Kamini.id / Ketiak / 10 Cara Membersihkan Ketiak dari Daki agar Lebih Putih

10 Cara Membersihkan Ketiak dari Daki agar Lebih Putih

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Juni 2019

Kembali lagi dengan tips kecantikan dari Kamini. Beberapa waktu lalu kami pernah membahas cara merawat ketiak. Nah, sekarang kami akan memfokuskan pada cara membersihkan ketiak dari daki. Anda pasti sudah tahu apa itu daki, yaitu kotoran yang menumpuk di dalam lapisan kulit. Jika daki dibiarkan akan terus menumpuk, hal ini lah yang membuat kulit ketiak nampak lebih hitam dan terasa tebal.

Sedangkan, siapa sih yang tidak mau punya ketiak bersih dan putih? Pasti semua orang menginginkannya, terutama dari kaum hawa. Beberapa pakaian tanpa lengan sering dibiarkan di lemari karena wanita kurang pede dengan ketiaknya yang berwarna hitam. Untuk itu, mari ketahui cara-cara membersihkan ketiak dari daki supaya terlihat lebih putih, yuk!

Cara Membersihkan Ketiak dari Daki

1. Scrub

scrub lulur

Cara membersihkan ketiak yang pertama adalah dengan scrubbing alias luluran. Body scrubbing merupakan langkah yang wajib Anda lakukan kalau ingin punya kulit yang mulus, lembut, terhidrasi, dan lebih cerah. Biasanya orang luluran saat weekend agar lebih santai. Tapi, jika Anda tak punya banyak waktu, atau ingin fokus mencerahkan kulit ketiak terlebih dahulu, Anda bisa melulur area ketiak saja dulu setiap kali mandi sore.

Kenapa? Karena saat mandi pagi orang-orang cenderung tidak punya waktu yang banyak, sedangkan mandi sore biasanya dilakukan orang-orang yang telah selesai beraktivitas, sehingga memiliki waktu yang lama untuk mandi. Tapi, sesuaikan lagi dengan jadwal kegiatan Anda masing-masing, ya.

Simpan lulur favorit Anda di kamar mandi, usahakan simpan di tube kecil supaya lebih mudah dipakai. Sebelum mandi dan membasahi tubuh dengan air, balurkan lulur pada area ketiak. Setelah itu, Anda bisa sikat gigi, mencuci muka, atau menghapus riasan wajah sambil menunggu lulur di ketiak mengering.

Setelah mengering, gosok scrub hingga membentuk butiran-butiran yang akan rontok dengan sendirinya. Jika Anda perhatikan, butiran scrub itu akan berwarna sedikit abu-abu, cokelat, atau hitam. Itu adalah daki atau kotoran dari dalam kulit yang ikut terbuang bersama butiran scrub.

Memang, scrubbing tidak akan membuat kulit ketiak jadi putih secara instan, tapi jika dilakukan dengan rutin tentu hasilnya akan terasa oleh Anda. Apakah Anda sudah tahu merk lulur badan yang bagus? Jika belum, Anda bisa membacanya di artikel ini.

2. Cuka

Cuka

* sumber: edition.cnn.com

Cuka dapur, cuka apel, atau cuka apa pun juga selain berguna sebagai penyedap masakan ternyata bisa digunakan untuk membuat ketiak jadi lebih cerah. Selain itu, cuka juga dapat menghilangkan burket alias bau ketiak.

Cara membersihkan ketiak menggunakan cuka adalah dengan mencelupkan kapas bundar atau kapas kecantikan pada cuka yang Anda punya di rumah. Tepuk-tepuk kapas tersebut pada ketiak Anda, diamkan selama 15 – 30 menit. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa juga mencampurkan cuka dengan tepung beras.

Langkah ini tidak perlu Anda lakukan setiap hari, cukup seminggu atau dua minggu sekali saja. Lalu, jangan lakukan cara ini ketika Anda baru saja cukuran atau mencabut bulu ketiak, ya, karena khawatir akan terjadi iritasi kulit.

3. Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

* sumber: gundrymd.com

Setiap orang makan jeruk, seringkali kulitnya dibuang begitu saja. Padahal, kulit jeruk (apa pun jenisnya) dapat dimanfaatkan untuk membersihkan ketiak dari daki. Caranya adalah dengan menjemur kulit jeruk hingga kering. Setelah itu, parut, tumbuk, atau blender kulit jeruk kering hingga berbentuk bubuk.

Campur bubuk kulit jeruk dengan sedikit air mawar (jika tidak ada, boleh pakai air biasa). Aduk campuran tersebut hingga jadi berbentuk pasta. Oleskan adonan pasta tersebut ke ketiak, diamkan selama 15 menit atau hingga mengering. Setelah itu, bilas ketiak dengan air bersih.

4. Baking Soda

Baking Soda cara membersihkan ketiak

Siapa yang suka memasak? Jika Anda hobi berkutat di dapur, tentu sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, baking soda. Senyawa yang termasuk kelompok garam ini sering digunakan sebagai bahan tambahan kue dan masakan. Tapi, ternyata Anda bisa mendapatkan ketiak yang lebih cerah dengan benda ini juga, loh!

Cara membersihkan ketiak dari daki menggunakan baking soda adalah dengan mencampurkan baking soda dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk adonan pasta kental. Oleskan pasta baking soda pada ketiak yang hitam dan berdaki. Diamkan hingga kering, gosok, lalu bilas dengan air bersih.

5. Apel

apel

Bukan cuma cuka apel saja yang bisa dipakai untuk mencerahkan kulit ketiak, ternyata buahnya juga bisa untuk membuat ketiak lebih cerah. Anda cukup menggosokkan potongan buah apel atau menghaluskan apel secukupnya lalu ditempelkan pada ketiak.

Tingkan keasaman dan kandungan AHA pada apel akan membunuh kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap dan pigmentasi kulit. Apel juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan daki, meninggalkan ketiak yang lebih bersih, cerah, dan tercium harum.

6. Kentang

Kentang

Cara membersihkan ketiak yang ke-6 adalah dengan memanfaatkan kentang. Anda perlu menyediakan kentang yang telah matang (bukan yang sudah dimasak, ya, tapi yang matang secara alami!). Iris kentang tipis-tipis, lalu tempelkan pada ketiak. Selain metode ini, Anda bisa juga menumbuk kentang terlebih dahulu, baru ditempelkan pada ketiak. Tertarik untuk mencobanya?

7. Minyak kelapa

Minyak Kelapa Murni cara membersihkan ketiak

Minyak kelapa yang kita kenal ada dua jenis, yaitu minyak kelapa untuk memasak dan minyak kelapa murni (VCO). Kedua jenis minyak kelapa ini bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan daki dari ketiak. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu memijat ketiak menggunakan minyak kelapa selama 10 menit. Biarkan beberapa saat hingga minyak meresap, lalu mandi seperti biasa.

Karena perawatan menggunakan minyak kelapa cenderung lama (tidak langsung memperlihatkan hasil secara instan), maka disarankan untuk melakukan perawatan ini setiap hari. Nilai plusnya, selain bebas daki, ketiak Anda akan jadi lebih lembut dan harum!

8. Kunyit

Kunyit cara menghilangkan jenggot

Jika terkena pada kulit, kunyit memang akan membuat kulit jadi berwarna kuning. Tapi, setelahnya kulit akan jadi lebih cerah dan putih. Kunyit juga dikenal sebagai tanaman obat karena dapat memulihkan kulit iritasi dengan cepat. Makanya, kunyit merupakan bahan yang sangat tepat untuk membuat ketiak jadi lebih putih dan mulus.

Caranya, siapkan bubuk kunyit atau serut kunyit utuh, lalu campurkan dengan dua sdm madu/body lotion/minyak kelapa/minyak zaitun. Aduk rata adonan tersebut, lalu balurkan pada ketiak Anda. Diamkan selama 30 menit atau hingga mengering. Setelah itu, bilas ketiak menggunakan air hangat.

9. Susu

Susu

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu merupakan benda yang sangat berguna untuk mencerahkan kulit. Anda bisa juga menghilangkan daki dan membuat ketiak jadi lebih putih dengan menggunakan susu. Caranya, campur 3 sdm susu dengan 2 sdm yoghurt, aduk rata. Setelah itu, aplikasikan pada ketiak Anda. Diamkan selama setengah jam – 1 jam, lalu bilas dengan air hangat.

Selain dapat mencerahkan kulit dan mengangkat daki, susu dan yoghurt sangat bagus untuk menghidrasi kulit yang kering. Lalu, susu dan yoghurt juga bisa “melembekkan” bulu ketiak, sehingga memudahkan dalam proses pencabutan atau pencukuran nantinya.

10. Batu Apung

Batu apung

Cara membersihkan ketiak yang terakhir dari Kamini adalah dengan menggunakan batu apung. Batu jenis ini memang sering dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, khususnya untuk mencerahkan kulit. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi batu apung dengan air, lalu gosok batu pada ketiak.

Cara menggosoknya pelan-pelan saja dengan gerakan memutar. Gosok ketiak Anda selama kurang lebih 10 menit setiap harinya. Anda bisa melakukannya saat sedang mandi. Maka dari itu, sediakan tempat khusus untuk menyimpan batu apung di kamar mandi, ya.

Nah, itulah sepuluh cara membersihkan ketiak dari daki versi Kamini. Perlu diperhatikan, sebelum Anda melakukan semua perawatan di atas, alangkah lebih baik jika Anda mandi terlebih dahulu. Kenapa? Karena kulit perlu dalam keadaan bersih terlebih dahulu sebelum mendapatkan perawatan.

Dengan begitu, kulit akan dapat meresap bahan-bahan yang digunakan lebih baik. Tentunya, hasil akhir perawatan jadi lebih maksimal, bukan? Semoga ulasan tentang tips kecantikan, khususnya ketiak, ini dapat membantu Anda. Apakah Anda punya tips lainnya untuk mengangkat daki dari ketiak? Beritahu pembaca lain di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

4 Responses

  1. Pengaplikasian baking soda biasanya di diamkan selama berapa menit ?? Terima kasih

    1. Untuk pemakaiannya, oleskan pasta baking soda pada ketiak yang hitam dan berdaki. Diamkan hingga kering, gosok, lalu bilas dengan air bersih. Terima kasih.

  2. Untuk pemakaiannya setiap hari atau cukup seminggu sekali kak … ?

    1. Bisa dilakukan setiap hari. Terima kasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *