Kamini.id / Merawat Sepatu / Ini Dia Cara Membersihkan Sepatu Wakai Agar Tetap Awet

Ini Dia Cara Membersihkan Sepatu Wakai Agar Tetap Awet

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Agustus 2019

Selain Vans dan merk ternama lainnya, sepatu dari brand Wakai adalah salah satu yang paling digemari oleh masyarakat kita, terutama dari kalangan muda. Biasanya, setiap sepatu memiliki cara perawatannya tersendiri, termasuk sepatu Wakai.

Nah, pada kesempatan kali ini, Kamini akan membagikan informasi mengenai cara membersihkan sepatu Wakai yang baik dan benar, agar sepatu tetap awet dan nggak gampang rusak. Yuk, simak langsung saja ulasan berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah selengkapnya!

Cara Membersihkan Sepatu Wakai

Wakai

Kamini punya cara untuk membersihkan sepatu wakai kesayanganmu dengan memakai sabun anti bleaching maupun detergen yang baik dan benar. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui langkah-langkahnya.

1. Siapkan Semua Bahan dan Alat

Langkah pertama, siapkanlah bahan dan alat yang diperlukan. Di antaranya adalah sabun anti-bleaching (jika sepatu kamu berwarna, siapkan deterjen jika sepatu kamu tidak berwarna), sikat gigi bekas atau sikat cuci dengan bulu yang halus dan lembut, serta air hangat yang bersih.

Kalau kamu nggak punya deterjen cuci yang bagus di rumah, silakan klik link ini untuk membelinya di situs jual beli online Bukalapak.

2. Basahi Sepatu dengan Air Hangat

Setelah semua bahan serta alatnya siap, basahilah sepatu wakai dengan air hangat. Kalau ada, kamu bisa manfaatkan semprotan air atau semprotan bekas parfum setrika agar air lebih menyerap ke dalam sepatunya.

3. Bersihkan Sepatu

Step selanjutnya, bersihkan sepatu wakai kesayanganmu dengan menggunakan deterjen atau sabun anti-bleaching yang kamu punya.

Caranya sangat mudah. Cukup aplikasikan deterjen atau sabunnya, kemudian gosoklah sepatu dengan sikat gigi bekas atau sikat cuci dengan bulu yang halus nan lembut yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Ingat, gosoklah secara perlahan di bagian sepatu Wakai yang terkena kotoran. Lakukan hingga kotoran di sepatu kamu menghilang.

Selanjutnya, bilas bagian sepatu yang telah dicuci dan digosok tadi dengan air dingin yang bersih. Terakhir, jemur sepatu dengan benar di bawah paparan sinar matahari yang tak terlalu terik atau sebaiknya gunakan saja kipas angin hingga pengering rambut, sampai sepatunya kering.

Cara Membersihkan Sepatu Wakai dengan Sabun Mandi

Sabun mandi

Selain deterjen dan sabun anti-bleaching, kamu juga bisa membersihkan sepatu Wakai dengan memakai sabun mandi, lho. Ingin tahu, bagaimana cara membersihkan sepatu kesayanganmu dengan sabun mandi yang baik dan benar? Simak ulasan di bawah ini.

1. Siapkan Sabun Mandi untuk Mencuci Sepatunya

Sebelum mulai mencuci sepatu, siapkanlah sabun mandi yang akan digunakan untuk mencuci sepatu Wakai punya kamu. Kemudian, siapkan sikat cuci dan air hangat untuk membilas sepatu. Kalau tak ada sikat cuci berbulu halus, kamu bisa pakai sikat gigi bekas.

2. Aplikasikan Sabun Mandi

Setelah selesai menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, aplikasikanlah sabun mandi ke sepatu dengan menggunakan tanganmu. Sebelumnya jangan lupa bilas sepatu dengan memakai air bersuhu hangat.

3. Bersihkan Sepatu

Setelah kamu aplikasikan sabun ke sepatu Wakai-nya, bersihkanlah sepatu dengan menggunakan sikat cuci atau sikat gigi bekas. Gosoklah area sepatu Wakai yang terkena kotoran secara perlahan. Lakukan hingga sepatu kamu bersih.

Jika sudah selesai, bilas sepatu Wakai kamu dengan menggunakan air yang bersih. Kemudian keringkan sepatu kamu dengan menggunakan hair dryer atau kipas angin. Kamu bisa juga menyimpan sepatunya di tempat yang kering dan sejuk.

Cara Membersihkan Noda Kuning dari Sepatu dengan Tisu Toilet

Gulung dengan Tisu

Selain cara membersihkan sepatu Wakai, Kamini juga akan membahas tentang cara membersihkan atau menghilangkan noda kuning dari sepatu yang bisa mengganggu penampilan kamu. Terutama, untuk sepatu yang berwarna putih. Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahui caranya!

1. Siapkan Tisu Toilet dan Wadah

Langkah pertama, siapkanlah tisu berupa tisu toilet dan wadah yang cukup untuk menampung air bersih. Tuang air ke dalam wadah, lalu celupkan tisu toilet ke dalamnya hingga semua bagian tisu terbasahi air.

2. Bungkus Sepatu Pakai Tisu

Jika tisu toiletnya sudah siap, tutupi sepatu kamu dengan memakai tisu tersebut. Pastikan kamu menutupi semua bagian sepatu dan biarkan bagian dalamnya tetap terbuka. Agar sepatu tertutupi alias terbungkus dengan sempurna, gunakan beberapa lapis tisu yang sudah dibasahi tadi.

3. Tunggu Hingga Lapisan Tisu Kering

Jika kamu sudah selesai membungkus atau menutupi seluruh bagian sepatu (kecuali bagian dalamnya) dengan menggunakan tisu toilet yang sudah dibasahi air, tunggu dan biarkan lapisan tisu tersebut mengering. Ya, kamu harus menunggu dengan sabar selama kurang lebih dua belas jam hingga seharian penuh.

Jika lapisan tisu telah mengering, kamu cuma tinggal melepaskannya dari sepatumu. Dan sepatu milikmu akan kembali bersih serta terbebas dari noda kuning yang membandel.

Cara Merawat Sepatu Wakai

cara membersihkan sepatu wakai

1. Cuci Sepatu Secara Berkala

Agar sepatu Wakai kamu tetap awet dan nggak gampang rusak, sebaiknya cuci sepatunya secara berkala. Jika kamu tak memiliki banyak waktu untuk mencuci sepatu, lebih baik manfaatkan jasa laundry sepatu yang ada di tempat tinggal kamu

2. Sepatu Cadangan

Nah, kalau kamu nggak mau sepatu Wakai kesayanganmu rentan mengalami kerusakan, sebaiknya belilah beberapa pasang sepatu cadangan. Jadi, kamu nggak pakai sepatu Wakai-nya terus menerus. Sepatu yang sering dipakai akan gampang pudar warnanya dan tentu saja mudah rusak dengan cepat. Apalagi kalau kamu tidak dengan hati-hati merawatnya.

3. Keringkan dengan Baik dan Benar

Sepatu Wakai tidak dianjurkan untuk dikeringkan secara sembarangan. Setelah selesai mencucinya, ada baiknya kamu keringkan sepatu dengan menggunakan alat seperti kipas angin atau bahkan pengering rambut. Kalau mau dikeringkan di bawah  matahari, pastikan sinar mataharinya tidak terlalu terik.

4. Simpan di Tempat Kering

Hal lain yang bisa kamu lakukan agar sepatu Wakai kamu tetap awet adalah dengan cara menyimpannya di tempat kering dan sejuk. Jangan sesekali simpan sepatunya di tempat lembap karena akan membuat sepatu kamu berjamur dan bau.

5. Jaga Agar Kakimu Tetap Kering

Kaki kamu juga bisa menjadi penyebab dari munculnya bau tak sedap pada sepatu. Sebaiknya pastikan kakimu tetap kering saat memakai sepatu, agar sepatu Wakai-nya tetap wangi dan kamu nggak terlalu sering mencucinya.

Keseringan mencucinya bisa membuat warna dari sepatu kamu menjadi pudar, lho. Nggak mau kan, sepatu kerenmu warnanya hilang akibat keseringan dicuci

6. Cuci Manual

Hindari mencuci sepatu Wakai milikmu dengan memakai mesin cuci kalau nggak mau sepatunya lekas rusak. Agar sepatu tetap awet, cuci manual dengan menggunakan tangan saja, ya. Ingat, jangan keringkan sepatu kamu dengan pengering dari mesin cuci juga.

7. Beri Pewangi Sepatu

Terakhir, jangan lupa untuk selalu memberikan pewangi pada sepatu agar sepatu kamu nggak mengeluarkan bau tak sedap. Caranya, gunakan dryer sheet yang bisa kamu beli di pasaran.

Nah, sampai di sini pembahasan Kamini tentang cara membersihkan sepatu Wakai, serta informasi menarik lainnya seputar cara menghilangkan noda kuning pada sepatu hingga cara merawat sepatu Wakai biar nggak bau dan tetap awet.

Oh ya, jika kamu punya informasi tentang cara merawat sepatu Wakai yang baik dan benar dan juga cara membersihkan atau mencucinya sesuai anjuran, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Selain sepatu Wakai, kami juga punya tips untuk merawat dan membersihkan sepatu kanvas agar tetap awet terlihat seperti baru. Untuk mengetahui tips selengkapnya, silakan baca artikel Cara Membersihkan Sepatu Kanvas ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar