Kamini.id / Pembersih Wajah / Beginilah Cara Membersihkan Wajah yang Benar Sebelum Tidur

Beginilah Cara Membersihkan Wajah yang Benar Sebelum Tidur

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak ada yang lebih nikmat rasanya selain membaringkan tubuh di kasur setelah hari yang panjang dan melelahkan. Mengistirahatkan badan dan pikiran setelah bergelut dengan hari yang cukup keras seolah-olah menjadi mimpi bagi semua orang setelah pulang beraktivitas.

Pada keadaan seperti ini memang badan akan secara otomatis berada dalam kondisi paling rileks karena berhasil melepaskan tekanan, stress dan beban pikiran yang ditahan seharian. Inilah yang menjadi alasan mengapa kita cepat tertidur saat membaringkan tubuh setelah beraktivitas seharian.

Sayangnya, kebiasaan ini tidak selamanya baik untuk kulit. Pasalnya semua kotoran, debu, serta bakteri yang menempel dan terakumulasi pada kulit selama seharian apabila tidak dibersihkan hanya akan menyebabkan kulitmu breakout. Bahkan yang lebih parahnya lagi bisa menimbulkan jerawat.

Keadaan ini juga memungkinkan terjadinya infeksi jamur serta inflamasi pada kulit bila diulang terus-menerus dalam jangka panjang. Mengerikan, bukan?

Karena itulah para ahli kecantikan dan dokter kulit menyarankan untuk selalu membersihkan wajah sebelum tidur. Dan perlu digaris bawahi, wajah harus dalam keadaan benar-benar bersih.

Teknik membersihkan wajah yang asal-asalan tidak akan optimal membersihkan bakteri dan kotoran yang terakumulasi pada wajah dan pori. Utamanya bagi para wanita yang menggunakan makeup sebagai keseharian, kamu harus lebih mindful ketika membersihkan wajahmu.

Tapi jangan khawatir, Kamini memiliki beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan wajah sebelum tidur dengan benar, sehingga wajahmu akan bersih, sehat dan terhindar dari bakteri.

1. Bersihkan Makeup

Cara Membersihkan Make Up

* sumber: buzzinga.co.il

Langkah ini ditujukan untuk kamu yang menjadikan makeup sebagai bagian dari hidupmu. Langkah awal yang wajib kamu lakukan untuk membersihkan wajah tentu saja get rid of your makeup.

Makeup yang banyak mengandung mineral dan minyak, memudahkan debu, kotoran dan bakteri untuk terperangkap pada wajah. Kamu bisa menggunakan cleansing oil, micellar water atau makeup remover berbahan dasar lain pada langkah ini.

Aplikasikan cleansing oil pada wajahmu dengan melakukan pijatan kecil, lalu gunakan kapas wajah untuk mengangkat cleansing oil dan makeup yang telah bercampur pada wajah tersebut. Atau kamu bisa menuangkan sedikit micellar water pada kapas wajah lalu mengusap kapas tersebut ke area wajahmu. Ingat, be gentle ya!

2. Mulai dari Mata

membersihkan makeup mata

* sumber: powerfoodhealth.com

Eye makeup seperti mascara dan eyeliner merupakan bagian yang tersulit untuk dihapus, karena terkadang bahan yang digunakan pada dua produk ini memiliki ketahanan yang cukup baik atau  dalam bahasa kerennya, long lasting.

Hal tersebut yang menyebabkan eye makeup cukup sulit untuk dibersihkan. Perlu diingat, daerah sekitar mata memiliki kulit yang lebih tipis dibandingkan kulit di area  lain. Karena itulah jangan mengusap mata terlalu keras ketika kamu mencoba menghilangkan eye makeup-mu.

Selain itu, gunakanlah eye makeup remover khusus. Eye makeup remover memiliki formulasi bahan yang telah disesuaikan dengan karakter kulit di sekitar matamu. Selain itu, eye makeup remover juga dapat menghilangkan eyeliner dan mascara lebih maksimal dibandingkan dengan makeup remover biasa.

Gunakanlah kapas wajah yang telah diberi eye makeup remover, lalu letakkan kapas tersebut di area matamu selama 30 detik tanpa digosok. Gunakan pula cotton bud untuk membersihkan upper dan lower lash line dari sisa eyeliner yang masih menempel.

3. Bersihkan Bibir

membersihkan lipstick

* sumber: www.makeup.com

Sama halnya seperti mata, kulit bibir juga memiliki karakter tersendiri. Oleh karena itu, lebih baik gunakan lipstik remover khusus untuk menghilangkan lipstik yang menempel pada bibirmu.

Tuangkan lipstick remover pada kapas, lalu hapus lipstick dari bibirmu. Caranya, bungkus dua jarimu dengan kapas basah tersebut, lalu gosok perlahan pada bibir. Teknik ini berguna mengangkat lipstik bahkan hingga bagian ujung bibir yang cenderung sulit untuk dibersihkan.

4. Hapus Sisa Makeup

membersihkan sisa make up

* sumber: mylifeaftercoffee.com

 

Yakin wajahmu sudah sudah benar-benar bersih dari makeup? Nah lebih baik kamu menuangkan kembali micellar water pada kapas lalu mengusap wajahmu kembali dengan kapas tersebut. Kamu akan terkejut melihat sisa makeup yang masih tertinggal di wajahmu.

5. Second Cleansing

cleanser

* sumber: homemadeforelle.com

Double cleansing merupakan teknik yang sering dilakukan K-beauty untuk membersihkan wajah mereka. Teknik ini terbukti dapat membersihkan wajah, baik dari sisa makeup, debu dan kotoran pada permukaan kulit.

Lebih baik kamu juga melakukan double cleansing untuk memastikan wajahmu benar-benar bersih. Double cleansing dilakukan dengan membersihkan makeup pada langkah pertama, lalu membersihkan wajah dengan gentle non soap cleanser pada tahap kedua.

Kamu juga bisa memilih cleanser dengan kandungan sabun yang sangat sedikit agar kulitmu tidak terasa kering. Aplikasikan cleanser ini pada wajah dan leher lalu pijat ringan sebelum kamu membilasnya. Kamu juga bisa menggunakan cleansing brush untuk membersihkan pori-pori pada langkah ini.

6. Bilas Sampai Tuntas

bilas wajah

* sumber: www.avoskinbeauty.com

Setelah mengaplikasikan second cleanser, saatnya membilas wajah dengan air. Walaupun sebagai penghuni bumi, manusia dituntut untuk menghemat penggunaan air. Tetapi bukan berarti kamu membasuh wajahmu dengan air seperlunya saja.

Kamu tetap harus memastikan bahwa sudah tidak ada sisa cleanser yang masih menempel pada waja. Bilas wajahmu menggunakan air sampai wajah dan lehermu tak terasa licin lagi.

Sedikit tips lain ketika membilas wajah, jangan mengalirkan air dari arah atas kepala ke bawah ya. Sebaliknya kamu bisa membilas dari arah bawah ke atas, atau seperti teknik splashing yang sering ditunjukkan pada iklan-iklan pencuci wajah.

7. Tepuk Pelan Wajah

 

menepuk wajah

* sumber: www.prionetcanada.ca

Biasanya setelah membilas wajah, para wanita akan segera mencari handuk dan buru-buru mengeringkan wajah. Kamu sah-sah saja mengeringkan wajah menggunakan handuk. Tapi usahakan kamu tidak mengeringkan wajah dengan cara menggosok handuk pada wajah. Melainkan cukup tepuk lembut handukmu pada area wajah yang basah.

Cara lain yang lebih baik, adalah cukup menekan pelan wajahmu menggunakan telapak tangan dan biarkan wajahmu kering dengan sendirinya. Walaupun cara ini sedikit memakan waktu, namun cara ini sangat baik untuk membuat kulitmu tetap lembab setelah membersihkan wajah.

8. Pelembab is A Must!

Melembabkan Wajah

* sumber: www.bioessence.id

Setelah membersihkan wajah dari makeup, debu, dan kotoran, wajah memang menjadi bersih, namun pada saat yang bersamaan wajah juga akan terasa kering karena semua minyak alami yang berguna untuk melembabkan wajah tak mustahil ikut terangkat juga.

Tetapi jangan khawatir, untuk mengembalikan kelembaban dan mengembalikan keseimbangan minyak pada kulitmu, kamu bisa menggunakan pelembab setelah itu. Gunakanlah pelembab ringan yang dapat melembabkan sekaligus menutrisi kulit.

Itulah 8 langkah tepat yang dapat kamu lakukan untuk membersihkan wajahmu agar benar-benar bersih dari makeup, kotoran, debu, dan bakteri. Wajah yang bersih juga tidak akan menyebabkan bantal atau tempat tidur cepat dihinggapi bakteri dari wajahmu, lho. So your pillow will say thank you.

Setelah membersihkan wajah, kamu diperbolehkan untuk langsung beristirahat tanpa perlu mengkhawatirkan wajahmu yang kotor. Kamu juga bisa mengaplikasikan skincare lain seperti serum, night cream atau sleeping mask sebelum pergi tidur agar kulitmu semakin sehat dan merona. Happy trying!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopee lagi ada diskon gede nih buat produk fashion!