Cara Membersihkan Spons Bedak Makeup dengan Benar

Setiap hari kita berdandan, menggunakan spons untuk mengaplikasikan foundation, meratakan concealer, hingga untuk memakai bedak. Tapi, apakah kita membersihkan spons tersebut setiap hari? Sepertinya hampir semua orang tidak membersihkan spons setiap hari. Bahkan, ada orang yang membersihkannya ketika mood.

Ada juga yang membersihkan spons makeup ketika dirasa spons tersebut sudah benar-benar kotor, entah sudah beberapa lama tidak pernah dicuci. Padahal, seharusnya kita punya jadwal rutin untuk membersihkan spons. Jika tidak setiap hari atau setiap habis dipakai, minimal cucilah seminggu atau dua minggu sekali.

Jangan biarkan wajah kita dirias dengan menggunakan spons kotor, karena kulit wajah bisa rawan terkena jerawat dan komedo. Tidak mau hal seperti itu terjadi pada Anda, bukan? Makanya, rajinlah membersihkan spons bedak dengan beberapa cara yang akan Kamini bahas berikut ini:

1. Baby Wash + Warm Water

cara membersihkan spons bedak

Cara membersihkan spons bedak yang pertama adalah dengan melakukan baby wash. Apakah Anda tahu apa itu baby wash? Maksudnya adalah, 'mandikan' spons bedak Anda dengan lembut, layaknya jika Anda sedang memandikan bayi.

Gunakan air hangat-hangat kuku untuk merendam spons bedak, lalu gunakan sabun (bisa sabun bayi cair/batangan). Setelah itu, tekan-tekan spons bedak dengan lembut hingga menciptakan busa. Lama kelamaan busa yang dihasilkan akan berubah warna menjadi krem/cokelat. Itu adalah bedak/foundation yang telah luntur. Bilas lah untuk langkah pertama.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan spons atau beauty blender yang nampak agak lebih bersih daripada saat sebelum Anda melakukan langkah pertama. Tapi, spons tersebut belum bersih sempurna. Jadi, Anda harus merendamnya lagi menggunakan air hangat-hangat kuku yang telah diberi sabun.

Diamkan selama yang Anda mau, bisa 30 menit, 1 jam, atau mungkin semalaman. Lakukan dengan waktu yang Anda rasa cukup, lalu bilas di air mengalir hingga busanya menghilang.

2. Virgin Olive Oil + Dish Washing Detergent

Virgin Olive Oil + Dish Washing Detergent cara membersihkan spons bedak

Anda bisa juga membersihkan spons bedak dengan menggunakan virgin olive oil. Untuk yang belum tahu, minyak ini didapatkan dengan melakukan penyaringan dan pengendapan dari buah zaitun. Anda bisa membelinya atau pun membuatnya sendiri dengan mengikuti langkah minyak kelapa murni. Pada artikel tersebut ada langkah untuk membuat virgin oil sendiri, Anda tinggal mengganti minyak kelapa dengan olive oil saja.

Setelah Anda mendapatkan virgin olive oil, campurkanlah dengan sabun pencuci piring (kalau bisa yang lembut, seperti yang aman untuk peralatan makan bayi). Cara membersihkan spons bedak dengan dua benda ini adalah, pertama-tama tuangkan minyak zaitun murni pada spons, lalu tambahkan sabun. Beri sedikit air pada spons, lalu tekan-tekan hingga kotoran di dalamnya keluar semua.

Setelah itu, Anda bisa merendamnya dengan larutan minyak zaitun murni + sabun selama beberapa waktu. Jangan lupa bilas spons sambil ditekan-tekan hingga bersih.

3. Beautyblender Cleanser

Beautyblender Cleanser

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cara membersihkan spons bedak merupakan cara yang paling tepat dan mudah. Yaitu, cuci spons dengan menggunakan brand pembersih khusus spons. Sekarang sudah banyak, kok, produk seperti ini di pasaran. Bahkan merk lokal pun banyak.

Tidak hanya dalam bentuk cair, pembersih spons/beautyblender tersedia juga dalam bentuk solid. Pencipta spons bedak khusus, yaitu beautyblender, menciptakan pembersih yang dibuat khusus untuk memudahkan pengguna beautyblender mendapatkan spons bedak yang selalu bersih.

Cara menggunakan Beautyblender Cleanser ini adalah dengan membasahi spons dengan air, berikan sedikit pembersih, lalu massage spons tersebut dengan lembut hingga bersih. Anda bisa juga merendam spons bedak terlebih dahulu dengan larutan air + cleanser untuk hasil terbaiknya. Walaupun harganya agak mahal (200-300 ribuan), cleanser ini dapat bertahan hingga berbulan-bulan.

4. Dove Beauty Bar

Dove Beauty Bar

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Siapa yang suka pakai sabun Dove untuk mandi atau untuk mencuci muka? Ternyata, sabun Dove bisa dipakai untuk mencuci spons kosmetik juga, loh! Sebenarnya penggunaan sabun batang untuk mencuci spons bedak sangat tidak dianjurkan. Tapi, Dove berbeda dengan sabun batang kebanyakan, bukan? Karena Dove mengandung 1/4 krim pelembab, sehingga aman untuk digunakan mencuci spons.

Jika Anda mau mencoba cara membersihkan spons bedak dengan Dove, khususnya yang seri Beauty Cream Bar, Anda dapat membelinya di situs belanja online.

5. Mesin Cuci

Mesin Cuci

Mungkin cara membersihkan spons bedak yang satu ini agak ekstrim. Tapi, ternyata mesin cuci bisa bekerja dengan baik untuk mencuci beautyblender dan spons bedak, loh! Hal ini telah dibuktikan oleh Fiona Stiles, seorang MUA papan atas.

Trik dari Fiona bisa Anda ikuti kalau Anda sedang buru-buru atau sedang malas mencuci spons bedak. Tapi, pastikan untuk mengatur waktu dan kecepatan mesin cuci yang paling rendah, ya. Mungkin bisa Anda samakan dengan ketika mencuci baju bahan sutera atau baju bayi.

6. Tips

Tips spons bedak

Lima langkah di atas merupakan cara membersihkan spons bedak agar kembali bersih. Nah, sekarang Kamini mau membagikan tips untuk mempermudah proses pembersihan dan juga untuk merawat spons Anda agar lebih awet.

Supaya noda tidak meresap jauh ke dalam spons, segera cuci spons Anda setelah digunakan. Atau, jika Anda malas jika harus mencuci spons setiap hari, set alarm pada handphone Anda untuk mengingatkan jadwal 'mandi' spons bedak Anda.

Ya, itu dia kumpulan cara membersihkan spons bedak dari Kamini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Jangan malas lagi mencuci spons, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram