Kamini.id / Dompet / 10 Cara Membedakan Tas dan Dompet Fossil Asli dengan Mudah

10 Cara Membedakan Tas dan Dompet Fossil Asli dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 September 2019

Fossil Group, Inc. atau yang lebih dikenal sebagai Fossil, adalah sebuah perusahaan yang mendesain dan memproduksi barang-barang fashion. Fossil ditemukan oleh Tom Kartsotis pada tahun 1984 di Richardson, Texas. Produk yang dibuat Fossil meliputi aksesoris, jam tangan, dompet, serta tas. Sekarang Kamini mau fokus pada dompet dan tasnya saja.

Tas dan dompet Fossil termasuk golongan middle end karena memang merk Fossil memiliki nama dan kualitas, tapi harganya masih jauh di bawah brand tas mewah yang terkenal di dunia seperti Chanel, Gucci, dan Loius Vuitton.

Jika dimasukkan ke daftar tas dan dompet high end, Fossil termasuk yang paling murah di antaranya. Walaupun begitu, ternyata harga Fossil yang rata-rata 1 sampai 2 jutaan itu masih tergolong mahal untuk beberapa orang.

Dari situlah bermunculan tas Fossil dupe (duplikat) alias KW-an alias palsu. Untuk itu, Anda harus tahu cara membedakan tas dan dompet Fossil asli supaya tidak salah beli. Kamini telah merangkum 10 cara mendeteksi keaslian dompet dan tas Fossil. Yuk, disimak!

10 Cara Membedakan Tas dan Dompet Fossil Asli

1. Cek Fisik

Cek Fisik cara membedakan tas dan dompet Fossil asli

Cara membedakan tas dan dompet Fossil asli paling mudah adalah dengan melihat dari penampilan fisiknya. Sebenarnya kalau Anda jeli, dengan dilihat saja sudah dapat membedakan tas atau dompet Fossil asli dan palsu. Jika dengan melihatnya saja masih kurang meyakinkan, Anda boleh meraba-raba permukaan tas dan dompet tersebut.

Semua produk Fossil terasa halus (mau bagaimana pun teksturnya), karena mereka selalu menggunakan kulit asli. Selain permukaan dompet dan tas, periksa juga benang, hasil jahitan, dan finishing-nya. Dompet dan tas Fossil asli tentu terlihat sempurna tanpa cacat.

2. Logo Luar

Logo Luar cara membedakan tas dan dompet Fossil asli

* sumber: www.leaf.tv

Sekarang, lanjutkan penelitian Anda pada logo terluar yang selalu ada di setiap produk Fossil. Logo Fossil biasanya embos. Sedangkan untuk tulisan dan font-nya suka berbeda-beda setiap produk. Tapi, pasti akan ada tulisan “Fossil” di setiap barangnya.

Karena hampir semua barang Fossil dibuat dari kulit asli, maka logo embosnya pun menggunakan kulit juga. Kadang, logo ini langsung menempel pada barang tapi ada juga yang menggunakan patch kulit seperti gambar di atas. Jika patch ini berwarna lebih gelap daripada warna dasar barangnya, lalu ketika diraba terasa lembut, kemungkinan besar barang tersebut asli.

Tapi, ada pula logo Fossil yang tidak dicetak embos dan tidak menggunakan patch kulit seperti contoh di atas. Karena, ada juga barang Fossil yang diberi logo menggunakan bahan keras berwarna kuningan dan emas (contohnya seperti cover artikel ini). Dan, tentunya tidak mungkin dompet yang ukurannya kecil ditempeli patch kulit sama seperti yang ada pada tas, kan?

3. Tag Kulit di Dalam

Tag Kulit di Dalam 

* sumber: www.leaf.tv

Setiap tas Fossil asli memiliki tag dari bahan kulit di dalamnya. Leather tag ini dijahit pada kantung bagian dalam tas. Bentuk tag kulit ini pasti kotak dan sekelilingnya dijahit rapi.

4. Statement pada Leather Tag

Statement pada Leather Tag

* sumber: id.pinterest.com

Dengan adanya leather tag di dalam tas belum menentukan apakah tas tersebut asli Fossil atau tidak. Cara membedakan tas dan dompet Fossil asli yang selanjutnya adalah dengan membaca tulisan yang ada pada leather tag tadi. Setiap tag kulit di tas Fossil asli pasti tertulis:

Fossil (1984)

All Fossil products are handcrafted from the finest top grain leathers available

Genuine Fossil Product

(serial number)

Serial number tas Fossil asli tidak mungkin ada yang sama satu sama lain. Jadi, kalau Anda menemukan toko yang menjual tas Fossil dengan nomor seri yang itu-itu saja, Anda patut mencurigainya.

Perhatikan juga kualitas leather tag tersebut, apakah dari kulit asli atau tidak. Lalu, cek juga apakah kalimat di atas ada typo-nya atau tidak. Kalau ada pengejaan yang salah, pasti tas itu KW, tidak perlu diragukan lagi.

5. Cek Nomor Seri

Cek Nomor Seri

* sumber: www.leaf.tv

Seperti yang sudah Kamini katakan di atas, setiap serial number tas Fossil pasti berbeda-beda. Perbedaannya terletak dari tipe tas. Jadi, untuk tas yang satu tipe dan satu produksi akan sama nomor serialnya. Untuk mengecek apakah tas yang sedang Anda teliti asli atau palsu, masukkan saja nomor serinya di kolom pencarian internet.

6. Lihat Bagian Dalam

Lihat Bagian Dalam

* sumber: www.leaf.tv

Cara membedakan tas dan dompet Fossil asli selanjutnya adalah dengan melihat tas bagian dalamnya. Biasanya Fossil menggunakan kain yang terasa lembut ketika disentuh. Di kain tersebut tercetak tulisan Fossil 1984. Kain ini juga terlihat berkilau karena menggunakan teknik sheen finish.

7. Ritsleting

Ritsleting cara membedakan tas dan dompet Fossil asli

Zipper atau ritsleting dompet dan tas Fossil original pasti ada tulisan “Fossil”-nya. Kecuali, jika Anda mengacu pada produk Fossil yang dulu-dulu, karena dulu ritsletingnya memang belum diberi logo. Tapi, kalau produk Fossil yang baru-baru pasti seperti ini semua ritsletingnya.

8. Gantungan

Gantungan Kunci

* sumber: www.leaf.tv

Ciri khas brand Fossil adalah selalu memberikan gantungan berbentuk kunci pintu zaman dulu. Di gantungan tersebut tertulis logo Fossil dan tahun 1984 (tidak selalu ada). Gantungan ini umumnya terbuat dari kuningan, namun ada juga yang terbuat dari kayu dan kulit.

9. Jangan Tertipu Harga Murah

Jangan Tertipu Harga Murah

* sumber: fjb.kaskus.co.id

Ini adalah tips supaya Anda tidak salah beli Fossil yang palsu. Perlu Anda ketahui kalau harga pasaran dompet dan tas Fossil pasti di atas 1 juta. Kalau pun kurang dari 1 juta, tidak akan terlalu jauh harganya. Jadi, jangan pernah tergiur dengan embel-embel diskon besar yang membuat harga produk Fossil jadi hanya ratusan ribu saja.

Karena, perkiraan diskon yang paling wajar dari produk Fossil asli hanya sebesar 30% saja. Jika ada produk yang diskon hingga 50% – 70% maka bisa dipastikan produk tersebut palsu. Supaya lebih pasti, cek terlebih dahulu harga barang yang Anda inginkan di official website Fossil, klik link ini untuk mengunjunginya.

10. Beli di Official Store

Beli di Official Store

* sumber: www.cfshops.com

Untuk terhindar dari penipuan, Anda bisa langsung mendatangi official store Fossil di kota Anda. Biasanya toko Fossil terdapat di mall besar. Untuk Kota Bandung, official store Fossil dapat Anda temukan di Paris Van Java dan Trans Studio Mall.

Nah, itulah 10 cara membedakan tas dan dompet Fossil asli beserta tips supaya Anda tidak tertipu. Semoga dengan informasi dari Kamini di atas Anda mendapatkan produk Fossil yang asli dan berkualitas. Selamat berbelanja!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. Hai.. saya endang. Saya salah satu penyuka fossil dan koleksi fossil jiga. Mohon u tuk artikel ini ada yg bisa di revisi gambar 2 nya karena sudah tidak sesuai lagi. contoh tag dalam, no seri dan gantungan lebih baik menggunakan foto dengan kondisi saat ini. Untuk informasi saja itu tag, no seri, gambar kunci itu adalah produk fossil yang sudah sangat lama dan sudah tidak di produksi sekali. Sebagian gambar di artkel ini membingungkqn buat cust yang ingin mengecek keaslian produk tersebut. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *