Kamini.id / Sepatu / 10 Cara Termudah Membedakan Sepatu Nike Ori dan KW

10 Cara Termudah Membedakan Sepatu Nike Ori dan KW

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Agustus 2019

Sepatu merupakan salah satu bagian terpenting dari penampilan yang harus selalu kita perhatikan agar terlihat menarik dan lebih percaya diri. Fungsi utama dari sepatu adalah melindungi kaki dari benda tajam agar tidak terluka. Sementara fungsi lain sepatu yaitu sebagai pelengkap busana agar terlihat fashionable.

Semakin hari semakin banyak produk sepatu baru dengan menghadirkan desain yang keren dan tentu saja semakin fresh menyesuaikan dengan perubahan zaman. Beberapa brand sepatu mendunia berkat kualitasnya yang super dan disukai banyak orang. Salah satu Brand sepatu yang sudah mendunia adalah Nike.

Nike ini adalah brand sepatu yang sangat populer dan disukai hampir oleh setiap orang di berbagai penjuru dunia berkat kualitasnya yang sangat baik. Selain itu, desain sepatu yang dikeluarkan oleh Nike selalu terlihat menarik sehingga tak heran produk sepatu dari Nike ini menjadi buruan para pencinta Fashion di dunia.

Saking populernya, sepatu Nike ini banyak ditiru oleh perusahaan sepatu lain, lho! Banyak perusahaan yang membuat sepatu Nike KW atau palsu hanya untuk mengambil keuntungan dengan memanfaatkan nama brand Nike yang sudah besar ini!

Maka dari itu, jika kamu hendak membeli sepatu Nike dengan kualitas terbaik dan original, ketahui terlebih dahulu cara membedakan sepatu Nike original dengan sepatu Nike palsu! Mau tahu bagaimana cara membedakan kedua sepatu ini? Simak poin-poin yang akan dibahas Kamini di bawah ini.

1. Cek Profil Seller

Cek Profil Seller

* sumber: hudson.com.mt

Hal yang pertama kali harus kamu lakukan untuk memastikan apakah sepatu Nike yang akan kamu beli merupakan sepatu yang original atau malah merupakan brand palsu adalah mengecek profil dari seller atau penjual sepatu itu sendiri. Cek profil seller ini dapat kamu lakukan secara online ataupun offline.

Cara cek profil seller dalam transaksi online adalah membaca feedback dari para buyer yang sudah melakukan transaksi sebelumnya. Biasanya para buyer akan memberikan penilaian terhadap barang yang sudah mereka beli. Penilaian ini menjadi salah satu tolak ukur apakah seller tersebut menjual sepatu Nike original atau KW.

Sementara untuk cek profil seller secara offline kamu dapat mengunjungi toko yang bersangkutan. Biasanya toko sepatu Nike original memiliki logo Nike yang dipajang secara khusus, sementara sepatu Nike KW biasanya dijual pada toko sepatu random menyatu dengan berbagai merek sepatu lainnya.

2. Lihat Harga

Lihat Harga

* sumber: www.cnbc.com

Jika sewaktu-waktu kamu menemukan sepatu Nike dengan harga yang murah jauh dari harga sepatu Nike pada umumnya, jangan mudah tergiur dulu karena bisa jadi sepatu tersebut merupakan barang KW atau palsu! Harga sepatu Nike sendiri sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.

Misalnya ketika sebuah produk dari Nike ini pada umumnya dijual dengan harga 4 juta rupiah, lalu secara tiba-tiba kamu mendapati harga sepatu Nike dengan jenis yang sama seharga 600 ribu saja, bisa jadi sepatu tersebut merupakan sepatu replika yang didesain menyerupai sepatu Nike original.

Masalah perbedaan harga inilah yang sering menggiring para buyer untuk ikut terjebak membeli barang yang salah alias palsu. Maka dari itu, jangan mudah tertarik, ya pada harga sepatu dibawah rata-rata agar kamu tidak merasa dirugikan.

3. Cek Kotak Sepatu

Cek Kotak Sepatu

* sumber: www.turbosquid.com

Sepatu Nike original biasanya dibeli satu paket dengan box atau kardus sepatunya. Korak sepatu inilah yang menjadi salah satu aspek pertimbangan yang dapat kamu teliti keaslian dari sepatu. Biasanya sepatu Nike original dilengkapi box yang kokoh dan kuat lengkap dengan logo serta atribut lainnya seperti barcode.

Sementara untuk sepatu Nike KW atau palsu biasanya dijual tanpa menggunakan box. Meskipun ada beberapa yang menjual lengkap dengan box, tetapi perbedaan antara kotak sepatu Nike original dan KW ini dapat terlihat jelas. Box sepatu KW memiliki bahan tipis dan mudah rusak serta atribut berupa barcode-nya buram.

4. Perhatikan Logo dan Jahitan Sepatu

Perhatikan Logo dan Jahitan Sepatu

* sumber: bootlegculture.com

Selain pada box, kualitas jahitan serta logo juga terlihat jelas berbeda antara sepatu Nike original dengan sepatu Nike KW. Jika dilihat sepintas , tentu saja keduanya tak ada yang aneh dan terlihat nyaris sama. Akan tetapi jika diperhatikan secara lebih detail, kedua sepatu tersebut jelas-jelas berbeda.

Logo sepatu Nike original akan terlibat simetris dan nyaris sempurna. Untuk jahitan sepatunya pun terlihat sangat rapi dan simetris serta tidak terkesan berantakan. Akan tetapi sebaliknya, sepatu Nike KW atau palsu biasanya memiliki logo yang tidak simetris di beberapa bagian sisinya.

Selain itu, dari jahitannya pun terkesan berantakan dan tidak rapi bahkan beberapa di antara sepatu Nike KW ini terdapat jahitan yang rusak atau putus.

5. Cek Secara Teliti Label Detail di Kotak Sepatu

Cek Secara Teliti Label Detail di Kotak Sepatu

* sumber: shopfornike.blogspot.com

Jika diperhatikan, box sepatu Nike memiliki sebuah tulisan kecil lengkap dengan barcode di salah satu sisi box. Tulisan tersebut merupakan label detail yang berisikan informasi secara menyeluruh mengenai sepatu Nike yang ada di dalamnya. Di label detail ini kita dapat melakukan pembuktian keaslian dari sepatu Nike.

Informasi yang terdapat pada label detail ini diantaranya adalah ukuran sepatu, warna, material yang digunakan, negara pembuatan, cara merawat sepatu, barcode dan yang tak kalah penting adalah nomor SKU. Nomor SKU yang terdapat pada label detail ini harus sama dengan nomor SKU yang ada di dalam sepatu.

Jika nomor SKU yang terdapat pada label detail dan sepatu berbeda, maka bisa jadi sepatu Nike yang kamu beli merupakan barang KW atau palsu. Selain itu, sepatu Nike palsu biasanya memiliki label detail dan barcode yang tidak jelas malah nyaris tidak terbaca.

6. Cek Karet Sole Sepatu

Cek Karet Sole Sepatu

* sumber: news.nike.com

Karet sole pada sepatu merupakan salah satu bagian terpenting yang harus kita cek sebelum membelinya untuk memastikan apakah sepatu Nike tersebut original atau KW. Karet sole yang digunakan pada sepatu Nike original biasanya bertekstur rata, rapi, dan sangat lembut.

Sementara untuk karet sole pada sepatu Nike KW biasanya bertekstur kasar dengan bintik-bintik kecil di seluruh bagian karet solenya. Maka dari itu, sebelum membeli sepatu Nike, pastikanlah untuk mengecek karet solenya. Tak cukup hanya dilihat, kamu juga perlu meraba untuk merasakan teksturnya.

7. Perhatikan Kualitas Tali Sepatu

Lihat Warna Sepatu

* sumber: www.gq.com

Sepatu Nike pada umumnya memiliki tali pengikat di atasnya. Tali ini juga dapat kamu perhatikan sebagai penentu keaslian dari sepatu. Tali sepatu Nike original memiliki tekstur lembut dan kuat. Selain itu, tali sepatu Nike original tidak berbulu alias berkualitas sangat baik.

Tentu saja tali sepatu Nike original dan sepatu Nike KW berbeda karena tali sepatu Nike KW memiliki kualitas yang buruk. Talinya terkesan agak kasar serta kaku dan mudah rusak. Serat dari talinya mudah berantakan sehingga terkesan berbulu.

8. Lihat Warna Sepatu

Perhatikan Kualitas Tali Sepatu

* sumber: news.nike.com

Perbedaan warna antara sepatu Nike original dengan sepatu Nike palsu juga terlihat dengan jelas. Sepatu Nike original biasanya memiliki warna yang agak dark atau memiliki saturasi warna yang agak redup karena biasanya menggunakan bahan suede.

Sementara untuk sepatu Nike KW atau palsu biasanya didesain dengan warna yang sangat mencolok karena biasanya dibuat dengan bahan pleather yang akan membuat warna pada sepatu semakin mengilat.

9. Ketahui Tanggal Rilis Sepatu

Ketahui Tanggal Rilis Sepatu

* sumber: solecollector.com

Nike merupakan brand sepatu besar yang selalu menghadirkan variasi baru. Setiap kali Nike hendak mengeluarkan variasi baru, tentu saja Nike selalu memberikan clue atau pengumuman kapan sepatu tersebut pertama kali dirilis kepada publik.

Akan tetapi jika kamu menemukan jenis sepatu Nike yang dijual sebelum tanggal rilisnya, maka dapat dipastikan sepatu tersebut merupakan sepatu replika. Maka dari itu, untuk mendapatkan sepatu Nike original, kamu harus bersabar menunggu tanggal rilisnya secara resmi yang telah ditetapkan.

10. Ketahui Perbedaan Tekstur Sepatu

Ketahui Perbedaan Tekstur Sepatu

* sumber: ejournalz.com

Tahap terakhir untuk mengetahui perbedaan antara sepatu Nike original dan sepatu Nike KW terletak pada teksturnya. Tekstur pada sepatu Nike original biasanya lebih halus dan lembut saat diraba terlebih saat dipakai, teksturnya yang lembut akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pemakainya.

Hal tersebut tentu saja berbeda dengan tekstur yang terdapat pada sepatu Nike KW karena sepatu KW umumnya memiliki tekstur yang lebih kasar dan kaku. Selain itu perbedaan secara mencolok juga terlihat pada pola bordirnya.

Itu dia beberapa hal yang harus kamu cermati sebelum membeli sepatu Nike original agar kamu tidak merasa dirugikan karena telah membeli barang palsu. Tentu saja cara membedakan sepatu Nike original dan palsu tersebut dapat kamu lakukan dengan cara yang mudah kapan pun dan  dimanapun.

Semoga informasi mengenai cara membedakan sepatu Nike original dan KW sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi kamu yang hendak membeli sepatu Nike original. Mulai saat ini jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal di atas saat hendak membeli sepatu Nike agar kamu tidak salah beli, ya!

Kalau ingin membedakan sepatu Adidas yang real dengan yang fake, baca artikel cara membedakan sepatu Adidas ori dan KW ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar