Kamini.id / Kecantikan / Wajah / Ini Dia Fungsi Toner dan Cara Memakai Toner yang Benar

Ini Dia Fungsi Toner dan Cara Memakai Toner yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2018

Siapa yang suka merawat kulit pasti sudah kenal dengan yang namanya toner. Benda yang satu ini sering disangka sebagai pembersih wajah dari make up. Padahal, toner adalah cairan water-based yang dapat mengangkat kotoran, minyak, dan sisa make up dari wajah. Toner juga berfungsi untuk menenangkan, menghaluskan dan memperbaiki kulit dari peradangan, kemerahan dan flek.

Jadi, kesimpulannya, toner tidak bisa langsung digunakan sebagai pengangkat make up. Tapi, toner digunakan setelah Anda menghapus make up dengan make up remover. Karena, kadang make up remover tidak secara sempurna benar-benar mengangkat make up. Dengan bantuan toner, sisa kosmetik dapat terangkat seluruhnya, sekaligus dapat menenangkan kembali kulit yang tadi telah terkena make up remover. 

Fungsi lain dari toner juga adalah mempersiapkan wajah sebelum melakukan skin care seperti serum wajah, perawatan anti-aging, pelembab wajah, atau night mask. Toner dapat membuat aneka skin care Anda terserap lebih maksimal ke dalam kulit. Anda perlu memerhatikan toner sesuai dengan jenis kulit, karena sekarang sudah banyak toner di pasaran yang dikategorikan dengan jenis kulit.

Nah, sekilas tadi adalah fungsi toner. Sekarang, Kamini akan membahas bagaimana cara memakai toner yang benar. Yuk, disimak!

Cara Memakai Toner yang Benar

1. Cuci Muka

cuci-muka

Langkah awal sebelum melakukan skin care atau make up, kita pasti harus mencuci muka terlebih dahulu. Begitu pula dengan cara memakai toner yang benar, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencuci muka.

Jika Anda sedang menggunakan make up, maka hapuslah riasan Anda terlebih dahulu menggunakan make up remover. Setelah itu, cuci muka lagi menggunakan face wash.

2. Pilih Toner

Hanaka Instant Energy Whitening Toner

Pilihlah toner yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain toner untuk semua jenis kulit, sudah ada toner wajah khusus untuk kulit kering, sensitif, berjerawat, kombinasi, atau pun berkomedo.

Anda bisa membaca artikel tentang toner wajah toner wajah yang bagus. Anda bisa juga membaca artikel tentang toner wajah untuk beberapa jenis kulit di artikel toner wajah untuk kulit berminyak.

3. Menggunakan Toner

Face Toner

Akhirnya kita sampai di cara memakai toner. Tapi, sebelum membahas cara menggunakannya dengan benar, Anda perlu tahu dulu kalau bentuk toner ada beberapa macam. Beberapa bentuk yang paling umum adalah krim, minyak, air. Toner yang berbahan dasar air pun ada yang berbentuk botol dan ada juga yang bentuk spray.

Langkah awal dalam cara memakai toner adalah dengan membaca instruksi pada kemasan, karena setiap produk pasti akan memberi tahukan cara menggunakannya. Tapi, sekarang Kamini akan memberikan tips singkat bagaimana cara menggunakan toner sesuai dengan teksturnya:

  • Water Toner

Water Toner

Water-based toner merupakan jenis toner yang paling populer. Cara memakai toner seperti ini cukup mudah. Pertama, toner dengan bahan dasar air ini bisa dituangkan pada tangan, lalu ditepukkan pada wajah secara perlahan. Kedua, toner bisa Anda tuangkan pada kapas dan disapukan pada wajah.

  • Spray Toner

    Spray Toner

Sebenarnya spray toner juga merupakan water-based toner, tapi kemasannya dimasukkan dalam botol spray. Tentunya toner dalam botol spray seperti ini lebih praktis daripada yang botol flip-flop. Cara memakai toner spray tinggal Anda semprotkan saja pada wajah dengan jarak 15 cm dari wajah. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 3-4 kali semprot saja sudah cukup.

  • Oil Toner

    Oil Toner

Untuk cara memakai toner berbahan dasar minyak, cara yang paling baik adalah dengan menggunakan kapas. Nah, kapasnya sendiri terserah Anda, bisa kapas berbentuk bulat pipih, bundar, atau pun kotak pipih. Cara menggunakan tonernya adalah, teteskan beberapa drop toner ke kapas, lalu sapukan dengan lembut pada wajah Anda.

  • Cream Toner

    Cream Toner

Cream-based toner mungkin sering dikira sama dengan moisturizer cream. Untuk membedakannya, cream toner jauh lebih lembut, terasa dingin/adem, dan agak mencair ketika disentuh.

Karena mudah mencair, cream-based toner lebih baik diaplikasikan dengan menggunakan kapas. Tapi, toner jenis krim ini bisa juga diaplikasikan dengan mengambilnya menggunakan jari telunjuk atau dua jari (jari telunjuk dan tengah). Tap-tap toner pada wajah dan ratakan.

4. Gunakan Pelembab

 Gunakan Pelembab

Beberapa orang berpikiran kalau menggunakan toner adalah akhir dari rutinitas skin care. Padahal, kulit Anda tetap membutuhkan yang namanya pelembab.

5. Tips

cara memakai toner

Terakhir, Kamini punya tips untuk menggunakan toner. Saat menggunakan toner di dekat area mata, Anda harus sangat berhati-hati. Karena toner sangat mudah meresap ke dalam kulit, ketika Anda menggunakan toner terlalu dekat dengan mata, maka toner bisa meluber dan masuk ke dalam mata. Jika hal itu terjadi, segera bilas mata Anda dengan air bersih yang mengalir.

Toner sangat penting untuk kulit, apalagi untuk jenis kulit yang sensitif, mudah berjerawat, kombinasi dan untuk kulit yang sedang iritasi. Yuk, mulai masukkan toner ke dalam skin care rutinan Anda. Nah, itu dia fungsi toner beserta cara memakai toner yang benar menurut Kamini. Apakah Anda memiliki tips cara memakai toner ala Anda sendiri? Beritahu kami di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment