kamini.id
Kamini.id / Kecantikan / 10 Cara Memanjangkan Rambut Pria dalam Hitungan Hari

10 Cara Memanjangkan Rambut Pria dalam Hitungan Hari

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 20 Juli 2020

Rambut bukan cuma mahkota wanita saja, tapi mahkota pria juga. Kesehatan, ketebalan, tatanan, hingga panjang rambut merupakan hal-hal yang dipikirkan para pria. Bukankah begitu? Wajar saja, karena rambut merupakan penunjang penampilan semua orang. Potongan, kerapihan, warna, dan tatanan rambut sangat mempengaruhi penampilan siapa saja.

Walaupun pria identik dengan rambut pendek, banyak juga pria yang ingin punya rambut panjang. Sayangnya, tidak semua orang diberkahi rambut yang cepat panjang. Tapi, jangan sedih, karena Kamini tahu 10 cara memanjangkan rambut pria dengan sangat cepat. Cara-cara ini terbukti efektif memanjangkan rambut hanya dalam hitungan hari saja. Ingin tahu? Yuk, langsung saja disimak berikut ini.

1. Jangan Keramas

Jangan Keramas

Bukan berarti Anda tidak keramas selamanya, ya, tapi jangan keramas setiap kali Anda mandi. Biasanya para pria suka 'sekalian' mencuci rambut mereka ketika mandi. Apakah Anda termasuk salah satunya? Padahal, keramas itu tidak boleh terlalu sering, apalagi hingga dua kali sehari. Bisa-bisa rambut Anda jadi super kering yang akan memicu ketombe dan kerontokan.

Tujuan keramas adalah untuk menghilangkan kotoran dan keringat dari kulit kepala serta rambut Anda. Tapi, jika terlalu sering dilakukan, yang ada shampo akan membabat habis minyak alami rambut Anda. Keramas lah sewajarnya, maksimal 2 hari sekali jika Anda banyak berkeringat, terkena polusi udara, atau terpapar sinar matahari.

2. Kondisioner

Kondisioner

Mungkin tidak banyak pria yang 'sangat merawat rambut seperti wanita'. Rata-rata pria berpikir kalau shampo saja sudah cukup. Padahal, kondisioner sangatlah penting untuk rambut, apalagi jika Anda ingin rambut yang cepat panjang. Kondisioner bekerja untuk menggantikan lemak, protein, dan minyak alami dari rambut yang mungkin hilang setelah keramas dengan shampo.

So, cara memanjangkan rambut pria adalah dengan rutin menggunakan kondisioner setiap habis keramas. Jika Anda belum tahu cara yang benar untuk menggunakan kondisioner, Kamini punya artikel yang membahas tentang itu. Klik di sini untuk membacanya.

3. Bilas

Bilas

Cara memanjangkan rambut pria yang ke-3 adalah dengan membilas rambut menggunakan air dingin. Setelah keramas, bilas dengan air dingin. Setelah menggunakan kondisioner, gunakan juga air dingin. Anda tidak keramas? Tetap basuh kepala dan rambut Anda pakai air dingin.

Air dingin dapat membantu menumbuhkan rambut dan menjaga rambut tetap sehat. Air dingin mencegah terkikisnya kelembaban alami rambut yang dapat hilang jika Anda membilas rambut menggunakan air panas/hangat. Karena itulah, jika tidak perlu-perlu amat, jangan bilas rambut pakai air yang hangat, ya.

4. Handuk

Handuk

* sumber: depositphotos.com

Setelah keramas, tentunya Anda akan mengeringkan rambut menggunakan handuk. Mungkin Anda juga suka membungkus rambut dengan handuk supaya cepat kering.

Tapi, handuk apakah yang Anda gunakan? Apakah handuk yang sama untuk mengeringkan badan? Jika jawabannya ya, maka jangan lakukan lagi. Karena, cara memanjangkan rambut pria adalah dengan tidak membungkus rambut menggunakan handuk besar.

Handuk yang besar dan lebar dapat menciptakan banyak kerugian untuk rambut Anda. Helaian rambut Anda bisa rapuh karena 'disekap' terlalu kencang oleh handuk besar. Pilihlah handuk khusus rambut (handuk kecil), kalau bisa yang terbuat dari serat mikro-fiber yang lembut.

5. Treatment

Treatment

Treatment rambut harus dilakukan oleh semua orang, tidak terpatok untuk wanita saja. Untuk simpelnya, Anda bisa menggunakan hair tonic dan vitamin rambut setiap sehabis keramas. Lalu, ketika Anda punya waktu luang, lakukanlah perawatan yang lebih lagi seperti creambath dan hair mask.

Semua orang pasti bisa pakai hair tonic sendiri, tapi tidak semua orang bisa melakukan creambath atau hair mask. Kalau begitu, sesekali pergilah ke salon untuk mendapatkan perawatan tersebut.

Tidak perlu malu, karena semua orang berhak memiliki rambut yang sehat dan indah. Apalagi jika Anda ingin rambut yang cepat panjang. Jika Anda tak punya waktu ke salon, baca artikel ini untuk mengetahui cara maskeran rambut sendiri di rumah.

6. Tata

Tata

* sumber: www.gearupindia.in

Jika Anda ingin tahu cara memanjangkan rambut pria, berarti Anda harus siap dengan rambut yang tak terlalu ditata. Karena, untuk mendapatkan rambut panjang dengan cepat, Anda tidak boleh terlalu sering menata rambut. Apalagi jika Anda rutin menggunakan alat-alat yang panas seperti hair dryer atau catokan.

Tidak cuma alat yang panas saja, gel, pomade, dan apa pun itu yang Anda gunakan untuk menahan tatanan rambut Anda dapat menyebabkan rambut jadi rusak. Semua ini diakibatkan oleh bahan kimia yang terdapat pada produk yang Anda pakai. Jadi, jika Anda ingin rambut yang tumbuh lebat dengan cepat, sebaiknya hindari menata rambut, apalagi terlalu sering.

7. Jangan Mewarnai

Jangan Mewarnai

* sumber: www.youtube.com

Cara memanjangkan rambut pria yang ke-7 adalah dengan menghindari cat warna. Boleh, Anda sekali-kali mewarnai rambut. Yang tidak disarankan adalah terlalu sering bergonta-ganti warnanya. Jika Anda termasuk pria yang suka rambutnya warna-warni, terus Anda juga orang yang moody, mungkin Anda tidak berpikir panjang ketika mengecat rambut.

Akan tetapi, bahan kimia yang dikandung cat rambut sangat lah kuat sehingga dapat merusak rambut serta kulit kepala Anda. Apalagi jika Anda sering bergonta-ganti warna. Untuk mendapatkan warna yang diinginkan, biasanya Anda harus melalui proses bleaching terlebih dahulu, yaitu mematikan pigmen rambut sehingga rambut jadi berwarna pirang-putih agar warna cat baru lebih mudah terserap.

Proses bleaching, cat ulang, cat lagi, dan lagi akan merusak rambut Anda. Jika Anda menginginkan rambut panjang yang segera, maka impian Anda tidak akan terwujud jika Anda melakukan hal ini.

8. Sisir

Sisir

* sumber: es.dreamstime.com

Mungkin diantara Anda ada yang malas sisiran. Sisir jari juga cukup, menurut Anda. Padahal, rambut Anda tetap butuh disisir, dan Anda harus menyisirnya dengan benar. Untuk menyisir harian biasa, gunakanlah sisir yang biasa. Pilihlah sisir yang jarang-jarang (bukan sisir yang rapat, kecuali jika Anda akan menggunakan pomade).

Jika rambut Anda masih pendek, mulailah menyisir dari akar. Jika rambut Anda sudah cukup panjang, mulai menyisir dari bawah (bagian rambut tua), lalu ke tengah, lalu mulai lagi dari akar rambut. Hal ini dilakukan agar dapat meminimalisir rambut yang nyangkut yang memicu kerontokan.

Teralu banyak/sering menyisir rambut sebenarnya tidak bagus untuk rambut, karena dapat membuatnya jadi rontok. Apalagi jika Anda menyisir dalam keadaan rambut basah. So, menyisirlah seperlunya. Ketika Anda menyisir untuk menata rambut pun, sisir lah seperlunya, jangan berlebihan.

9. Suplemen

Suplemen

* sumber: www.netdoctor.co.uk

Cara memanjangkan rambut pria yang selanjutnya adalah mempertimbangkan untuk mencoba suplemen penumbuh rambut. Sebenarnya rambut tidak serta merta tumbuh begitu saja. Pertumbuhan rambut tergantung juga pada nutrisi dari tubuh Anda. Protein, mineral, kalsium, semua zat-zat yang dibutuhkan rambut hanya bisa rambut dapatkan dari aliran darah yang mengangkut zat-zat tersebut hingga ke rambut.

Jika Anda makan sembarangan, merokok, mengonsumsi alkohol, pokoknya gaya hidup yang tidak sehat, jangan harap Anda bisa memiliki rambut yang panjang dengan cepat. Maka dari itu, mengonsumsi suplemen penumbuh rambut tidak ada salahnya juga Anda lakukan, bukan?

10. Gunting

Gunting

* sumber: theidleman.com

Ya, Anda tetap harus menggunting rambut Anda walaupun Anda menginginkan rambut panjang. Ironis, ya? Tapi, tenang saja, karena Anda tidak perlu memotong rambut hingga pendek. Yang diperlukan untuk membuat rambut jadi cepat panjang adalah dengan menggunting ujung rambut sedikit saja.

Hal ini tentu tidak akan membuat rambut jadi lebih panjang. Tapi, dengan menggunting ujung rambut, akan meninggalkan rambut yang lebih sehat karena bagian yang sudah tua dan rusaknya telah terbuang. Setidaknya potonglah ujung rambut setiap 10 - 13 minggu sekali supaya rambut Anda terus sehat.

Nah, selesai sudah 10 cara memanjangkan rambut pria ala Kamini. Ingat! Rambut Anda tidak mungkin langsung jadi gondrong dalam satu malam saja. Semuanya butuh proses dan waktu, jadi Anda perlu bersabar.

Tapi, setidaknya dengan mengikuti 10 cara di atas, rambut Anda jadi lebih sehat, kuat, dan siap untuk dipanjangkan. Nantinya Anda akan mendapatkan rambut yang panjang dan juga sehat, yippie! Jika Anda punya cara atau tips lainnya untuk memanjangkan rambut dengan cepat, silakan bagikan di kolom komentar, ya. Terimakasih!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram