Kamini.id / Kutu Rambut / Ini Dia Cara Cepat Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Ini Dia Cara Cepat Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Salah satu masalah yang sering timbul pada rambut kepala adalah kutu. Kutu rambut ini akan membuat kepala terasa gatal sehingga kita harus terus menggaruknya. Lama-kelamaan, garukan tersebut akan membuat kulit kepala terkelupas sehingga memicu timbulnya masalah rambut lainnya seperti ketombe.

Nah, bagi Anda yang memiliki masalah kutu rambut tersebut, kali Kamini akan mengulas cara membasmi kutu rambut dengan cara yang alami. Namun sebelumnya mari kita bahas terlebih dahulu penyebab timbulnya kutu rambut tersebut.

Apa Itu Kutu Rambut?

Apa Itu Kutu Rambut

Kutu rambut sendiri paling banyak terjadi pada anak-anak. Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat mereka masih susah terkontrol dalam hal kebersihan rambutnya. Namun kutu rambut ini juga tidak menutup kemungkinan untuk terjadi pada orang dewasa, terutama yang jarang merawat rambutnya.

Kutu rambut merupakan parasit yang hidup dan menghisap darah dari kulit kepala manusia. Hisapan darahnya tersebut dapat membuat kulit terasa gatal, sama seperti ketika kita digigit nyamuk. Kutu rambut juga dapat terbang sehingga ia bisa berpindah ke rambut orang yang berinteraksi dengan penderitanya.

Kehadiran kutu rambut ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kutu rambut betina biasanya akan bertelur hingga 6 buah per harinya. Seminggu kemudian telur tersebut akan menetas dan menambah populasi kutu rambut di kepala Anda.

Penyebab Kutu Rambut

Penyebab Kutu Rambut

Terdapat banyak faktor yang bisa menyebabkan kutu rambut hinggap di kepala kita, mulai dari masalah kebersihan hingga kesalahan penggunaan kosmetik. Nah, berikut adalah beberapa penyebab yang biasanya mengundang kutu rambut tersebut:

  • Kurang menjaga kebersihan rambut.
  • Interaksi dengan orang yang memiliki kutu rambut.
  • Menggunakan sisir dan handuk yang digunakan oleh penderita kutu rambut.
  • Menggunakan produk kosmetik rambut yang salah.

Poin-poin di atas hanyalah sebagian faktor penyebab kutu rambut. Masih banyak hal yang bisa menyebabkan parasit ini menyerang kulit kepala Anda. Kunjungi artikel penyebab kutu rambut berikut untuk mengetahui lebih dalam mengenai asal muasalnya.

Produk untuk Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Ingin menghilangkan kutu rambut secara cepat? Anda bisa menggunakan sejumlah produk tertentu. Produk ini memang dirancang untuk mengatasi kutu rambut dan telurnya secara instan. Yuk, cari tahu produk yang bisa Anda pakai untuk membasmi kutu rambut maupun telurnya.

  • Obat Kutu Rambut

Obat Kutu Rambut

Dewasa ini, Anda tidak perlu panik ketika ada kutu yang bersarang di rambut. Pasalnya, sudah banyak obat kutu rambut yang dijual di pasaran. Bahkan, tersedia juga obat kutu rambut yang diformulasikan untuk anak-anak. Temukan obat terbaik untuk atasi kutu rambut dan telurnya dalam artikel obat penghilang kutu rambut.

  • Alkohol

Alkohol

Alkohol 70 persen bisa membantu Anda membasmi kutu rambut dan telurnya. Senyawa isoprofil yang terdapat di dalam alkohol lah yang bertindak untuk membasmi kutu rambut. Namun, jika ada luka di kulit kepala sebaiknya urungkan menggunakan alkohol karena kulit kepala akan terasa perih.

Cara menggunakannya adalah tuang alkohol di telapak tangan lalu usapkan ke kulit kepala sambil diberi pijatan ringan. Setelah 30 menit, sisir rambut untuk membuang kutu dan telurnya. Kemudian, lanjutkan dengan keramas pakai shampo.

  • Cuka

Cuka

Tingkat keasaman yang tinggi pada cuka mampu membasmi kutu rambut dan telurnya. Namun, Anda juga harus waspada karena keasaman cuka juga bisa membuat kulit kepala terasa perih.

Campurkan 2 sdm cuka dengan 2 sdm minyak kelapa (VCO). Usapkan larutan ini ke kulit kepala dan rambut. Tutup rambut dengan shower cap, lalu Anda bisa langsung tidur. Keesokan harinya, hilangkan sisa cuka di rambut dengan mencuci rambut menggunakan shampo.

  • Sisir Serit

Sisir Serit

Satu lagi “senjata” ampuh untuk menghilangkan kutu dan telur di rambut, yakni sisir serit. Ini merupakan jenis sisir dengan gerigi yang sangat rapat. Jarak antara gigi hanyalah 0,2mm saja. Gigi sisir yang sempit ini mampu mengangkut kutu dan telur dari rambutmu. Basahi rambutmu terlebih dahulu, kemudian sisir dengan sisir serit.

Gunakan produk-produk di atas untuk menyingkirkan kutu rambut dan telurnya secara cepat. Jangan biarkan kutu rambut bersarang pada rambut Anda dalam jangka lama, segera hilangkan kutu dan telurnya tersebut.

Bahan Alami Pembasmi Kutu Rambut

Selain produk yang bisa menghilangkan kutu rambut secara instan, ada juga bahan-bahan alami yang dipercaya dapat membasmi kutu rambut maupun telurnya. Yuk, intip daftar bahan alami pembasmi kutu rambut di bawah ini.

  • Jus Lemon

cara memutihkan gigi lemon

Buah lemon memiliki sifat asam yang cukup kuat sehingga tidak disukai oleh kutu rambut. Maka dari itu untuk resep pertama ini Anda cukup mengambil beberapa buah lemon segar kemudian dibuat menjadi jus. Selanjutnya silahkan basuh rambut Anda dengan jus lemon tersebut. Diamkan selama 30 menit lalu basuh dengan menggunakan air hangat.

  • Bawang Merah

bawang merah

Tidak hanya berfungsi sebagai penyedap masakan, bawang merah juga ternyata dapat membunuh kutu rambut. Menurut penelitian, bawang merah memiliki banyak kandungan sulfur yang dapat meracuni kutu-kutu pada rambut Anda.

Untuk membuat ramuan bawang merah ini pertama-tama siapkan 4 sampai 5 siung bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci bersih. Selanjutnya, blender bawang merah tersebut hingga berubah menjadi seperti pasta yang kental.

Taruh pasta tersebut di dalam kain lalu perah hingga airnya keluar. Nah, sekarang oleskanlah air perasan tersebut pada kulit kepala hingga merata. Setelah itu tutup dengan shower cap dan diamkan selama 2 jam. Terakhir, bersihkan rambut dan kulit kepala dengan air hangat. Lakukanlah ritual ini setiap seminggu sekali hingga kutu rambut binasa.

  • Minyak Zaitun

Minyak Zaitun dan Minyak Jojoba

Minyak zaitun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah untuk menghilangkan kutu rambut. Minyak ini juga sangat mudah didapat atau dibuat sendiri oleh Anda.

Untuk mengobati kutu rambut ini, Anda hanya tinggal mengoleskan minyak zaitun secara merata ke setiap helai rambut ketika akan tidur. Setelah itu tutuplah dengan shower cap lalu usahakan tidur pada posisi telentang. Pada pagi harinya, silahkan basuh dengan air bersih. Selain menghilangkan kutu, rambut Anda juga akan semakin cantik dengan melakukan ritual ini.

  • Minyak Kelapa

Minyak Kelapa Murni (VCO) yang Bagus Untuk Kecantikan

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga ternyata berkhasiat untuk menyingkirkan kutu dari rambut Anda. Cara menggunakannya juga sama, Anda hanya tinggal membalurkan minyak kelapa secara merata ke berbagai lapisan rambut sambil memijatnya.

Setelah itu, silahkan tidur sambil menutupnya dengan shower cap. Di pagi harinya, silahkan cuci rambut Anda hingga bersih dengan air dan shampo. Lakukanlah ritual ini secara rutin hingga kutu di rambut Anda benar-benar habis tak tersisa.

  • Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis

perasan jeruk nipis

Cara membasmi kutu rambut yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kombinasi antara minyak kayu putih dan juga jeruk nipis. Pertama-tama, siapkan dua buah jeruk nipis lalu peras airnya ke dalam wadah. Tambahkan 6 sendok makan kayu putih lalu aduk hingga tercampur merata.

Selanjutnya balurkan campuran tersebut secara merata ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 2 jam lalu bersihkan rambut Anda dengan air dan shampo.

  • Lidah Buaya

manfaat lidah buaya untuk rambut

Kurang lengkap rasanya jika membahas kesehatan rambut tanpa menyinggung lidah buaya. Lidah buaya merupakan tanaman serba guna yang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan rambut, termasuk untuk membasmi kutu rambut.

Caranya, ambil satu batang lidah buaya yang sudah tua dan berwarna hijau gelap lalu cuci dan belah menjadi dua bagian. Selanjutnya gosokkan lidah buaya tersebut langsung ke rambut secara merata hingga gelnya mengenai kulit kepala.

Pijatlah kulit kepala selama beberapa saat agar gelnya semakin merata dan terserap dengan baik. Selanjutnya diamkan selama 2 hingga 3 jam. Setelah itu, silahkan bersihkan rambut Anda dari gel lidah buaya tersebut dengan cara keramas.

  • Daun Sirsak

manfaat daun sirsak 2

Resep selanjutnya adalah dengan menggunakan daun sirsak. Caranya ambil beberapa helai daun sirsak lalu rebus di dalam air secukupnya. Bersihkan rambut Anda dengan air dingin lalu keramaslah dengan menggunakan air rebusan daun sirsak tersebut.

Cara Mencegah Kutu Rambut

Cara Mencegah Kutu Rambut

Jika kutu rambut di kepala Anda sudah menghilang, maka selanjutnya kita harus mencegahnya agar tidak muncul kembali. Nah, berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan:

  • Rawat kebersihan rambut secara rutin.
  • Hindari kontak rambut langsung dengan penderita kutu rambut.
  • Jangan menggunakan sisir, handuk, topi, dan benda lainnya yang digunakan di kepala penderita kutu rambut.
  • Gunakan kosmetik rambut yang terpercaya dan cocok untuk rambut Anda.

Nah itulah beberapa cara membasmi kutu rambut beserta penyebab dan tips mencegahnya agar tidak timbul kembali. Semoga bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa untuk selalu menjaga dan merawat kesehatan rambut Anda.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. terima kasih atas infonya dalam penanganna kutu pada rambut

    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi website Kamini.id. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!