Kamini.id / Merawat Sepatu / Inilah Cara Membersihkan Sepatu Kanvas dengan Mudah

Inilah Cara Membersihkan Sepatu Kanvas dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Agustus 2019

Memiliki koleksi sepatu kanvas tentu saja membuat kita harus hati-hati merawat dan membersihkannya. Kita tak bisa mencucinya dengan sembarangan. Tentu dibutuhkan juga kesabaran ekstra dalam merawat sepatu agar tidak mudah rusak.

Nah, pada kesempatan kali ini, Kamini akan berbagi informasi tentang cara membersihkan sepatu kanvas dengan mudah. Saking mudahnya, kamu bisa mempraktikkannya secara langsung di rumah. Apa sajakah itu? Yuk, mari simak langsung saja pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Membersihkan Sepatu Kanvas Memakai Deterjen

Rinso Merk Deterjen Cair yang Bagus

Kamini punya cara untuk membersihkan sepatu kanvas kesayanganmu dengan memakai deterjen yang biasa kamu gunakan untuk mencuci baju. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

1. Siapkan Semua Bahan dan Alat

Pertama-tama, siapkanlah semua bahan dan alat yang akan digunakan untuk membersihkan sepatu kanvas milikmu. Alat dan bahan yang akan digunakan di sini adalah wadah, sabun deterjen, sikat gigi bekas atau sikat cuci dengan bulu lembut. Kalau kamu nggak punya deterjen cuci yang bagus di rumah, silakan klik link ini untuk membelinya di situs jual beli online Bukalapak.

2. Campur Deterjen dengan Air

Step selanjutnya, campurkanlah deterjen dan air di dalam wadah yang telah disiapkan. Ingat, gunakanlah air hangat yang bersih, ya. Setelahnya, aduk cairan tadi dengan menggunakan sikat gigi sampai menghasilkan busa yang cukup berlimpah.

3. Bersihkan Sepatu

Nah, kalau kamu sudah mencampur deterjen cuci dengan air hangat dalam wadah serta mengaduknya sampai berbusa, sekarang saatnya bagimu untuk mulai membersihkan sepatu kanvasnya.

Caranya terbilang mudah. Cukup celupkan bulu sikat gigi bagian atas ke campuran deterjen dan air, kemudian gosoklah secara perlahan di bagian sepatu kanvas yang kotor. Lakukan hingga kotoran hilang.

Selanjutnya, bilas bagian sepatu yang telah digosok dengan larutan deterjen dan lap sepatu dengan menggunakan kain bersih. Terakhir, jemur sepatu dengan benar di bawah paparan sinar matahari hingga kering.

Cara Membersihkan Sepatu Kanvas dengan Sabun Cuci Piring

Siapkan Air Hangat dan Sabun Cair Pencuci Piring

Selain deterjen, kamu juga bisa membersihkan sepatu kanvas dengan memakai sabun cuci piring, lho. Ingin tahu, bagaimana cara membersihkan sepatu kesayanganmu dengan sabun pencuci piring yang baik dan benar? Simak ulasan di bawah ini.

1. Siapkan Sabun Cuci Piring

Sebelum mulai mencuci, siapkanlah sabun cuci piring yang akan digunakan untuk mencuci sepatu kanvas kamu. Lalu, siapkan juga wadah dan air hangat. Jangan lupa ambil sikat cucinya juga, ya. Jika tidak ada, gunakanlah sikat gigi bekas. Kehabisan stok sabun cuci piring? Silakan klik link ini untuk membelinya di Bukalapak.

2. Campur Sabun dengan Air

Step selanjutnya, tuangkanlah sabun cuci piring ke dalam wadah yang telah disiapkan, lalu beri tambahan air hangat secukupnya. Kemudian aduk larutan tersebut hingga menghasilkan busa yang cukup banyak.

3. Bersihkan Sepatu

Nah, sekarang kamu bisa mulai membersihkan sepatumu sebagaimana kamu mencuci sepatu seperti biasa. Gosoklah bagian sepatu kanvasmu yang kotor dengan hati-hati. Jangan menggosok terlalu keras agar sepatumu tidak rusak. Jika sudah, bilas sepatu dengan menggunakan air bersih dan keringkan di bawah terik matahari.

Cara Membersihkan Noda Kuning dari Sepatu Kanvas

cara membedakan sepatu Vans asli dan palsu

Selain cara membersihkan sepatunya kamini juga akan membahas tentang cara membersihkan atau menghilangkan noda kuning dari sepatu kanvas kamu. Terutama, untuk sepatu kanvas yang berwarna putih. Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahui caranya.

1. Siapkan Tisu dan Wadah

Nah, sebelum mulai membersihkan noda kuning yang membandel dari sepatu kanvas kamu, siapkanlah tisu toilet dan wadah berisi air bersih. Setelah itu, celupkan tisu ke dalam wadah berisi air hingga basah secara merata.

2. Bungkus Sepatu dengan Memakai Tisu

Setelah tisu toiletnya kamu basahi dengan air, bungkus sepatu kanvas kamu dengan memakai tisu yang telah dibasahi tersebut. Bungkus semua bagian sepatu dengan banyak lapisan tisu sampai benar-benar rapi dan tak ada area sepatu yang terlihat. Biarkan bagian dalam sepatunya, ya. Jangan ikut dibungkus juga.

3. Biarkan Lapisan Tisu Kering

Selesai membungkus sepatu hingga rapi, biarkan lapisan tisu kering dengan sendirinya. Idealnya, kamu harus menunggu selama kurang lebih dua belas jam hingga seharian, agar noda kuningnya benar-benar hilang.

Nah, kalau sudah, kamu tinggal membuka bungkusan dari tisu-tisu tersebut. Dan… voila! Sepatu kanvas putihmu bebas dari noda kuning yang membandel serta tampak lebih bersih seperti baru.

Cara Merawat Sepatu Kanvas agar Tidak Mudah Rusak

model sepatu vans wanita Vans Authentic: Deep Sea Coral/True White  

1. Cuci Sepatu Secara Rutin

Rajin mencuci sepatu kanvasmu adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk merawatnya. Gunakan cara-cara di atas untuk mencucinya, ya. Agar sepatu kanvas milikmu tidak kotor dan tetap bersih serta tampak seperti baru.

2. Keringkan dengan Cara yang Benar

Ini juga penting, nih. Hindari mengeringkan sepatu kanvas milikmu dengan cara sembarangan. Selesai mencucinya, ada baiknya kamu jemur sepatu kanvas kesayanganmu di bawah paparan sinar matahari langsung.

3. Bersihkan dari Debu

Supaya sepatu kanvas kamu tetap terlihat kinclong, rajin-rajinlah untuk membersihkannya dari debu yang menempel. Gunakanlah lap kain yang bersih dan lembut untuk menghilangkan debu pada sepatu kanvasmu dan bersihkan dengan hati-hati.

4. Jangan Simpan Sepatu di Tempat yang Lembab

Agar sepatu kanvas kepunyaan kamu tidak berbau dan juga dihinggapi jamur, jangan simpan sepatu di tempat yang lembab setelah digunakan. Simpanlah di tempat yang kering dan sejuk, ya. Tata sepatumu dengan rapi di raknya kalau kotaknya tidak ada.

5. Simpan di Dalam Kotak

Kalau kamu tidak akan menggunakan sepatu kanvasmu dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya simpanlah sepatu di dalam kotak kardusnya. Ingat, simpan bersamaan dengan silica gel-nya, ya. Atau, seperti yang sudah disampaikan di poin sebelumnya, gunakanlah rak untuk menyimpan sepatumu dengan baik.

6. Pakai Kaus Kaki

Kalau kamu hendak bepergian dengan menggunakan sepatu kanvasmu, jangan lupa pakai kaus kaki, ya. Memakai kaus kaki bisa membantu menjaga keawetan dari sol sepatu yang kamu kenakan, lho.

Yup, penggunaan kaus kaki bisa mencegah pengikisan sol akibat tetesan keringat dari kakimu. So, usahakan untuk selalu memakai kaus kaki agar sepatumu tetap awet.

7. Gunakan Jasa Laundry Sepatu

Jika kamu nggak punya banyak waktu untuk merawat sepatumu dengan sekadar mencuci atau membersihkannya dari debu yang menempel, alangkah baiknya untuk memanfaatkan jasa laundry sepatu terbaik yang ada di kotamu.

Sudah pasti, pihak laundry sepatu mengerti bagaimana cara merawat sepatumu dengan baik, bukan. Jadi, nggak ada salahnya untuk ‘menitipkan’ sepatu kanvasmu selama beberapa hari kepada mereka.

Nah, sampai di sini pembahasan Kamini mengenai cara membersihkan sepatu kanvas, beserta informasi menarik lainnya seputar cara menghilangkan noda kuning pada sepatu hingga cara merawat sepatu kanvas biar makin awet.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah, lho. Oh ya, jika kamu punya informasi tentang cara merawat sepatu kanvas dan juga cara membersihkannya dengan baik, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar