Kamini.id / Kacamata / Cara Membersihkan Lensa Kacamata yang Benar dan Aman

Cara Membersihkan Lensa Kacamata yang Benar dan Aman

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kacamata yang buram atau menguning dapat mengganggu penglihatan penggunanya. Pengguna kacamata buram jadi tidak dapat fokus dalam melihat suatu objek. Namun, Anda juga tidak bisa sembarangan membersihkan kacamata. Pasalnya, kesalahan dalam membersihkan lensa kacamata dapat membuat lensa tersebut tergores atau justru meninggalkan bercak permanen.

Lantas, bagaimana cara membersihkan lensa kacamata? Apakah perlu membawa kacamata untuk dibersihkan di optik? Jawabannya tidak perlu. Anda bisa membersihkan kacamata minus, anti radiasi, maupun kacamata gaya sendiri di rumah. Yuk, simak cara membersihkan lensa kacamata yang benar dan aman dari Kamini.

Penyebab Lensa Kacamata Buram dan Kotor

Penyebab lensa kacamata buram dan kotor

Sebelum mencari tahu cara membersihkan lensa kacamata secara tepat, Anda perlu mengetahui beberapa hal yang dapat menyebabkan lensa Anda jadi buram atau kotor.

Lapisan buram pada lensa Anda sebagian besar disebabkan oleh minyak alami tubuh. Rambut dan kulit kepala yang berminyak dapat meninggalkan noda lengket dan buram pada lensa. Selain itu, sidik jari yang tidak sengaja memegang lensa juga dapat membuat lensa kacamata buram.

Tak hanya itu saja, penyebab lensa kacamata jadi buram dan kotor adalah kelembaban udara dan debu yang menempel. Jika Anda sering berpergian naik sepeda motor sambil menggunakan kacamata, maka lensa kacamata tersebut akan lebih cepat kotor.

Cara Membersihkan Lensa Kacamata yang Benar

Cara membersihkan lensa kacamata yang benar

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa lensa kacamata bisa dibersihkan dengan kain microfiber yang berada di dalam kotak kacamata. Namun, penggunaan kain microfiber saja tidak cukup untuk membersihkan lensa yang kotor. Apalagi jika kain yang Anda gunakan kering, maka lensa jadi lebih mudah tergores.

Berikut ini adalah panduan cara membersihkan lensa kacamata secara sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah:

  1. Siapkan air dingin di dalam baskom, lalu tambahkan sedikit sabun cair pencuci piring ke dalamnya
  2. Rendam kacamata selama beberapa detik sembari mengusap seluruh bagian kacamata dengan jari
  3. Bilas kacamata di bawah kran air dingin
  4. Angkat kacamata dan segera keringkan dengan kain microfiber. Jangan membiarkan kacamata kering dengan sendirinya karena hal tersebut dapat meninggalkan noda air yang mengering pada lensa
  5. Pastikan kacamata Anda benar-benar sudah kering sebelum disimpan atau digunakan kembali

Cara di atas berlaku untuk membersihkan lensa yang terbuat dari kaca maupun plastik. Lakukan pembersihan ini secara rutin setiap 1 minggu sekali. Meskipun lensa tidak terkena minyak, tapi tumpukan debu dapat menutupi lensa sehingga dapat mengganggu penglihatan Anda.

Cara Menghilangkan Goresan pada Lensa Kacamata

Cara menghilangkan goresan pada lensa kacamata

Pernahkah Anda tidak sengaja menyimpan kacamata di tas tanpa dimasukkan ke dalam kotaknya? Setelah dikeluarkan ternyata lensa kacamata sudah tergores barang-barang lain di dalam tas. Wah, goresan pada lensa tentu akan mengganggu penglihatan Anda.

Tak perlu buru-buru mengganti lensa kacamata karena Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini untuk menghilangkan goresan pada kacamata:

  1. Bersihkan lensa kacamata dengan kain microfiber untuk memastikan letak goresan pada lensa
  2. Gosokkan pasta gigi berwarna putih atau baking soda ke lensa dengan menggunakan jari, lakukan secara berulang dengan gerakan memutar. Sesudah itu segera bilas lensa dengan air bersih
  3. Keringkan lensa dengan kain lembut atau kapas, lalu cermati apakah goresan di lensa tersebut sudah hilang atau belum
  4. Apabila goresan di lensa masih ada, Anda bisa menggosok lensa dengan minyak kayu putih atau bahan khusus untuk mengkilapkan mobil
  5. Gosok dengan kain microfiber dengan gerakan yang memutar. Cara ini dapat membuat lensa kembali cerah tanpa goresan. Akan tetapi, Anda harus mengulangi cara ini secara rutin untuk memastikan lensa bebas dari goresan yang mengganggu penglihatan.

Ada banyak bahan-bahan yang bisa dipakai untuk menghilangkan goresan pada lensa kacamata. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan berikut ini untuk menghilangkan goresan di lensa kacamata.

  • Wood cleaner

Wood cleaner

Salah satu bahan yang dapat dipakai untuk menghapus goresan adalah wood cleaner, di mana bahan yang satu ini mengandung petroleum jelly yang dapat menyamarkan goresan. Semprotkan sedikit wood cleaner ke lensa kacamata, lalu gosok dengan gerakan berputar menggunakan kain microfiber. Setelah itu, bilas kacamata dengan air dingin.

  • Silver polish

Silver polish

Silver polish merupakan cairan yang dimanfaatkan untuk membersihkan aksesoris berbahan perak. Pasalnya, bahan yang satu ini dapat membuat perak kembali terlihat cerah dan mengkilap.

Cara membersihkan lensa kacamata yang tergores dengan silver polish adalah dengan menuangkan sedikit cairan ini ke kain lembut, lalu usapkan ke lensa selama beberapa detik. Ambil kain lembut yang satu lagi, lalu bersihkan sisa silver polish pada lensa.

  • Pembersih kepingan CD/DVD

DVD Cleaner

Bila Anda mengoleksi CD dan DVD, pasti Anda sudah familiar dengan cairan khusus yang biasa dipakai untuk membersihkan bagian belakang CD/DVD. Manfaat dari bahan ini adalah menghilangkan goresan halus yang membekas pada bagian belakang CD. Gunakan cairan pembersih CD dan DVD ini untuk menghilangkan goresan pada lensa.

Tips Merawat Lensa Kacamata

Tak dapat dipungkiri bahwa lensa merupakan bagian terpenting pada kacamata. Anda harus melakukan segala cara membersihkan lensa kacamata untuk menjaganya tetap bening dan nyaman digunakan. Nah, berikut ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam merawat lensa kacamata agar Anda tidak terus menerus mengganti lensa baru:

  • Gunakan pembersih khusus lensa kacamata

Gunakan pembersih khusus lensa kacamata

Meskipun banyak bahan-bahan yang bisa dipakai untuk membersihkan lensa kacamata, tapi tak ada salahnya jika Anda membeli cairan khusus untuk membersihkan lensa yang banyak dijual di optik-optik. Cairan ini juga bermanfaat untuk menjaga lapisan lensa agar tidak mudah terkelupas.

  • Selalu gunakan kain yang lembut

Selalu gunakan kain yang lembut

Berpikir untuk memakai handuk saat membersihkan atau mengeringkan lensa? Hindari pikiran tersebut karena handuk memiliki serat yang kasar dan dapat menorehkan goresan pada lensa. Selalu gunakan kain halus seperti microfiber untuk membersihkan lensa kacamata.

  • Pasang lapisan pelindung lensa

Pasang lapisan pelindung lensa

Saat membeli kacamata dengan lensa yang baru, tidak ada salahnya jika Anda membeli lapisan pelindung lensa. Lapisan ini bertugas untuk menjaga lensa kacamata agar tidak tergores apa pun.

  • Bawa lensa kacamata ke optik terdekat

Apabila goresan pada lensa tak kunjung hilang setelah Anda mencoba berbagai cara membersihkan lensa kacamata, maka Anda harus membawa kacamata ke optik. Beberapa optik menawarkan jasa pembersihan lensa. Jika goresan terlalu banyak atau terlalu dalam mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk mengganti lensa yang baru.

Cara membersihkan lensa kacamata ini berlaku untuk segala jenis lensa yang tersedia. Ini juga dapat Anda terapkan pada kacamata minus sampai dengan kacamata gaya.

Selalu pilih bahan dan cara yang aman untuk membersihkan lensa. Hindari penggunaan bahan yang mengandung amonia atau cuka karena kedua bahan ini dapat merusak lensa. Punya saran lain seputar pembersihan lensa kacamata? Tinggalkan saran Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. terimakasih infonya. artikelnya benar-benar bermanfaat.

    1. Sama-sama. Terima kasih sudah berkunjung ke Kamini.id. ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *