Kamini.id / Bulu Mata / Beauty Hack! Ini Cara Membuat Bulu Mata Lentik Lebih Lama

Beauty Hack! Ini Cara Membuat Bulu Mata Lentik Lebih Lama

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bulu mata yang lentik dianggap lebih cantik, lebih indah, dan diidam-idamkan oleh semua orang. Tapi, bulu mata yang lentik berdiri alami itu tidak ada. Karena, pada dasarnya bulu mata itu lurus dan jatuh untuk melindungi kelopak mata dari kotoran, polusi, dan hewan yang mungkin bisa masuk dan melukai mata.

Orang-orang Asia biasanya memiliki bulu mata yang lebih pendek dan lurus dibandingkan orang etnis lainnya. Ini agak membuat kita sebagai bagian dari orang Asia agak frustasi, karena kita ingin punya bulu mata lentik, tapi kita butuh usaha lebih keras untuk itu.

Apalagi jika kamu memiliki monolid alias kelopak mata yang tidak punya garis lipatan. Semua orang dengan monolid pasti bulu matanya pendek dan lurus. Memang, ada cara instan seperti keriting bulu mata dan eyelash extension, tapi tak semua orang cocok dengan metode tersebut.

Ada yang alergi dan malah jadi sakit mata akibat lem bulu mata ekstensi, keriting bulu mata juga menggunakan alat panas yang bisa saja membahayakan bulu mata dan kulit kelopak mata. Belum lagi perawatan yang harus rutin dilakukan dan biaya yang harus dipikirkan.

Di bawah ini, sudah Kamini kumpulkan cara membuat bulu mata lentik yang lebih awet dan anti badai. Beberapa trik di bawah ini mungkin terdengar aneh buat kamu, tapi percayalah mereka akan bekerja dengan baik.

1. Pakai Pini Setiap Hari (Walau Tidak Ke Mana-mana)

* sumber: www.beautylish.com

Mengeriting bulu mata setiap hari. Ini mungkin terdengar gila, ngapain juga gitu, kan? Tapi, dengan menggunakan penjepit bulu mata setiap hari, maka eyelash kamu akan terlatih untuk terus berbentuk seperti itu, tidak turun. Mungkin dalam awal percobaan kamu tidak akan melihat perubahan, tapi jangan berkecil hati. Setelah beberapa kali, bulu matamu pasti akan terlatih dan stay melengkung lentik ke atas.

2. Gunakan Alat yang Tepat

* sumber: www.cultbeauty.com

Kamu juga perlu menggunakan alat yang tepat, loh. Tidak semua eyelash curler itu berfungsi dengan baik. Pini yang kamu beli dengan harga 10.000-an dan tidak bermerk tentu hasilnya tidak akan sama dengan yang bermerk dan harganya lebih mahal.

Tapi, bukan itu saja yang menjadi faktor penting. Bentuk lash curler itu ternyata ada bermacam-macam, tapi golongan besarnya ada dua, yaitu yang mini size dan normal size. Kalau bulu mata kamu benar-benar pendek, gunakan pini ukuran mini yang ukurannya hanya setengah dari pini normal.

Ini akan lebih memudahkan kamu dan tidak akan membuat kelopak matamu kejepit. Pini ukuran mini juga biasanya lebih datar, tidak terlalu se-melengkung pini normal size. Tapi, kalau kamu sudah terbiasa, tidak apa-apa pakai pini normal size juga. Pokoknya pakai yang paling nyaman saja buat kamu.

3. Pakai Lip Balm

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QqY-c70qAaw

Lip balm berfungsi sebagai pelembap bibir. Tapi, benda yang satu ternyata bisa dipakai sebagai hacks kecantikan bulu mata juga, loh. Jika kamu ingin bulu mata ikal yang bertahan lebih lama, gunakanlah lip balm. Pakai lip balm-nya sebelum kamu pakai pini, ya! Caranya, oleskan sedikit lip balm ke jari, lalu pijatkan ke bulu mata. Baru setelah itu kamu pakai pini. Ini akan membuat bulu matamu melengkung lentik lebih baik.

Selain bisa membuat bulu mata lebih lentik, lip balm juga membantu melembapkan bulu mata dan membuatnya lebih kuat. Alternatif lain yang mirip adalah dengan menggunakan petroleum jelly (atau Vaseline) yang bertindak sebagai primer sebelum kamu pakai pini.

4. Step by Step Pakai Pini

* sumber: www.superdrug.com

Urutan dan cara kamu menggunakan pini juga bisa sangat berpengaruh pada hasilnya. Orang yang tak biasa pakai pini bisa berujung membuat bulu matanya seperti L, kaku, jigreg, bukannya lentik. Supaya tidak terjadi demikian, ikuti langkah berikut ini.

Pertama-tama kamu perlu memastikan kalau bulu matamu bersih. Tidak ada kotoran, krim, apalagi sisa maskara yang kemarin kamu pakai. Di depan cermin, angkat dagu ke atas, mata lihat ke bawah. Dengan gagang pini yang menyentuh pipi, jepit bulu mata, mulai dari dasar (akar) bulu mata.

Jepit bulu mata dari pangkalnya dan tahan selama 10 detik. Kemudian, maju ke tengah dan ke ujung bulu mata, masing-masing tahan 5 detik. Ingatlah untuk bersikap lembut, jangan menekan bulu mata terlalu ganas. Dengan langkah ini, bulu matamu akan melengkung lentik ke atas, tidak kaku berpotongan huruf L.

5. Lalu, Pakai Maskara

* sumber: www.mariefranceasia.com

Selanjutnya, segera setelah pakai pini, gunakan maskara. Soalnya, kalau pakai pini doang, bulu mata kamu akan lurus lagi dalam waktu singkat. Maskara di sini bertindak sebagai sealer. Maskara juga akan menebalkan dan mengangkat bulu matamu.

Kamu juga bisa pakai primer maskara sebelum terjun langsung pakai maskaranya. Tapi, kadang ada yang merasa bulu matanya jadi terlalu berat kalau pakai double-double gitu. Jadi, langsung maskara saja juga tidak apa-apa.

6. Cara Terbalik

* sumber: www.stylecraze.com

Pernahkah berpikir untuk menggunakan maskara dulu baru pakai pini? Cara yang kali ini benar-benar melanggar aturan utama yang sudah dijelaskan di atas. Kamu bisa mencoba tips yang nyentrik ini bila cara konvensional tidak berlaku untuk bulu matamu.

Caranya, pakai maskara seperti biasa. Lalu, tunggu maskara benar-benar kering sebelum kamu pakai pini. Kalau tak hati-hati, bulu matamu bisa nyangkut di pini dan tercabut! Jadi, harus hati-hati banget kalau mau melakukan trik ini, ya.

Terus, jepit bulu matamu pelan-pelan supaya tidak ‘patah’ lekukannya, ya. Jika kamu sangat, sangat berhati-hati, melengkungkan bulu mata setelah menggunakan maskara bisa jadi sangat membantu. Malah, bulu matamu bakal lentik lembut tidak kaku.

7. Cara Melentikkan Bulu Mata Tanpa Pini

Ada juga, loh, cara melentikkan bulu mata tanpa pini. Beberapa agak nyeleneh, seperti menggunakan sendok dan sikat gigi, tapi worth to try, loh!

  • Maskara Saja

* sumber: www.avon.com

Sebenarnya hanya maskara saja sudah cukup untuk melentikkan bulu mat. Ada triknya, supaya bulu matamu lentik walaupun langsung pakai maskara tanpa pini. Dengan cara ini, seakan-akan maskaramu jadi bekerja ganda. Jadi, saat tongkat maskaramu bergerak melintasi bulu mata, lakukan gerakan zigzag ke kanan dan ke kiri perlahan-lahan.

  • Jari Tangan

* sumber: www.huffpost.com

Jari tangan juga bisa dipakai buat melentikkan bulu mata, loh! Tapi, memang tentu saja hasilnya tidak permanen maupun awet. Pertama-tama, gosok dulu telapak tangan kamu agar jadi hangat. Kamu juga bisa tiup-tiup ujung jari, kan jadi hangat, tuh.

Terus tutup kelopak mata alias merem. Sudah begitu, tinggal tekan ke atas bulu matamu dengan jari selama beberapa detik. Ulangi hingga hasil yang diinginkan tercapai. Kalau mau lebih awet, langsung pakai maskara setelahnya.

  • Sendok

* sumber: lifestylespunk.com

Siapa sangka, alat makan ini bisa dipakai buat melentikkan bulu mata. Barang yang kamu perlukan adalah sendok makan aluminium dan segelas air hangat. Celupkan sendok hingga menghangat, lalu tekan sisi yang cembung ke bulu mata dengan lembut. Tahan selama 10 detik. Ulangi hingga hasilnya memuaskan.

Tapi, hati-hati dalam melakukan metode ini, ya. Sebelum langsung diaplikasikan ke mata, coba dulu ke telapak tangan untuk memastikan apakah sendoknya terlalu panas atau tidak.

  • Sikat Gigi

Ini lebih random lagi dari sendok, adalah sikat gigi hangat! Kucurkan atau rendam sikat gigi di dalam air panas, tapi air hangat juga bisa, sih. Lalu, keringkan sikat dengan cara menekan-nekankannya ke handuk bersih. Terus, langsung sikat bulu matamu pakai sikat giginya.

Mulai dari akar ke ujung dengan gerakan sikat ke atas. Sama seperti metode sendok, pegang dulu sikat giginya dengan jari tanganmu untuk memastikan itu tidak terlalu panas sebelum menempel ke kelopak mata. Terus, kamu harus pakai sikat gigi baru, karena sikat gigi bekas atau sikat gigi yang masih kamu pakai mengandung jutaan kuman. Kamu tidak mau, kan, kuman tersebut pindah dan menginfeksi mata?

  • Korek Kuping

* sumber: www.minq.com

Ada orang yang mencoba metode cotton bud untuk melentikkan bulu mata-nya. Caranya, pakai maskara langsung tanpa pini. Sebelum maskara mengering, tekan bulu mata ke atas menggunakan korek kuping. Awas jangan sampai kena kelopak matamu, ya! Tahan selama beberapa detik di setiap sisi bulu matamu. Lakukan hingga maskara mengering. Dengan begitu, bulu matamu akan lentik lebih lama walaupun nggak pakai lash curler.

  • Tusuk Sate

* sumber: www.dailymail.co.uk

Ini trik yang digunakan banyak MUA profesional di Korea Selatan. Semua orang Korea memiliki bulu mata yang lurus dan pendek. Itu yang membuat para pelaku makeup artist berpikir bagaimana cara membuat bulu mata kliennya terlihat lentik dan lebih panjang. Ternyata, dengan wooden stick alias tusukan bbq atau tusuk sate, kita bisa melentikkan lashes sependek apapun bulu mata alami kita.

Caranya, bakar sebentar ujung tongkat kayunya, asal panas saja bukan jadi terbakar apalagi gosong! Sama seperti trik yang menggunakan panas lainnya, kamu harus pegang dulu stick-nya untuk memastikan itu tidak terlalu panas. Terus, gunakan bagian stick yang sudah dipanaskan tadi untuk mengangkat bulu mata ke atas.

Setelah itu, baru aplikasikan maskara. Orang-orang yang sudah mencobanya mengatakan trik ini benar-benar mengangkat bulu mata mereka dan membuatnya tetap lentik hingga berjam-jam lamanya.

Dan, sangat penting bagi kamu untuk memiliki waktu dan kesabaran untuk membuat bulu mata jadi lentik. Karena, bagaimanapun juga, bulu mata sangat rapuh sehingga untuk membuatnya jadi lentik lebih awet hanya dengan sekali percobaan saja tidak akan cukup. Untuk memastikan bahwa ikalnya bertahan lebih lama, kamu harus melakukan tips di atas sering-sering. Selamat mencoba, sobat Kamini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020