Kamini.id / Jaket Kulit / 5 Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu dengan Mudah

5 Cara Membedakan Jaket Kulit Asli dan Palsu dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Juli 2019

Siapa di sini yang berencana membeli jaket kulit? Sebagai jenis pakaian premium, jaket kulit sangat diminati oleh banyak orang karena dengan memakainya bisa terlihat stylish. Sayangnya, produk pakaian populer ini memiliki banyak imitasi di pasaran sehingga Anda harus waspada sebelum membeli salah satunya.

Jaket kulit asli pastinya terbuat dari bahan alami yang terbuat dari kulit hewan. Harga jual jaket kulit asli cukup mahal dan tidak semua orang mampu membelinya. Selain diproduksi oleh perusahaan besar, jaket kulit asli juga banyak yang diproduksi oleh perajin rumahan yang kualitasnya tidak jauh berbeda dengan buatan pabrik.

Apakah jaket kulit asli dan palsu bisa dibedakan? Tentu saja bisa. Anda dapat mengetahui keaslian suatu jaket kulit dengan beberapa cara, seperti dari labelnya, teksturnya, hingga aromanya. Berikut ini kami akan menjabarkan 5 cara membedakan jaket kulit asli dan palsu dengan mudah.

1. Cek Label Jaket Kulit

Cek Label Jaket Kulit

Ini adalah cara pertama yang bisa dipakai untuk membedakan jaket kulit asli dan palsu dengan mudah. Pabrikan jaket kulit asli pasti akan menyertakan tag atau label pada produk mereka. Label tersebut biasanya bertuliskan “Kulit Asli 100%” atau “Kulit Asli”. Sebaliknya jika Anda tidak menemukan label apapun pada jaket kulit yang ingin dibeli, Anda harus waspada kalau itu produk palsu.

Selain label bahan, Anda juga harus memeriksa label harga. Jaket kulit yang asli pastinya dijual dengan harga yang cukup mahal di mana tidak semua orang mampu membelinya. Anda dapat membuka situs resmi perusahaan pembuat jaket kulit untuk mengetahui dengan pasti harga jual produk mereka.

Jika Anda menemukan perbedaan harga yang cukup jauh antara label jaket kulit online dan offline, Anda juga berhak berasumsi bahwa itu bukan kulit asli. Apalagi di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, tidak sedikit produk-produk asli diimitasi semirip mungkin hingga sulit dibedakan.

Mengandalkan label saja bisa cukup berisiko untuk Anda. Oleh karena itu, Anda masih dapat mempertimbangkan hal-hal lainnya sebelum membeli jaket kulit.

2. Teliti Jaket Kulit Baik-Baik

Teliti Jaket Kulit Baik-Baik

Jika Anda sudah berpengalaman dalam jual beli jaket kulit, Anda pasti sudah mengetahui karakteristik jaket kulit dengan baik. Namun, jika Anda baru pertama kali membelinya, Anda perlu meneliti baik-baik produk jaket kulit yang diinginkan.

Jaket kulit asli dijahit dari bahan alami yang terbuat dari kulit binatang asli. Struktur permukaannya tidak akan sepenuhnya seragam, sehingga Anda masih dapat melihat ketidaksempurnaan padanya. Jangan khawatir jika Anda menemukan hal ini karena itu adalah pertanda baik dalam produk kulit.

Sedangkan jaket kulit palsu terbuat dari kulit sintetis yang umumnya memiliki permukaan yang seragam. Pola tekstur yang sangat teratur dan merata adalah tanda bahwa itu produk buatan mesin.

3. Raba Permukaan Jaket Kulit

Raba Permukaan Jaket Kulit

Hal yang perlu Anda ingat adalah kulit asli dapat terasa kasar atau halus, tergantung pada kualitas dan jenisnya. Meskipun halus, permukaan jaket kulit asli tidak akan terasa sangat halus. Jika Anda menekan permukaan jaket kulit dengan jari, maka hasilnya akan meregang dan sedikit keriput seperti kulit.

Sebaliknya permukaan jaket kulit palsu akan terasa sangat halus mirip seperti plastik, juga terasa dingin dan tidak alami. Jika Anda menekan permukaannya dengan jari, jaket kulit palsu biasanya tidak menghasilkan regangan atau kerutan. Saat ditekan, jaket kulit berbahan sintetis tetap mampu mempertahankan bentuknya.

Sekali lagi perlu diingat bahwa tekstur kulit asli juga umumnya tidak konsisten karena hal itu alami dan sulit untuk diatur.

4. Cium Baunya

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Produk kulit asli memiliki aroma khas yang tidak dapat ditiru oleh kulit sintetis. Aromanya terasa alami dan organik layaknya kulit, sehingga hal itu tidak dapat dibuat secara akurat dengan tangan manusia.

Sulit untuk menggambarkan dengan rinci bagaimana bau dari kulit asli, tetapi kulit imitasi berbau seperti plastik. Jika Anda mencium aroma kimia pada jaket kulit dan produk kulit lainnya yang akan dibeli, Anda berhak waspada bahwa itu menggunakan material kulit sintetis.

Agar dapat membedakan jaket kulit asli dan palsu dari aromanya dengan mudah, Anda dapat berlatih mencium bau produk kulit asli yang telah Anda miliki, sehingga nantinya terbiasa dengan aroma khas kulit asli.

5. Periksa Tepiannya

Periksa Tepiannya

Indikator keaslian jaket kulit dan produk-produk kulit lainnya juga dapat dilihat dari tepiannya. Kulit palsu biasanya memiliki tepian yang sempurna dan halus yang terasa seperti plastik. Sebaliknya tepian kulit asli terasa lebih alami dan kasar. Jadi, periksa tepian jaket kulit yang akan Anda beli untuk lebih memastikan bahwa itu produk asli.

Nah, itulah beberapa cara membedakan jaket kulit asli dan palsu yang dapat Anda terapkan sewaktu membeli pakaian ini. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda terhindar dari produk palsu, khususnya ketika Anda akan membeli jaket kulit bukan di toko resmi pembuatnya.

Saat ini Anda dapat dengan mudah membeli jaket kulit impian secara online. Namun, Anda tetap perlu waspada dengan barang palsu. Sebelum membelinya secara online, lihat dulu apakah reputasi toko onlinenya bagus atau tidak, terpercaya atau tidak.

Periksa juga apakah mereka mendukung penukaran barang atau tidak. Cobalah untuk sebijak mungkin sebelum membeli jaket kulit secara online karena resiko mendapatkan barang palsu jauh lebih besar. Membaca ulasan-ulasan mereka yang sudah membeli bisa cukup membantu menentukan kualitas toko yang menjualnya.

Jika Anda tertarik membeli jaket kulit secara online, kami menyarankan untuk mendapatkannya di Bukalapak. Di sana tersedia berbagai macam jaket kulit asli dengan harga yang bervariasi. Tersedia juga berbagai model jaket kulit sintetis dengan harga yang lebih terjangkau. Cukup klik di sini untuk mendapatkan produk jaket kulit yang Anda inginkan.

Catatan:

Harga jual jaket kulit asli dan palsu bisa sangat jauh berbeda. Harga sebuah jaket kulit asli biasanya menyentuh angka jutaan, sedangkan jaket kulit sintetis ada di kisaran ratusan ribu. Carilah toko yang jujur dan terpercaya sebelum siap membeli jaket kulit secara online.

Jaket kulit yang sudah Anda beli suatu saat bisa kotor dan perlu dibersihkan. Berikut adalah sedikit tips membersihkan jaket kulit dengan mudah:

  • Jangan pernah menggunakan pembersih berbasis amoniak atau pemutih karena hal itu dapat merusak jaket kulit Anda.
  • Cairan tersebut bisa merusak lapisan jaket kulit Anda, membuatnya kering dan retak.
  • Jangan menggunakan terlalu banyak air saat proses pembersihan, karena jaket kulit bisa lebih bernoda.
  • Gunakan lap yang lembut untuk menghilangkan noda pada permukaan jaket kulit dengan mencelupkannya dulu ke dalam cairan pembersih.
  • Siapkan lap lembut yang kering untuk menyerap kelebihan air pada jaket kulit.
  • Hindari penggunaan benda-benda tajam karena dapat merusak jaket kulit kesayangan Anda.

Tips membersihkan jaket kulit secara lengkap dapat Anda baca di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar