Kamini.id / Komedo / Ini Dia Cara Membersihkan Komedo Hitam yang Paling Ampuh

Ini Dia Cara Membersihkan Komedo Hitam yang Paling Ampuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Untuk para remaja wanita khusunya atau pun bagi yang sangat memperhatikan kebersihan wajahnya, adanya komedo merupakan pengganggu. Karena munculnya bintik-bintik hitam di sekitar hidung, bisa saja menyebabkan kurang percaya diri. Maka dari itu, cara membersihkan komedo sangat wajib untuk diketahui.

Komedo merupakan kotoran yang menyumbat di pori-pori. Sel-sel kulit mati yang menumpuk atau pun minyak berlebih merupakan salah satu penyebab terjadinya komedo. Hal tersebut bisa terjadi karena kamu malas membersihkan wajah.

Jangan biarkan komedo mengganggu penampilanmu. Kamini akan membagikan berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan komedo hitam di hidung, T-Zone, dan area wajah lainnya.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam yang Optimal

cara membersihkan komedo_lelehkan komedo (Copy)

* sumber: www.bodyandsoul.com.au

Dewasa ini memang sudah  banyak produk penghilang komedo instant seperti comedo exctractor, pore strip, bahkan sudah banyak pula alat penyedot komedo berbentuk vakum. Alat-alat ini memang secara instan dapat mengambil komedo dari pori-pori, plus memberikan satisfaction tersendiri.

Akan tetapi, alat-alat tersebut sebenarnya tak cukup baik apabila terlalu sering digunakan sebagai jalan keluar permasalahan komedo. Selain kemungkinan menyebabkan iritasi, bila tidak digunakan dengan tepat, ala-alat ini tidak akan sempurna mengangkat semua kotoran dan minyak penyumbat pori.

Contohnya saja pore strip, produk ini memang secara instan mengangkat komedo. Namun ternyata pore strip tidak bekerja maksimal menghilangkan komedo hingga pori terdalam. Sehingga ada kemungkinan komedo akan muncul kembali dengan mudah setelah pengguaannya. Pore strip yang terlalu kencang juga akan beresiko mengangkat minyak esensial dan rambut halus pada kulit yang berfungsi sebagai pelindung.

Tapi jangan khawatir, Kamini memiliki beberapa opsi cara membersihkan komedo tanpa menggunakan phsycal tools saja. Karena itu, jangan sampai melewatkan pembahasan berikut, ya!

1. Lelehkan Komedo

cara membersihkan komedo_lelehkan komedo(Copy)

* sumber: www.thehealthy.com

Penggunaan pshysical tools sendiri dalam menghilangkan komedo sebaiknya tidak dijadikan opsi utama. Tapi jangan khawatir, kini sudah banyak skincare enthusiast yang menganjurkan cara lain yang lebih aman dan optimal dalam membersihkan komedo. Salah satunya yaitu ‘melelehkan komedo’.

Cara ini sebenarnya sangat mudah karena cukup menggunakan cleansing oil saja sebagai bahan utamanya. Tapi bila dilakukan secara konsisten, metode ini dapat membersihkan komedo secara optimal hingga pori terdalam dan cukup aman untuk dilakukan siapapun. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam melelehkan komedo.

  •  Longgarkan Sumbatan Pori-Pori
Cara membersihkan komedo_ kembalikan kondisi kulit(Copy)

* sumber: www.missbeautykorea.com

Langkah pertama dalam metode melelahkan komedo adalah dengan melonggarkan sumbatan pada pori. Caranya yaitu cukup dengan menggunakan kapas yang telah direndam pada air hangat, kemudian ditempelkan pada bagian wajah yang berkomedo. Diamkan beberapa saat, lalu angkat kapas tersebut.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa mengusapkan air hangat pada wajah berfungsi untuk membuka pori-pori. Well, alasan sebenarnya pengguaan air hangat ini adalah untuk melonggarkan sumbatan kotoran dan minyak pada pori-pori. Karena sudah terbukti secara ilmiah pori-pori tak bisa membuka ataupun menutup. Namun, melongarkan sumbatan pada pori-pori dengan air panas dapat membantu proses pembersihan pori menjadi lebih optimal.

  • Gunakan Cleansing Oil
cara membersihkan komedo_gunakan cleansing oil(Copy)

* sumber: bemariekorea.com

Inilah langkah highlight dari metode melehkan komedo, yaitu menggunakan cleansing oil. Sesuai dengan namanya, cleansing oil yang mana berbentuk minyak akan sangat mudah melelehkan komedo yang juga sebagaian besar merupakan sebum atau minyak. Dan, ya, minyak akan lebih mudah bercampur dengan minyak juga dibandingkan dengan air. Inilah yang mendasari metode ini sangat efektif dalam membersihkan komedo hingga bagian dalam pori.

Oleskan cleansing oil pada daerah berkomedo. Tunggu beberapa saat, lalu lakukan pijatan lembut pada daerah-daerah tersebut. Kemudian bersihkan menggunakan spons pembersih atau kapas yang telah direndam air hangat. Kamu juga bisa hanya mengulaskan air panas pada wajah menggunakan tangan bila spons ataupun kapas tidak ada. Usahakan tangan dalam keadaan bersih dan steril, ya.

  • Bersihkan Kelebihan Minyak

* sumber: www.scmp.com

Setelah melelehkan komedo dengan cleansing oil, jangan lupa untuk membersihkan kelebihan minyak yang masih berada di dalam pori-pori untuk hasil yang lebih optimal. Kamu dapat menggunakan masker berbahan charcoal pada langkah ini. Charcoal bersifat sangat baik dalam menyerap minyak. Inilah mengapa kebanyakan masker charcoal sangat baik digunakan untuk masalah kulit berminyak.

Gunakan masker charcoal pada seluruh wajah, utamanya pada daerah berkomedo. Diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Usahakan masker charcoal yang digunakan bukan berjenis peel-off agar tidak membuat kulit terlalu kering setelahnya.

  • Pulihkan Keadaan kulit

* sumber: www.skinstore.com

Setelah melalui berbagai langkah dalam metode melelehkan komedo, kembalikan kondisi kulit menggunakan gentle toner. Langkah ini sangat berguna untuk menenangkan kembali kulit dan mengembalikan kondisi kulit. Langkah ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

Gunakan gentle toner yang dituangkan pada 4-5 lembar kapas. Lalu tempelkan kapas-kapas tersebut pada daerah komedo dan area kulit yang cenderung sensitif. Lebih baik lagi apabila kamu mendinginkan kapas yang sudah dituang toner tadi ke dalam kulkas terlebih dahulu untuk efek soothing yang optimal.

  • Hidrasi Kulit

* sumber: www.rd.com

Jangan lupa untuk memberikan hidrasi pada kulit. Metode melelehkan komedo memang akan membuat wajah menjadi kering bahkan mungkin terasa rapat. Karena itu wajah memerlukan hidrasi tambahan dari luar maupun dari dalam. Segera oleskan pelembab yang menghidrasi kulit pada langkah ini. Kamu juga perlu menghidrasi kulit dari dalam tubuh dengan meminum cukup air.

Nah, itulah langkah-langah yang bisa dilakukan untuk membersihkan komedo menggunakan metode melelehkan. Metode ini bila dilakukan dengan konsisten akan menghilangkan semua komedo hitam dari hidungmu yang menganggu. Metode ini juga relatif aman untuk semua jenis kulit. Dan perlu diingat, cukup lakukan metode ini 1-2 kali dalam seminggu.

2. Gentle Exfoliation

Eksfoliasi Alami

* sumber: www.lifeluxurybeauty.com

Bila kamu tak mau ribet menggunakan metode melelehkan komedo, kamu bisa melakukan gentle exfoliation. Diantaranya dengan memilih toner dengan kandunga AHA untuk pemilik kulit berminyak, atau asam salisilat untuk pemilik kulit acne-prone. Kamu juga dapat menggunakan scrub berbahan dasar blacksugar yang dapat membersihkan pori-pori tersumbat.

Mengkombinasikan cara ini dengan metode melelehkan komedo juga boleh-boleh saja, kok. Asalkan kamu melakukannya di hari berbeda. Beri selang 1-2 hari antara menggunakan metode melelehkan komedo dengan penggunaan gentle exfoliator demi menghindarkan dari kulit yang terlalu kering dan iritasi.

3. Clay Mask

Clay Mask

Di antara beragam cara membersihkan komedo yang tersedia, penggunaan clay mask juga cara yang paling aman dan praktis. Ini merupakan masker peel off yang terbuat dari tanah liat. Tekstur masker ini cair, ketika diaplikasikan di bagian yang berkomedo masker ini lama-lama akan mengeras. Setelah wajah terasa rapat, cabut clay mask ini dari kulit.

Pada umumnya, komedo hitam dan putih akan langsung menempel pada clay mask ini. Kamu tidak perlu merasakan sakit karena memencet komedo. Di samping itu, clay mask membersihkan komedo tanpa memperbesar pori-pori kulit. Cukup gunakan cara ini 1-2 kali dalam seminggu, ya.

4. Comedo Extractor

Alat Pengambil Komedo

Kamu bisa menemukan alat ini di online shop atau toko yang menjual peralatan salon kecantikan. Bentuk dari alat pengambil komedo ini seperti spatula, tetapi ujungnya berbentuk lingkaran yang di tengah-tengahnya terdapat lubang. Alat ini dipakai untuk menekan komedo agar keluar dari pori-pori.

Tetapi sebaiknya, sebelum menggunakan alat ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk pemakaian yang benar demi mengurangi terjadinya iritasi dan ketidakmaksimalan pembersihkan komedo. Akan lebih baik lagi bila langkah ini diserahkan pada ahlinya.

5. Pore Strip

Pore Strip

Selain clay mask, ada juga produk untuk membersihkan komedo yang banyak dijual di supermarket maupun drug store, yaitu pore strip. Alat ini berupa plester yang ditempelkan ke hidung atau bagian kulit yang berkomedo. Setelah plester terasa kaku di wajah, cabut plester tersebut dan kamu akan menemukan komedo-komedo yang menempel di bagian dalam plester.

Tapi perlu diingat, penggunakan pore strip tidak akan maksimal menangkat komedo hingga bangian dalam pori. Oleh karena itu padukan penggunaan pore strip dengan gentle exfoliation agar didapatkan hasil yang maskimal. Jangan lupa hidrasi kembali area yang telah dibersihkan komedonya menggunakan pelembab. Cara penggunaan pore strip yang benar dapat kamu baca pada artikel ini.

6. Konsultasi pada Dokter

cara membersihkan komedo_konsultasi dokter

* sumber: medium.com

Ya, benar, bila kamu masih khawatir untuk membersihkan komdeo sendiri, pilihan terbaik adalah dengan pergi berkonsultasi pada dokter kulit atau dermatologist. Tentu saja para ahli kulit tersebut dapat membantumu menuntaskan masalah komedo. Kamu juga tak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan, sebab mereka sudah terlatih dan akan sangat mengerti kebutuhan kulitmu.

Nah, itulah cara-cara  yang bisa digunakan untuk mengangkat komedo dari kulit wajah. Lakukan pembersihan secara teratur setiap seminggu sekali. Untuk penggunaan komedo ekstrator (alat pengambil komedo) sebaiknya tidak dilakukan setiap hari agar pori-pori tidak membesar.

Tips Mencegah Komedo

Tips Mencegah Komedo

Di atas telah diulas beberapa cara menghilangkan komedo dengan menggunakan bahan alami yang mudah didapat.  Namun perlu diingat, membersihkan komedo juga harus dibarengi dengan pencegahannya agar komedo tidak timbul kembali. Berikut adalah hal-hal dasar yang perlu kamu lakukan agar komedo tidak kembali lagi:

1. Hindari Makanan Pemicu Minyak

Hindari makanan pedas

* sumber: www.dailymail.co.uk

Hindarilah makan-makanan yang memicu produksi minyak seperi makanan pedas dan berminyak, atau kurangi saja porsi makanan tersebut. Karena mengkonsumsi makanan yang berminyak secara berlebihan akan mengakibatkan komedo kembali lagi. Ingat juga yang telah disebutkan sebelumnya, komedo muncul karena minyak berlebih.

2. Bersihkan Wajah dengan Benar

wajah kulit muka bilas cuci

Bersihkanlah wajah dengan benar. Bila kamu tidak membersihkan wajah dengan benar,  maka sel kulit mati dan kotoran yang tersisa pada kulit lama kelamaan akan menumpuk. Penumpukan tersebut kemudian akan menyebabkan penyumbatan pori yang bisa menjadi biang komedo. Apalagi apabila kamu telah bepergian keluar rumah, karena debu-debu dan polusi yang lainnya akan menempel di wajah, maka harus dibersihkan.

Bersihkanlah makeup dengan produk pembersih makeup seperti cleansing milk, makeup remover, micellar water atau jenis lainnya. Setelah itu, bersihkan sisa makeup tadi menggunakan sabun wajah yang lembut. Ketika membersihkan, pijat pelan area wajah dan telurusi dengan jari-jemarimu sedetail mungkin agar semua kotoran dapat terangkat dengan baik.

3. Gunakan Produk yang Tepat

Melembutkan Tampilan Garis Halus & Pori-pori

Makeup memang membuat wajah kita tampil cantik. Akan tetapi seperti dikutip dari The Beauty Pixie, berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya dapat menutupi pori-pori sehingga memicu timbulnya komedo. Oleh karena itu pilihlah produk makeup yang tepat. Klaim non-comedogenic dan oil-free harus menjadi prioritas utamamu bila tidak ingin komedo kembali muncul.

Bila kamu tidak keberatan, kamu juga dapat mengurangi intensitas penggunaan makeup dan hanya menggunakan skincare saja demi menghindari penyumbatan pori-pori oleh bahan-bahan yang terkandung dalam makeup. Pokoknya, gunakan produk yang tepat dan stick with the routine that won’t clog your pores!

4. Rajin Minum Air putih

Air Putih

Air putih merupakan obat alami bagi tubuh. Selain menghindarkan tubuh dari dehidrasi, air juga dapat menawar racun dan membuat kulit menjadi sehat. Oleh karena itu, rajinlah meminum air putih minimal delapan gelas perhari untuk mencegah timbulnya komedo.

5. Banyak Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Makan Buah

* sumber: thescienceexplorer.com

Buah-buahan dan sayuran merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran terutama yang mengandung vitamin A dan E karena kedua vitamin tersebut dapat membuat kulit menjadi sehat dan bercahaya.

Ingat, pada dasarnya komedo akan terus kembali apabila kamu tidak rajin merawat atau membersihkan wajah. Memang sulit untuk terlihat cantik, namun akan menjadi kepuasan tersendiri apabila kamu mendapatkan wajah yang cantik secara alami.

Sekarang pilihan ada di tanganmu. Apakah ingin memiliki wajah bersih dan mulus atau tidak ingin repot dan membiarkan komedo itu terus bertambah? Silakan ikuti cara membersihkan komedo secara alami di atas jika kamu lebih memilih memiliki wajah bersih dan mulus.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *