurang dari dua jari? Jika kamu memakai sunscreen kurang dari itu maka sunscreen tidak akan bekerja dengan maksimal. Meski akan terasa berminyak dan terkesan sangat tebal, kamu bisa tunggu beberapa saat hingga sunscreen Emina Sun Protection SPF30/PA+++ meresap ke kulit. Hal ini mungkin dianggap terlalu boros, apalagi jika tidak terbiasa pakai skincare.

Tapi cara ini nyatanya lebih efektif untuk memproteksi kulit dari paparan sinar matahari. Pasalnya kebanyakan para wanita tahu apa manfaat dan kegunaan dari sunscreen, tapi tidak dengan takarannya.

Jadi mungkin beberapa orang hanya mengaplikasikan sunscreen secukupnya, malah sebagian hanya mengaplikasikannya di bagian yang terasa mudah terbakar matahari seperti dahi, pipi dan hidung saja. Padahal hal ini keliru.

5. Re-apply Sunscreen

Hal penting lainnya yang perlu kamu ingat adalah jangan lupa touch up atau reapply sunscreen. Kenapa kok harus di-re-apply? Tentu saja harus di-reapply karena memang sudah aturan pakaiannya begitu. Jika kamu teliti dalam membaca cara penggunaan sunscreen, selalu diingatkan untuk reapply. Biasanya peringatan reapply ini selalu tertulis di belakang kemasan atau dalam bungkus kemasan produk.

Biasanya kamu akan dianjurkan untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali, jika kamu beraktivitas di bawah terik matahari. Apalagi jika kamu pergi berenang, setiap 2 jam sekali adalah hal yang wajib dilakukan untuk memakai kembali sunscreen. Tapi jika kamu hanya beraktivitas biasa dan tidak terlalu lama berada dibawah sinar matahari, hal ini bisa di skip.

Itulah langkah-langkah pemakaian Emina Sun Protection SPF30/PA+++ yang tepat. Bila kamu menggunakannya dengan tepat, niscaya kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit pun akan optimal. Jadi kamu tidak perlu khawatir wajah akan terkena sunburn saat beraktivitas. Selamat mencoba!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram