Kamini.id / Perawatan Tas / Inilah 5 Cara Termudah Membersihkan Tas yang Berjamur

Inilah 5 Cara Termudah Membersihkan Tas yang Berjamur

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 September 2019

Jamur yang muncul di permukaan tas bisa membuat tampilan tas menjadi terlihat usang dan kotor. Biasanya jamur akan muncul di tas berbahan kulit. Namun, tidak menutup kemungkinan jika tas berbahan kain pun turut terserang jamur.

Solusi untuk membersihkan tas yang berjamur ini sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang biasa kamu temui sehari-hari. Nah, tak perlu berlama-lama lagi, Kamini akan menginformasikan cara dan bahan yang bisa kamu pakai untuk membersihkan jamur di tas.

Cara Membersihkan Tas yang Berjamur

Kurang menjaga kebersihan tas atau menyimpan tas dalam kondisi lembab adalah sebagian faktor penyebab tas berjamur. Kamu bisa menghilangkan jamur di tasmu dengan bahan-bahan berikut ini, lho.

1. Cuka Putih

Cara Membersihkan Tas yang Berjamur

* sumber: www.originaltuscany.com

Cuka putih biasa dipakai untuk memasak ternyata bisa menjadi bahan yang ampuh dalam membersihkan jamur di tas. Kandungan asam di dalam cuka putih tersebut mampu membasmi jamur yang tumbuh di permukaan tas. Berikut adalah cara membersihkan tas berjamur dengan menggunakan cuka putih:

  • Siapkan 1 gelas air matang, lalu tuang 1 sdt cuka putih ke dalamnya
  • Gunakan sarung tangan ketika hendak membersihkan jamur di tasmu
  • Ambil lap kering yang bersih, lalu celupkan ke dalam air larutan cuka putih
  • Usapkan lap ke permukaan tas yang ditumbuhi jamur
  • Apabila jamurnya sudah hilang, lanjutkan mencuci tasmu dan jemur sampai benar-benar kering.

Proses pencucian sangat perlu dilakukan setelah kamu membersihkan tas dengan cuka putih. Pencucian tersebut bermanfaat untuk menghilangkan aroma cuka yang menyengat pada tasmu.

2. Soda Kue

Soda Kue

* sumber: www.healthymummy.com

Selain cuka putih, kamu juga bisa memakai bubuk soda kue untuk mengatasi jamur pada tas. Soda kue akan mencegah jamur kembali tumbuh di tasmu. Berikut adalah panduan membersihkan tas berjamur dengan mengandalkan bubuk soda kue:

  • Jemur tas selama 24 jam dalam kondisi kering
  • Taburkan bubuk soda kue di bagian tas yang berjamur, bila perlu taburkan di seluruh bagian tas
  • Simpan tas di tempat yang kering dan tertutup selama semalaman
  • Gunakan spons cuci piring yang sudah dibasahi dengan air untuk menggosok seluruh bagian tas, terutama yang ditumbuhi jamur
  • Bilas sisa soda kue dan cuci tas sampai bersih
  • Jemur tas di tempat yang berangin dan simpan dalam kondisi yang kering.

Mengapa soda kue harus dibiarkan pada tas selama semalam suntuk? Soda kue bekerja untuk mematikan jamur dan mencegahnya muncul kembali. Cara ini cukup ampuh untuk menghindari tasmu ditumbuhi oleh jamur.

3. Alkohol

Alkohol

* sumber: www.apartmenttherapy.com

Alkohol merupakan bahan kimia yang dapat menghilangkan jamur di tas. Namun, kamu harus hati-hati dalam menggunakan alkohol karena tidak semua jenis tas bisa dibersihkan dengan alkohol. Jika ingin mencoba membersihkan tas berjamur dengan alkohol, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campur 1 cangkir air dengan 1 cangkir alkohol, lalu aduk sampai rata
  • Gunakan spons cuci piring yang sudah dibasahi dengan larutan alkohol untuk menggosok bagian tas yang berjamur
  • Selanjutnya, tidak perlu mencuci tas dan jemur di tempat berangin selama 24 jam.

Alkohol tidak meninggalkan aroma menyengat seperti cuka atau residu seperti bubuk soda kue. Jadi, kamu bisa langsung menyimpan tasmu setelah dijemur. Akan tetapi, bila kamu ingin membersihkan tas secara menyeluruh, tak masalah jika kamu mencuci tasmu usai proses pembersihan ini.

4. Sabun Pembersih Tas Kulit (Saddle Soap)

Saddle Soap

Tahukah kamu bahwa sejatinya ada sabun yang memang dirancang khusus untuk membersihkan tas kulit? Sabun tersebut berbentuk krim yang cukup padat dan dikenal dengan nama saddle soap. Nah, saddle soap ini cukup aman dipakai untuk membersihkan jamur di tas, terutama di tas kulit. Untuk lebih jelasnya lagi, silakan ikuti panduan berikut untuk membersihkan jamur di tas kulit:

  • Ambil kain lap bersih lalu celupkan kain di dalam air
  • Setelah itu, gosokkan kain ke saddle soap
  • Pakai kain yang sudah berlumur saddle soap itu untuk menggosok tas yang berjamur, gosok sampai busanya keluar
  • Gunakan kain lap bersih lainnya yang sudah dibasahi dengan air untuk menggosok tas dan menghilangkan sisa sabun yang masih menempel
  • Jemur tas di tempat berangin sampai bagian luar dan dalamnya kering.

Saddle soap adalah bahan terbaik untuk membersihkan tas. Kamu tidak perlu khawatir tasmu rusak saat menggunakan sabun khusus ini. Jika ingin mendapatkan saddle soap, kamu bisa membelinya di Bukalapak lewat link ini.

5. Deterjen Cair

Deterjen Cair

* sumber: www.allure.com

Sebagaimana yang kita ketahui, jamur bisa tumbuh di tas yang terbuat dari bahan apapun, tak terkecuali tas kain atau tas plastik. Jika tas kain atau tas plastik milikmu ditumbuhi jamur, coba bersihkan dengan menggunakan deterjen cair. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  • Basahi tas yang berjamur dengan air
  • Tuang deterjen cair secukupnya ke tas atau bagian yang ditumbuhi jamur
  • Gunakan sikat berbulu lembut (sikat gigi bekas) untuk menggosok bagian yang berjamur
  • Untuk menggosok bagian lain kamu bisa menggunakan sikat berbulu lembut tersebut atau memakai spons cuci piring yang lebih halus
  • Bilas sisa deterjen di seluruh bagian tas
  • Jemur di tempat terbuka atau berangin sampai kering.

Penggunaan deterjen cair berguna untuk meminimalkan residu yang tertinggal pada tas. Deterjen cair lebih minim residu sehingga lebih aman untuk membersihkan tas kain atau tas plastik yang berjamur.

Tips Mencegah Jamur pada Tas

Tips Mencegah Jamur pada Tas

* sumber: www.luxuryaaabags.top

Usai proses pembersihan jamur di tas, bukan tidak mungkin jika suatu saat tasmu kembali ditumbuhi jamur. Untuk mencegah pertumbuhan jamur pada tas kesayanganmu, coba ikuti tips-tips dari Kamini berikut ini!

  • Bersihkan Tas Secara Teratur

Kebersihan tas adalah salah satu hal yang harus kamu jaga jika ingin tasmu terhindar dari jamur. Bersihkan tasmu secara berkala dengan kain lap kering. Namun, sekali waktu kamu harus membersihkan tas dengan mencucinya atau menggunakan cairan khusus pembersih tas.

  • Simpan di Tempat yang Bersih dan Kering

Tempat penyimpanan tas juga mempengaruhi kebersihan tas. Ketika kamu menyimpan tas di tempat yang lembab, maka tasmu rentan berjamur. Oleh karena itu, simpan tasmu di tempat yang bersih dan kering. Pastikan tas yang disimpan juga dalam kondisi kering, ya!

  • Segera Keringkan Tas yang Basah

Apabila tas basah karena terkena hujan atau minuman, segera keringkan dengan kain lap. Sesudahnya jemur tasmu sampai kering. Hindari membiarkan tas dalam kondisi basah untuk waktu yang lama.

Inilah berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan jamur di tas. Pilih cara yang paling tepat sesuai dengan jenis tasmu. Untuk mencegah jamur datang kembali, lakukan tips mencegah munculnya jamur di tas yang sudah kami berikan di atas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar