Kamini.id / Bulu Mata / 10 Cara Memasang Bulu Mata Palsu yang Mudah untuk Pemula

10 Cara Memasang Bulu Mata Palsu yang Mudah untuk Pemula

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Agustus 2019

Untuk orang yang belum terbiasa, memasang bulu mata palsu sama seperti berperang. Tidak sedikit orang yang jago membuat riasan mata, tapi tidak lihai dalam memasang false lashes alias bulu mata palsu. Mulai dari bingung cara pakainya, tidak tahu cara mengoleskan lem dengan benar dan jadinya meluber ke mana-mana, hingga bulu mata palsu yang tidak mau menempel atau cepat lepas.

Memang, memakai bulu mata itu susah-susah-gampang (walaupun lebih banyak susahnya bagi para pemula). Tapi, kalau Anda ingin memiliki bulu mata yang lebat, lentik, dan tebal secara instan, ya, cuma ini satu-satunya cara. Jadi, Anda perlu banyak latihan agar terbiasa memasang bulu mata palsu dengan benar dan cepat.

Tenang saja, karena Kamini akan membahas lengkap cara memasang bulu mata palsu bagi pemula. Bahkan kami juga akan membeberkan jenis-jenis bulu mata palsu dan jenis-jenis lemnya juga. Tanpa basa basi lagi, mari disimak serba-serbi tentang fake lashes berikut ini!

Jenis-jenis Bulu Mata Palsu

Sebelum Anda mengetahui tata cara memasang bulu mata, tidak ada salahnya jika Anda ketahui juga beberapa jenis bulu mata palsu berikut ini.

1. Strip Lashes

Strip Lashes cara memasang bulu mata palsu

Sebelum membahas bagaimana cara memasang bulu mata palsu, ada baiknya kalau Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis false lashes yang umum ada di pasaran. Jenis bulmat (bulu mata) palsu yang paling umum adalah strip lashes. Di toko kecantikan, jenis bulu mata ini pasti selalu ada.

Buat pemula, Kamini sarankan untuk menggunakan fake lashes jenis ini karena lebih mudah dalam pemasangan dan pelepasan. Jika Anda mencari bulmat yang praktis dan dapat memberikan efek dramatis, pilihlah bulu mata tipe strip.

2. Three-Quarter (Half) Lashes

Three-Quarter (Half) Lashes

* sumber: www.kreatbeauty.com

Three-quarter alias 3/4 alias bulmat separuh adalah jenis bulu mata palsu selanjutnya yang ada di pasaran. Walaupun jumlahnya tidak sebanyak strip lashes, bulu mata yang “nanggung” ini cukup banyak dijual juga. Bulu mata yang panjangnya cuma 3/4 kelopak mata ini diperuntukkan untuk ekor mata. Hasil akhir bulu mata ini adalah natural lashes dan large eyes.

3. Individual Flare Lashes

Individual Flare Lashes

* sumber: www.blinque.net

Para pemula pasti gigit jari kalau disuruh pakai bulu mata palsu yang satu ini. Individual flare lashes atau cluster lashes merupakan bulu mata palsu yang ukurannya per helai. Biasanya setiap helai terdiri dari 1-8 garis bulu mata.

Rata-rata yang menggunakan jenis bulu mata ini adalah professional makeup artist. Hasil akhir dari false lashes ini bisa natural, bisa juga dramatis, tergantung bagaimana cara mengaplikasikan dan panjang dari bulu mata.

4. Individual Single Lashes

Individual Single Lashes

Tambah ngeri melihat bulu mata palsu yang satu ini? Hihi, tenang saja, karena individual single lashes hanya digunakan untuk eyelash extention yang sedang beken akhir-akhir ini. Lem yang digunakan untuk menempel lashes ini pun tidak sama dengan yang dipakai jenis bulu mata lainnya, karena bulmat yang ini cenderung “permanen” yaitu bertahan selama 2-4 mingguan.

5. Magnetic lashes

Magnetic lashes cara memasang bulu mata palsu

* sumber: www.allmomdoes.com

Jenis bulu mata palsu yang selanjutnya cenderung masih baru, yaitu magnetic lashes. Bulu mata palsu ini tak perlu pakai lem untuk bisa menempel pada kelopak mata, loh! Jadi, cara kerja magnetic lashes adalah dengan “menjepit” bulu mata asli Anda dengan dua lembar bulu mata bermagnet. Cara memasang bulu mata magnetik akan Kamini bahas selanjutnya di bawah.

6. Lower Lashes

Lower Lashes

Tidak semua orang merasa “membutuhkan” bulu mata yang satu ini. Biasanya bulu mata palsu bagian bawah dianggap terlalu lebay jika digunakan untuk sehari-hari. Makanya, orang menggunakan bulu mata palsu bawah ketika pergi ke pesta atau untuk acara penting seperti pernikahan saja.

Jika Anda memiliki mata yang kecil dan sipit, bulu mata bawah dapat membantu membuat mata terlihat lebih besar. Untuk mata sipit, gunakanlah bulu mata bawah yang ukurannya tidak terlalu panjang.

Lalu, cara menempelkannya jangan pas dengan bulu mata asli, tapi agak di bawahnya sedikit. Berlaku pula untuk yang suka cosplay, biasanya menyetok bulu mata bawah untuk membuat large eyes seperti tokoh anime.

Jenis-jenis Lem Bulu Mata

Sama seperti bulu mata palsu yang ada jenis-jenisnya, lem bulu mata juga terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut adalah penjelasan lebih mendetilnya.

1. Latex Adhesive

Latex Adhesive

Seperti namanya, latex, berarti lem bulu mata ini dibuat dari getah/karet. Lem jenis ini merupakan yang paling lumrah dipakai untuk merekatkan bulmat palsu pada kelopak mata. Lem ini hampir bisa digunakan untuk semua jenis bulu mata palsu. Kelebihan lainnya, lem ini mudah digunakan dan lumayan mudah dibersihkan. Kekurangannya, ada beberapa orang yang alergi pada latex.

2. Liquid Adhesive

Liquid Adhesive

Jenis lem bulmat selanjutnya adalah lem cair. Jika latex adhesive biasanya berwarna putih/hitam, liquid adhesive pasti berwarna bening. Teksturnya benar-benar seperti air, para pemula pasti bingung mengira-ngira kapan waktunya si lem ini agak mengering supaya tahu kapan waktu menggunakan bulu mata yang tepat.

Walaupun bentuknya encer, adhesive ini jauh lebih kuat daripada yang latex di atas. Untuk menghapus lemnya pun dibutuhkan pembersih dengan formulasi khusus (eyelash glue remover). Agak sulit jika Anda menggunakan eye & lips makeup remover biasa.

Nah, itulah jenis lem bulu mata yang biasa ditemukan di pasaran. Orang-orang mengatakan kalau ada satu jenis lem bulmat lagi, yaitu lem yang berbentuk krim. Tapi, sejauh ini Kamini belum pernah melihatnya. Jika Anda tahu bentuk, cara menggunakan, dan merk lem bulmat krim, beritahu kami di kolom komentar, ya.

Cara Memasang Bulu Mata Palsu

Nah, setelah mengetahui jenis bulu mata palsu serta lemnya, kini Kamini akan bahas cara memasang bulu mata palsu. Untuk mengetahui caranya, baca ulasan berikut ini.

1. Pakai Riasan Mata

Pakai Riasan Mata

* sumber: wickedying.com

Cara memasang bulu mata palsu yang benar adalah dengan mengaplikasikan riasan mata terlebih dahulu. Tidak mungkin Anda menggunakan false lashes dulu baru makeup-an. Pakai semua riasan mata yang Anda inginkan. Eyeshadow, eyeliner, glitter, pokoknya apa pun yang Anda ingin pasang di mata, selesaikanlah semuanya sebelum memasang bulmat palsu.

Jangan lupa untuk mengeriting bulu mata asli Anda menggunakan eyelash curler alias pini, lalu membubuhkan maskara. Guna maskara adalah untuk melentikkan dan menegakkan bulu mata asli. Selain itu, maskara juga akan menyapu sisa eyeshadow yang tidak sengaja bersarang di bulu mata. Kalau semuanya sudah Anda lakukan, baru Anda bisa move ke langkah selanjutnya.

2. Pilih Bulu Mata

cara memasang bulu mata palsu Pilih Bulu Mata

* sumber: www.voguelashes.co.za

Sekarang waktunya Anda memilih mau pakai bulmat palsu yang mana. Kalau jenis single lashes dan cluster lashes sebaiknya tidak perlu Anda pikirkan. Karena, jenis single lashes hanya dipakai untuk lashes extention, sedangkan cluster lashes lebih rumit digunakan.

Karena Anda masih pemula, bisa-bisa Anda menghabiskan banyak waktu hanya untuk menanam bulu mata. Jadi, pilihannya hanya ada strip lashes, 3/4 lashes, dan magnetic lashes saja.

3. Sesuaikan Ukuran

Sesuaikan Ukuran

* sumber: www.maridah.com

Kekurangan bulmat jenis strip adalah ukurannya universal, padahal ukuran kelopak mata setiap orang berbeda-beda. Makanya akan dibutuhkan gunting untuk menyesuaikan ukuran bulmat dengan mata setiap orang.

Jadi, jika bulu mata palsunya terlalu panjang untuk kelopak mata Anda, gunting lah ujung bulu mata yang paling luar (biasanya yang bulunya lebih panjang). Potong sedikit demi sedikit supaya tidak kependekan.

4. Tekuk Bulu Mata

Tekuk Bulu Mata

* sumber: pampadour.com

Pada dasarnya bulmat palsu yang baru sudah melengkung dari sananya. Jadi, Anda bisa langsung mengoleskan lem dan menggunakannya. Tapi, jika bulu mata palsunya sudah beberapa kali digunakan dan tidak disimpan dengan baik, biasanya bentuknya jadi berubah.

Untuk itu, sebelum digunakan, bersihkan terlebih dahulu sisa lem yang menggumpal dari bulmat palsu Anda. Jika sudah bersih, tekuk bulu mata Anda seperti pada gambar. Diamkan selama beberapa saat sampai bentuk bulu mata jadi melengkung kembali. Baru, setelah itu Anda bisa mengaplikasikan lem pada bulmat.

5. Oleskan Lem

Oleskan Lem

* sumber: www.youtube.com

Cara memasang bulu mata palsu yang selanjutnya adalah dengan mengoleskan lem pada bulu mata. Di atas tadi Kamini telah memberi tahu Anda jenis lem bulu mata. Terserah pada Anda, lebih suka pakai lem latex atau liquid. Tapi, memang yang lebih gampang dipakai adalah latex adhesive.

Latex adhesive cenderung lebih cepat kering, jadi lebih memudahkan penggunaan bulu mata. Oleskan latex adhesive tipis-tipis pada garis bulu mata, lalu biarkan setengah mengering. Jika sudah, maka Anda bisa melakukan step selanjutnya.

6. Siapkan Mata

Siapkan Mata

* sumber: thebloomincouch.blogspot.co.id

Prepare your eyes! Memasang bulu mata mungkin agak sedikit “menggelitik” untuk beberapa orang. Apalagi jika mata Anda mudah berair. Belum juga bulu mata palsu mendekat ke kelopak, mata Anda sudah bajir air mata. Untuk itu, siapkanlah tisu untuk mengelap air mata sebelum jatuh dan melunturkan makeup Anda.

Bercerminlah, karena tidak mungkin Anda bisa menempatkan bulu mata palsu secara pas tanpa bantuan cermin. Buka mata Anda jadi 1/2, lalu lihat ke cermin dengan cara melihat ke bawah melewati hidung.

Angkat kelopak mata atas Anda menggunakan tangan yang tidak memegang bulu mata. Ini akan memudahkan pemasangan bulu mata palsu. Anda bisa memasangnya langsung pakai jari atau pun alat pencapit yang bisa Anda beli di Bukalapak lewat link ini.

7. Pasang!

Siapkan Mata

* sumber: www.youtube.com

Paskan letak bulu mata dengan garis kelopak mata Anda, tapi jangan langsung ditempelkan. Mulailah menempelkan dari sudut dalam mata (yang dekat hidung). Terus geser ke bagian tengah dan ekor mata. Jangan langsung mengedipkan mata, biarkan mata tetap 1/2 terbuka selama kurang lebih 1-2 menit agar lem mengering dengan baik.

Anda bisa menjepit bulu mata Anda agar melekat lebih baik. Tapi, jangan menggunakan pini biasa, ya. Gunakanlah curler lashes khusus untuk bulu mata palsu yang ukurannya 1/4 dari pini biasa. Anda bisa menemukan produk tersebut di Bukalapak lewat link ini.

8. Memasang Bulu Mata Individual

Memasang Bulu Mata Individual

* sumber: www.more.com

Cara memasang bulu mata palsu satuan adalah dengan menggunakan capitan. Rasanya tidak mungkin jika Anda menggunakan jari sendiri karena bentuk lashes ini sangat kecil. Pertama-tama, lihatlah bulu mata alami Anda, bagian mana yang kiranya perlu diisi. Setelah itu, mulailah dari ekor mata (bagian terluar), maju terus hingga ke bagian dalam (dekat hidung).

9. Memasang Bulu Mata Magnetik

Memasang Bulu Mata Magnetik

Seperti yang tadi Kamini bahas di atas, bulu mata magnetik dipasang dengan cara menjepit bulu mata asli Anda. Sistemnya sama seperti hair extention atau hair clip. Tapi, ini medianya menggunakan magnet.

Pertama-tama, pasang magnetic lashes pada ekor mata bagian atas. Setelah itu, pasang lagi magnetic lashes tepat di bawah bulmat yang pertama. Jepit bulu mata asli Anda menggunakan magnetic lashes tersebut.

Banyak orang beralih ke magnetic lashes karena pemasangan dan pelepasannya lebih mudah. Sekarang Anda bisa membeli magnetic lashes di toko kecantikan atau pun secara online, loh! Magnetic lashes dalam berbagai merk, ukuran, panjang, dan model bisa Anda beli di toko online terpercaya Bukalapak melalui link ini.

10. Melepas & Menyimpan Bulu Mata

Melepas & Menyimpan Bulu Mata

* sumber: www.vincentlongo.com

Banyak orang yang langsung melepas bulu mata menggunakan jari. Cara itu sebenarnya sangat salah. Karena, selain sakit, cara itu dapat membuat bulu mata asli jadi rontok. Cara itu juga akan merusak tekstur bulu mata palsu Anda. Sebaiknya gunakanlah cotton bud. Celupkan cotton bud di eye make up remover, baby oil, atau minyak apa pun yang bisa digunakan untuk kecantikan.

Gosokkan cotton bud pada bulu mata Anda yang ada lemnya. Nanti lemnya akan terlepas sedikit demi sedikit, baru Anda bisa menarik bulu mata palsu tanpa menyebabkan masalah. Jangan lupa membersihkan sisa lem dan maskara yang menempel pada bulu mata palsu. Lalu, langsung simpan kembali bulu mata palsu di tempatnya supaya tidak berdebu dan tidak berubah bentuk.

Jika semuanya masih membingungkan untuk Anda, mungkin video tutorial cara memasang bulu mata palsu dari beauty guru ini dapat membantu Anda:

Itu dia 10 cara memasang bulu mata palsu untuk pemula dari Kamini. Selain cara memasang, kami juga memberi tahu Anda sedikit mengenai jenis bulu mata, jenis lem, dan cara menyimpan bulu mata agar bisa dipakai berkali-kali. Untuk mengetahui merk bulu mata yang bagus dan sedang ngehits, baca artikel ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

4 pemikiran pada “10 Cara Memasang Bulu Mata Palsu yang Mudah untuk Pemula”

  1. Info yang sangat menarik, terima kasih

    • Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi Kamini.id. ?

  2. Gimana cara pesan lem bulu mata yg Bagus

    • Coba dicari di toko-toko kecantikan.

Tinggalkan komentar