Kamini.id / Tips Make Up / 10 Cara Membersihkan Make Up Tanpa Make Up Remover

10 Cara Membersihkan Make Up Tanpa Make Up Remover

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Oktober 2019

Bagi para wanita, merias diri atau menggunakan make up kemana pun sudah menjadi salah satu kewajiban. Make up tebal atau tipis, hampir setiap wanita memakainya untuk aktivitas sehari-hari apalagi jika menghadiri pesta pernikahan atau acara khusus lainnya. Kebanyakan wanita menghabiskan cukup banyak waktu untuk merias wajah supaya menyempurnakan penampilan.

Tetapi tidak sedikit juga yang malas atau bahkan lupa untuk menghapus make up setelahnya. Ada banyak produk pembersih make up yang tersedia di pasaran, tetapi beberapa produk mengandung bahan kimia yang tidak baik atau tidak cocok untuk kulitmu. Terutama bagi kamu yang memiliki  kulit sensitif, kegiatan menghapus make up akan sedikit menjadi PR bagimu.

Tapi jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara membersihkan make up dengan bahan yang lebih aman sekaligus bisa menjadi skin care yang baik walaupun tidak pakai make up sekalipun. Cari tahu yapa saja cara lain membersihkan make up tanpa menggunakan make up remover yang akan dibahas oleh Kamini di sini.

1. Baby Oil

Baby Oil

* sumber: www.cleverst.com

Baby oil adalah salah satu produk yang bisa dibilang cukup multifungsi termasuk untuk membersihkan make up. Selain dapat dengan mudah kita temukan di mini market, baby oil juga memiliki harga yang terjangkau. Untuk menghilangkan make up cukup teteskan baby oil pada kapas atau tisu. Baby oil dapat dengan cepat menghapus make up mata termasuk maskara.

Baby oil sangat cocok bagi kamu yang sering memakai make up waterproof. Terutama bagi kamu yang memiliki kulit kering, pembersih make up yang berbahan dasar minyak ini sangat cocok untuk melembabkan kulitmu.

2. Potreleum Jelly

Potreleum Jelly

* sumber: review.bukalapak.com

Potreleum jelly termasuk salah satu produk sejuta umat karena multifungsi untuk seluruh badan kita dan mudah di bawa kemana pun. Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang sudah memiliki produk ini. Selain berfungsi untuk melembabkan dan memperbaiki masalah kulit, potreleum jelly juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan make up, lho!

Karena berbahan dasar minyak, produk yang satu ini bisa menghilangkan make up waterproof mulai dari lipstik matte, maskara, dan eyeliner yang biasanya sulit dihapus. Caranya hanya perlu mengoleskan sedikit potreleum jelly ke riasan yang ingin dihapus lalu gosok perlahan dan hapus hingga bersih. Selain itu produk ini juga tidak akan menyumbat pori-pori.

3. Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

* sumber: www.realsimple.com

Salah satu bahan alami ini mengandung tiga asam lemak esensial dan berat molekul yang rendah yang dapat memberikan penetrasi yang baik. Minyak kelapa juga bersifat anti-mikroba yang membuatnya menjadi pelembab yang sangat baik untuk wajah. Jika kamu kehabisan make up remover atau ingin menggunakan bahan yang aman, minyak kelapa bisa menjadi solusinya.

Cukup ambil seperempat ukuran telapak tanganmu dan gosokkan dengan lembut ke wajah dengan kapas. Tetapi minyak kelapa tidak cocok untuk semua jenis kulit.

4. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

* sumber: www.realsimple.com

Minyak zaitun telah digunakan oleh banyak produk kecantikan Karena khasiatnya yang sangat bagus untuk kulit. Tidak hanya melembabkan, minyak zaitun juga bisa kamu gunakan sebagai penghapus make up dan kotoran yang ada di wajah. Kamu bisa mencampur minyak zaitun dengan sedikit air mawar yang cocok bagi kamu yang memiliki kulit kering dan kulit sensitif.

5. Susu

Susu

* sumber: www.bebeautiful.in

Susu sangat baik bagi kesehatan tubuh, begitupun sama baiknya untuk kulit wajah. Bahkan, zaman dahulu ratu Cleopatra menggunakan susu untuk mandi. Karena susu mengandung lemak dan protein yang dapat membantu melembabkan kulit kamu. Tidak hanya itu susu juga bermanfaat untuk membersihkan make up secara alami terutama susu murni.

Caranya gunakan bola kapas yang sudah dicelupkan dengan susu lalu gosok perlahan ke riasan yang ingin kamu hapus dan bilas dengan air hangat. Selain itu kamu juga bisa menambahkan minyak zaitun untuk menghapus make up yang waterproof.

6. Tisu Basah Khusus Bayi

Tisu Basah Khusus Bayi

* sumber: www.bustle.com

Produk bayi tidak hanya baik untuk bayi namun juga bermanfaat untuk orang dewasa. Salah satunya adalah bermanfaat untuk menghapus make up. Ini adalah cara paling praktis bagi kamu yang sedang bepergian dan tidak membawa make up remover.

Kamu bisa menemukannya dengan mudah di mini market dan harga yang terjangkau. Tetapi jangan lupa untuk memperhatikan kandungan pada kemasannya. Karena tidak semua tisu basah khusus bayi aman untuk wajahmu.

7. Witch Hazel

Witch Hazel

* sumber: makeupview.co

Mungkin kamu belum mengetahui tentang witch hazel. Witch hazel adalah nama tanaman yang sering digunakan pada kulit dan kepala dan bermanfaat untuk meredakan peradangan serta menenangkan kulit sensitif. Selain itu witch hazel juga menjadi penghapus make up yang bagus.

Caranya kamu hanya butuh dua sendok makan witch hazel dan dua sendok makan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak almond. Campurkan kedua bahan tersebut dan gunakan pada kapas untuk menghilangkan make up kamu. Tidak hanya itu witch hazel juga sering dijadikan sebagai obat yang dapat membantu mengatasi berbagai kondisi kulit. Serta dapat membersihkan jerawat dan mengunci kelembaban.

8. Uap Air

Uap Air

* sumber: www.trendfortech.com

Jika kamu tidak memiliki bahan apa pun di rumah, kamu bisa menggunakan uap air untuk menghapus make up. Cukup rebus air panas dan tuang ke dalam wadah. Tunggu airnya hingga hangat dan dekatkan wajahmu supaya terkena uap air. Selain itu, uap air juga merupakan perawatan kulit yang digunakan untuk membuka pori-pori dan membuang semua kotoran di wajah.

9. Timun

Timun

* sumber: parentingchaos.com

Sebagian besar produk kecantikan menggunakan timun untuk membantu menghapus make up. Jadi, daripada kamu menghabiskan uang untuk membeli produk yang mahal, kamu bisa menggunakan timun untuk dibuat menjadi pembersih make up. Timun memiliki sifat anti inflamasi yang membantu menenangkan kulit iritasi atau kulit yang berjerawat.

Untuk membuatnya gunakan blender untuk menghancurkan timun dan tambahkan sedikit minyak alami favoritmu. Atau kamu juga bisa menambahkan minyak esensial supaya aromanya harum. Oleskan ke wajah sambil dipijat dengan lembut lalu usapkan kapas untuk menghapus make up. Setelah itu bilas dengan air dingin.

10. Shampo Bayi

Shampo Bayi

* sumber: jadeemily.com.au

Produk perawatan tubuh bayi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk menghapus make up adalah shampo bayi. Terutama bagi kamu yang masih memiliki adik bayi atau anak, tentunya hal ini tidak sulit bukan? Bahkan shampo bayi bisa menghapus make up waterproof.

Cara menggunakannya basahi area wajah dengan air hangat. Atau kamu bisa mengoleskan shampo bayi pada kapas dan menyeka di atas wajah atau kelopak mata kamu. Usap dengan lembut dan bilas wajahmu dengan air hangat. Lalu keringkan wajahmu dengan handuk yang lembut.

Beberapa cara menghapus make up di atas sangat sederhana, murah, dan tentunya efektif untuk membersihkan wajahmu. Selain itu bisa kamu jadikan sebagai skincare alami yang akan membuat kulit wajah semakin sehat dan cerah. Jika kamu punya cara lain membersihkan make up, beri tahu kami di kolom komentar ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar